Tips Aman Meninggalkan Rumah Saat Mudik Lebaran

Idul Fitri biasanya menjadi momen istimewa untuk berkumpul bersama keluarga. Tentunya banyak persiapan yang Urban Mama lakukan, mulai dari kue-kue dan hidangan lebaran, angpau untuk anak-anak, serta tidak sedikit yang berangkat mudik menjelang lebaran ini. Kebetulan dua minggu lalu saya sempat berlibur ke luar kota dan meninggalkan rumah. Saya ingin berbagi beberapa tips yang bisa berguna bagi urban mama yang akan meninggalkan rumah dalam keadaan kosong untuk mudik lebaran:

1.       Berhati-hati ketika bercerita tentang perjalanan mudik

Jangan mudah memberitahukan rencana perjalanan mudik ke orang lain, apalagi jika diposting di media sosial atau dibicarakan di tempat orang lain bisa mendengar. Berhati-hatilah karena siapa pun memiliki potensi untuk menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan. Informasikan rencana mudik ke RT/RW maupun tetangga terdekat yang sangat Urban Mama percayai agar mereka dapat membantu mengawasi rumah.

2.       Hentikan pengiriman koran atau majalah selama mudik

Bagi Urban Mama yang masih berlangganan koran atau majalah, sebaiknya meminta agar pengantaran ditunda sementara. Kadang tumpukan koran membuat rumah kita jadi ketahuan sedang kosong sehingga bisa memancing pencuri.

3.       Pasang lampu otomatis di teras rumah

Lampu yang selalu menyala di teras rumah pada siang hari bisa mengundang perhatian pencuri karena menandakan rumah sedang kosong. Saya memasang lampu LED dengan sensor cahaya yang menyala otomatis di malam hari dan mati di siang hari. Urban mama juga bisa meletakkan beberapa sandal/sepatu di depan pintu yang menunjukkan seolah ada orang di rumah. Saya juga biasanya memasang satu atau dua lampu di dalam rumah agar tidak terlihat gelap gulita dari luar.

4.       Cabut kontak listrik dari perangkat elektronik yang tidak diperlukan

Untuk menghindari risiko kebakaran akibat kenaikan daya yang menyebabkan korsleting listrik, matikan semua perangkat elektronik yang tidak diperlukan dan mencabut kabel dari stop kontak. Selain itu, sebelum mudik pastikan saluran utama air dan keran tidak mengalir untuk menghindari tagihan yang membengkak dan kebocoran air yang dapat menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan lainnya (korsleting listrik dan kebakaran).

5.       Cabut regulator dan selang dari kompor sehingga tabung tidak terhubung

Pastikan meninggalkan kompor gas dalam keadaan mati dan tidak terkoneksi dengan tabung gas. Ada beberapa cara untuk menjaga tabung gas tetap aman ketika Urban Mama meninggalkan rumah:


  1. Setelah selang dan regulator dilepas dari tabung dan kompor, simpanlah tabung dengan posisi tegak, jauh dari sumber listrik, terhindar dari paparan panas, dan tidak pada ruang tertutup.

  2. Ruangan tempat penyimpanan tabung sebaiknya memiliki ventilasi yang cukup, di mana ventilasi sebaiknya berada di bawah. Tabung LPG juga dapat disimpan di ruang terbuka agar lebih aman. LPG memiliki berat jenis yang lebih berat dari udara, maka jika terjadi kebocoran, LPG akan membaur di bagian bawah (di atas lantai) sehingga untuk membuang LPG tersebut adalah membiarkannya keluar dari ventilasi bagian bawah.

  3. Jika saat kembali dari mudik Urban Mama mencium bau gas, segera buka pintu dan jendela untuk mengeluarkan gas dari rumah. Jangan nyalakan lampu atau listrik dalam beberapa saat, dan pastikan tidak ada ruangan yang terakumulasi dengan gas.

