Giant Cinnamon Roll Cake

Kalau beberapa tahun yang lalu di timeline media sosial saya banyak berseliweran kreasi macaroni schotel dan brownies kiriman teman-teman, sekarang gantian kreasi resep cinnamon roll bread yang muncul di sana-sini. Hidangan roti yang satu ini sedang jadi kesukaan banyak orang. Sekali bikin, jadilah sajian roti untuk sarapan dan camilan minum kopi. Jenisnya pun banyak dikreasikan seperti adonannya dibuat 'no knead', atau isinya ditambah kacang atau kismis. Sayangnya, menurut saya, bikinnya tidak praktis-praktis amat.

Untuk membuat cinnamon roll, adonan roti yang sudah digilas diberi olesan mentega dan taburan brown sugar dan bubuk kayumanis. Selanjutnya adalah bagian tersulit (menurut saya): adonan rotinya digulung padat lalu dipotong-potong, kemudian potongan adonan cinnamon roll disusun dalam loyang untuk dipanggang. Saat saya menggulung dan memotong adonan cinnamon roll, selalu saja hasilnya berantakan, gulanya kemana-mana. Padahal sudah menggunakan pisau khusus untuk roti agar hasil potongannya rapi.

Sampai suatu ketika, muncul postingan video resep giant cinnamon roll cake dari akun Buzzfeed Tasty. Giant cinnamon roll cake, bombastis sekali judulnya, pikir saya. Turns out, this recipe is a godsend for bread lovers. Setelah coba buat sendiri, hasilnya memang lebih enak daripada cinnamon roll biasa dan penampakannya pun lebih menggiurkan. Oh, dan tak perlu memotong-motong adonan dengan pisau roti, karena yang dibutuhkan hanyalah alat pizza cutter yang mudah sekali ditemukan di IKEA.

Berikut resepnya dalam takaran metric dan menggunakan bahan-bahan yang ada di rumah:

Adonan roti:
300 gram tepung terigu serbaguna
300 gram tepung terigu roti
1 sdt baking powder
2 sdt garam
125 gram mentega atau margarin, lelehkan
500 ml susu full cream
1 butir kuning telur ayam (optional)
113 gram gula pasir
1 sachet ragi instan

Isi:
90 gram mentega atau margarin, suhu ruang
160 gram light brown sugar (atau dapat diganti dengan gula palem campur gula pasir dengan perbandingan 2:1)
2 sdm bubuk kayu manis

Creamcheese frosting:
120 gram icing sugar (gula bubuk)
2 sdm mentega atau margarin
3 sdm susu full cream dingin
2 sdm keju cheddar parut
seujung sendok teh bubuk vanilla
1/2 sdt tepung maizena, larutkan dengan 3 sdm susu full cream dingin

Cara membuat:

1. Siapkan spatula kayu, alat pizza cutter dan satu loyang kue berdiameter 24 cm atau dua loyang kue berdiameter 20 cm.

2. Dalam wadah besar (pilih yang enak untuk dipakai menguleni adonan roti), ayak tepung terigu serbaguna, terigu roti, dan garam. Taburi 1 sachet ragi instan, aduk rata dengan spatula kayu. Sisihkan.

3. Aduk susu, mentega atau margarin dan gula pasir dalam panci kecil. Panaskan dengan api kecil sampai gula larut. Matikan api, angkat dan diamkan sampai suhunya hangat suam-suam kuku. Masukkan kocokan kuning telur, aduk. Tuang campuran susu ke ayakan terigu, aduk rata dengan spatula kayu.

4. Tutup mangkuk berisi adonan roti dengan serbet bersih atau plastik cling-wrap, letakkan pada tempat yang agak hangat dan diamkan selama 1 jam sampai adonan roti mengembang dua kali ukuran semula.

5. Setelah 1 jam, panaskan oven pada suhu 160'C. Olesi loyang kue dengan mentega atau margarin tipis-tipis. Dalam mangkuk kecil terpisah, siapkan topping isi cinnamon roll: aduk brown sugar (atau gula palem dan gula pasir) dengan bubuk kayumanis. Sisihkan.

