Kroket Nasi

Tips untuk membuat gorengan kroket ini lebih sehat: “sembunyikan” saja puree blenderan atau cincangan halus beberapa jenis sayuran kedalamnya. ;-)

Bahan :
- 1 sdm mentega
- 3 siung bawang merah, cincang halus
- 1 siung bawang putih, cincang halus
- 1 piring nasi-sisa-semalam (nasi dingin dari kulkas pun boleh…)
- 2 sdt bubuk kaldu ayam/sapi
- 2 sdt italian seasoning mixed herbs (optional)
- 1 sdt bubuk merica
- garam & gula secukupnya
- minyak goreng

Bahan isian :


  • 200 gr daging cincang

  • 100 gr jamur

  • 250 ml puree wortel/kembang kol (boleh juga pakai 100 gr sayur yang dicincang kecil2)

  • 100 gr keju cheddar parut, atau cream-cheese

  • 1 sdm tepung terigu

  • 1 kuning telur


untuk lapisan luar (coating) :

  • 1 butir telur, kocok lepas

  • 1/2 cup terigu

  • 1 1/2 cup tepung roti


Cara membuat :

  1. Dengan api sedang, panaskan mentega. Tumis bawang, daging & jamur sampai harum & daging matang.

  2. Masukkan sedikit air + kaldu, aduk. Tambahkan puree sayuran & jamur. Kemudian masukkan nasi. Masak sampai cairan terserap semua oleh butiran nasi.

  3. Masukkan terigu, aduk rata.Tambahkan keju, bubuhkan garam, gula & lada hitam. Aduk sampai tercampur merata, kemudian masukkan Italian seasoning-herbs.

  4. Setelah aroma herbs tercium, matikan api. Aduk adonan nasi sebentar agar panasnya keluar, kemudian masukkan kuning telur, aduk rata


Penyelesaian :

  1. Bentuk adonan nasi menjadi bola-bola berukuran edible. Karena adonannya agak lengket, lebih mudah membentuk pulungan adonan nasi ini menggunakan dua sendok.

  2. Gulirkan bola-bola nasi ke dalam tepung sampai permukaannya tertutup rata.

  3. Masukkan bola-bola nasi bersalut terigu ke dalam kocokan telur.

  4. Gulirkan bola-bola nasi pada tepung roti sampai seluruh permukaannya tertutup rata oleh tepung roti. Lakukan pada semua pulungan adonan nasi.

  5. Bola-bola nasi yang sudah dilapis tepung roti bisa disimpan 1-2 hari dalam kulkas sampai saat nanti hendak digoreng. Simpan dalam wadah bertutup-rapat.

  6. Untuk menggoreng: Panaskan minyak goreng dan 1 sendok makan margarine dengan api sedang. Setelah cukup panas, goreng bola-bola nasi sampai matang & berwarna keemasan. Selama menggoreng, gulirkan arancini sesekali saja untuk membuat seluruh permukaannya matang dengan seragam. Catatan : Minyak yang terlalu panas menghasilkan permukaan kroket yang terlalu cepat matang (segera menjadi kecoklatan) dan retak-retak pecah (sementara bagian dalamnya belum matang merata)

  7. Angkat, tiriskan gorengan kroket nasi pada kertas/paper towel sampai minyaknya terserap

  8. Santap hangat-hangat dengan cocolan saus tomat, sambal, atau mayonnaise ;-)


Nasi sisa-semalam pun terselamatkan dan setelah diolah rasanya lezat ;-)

Related Tags : ,,,

17 Comments

  1. avatar
    Meilita June 8, 2011 10:56 am

    ahhh pas banget lagi nyari2 camilan sehat buat anak2ku.. thanks for sharing :)

    1. avatar

      As .



  2. avatar
    mamabaru February 3, 2010 7:39 am

    saya dulu pernah bikin, bukan buat bayi, tapi buat saya jauh sebelum hamil. Haha. Karena dasarnya malas makan, saya bikin kroket nasi ini dan di cemil terus seharian sebagai pengganti makan nasi:D

    Isinya bisa divariasiin juga sesuka2 kita, jadinya sama aja kayak makan nasi dengan lauk yg bisa di ganti2:D

    1. avatar

      As .



  3. avatar
    Fariella January 15, 2010 12:49 pm

    keren euy resepnya, coba aahhh..ada-ada aja nih idenya, kreatif!

    1. avatar

      As .



  4. avatar
    Retno Aini January 15, 2010 9:49 am

    sama-sama, mamas & papas... selamat ber-ngemil-ria yaa :D

    @Windy, ide bagus tuh...pake beras merah, vitaminnya lebih padet pula ;)
    Oia mamas-papas, kmaren sy buat lagi tapi pake puree kukusan ubi (sweet potato), rasanya jadi kyk gorengan ubi, manis-manis gurih :P

    1. avatar

      As .



  5. avatar
    Indah Wiyoga January 15, 2010 9:41 am

    Ah mau coba ahhh buat Mika, TFS Aini ;)

    1. avatar

      As .



Post a Comment

You must be logged in to post a comment.