Memperkenalkan Bahasa Inggris pada Anak

Sejak awal, saya dan suami sepakat untuk terlebih dahulu memperkenalkan bahasa Indonesia pada Albert. Jadi kami konsisten berbicara satu bahasa pada Albert, membacakan buku-buku berbahasa Indonesia, dan mengajaknya menyanyi lagu-lagu berbahasa Indonesia. Namun itu bukan berarti kami sama sekali tidak memperkenalkan bahasa asing terutama bahasa Inggris kepada Albert. Kami tetap memberinya input bahasa Inggris dengan cara yang menyenangkan bagi anak-anak.

Beberapa cara yang kami gunakan untuk memperkenalkan Albert pada bahasa Inggris adalah:

1. Menggunakan cerita

Anak-anak suka buku yang berwarna-warni dan ilustrasi yang menarik. Kami membacakannya buku-buku berbahasa Inggris. Biasanya sambil menunjuk pada berbagai benda yang ada dalam gambar sambil menanyakan pertanyaan sederhana seperti, “Where is the cat?” Cara ini membuat waktu membacakan buku cerita menjadi lebih dinamis. Ini membantu mereka mengembangkan kemampuan mendengar dalam bahasa Inggris.

2. Menggunakan lagu

Lagu adalah salah satu cara mempelajari kata-kata baru dan meningkatkan pengucapan anak. Melalui kalimat bersajak dan pengulangan, mereka dapat belajar kata-kata baru dengan lebih mudah. Aksi yang dilakukan saat bernyanyi juga membuat mereka mudah untuk mengerti arti kata dalam lagu.

3. Menggunakan bahasa Inggris dalam keseharian

Dimulai dengan hal sederhana, seperti berbicara mengenai baju: “Let’s put on your shirts.”, “Which of these two pants do you want to wear today?”. Biarkan anak-anak terbiasa mendengar dalam bahasa Inggris sebelum mereka mulai menggunakannya. Perlahan-lahan kita bisa meningkatkan kesulitan kalimat dan kosa kata seiring dengan perkembangan bahasa mereka. Namun usahakan untuk tidak mencampur bahasa Inggris dan bahasa Indonesia dalam satu kalimat. 

4. Belajar dalam bahasa Inggris

Anak-anak secara alami belajar dari lingkungan mereka. Mereka belajar melalui percobaan dan kesalahan yang dilakukan. Untuk membantu mereka berbahasa Inggris, coba bermain dalam bahasa Inggris. Kita bisa bermain berbagai permainan populer dalam bahasa Inggris seperti, hide and seek (petak umpet), iSpy, atau mengunduh aplikasi permainan yang menggunakan bahasa Inggris di gadget. Dengan apps edukasi, anak-anak belajar mengerti perintah-perintah sederhana dan berusaha mengikuti panduan yang disediakan.

5. Membuat prakarya atau percobaan dengan tutorial dari internet

Anak-anak senang dengan kegiatan yang melibatkan keterampilan motorik; menggunting, menempel, memasak hingga menggambar. Selain itu juga beberapa percobaan sains sederhana. Biasanya saya memutarkan tutorial yang saya dapatkan dari internet. Kami akan bersama-sama mencoba membuat prakarya atau percobaan tersebut. Anak akan terbiasa mengikuti instruksi yang diberikan dalam bahasa Inggris.

6. Menciptakan rutinitas

Jika urban mama punya cukup banyak waktu, kita juga bisa menciptakan rutinitas dengan melakukan kegiatan yang sama setiap hari, misalnya membacakan buku berbahasa Inggris menjelang tidur. Saya juga membiasakan Albert untuk menonton acara televisi yang berbahasa Inggris agar ia terbiasa mendengar ungkapan-ungkapan yang lazim dipakai dalam percakapan sehari-hari.

Minat Albert pada bahasa Inggris menjadi makin besar saat ia mulai bisa membaca dan masuk sekolah. Ia mulai penasaran pada arti berbagai kata, mulai penasaran pada arti kalimat-kalimat yang pernah ia dengar, dan banyak mencoba berbicara dalam bahasa Inggris. Untuk menunjang ketertarikannya itu, saya akhirnya memasukkan Albert pada kursus bahasa Inggris yang profesional dan berkualitas, apalagi dulu saya juga pernah kursus di sana. Albert senang sekali kursus bahasa Inggris di EF, karena menyenangkan dan ada berbagai kegiatan yang bisa diikutinya.

Jika urban mama tertarik untuk mendaftarkan si kecil ke EF, pada periode 27 Januari – 13 Februari 2017 dapatkan harga khusus bagi seluruh siswa baru di seluruh cabang EF di Indonesia.

9 Comments

  1. avatar
    liah lestari February 16, 2017 1:36 pm

    share biaya di EF dong

    1. avatar

      As .



  2. avatar
    Chairul Qisti February 11, 2017 6:24 am

    Untuk bunda2 jika ananda mau private bahasa inggris, bisa loohhh sama saya. Domisili sekitaran Kranggan, Cibubur. Atau mau buat aktivitas yg trkait dengan bahasa inggris untuk anak boleh juga. :)

    1. avatar

      As .



  3. avatar
    ninit yunita February 7, 2017 5:34 pm

    aku juga dulu anak EF :D
    jadiii alde juga les di EF... sempet off karena jadwal ekskul di sekolah tabrakan sama jadwal EF, tapi ini alde udah minta masuk EF lagi. kerasa banget sih manfaatnya, bahasa inggrisnya jadi lebih baik dan lebih percaya diri kalo speaking english :)

    1. avatar

      As .



  4. avatar
    Leila Niwanda February 6, 2017 11:57 am

    Dulu merasa ah bisalah belajar sambil jalan, tapi kalau lijat promo begini suka tergoda juga hehehe... Apalagi kegiatan belajarnya sepertinya menyenangkan ya. Suami sih yang dulu pernah kursus di EF.

    1. avatar

      As .



  5. avatar
    dieta hadi February 6, 2017 11:42 am

    wahhh EF ini salah satu tempat kursus aku dulu nih dan emang metode pembelajarannya menarik banget ga seperti kursus biasanya, seperti bermain main saja. memang rencana mau masukin mika kursus bahasa inggris, wah ada diskon jadi tambah pengen daftarin cepet nih. thanks ya la informasinya

    1. avatar

      As .