6. Buka serbet, kempiskan adonan roti yang mengembang. Taburi dengan 2 sdm terigu roti dan baking powder. Mulai uleni adonan roti. Setelah 10 menit diuleni, taburi dengan sejumput terigu jika dirasa adonan roti masih lengket menempel pada mangkuk. Terus uleni sampai adonan kalis sekitar (10-15 menit), hanya diberi taburan terigu jika dirasa adonan masih lengket.

giant cinnamon roll cake

7. Bersihkan permukaan meja, taburi terigu secukupnya. Pindahkan adonan roti dan pipihkan membentuk persegi seukuran 40 x 30 cm dengan ketebalan sekitar 1.5 cm. Olesi seluruh permukaan adonan dengan mentega atau margarin, lalu taburi dengan campuran gula dan kayumanis.

8. Menggunakan pizza cutter, potong adonan dengan arah horizontal menjadi 4 bagian sama besar.

giant cinnamon roll cake

giant cinnamon roll cake

9. Mulai dari adonan terbawah, gulung adonan dari arah kanan ke kiri. Ambil gulungan pertama, letakkan pada strip adonan di atasnya dan gulung dari arah kiri ke kanan. Letakkan gulungan adonan dalam loyang 20 cm. Jika menggunakan loyang kue 24 cm, lanjutkan sampai adonan habis digulung semua. Diamkan adonan dalam loyang kue selama 15 menit sampai mengembang.

giant cinnamon roll cake

10. Panggang adonan selama 35 menit (atau 25 menit untuk adonan loyang 20cm). Setelah 35 menit, tutup cinnamon roll dengan aluminum foil dan lanjutkan memanggang lagi sekitar 30-20 menit.

11. Sambil menunggu cinnamon roll cake matang, siapkan olesan frosting. Dalam panci kecil, aduk semua bahan frosting kecuali maizena. Panaskan dengan api kecil sambil terus diaduk sampai keju meleleh dan tercampur rata. Matikan api, beri larutan maizena susu, aduk terus sampai mengental. Beri 2 sdm susu dingin jika dirasa masih terlalu kental.

giant cinnamon roll cake

12. Matikan api oven, keluarkan cinnamon roll cake dan diamkan selama 20 menit. Keluarkan dari loyang, sajikan hangat. Sebelum dihidangkan, tuang frosting ke atas cinnamon roll cake. Potong-potong sesuai selera.

 giant cinnamon roll cake

Adonan roti 'no-knead' memang lebih mudah dibuat, tetapi rotinya tidak seempuk adonan roti yang diuleni sampai kalis, seperti dalam resep ini. Jika adonan roti diuleni sampai kalis, hasilnya adalah roti yang lebih lembut bahkan masih empuk hingga keesokan harinya. Adonan roti dalam resep ini menggunakan kuning telur sebagai pengemulsi, tetapi opsional saja. Karyakan si kecil untuk membantu menguleni adonan roti, mereka pasti antusias sekali karena menguleni adonan rasanya seperti bermain playdough. Jika ingin citarasa frosting yang lebih creamy, ganti setengah takaran susu dengan heavy cream.

Selamat mencoba, Urban Mama!

 

2 Comments

  1. avatar
    ninit yunita February 18, 2018 7:44 am

    ya ampuuun ngiler abis deh tiap kali aini bikin2 kayak gini. kebayang makan ini sambil ngopi... duhhh enaknyaaa.

    1. avatar

      As .



  2. avatar
    Cindy Vania February 16, 2018 6:57 am

    OMG my favorit bread! Mau mbaaaaaa... kutunggu di dekat stasiun ya :P
    sampai sekarang masih belom bisa bikin sendiri, jadi suka nyari-nyari temen yg jual aja :D hahaha

    1. avatar

      As .



Post a Comment

You must be logged in to post a comment.