Ikan Suwir Rica-Rica

Imelda Sutarno A working mom with two gorgeous krucils. Suddenly love the outdoor recreations as an impact of married with her scuba diver husband, Bambang. Take the kids from beach to the hill, from forest to the waterfall, will always give her (and her husband) joy and enthusiastic. Cooking isn’t her middle name but always trying to give her family the best food that she can. Now she lives in Jakarta.

Bulan Ramadhan pasti identik dengan menu sahur yang praktis. Apalagi semakin ke sini, rasa mengantuk sewaktu bangun sahur kadang membuat para mama jadi cenderung malas untuk berkreasi menyiapkan hidangan sahur yang njelimet. Demikian pula saya. Makanan praktis yang biasanya disajikan sebagai lauk di meja antara lain rendang daging, sambal goreng teri kacang ataupun orek tempe. Kalau rendang, masih mudah bisa dibeli di warung Padang. Lauk orek tempe maupun sambal goreng teri kacang juga praktis, karena tinggal masak satu kali sekaligus banyak namun tahan untuk menu berhari-hari

Kali ini saya coba membagi resep lauk praktis, resepnya turun-temurun dari nenek. Lauk ini bisa dijadikan hidangan sahur maupun makan biasa, namanya Ikan Suwir Rica-rica. Sebenarnya mirip sekali dengan ikan suwir rica yang sering kita jumpai di restoran Manado, namun ikan suwir yang ini lebih kering sehingga lebih tahan sampai 4-5 harian.

Bahan-bahan:


  • 1-2 ikan tongkol atau kembung ukuran sedang

  • 1/2 liter atau lebih minyak goreng. Proses memasak ikan suwir ini memang membutuhkan banyak minyak.


Bumbu halus:

  • 20-25 cabe merah keriting

  • 1-2 cabe rawit gendut. Optional saja jika memang ingin pedas.

  • 4-5 siung bawang merah

  • 1 sendok teh garam


Cara membuat:

  1. Haluskan bumbu, bisa dengan cara mengulek ataupun menggunakan blender. Jika menggunakan blender, gunakan minyak goreng sebagai pengencernya, jangan air ya.

  2. Goreng ikan setengah matang. Jika menggunakan tongkol cue, bisa juga dengan mengukusnya terlebih dahulu.

  3. Siapkan bumbu halus dalam cobek. Kemudian ikan yang sudah setengah matang tadi dipisahkan dari tulangnya menggunakan garpu.



4. Campur ikan dan bumbu halus dengan menggunakan ulekan. Cara ini agar ikan jadi tersuwir kecil-kecil.


5. Setelah tercampur rata seperti foto di bawah ini, siapkan wajan yang sudah diberi minyak.


6. Masak ikan dengan api kecil sambil terus diaduk-aduk. Memasak ikan suwir rica ini tidak boleh ditinggal seperti kalau menggoreng tempe. Harus terus diaduk, agar masaknya rata dan tidak gosong sebagian.


6. Jika minyak di wajan terlihat habis di tengah proses memasak, sementara ikan belum terlihat mengering, tambah lagi minyak gorengnya.
7. Kalau sudah mengering dan berwarna kecoklatan, ikan suwir siap diangkat. Dinginkan terlebih dahulu sebelum dimasukkan ke dalam wadah penyimpanan.


Hidangkan dengan nasi putih hangat dan lalap timun. Enak juga jika disantap bersama sayur bening bayam ataupun tumis kangkung.

Satu tips untuk membuat ikan suwir rica-rica: jika ingin lebih praktis, Mama bisa gunakan juga ikan tongkol cue yang dijual dalam keranjang-keranjang. Sebaiknya gunakan ikan laut. Saya pernah mencoba membuat ikan suwir rica-rica pakai ikan sungai/air tawar seperti lele, ternyata rasanya malah kurang enak, tidak segurih daging ikan laut.

Selamat mencoba!

6 Comments

  1. avatar
    Imelda Sutarno July 4, 2016 11:38 am

    Maaf, re-cook maksudnya

    1. avatar

      As .



  2. avatar
    Imelda Sutarno July 4, 2016 11:37 am

    Wah dimuat. Terima kasih maamamods semua.
    @mbak zata dan mbak indah: bener mbak, dibawa utk bekal di jln selama perjalanan mudik juga oke, karena ini gak gampang basi. Yuk cobain masak
    @mbak cindy: aiiih eikeh gak pede kalo suruh jualan online, gak bakat mbak. Gemeter he3. Udah mbak bikin sendiri aja, selama ada blender insya Allah gampil :)
    @mbak pcpece: alhamdulilah udah ada yg coba re-coom. Sama2 ya mbak, selamat menikmati

    1. avatar

      As .



  3. avatar
    pcpece July 4, 2016 10:16 am

    Langsung eksekusii, belum bilang terima kasih malah sama yg kasih resep..
    Makasii resepnya mbak Imelda..

    1. avatar

      As .



  4. avatar
    Cindy Vania July 4, 2016 8:43 am

    mba imeeel,ini kok kayak enak banget sih! duuhh buka PO dong mba #eh #malesmasak

    1. avatar

      As .



  5. avatar
    indah nildha July 3, 2016 12:05 pm

    duh... siang-siang baca resep ini dan lihat fotonya uda bikin ngecess... ngga sabar pengen masak... kayanya cocok juga nih buat bekel perjalanan mudik... terimakasih ya mb Imelda... :)

    1. avatar

      As .



Post a Comment

You must be logged in to post a comment.