Fifty Shapes of Pizza

Salah satu makanan favorit di rumah kami adalah pizza. Saking favoritnya, Jumat malam kami nobatkan sebagai 'pizza night'. Apakah delivery pizza? Tentu saja tidak, karena delivery pizza di sini mahal, jadinya ya bikin sendiri pakai tepung pizza siap pakai, toppingnya bisa sesuka hati. Biasanya Alma & papanya yang sibuk bikin pizza, saya cukup menyiapkan tomato sauce lalu selonjoran di sofa, menunggu pizza dihidangkan.

Cuma nih... seusai Alma & papanya bikin pizza, dapur pasti seperti kapal pecah! Semua alat masak dipakai, bisa ganti loyang sampai tiga kali. Belum lagi sisa gilingan adonan pizza di meja dapur. Satu meja sendiri dipakai untuk menggiling adonan pizza bundar lebar, penuh tepung sampai ke mana-mana *tutup mata*.

Suatu hari saya membaca tutorial membuat pizza yang cukup unik: dibentuk seperti monkey bread (pull-apart), berlapis-lapis seperti cake, dan bahkan dikepang. Ketiga bentuk pizza tersebut bisa dibuat dari satu takaran adonan pizza.  Dengan cara ini, adonan pizzanya cukup dipipihkan dengan tangan, tidak perlu digiling bundar lebar. Kata Alma, jadi seperti main playdough!

Bahan:


  • 1 adonan pizza

  • Tomato sauce (bisa menggunakan saus tomat siap pakai atau buatan sendiri)

  • 200 gr keju parut

  • Sosis secukupnya & topping lainnya seperti jamur, bawang bombay, tuna, nanas dan lain sebagainya


 

Untuk satu adonan pizza, saya pakai tepung pizza siap pakai seberat 300-400g, tetapi urban mama-papa bisa juga membuat adonan pizza menggunakan resep dari sini. Bedanya hanya saya menambahkan 1 butir telur pada setiap satu takaran resep adonan pizza, kemudian adonannya didiamkan sekitar 30 menit sebelum diolah. Oh ya, tepung terigunya dilebihkan sedikit untuk menguleni adonan pizza sampai kalis dan tidak lengket.

Tomato sauce:


  • 1 sdm olive oil atau minyak goreng

  • 1 bawang bombay ukuran sedang, iris halus

  • 4 siung bawang putih, iris halus

  • 1 buah tomat, potong kecil-kecil

  • Segenggam jamur kancing (bisa pakai jamur kalengan, tiriskan airnya terlebih dahulu)

  • 1/2 kaleng pasta tomat

  • 1 sdm saus tomat

  • 1-2 sdt Italian mix herbs

  • 3 sdm air dingin + 1 sdm tepung maizena, aduk

  • garam, gula, dan merica bubuk secukupnya


Cara membuat:

  1. Panaskan minyak. Tumis bawang bombay, bawang putih, tomat serta jamur sampai harum.

  2. Masukkan pasta tomat, saus tomat & mix herbs, aduk.

  3. Tambahkan larutan tepung maizena untuk pengental, aduk. Cicipi, beri garam, gula, dan merica sesuai selera. Matikan kompor, sisihkan.


Untuk membuat Pull-Apart Pizza:

  • Siapkan satu loyang cake, loyang tulban, atau cast-iron skillet pan, olesi bagian dalamnya dengan minyak goreng. Panaskan oven dengan suhu 180'C. Siapkan tomato sauce dan bahan-bahan isi pizza.



  • Ambil 1/2 bagian adonan pizza, bagi lagi menjadi 5-6 bagian. Siapkan piring ceper yang cukup lebar, olesi permukaannya dengan sedikit minyak. Di atas piring, pipihkan adonan pizza di atas piring sampai kira-kira selebar telapak tangan. Beri 1-2 sdt tomato sauce, sepotong sosis, topping lainnya, dan sejumput keju.

  • Satukan ujung-ujung adonan membentuk bola, lalu susun dalam loyang. Buat sekitar 5-6 bola pizza.

  • Olesi bagian atas adonan pizza dengan sedikit susu, lalu taburi keju secukupnya. Panggang dalam oven selama 12-15 menit dengan suhu 180'C. Setelah matang, sajikan hangat-hangat seperti roti sobek.



