Homemade Toys & Decor


Sejak Irsyad berhenti memasukkan jari atau benda-benda ke dalam mulutnya, saya mulai bereksperimen membuat mainan sendiri di rumah. Bahan-bahan yang diperlukan mulai dari cardboard, karton, kain felt, spidol, kertas lipat, magnet, kaleng bekas, gunting, cutter, benang wol atau benang sulam, benang jahit beserta jarumnya dan lainnya. Semua dapat dibuat menjadi mainan dan dekorasi yang menarik untuk anak-anak.



Karton hitam saya buat untuk track mobil-mobilan menggunakan pensil warna putih. Balok disusun menyebar seolah-olah seperti sebuah kota. Karton polos dijadikan area bowling untuk menggelindingkan bola ke arah botol-botol plastik bekas yang ditempel bentuk bintang kesukaan Irsyad.


Kotak dus bekas sepatu saya buat menjadi sorting block dan tali yang diikat bisa dimainkan menjadi pull toys. Kaleng bekas saya jadikan tempat harta karun Irsyad menyimpan mainan mini sekaligus drum yang bisa dipukul-pukul menggunakan spidol warna-warni. Robot wayang diwarnai berdua oleh saya dan irsyad menjadi mainan favoritnya. Kardus bekas lainnya dibuat menjadi "aquarium" dan ditaruh ikan-ikan yang bisa dipancing, terinspirasi artikel ini.



Kertas lipat digunting tempel untuk hiasan pemanis di bawah wadah toiletries irsyad. Popok dan buku-buku dibuat wadahnya memakai dus bekas seserahan, ditempeli serangga yang bisa jadi bahan belajar nama dan bentuk binatang. Kain felt salah satu material yang mudah dicari dan sederhana untuk dibuat berbagai kreasi mainan. Kardus bekas bisa juga jadi dekorasi untuk kamar, saya dan suami membuat beberapa binatang hutan.



Masih banyak lagi mainan atau dekorasi yang bisa dibuat sendiri, apalagi sekarang di internet banyak sekali contoh-contoh yang bisa menjadi inspirasi mainan diy atau dekorasi untuk kamar anak. Salah satu referensi favorit saya adalah madebyjoel. Selamat mencoba!

27 Comments

  1. avatar
    Kenny April 19, 2013 12:47 pm

    ahhh keren banget nih, cita2 punya pojok kreatif buat anak2 biar terbiasa kreatif

    1. avatar

      As .



  2. avatar
    mamashofi March 1, 2013 9:07 am

    baguus, kreatif banget...
    izin nyontek ya Mom...

    1. avatar

      As .



  3. avatar
    Meyga Kurnia December 21, 2012 7:59 am

    Kreatif bgt, numpang nyontek ya,,:)

    1. avatar

      As .



  4. avatar
    ifa December 19, 2012 12:48 pm

    @mam ca sama sama mom.. slmt mncoba :)

    @otie cuman kepala-kepalaan kudany aja trus dipasang ke sepeda polos :)

    1. avatar

      As .



  5. avatar
    otie December 19, 2012 12:25 pm

    kereen! itu kuda2annya DIY juga kah? :)

    1. avatar

      As .