  4. Penggunaan tabung gas dengan fitur teknologi DSVS (Double Spindle Valve System) yang memiliki katup ganda seperti tabung Bright Gas 5,5 kg akan memberikan jaminan 2x Lebih Aman dalam mencegah kebocoran tabung. Karena jika terjadi kerusakan pada satu valve, masih ada valve lainnya yang akan mencegah kebocoran LPG pada tabung. Selain itu, tabung yang memiliki warna Pink Fuschia ini juga memiliki beberapa kelebihan lainnya dibandingkan dengan tabung LPG lain, seperti:



  • Lebih Aman, dengan seal cap sticker hologram yang tidak dipalsukan, isi dan kualitas LPG di dalam tabung akan lebih terjamin

  • Lebih Nyaman, dengan isi 5,5 kg dan berat total tabung hanya 12,6 kg  (lebih ringan dari segalon mineral) tabung Bright Gas 5,5 kg sangat praktis dan mudah dibawa kemana-mana. Tambah lagi dengan fasilitas Home Delivery, hanya dengan menghubungi Contact Pertamina 1 500 000 dan tabung langsung diantar ke rumah.

  • Lebih Terjangkau, dengan isi ulang Bright Gas 5,5, kg hanya Rp 57.500 per tabung (Area Jawa dan Bali) dan Rp 60.000 - 62.000 per tabung (Area di luar Jawa).


Setelah berbagai upaya preventif, hal terakhir yang dapat dilakukan adalah berdoa agar perjalanan mudik diberikan kelancaran dan keselamatan, juga rumah yang ditinggalkan selalu dalam keadaan aman. Selamat bermudik ria dan berkumpul kembali bersama seluruh keluarga, Urban Mama.

kredit foto: @ipeh

5 Comments

  1. avatar
    Fajrin Dina July 13, 2016 9:38 am

    wah.. baru tau ada lampu LED sensor cahaya, noted bgt.. mungkin mau nambahin untuk titip ke satpam komplek rumah juga bisa ditambahin mom.. jadi satpam bisa aware kalo rumah kita kosong dan perlu pengawasan ekstra

    1. avatar

      As .



  2. avatar
    musdalifa anas July 11, 2016 1:03 pm

    Ella, beberapa tips diatas kemarin dipraktikkan pas lagi mau mudik, untungnya di komplek rumah sudah disiapin satu form khusus warga yang mau mudik dan diserahkan ke pak RT dan security. Dan tentunya kami juga save no hp pic security ysb buat jaga-jaga dan nanya-2 kondisi rumah. Di rymah juga pakai Bright Gas, dan regulatornya dilepas dari tabung. Tapi baru tahu ttg bagian bawah tabung yang sebaiknya diberi ruang/ventilasi. Berguna banget buat next time kalau mau ninggalin rumah lagi. Thanks ella.

    1. avatar

      As .



  3. avatar
    Cindy Vania July 4, 2016 8:48 am

    Selama ini ga kepikiran untuk stop langganan koran loh kalo lagi pergi. ternyata ngaruh juga ya..

    Aku baru tau juga nih kalo tabung gas lebih baik disimpan di ruang terbuka.
    Makasih tipsnya kak gab!

    1. avatar

      As .



  4. avatar
    Siska Knoch July 2, 2016 11:22 am

    bener banget La, penting banget tuh ga update2 apalagi secara detail do socmed. dan iya poin tabung gas ini reminder banget! makasih ya La.

    1. avatar

      As .



  5. avatar
    zata ligouw July 2, 2016 8:45 am

    Meski pun nggak mudik tapi artikel ini berguna banget buat kalo lagi bepergian karena selama masa Lebaran, akan sering banget ninggalin rumah untuk silaturahmi ke orang tua dan sanak saudara lainnya.

    Makasih tipsnya ya La...

    1. avatar

      As .



Post a Comment

You must be logged in to post a comment.