Untuk membuat Pizza Cake:

  • Siapkan satu loyang cake (diameter 16 cm atau 20 cm), olesi bagian dalamnya dengan minyak goreng. Panaskan oven dengan suhu 180'C.

  • Ambil 1/2 bagian sisa adonan pizza, bagi lagi menjadi 5 bagian.

  • Di atas piring, pipihkan adonan pizza sampai kira-kira selebar diameter loyang. Pipihkan adonan pizza setipis mungkin agar saat dipanggang, pizzanya matang merata. Adonan pizza tidak perlu digiling, cukup dipipihkan dengan tangan.



  • Pindahkan adonan pizza ke loyang cake, beri olesan tomato sauce, potongan sosis, topping, dan taburi keju. Ulangi langkah di atas sampai loyang terisi sekitar 2/3 bagian. Pada bagian atas pizza, beri ekstra taburan keju.

  • Panggang pizza cake dalam oven selama 15 menit dengan suhu 180'C.



Masih ada adonan yang tersisa? Bisa dibuat satu porsi Pizza Kepang untuk bekal makan siang si kecil:

  • Siapkan talenan untuk memotong sayur, taburi permukaannya dengan sedikit terigu. Di atas talenan, pipihkan adonan pizza memanjang berbentuk persegi.

  • Pada sisi kanan dan kiri adonan, buat sekitar 6 irisan melintang seperti gurita. Sisakan bagian tengah pada adonan pizza untuk diolesi tomato sauce.



  • Pada bagian tengah adonan, olesi tomato sauce dan beri topping isi pizza.

  • Tutup bagian tengah adonan dengan irisan adonan pizza di kiri-kanan menyerupai kepangan, ditumpuk menyilang satu sama lain. Panggang dalam oven selama 10 menit dengan suhu 180'C.


Satu adonan pizza, dapat tiga bentuk! Untuk variasi Pull-Apart Pizza, bola-bola pizza dapat disusun di sekeliling loyang dan bagian tengah loyang diisi cheese-spinach-yogurt-mayo dip yang dipanggang bersama pizza. Setelah matang, bola-bola pizzanya dimakan dengan cocolan saus dip. Lezatnya berkali-kali lipat! Kalau Alma, dia senang sekali membuat pizza cake menggunakan loyang mini yang dibelikan untuk bermain masak-masakan. Jadinya bukan masak-masakan, tetapi masak betulan di dapur. Pizza Cake ini juga bisa menjadi ide baru untuk sajian cake ulang tahun. Saat saya tanya mau dibuatkan cake manis atau pizza cake, suami selalu mantap menjawab, "Pizza Cake aja! Toppingnya banyakin!"

Untuk kegiatan seru di akhir pekan bersama anak-anak, seru juga membuat pizza beraneka bentuk ini. Selamat mencoba, urban mama-papa!

19 Comments

  1. avatar
    Retno Aini December 9, 2015 6:26 pm

    @5andranova sama2 :D sekali2 bikin pizza-nya amped up jadi bentuk yang unik memang seru hehe

    1. avatar

      As .



  2. avatar
    Retno Aini December 9, 2015 6:25 pm

    @Windy sama2 WIndy :D yuukk bikin, bikin yuuk! Eh lucu juga tuh kalau kepangnya dibentuk meliuk2 kayak kepangnya Elsa... jadi pizza Elsa, hihii

    1. avatar

      As .



  3. avatar
    Retno Aini December 9, 2015 6:24 pm

    @Enji sama2 mama Enji :D iya bikinnya gak susah ternyata, buat ukuran makanan yang penampilannya 'wah' ya... I mean, udah pizza, ditumpuk pula jadi mirip cake xD

    1. avatar

      As .



  4. avatar
    5andranova December 9, 2015 11:29 am

    Wow keren, thank you inspirasinya. Biar ngga bosen bikin klasik piza :)

    1. avatar

      As .



  5. avatar
    Mama Windy December 8, 2015 12:10 pm

    wow,.. hari libur PILKADA besok ini, gimana klo pulangnya kita bikin pizza kepang.. semoga ga malah ditempelin ke rambut sama Netta biar mirip2in sama kepang besarnya Princess Elsa.. :)
    Thanks for share, seru dan unik :)

    1. avatar

      As .