TUM's Weekly Roundup: 2 November 2018

Apa kabar, urban Mama dan Papa sekeluarga? Semoga semua aktivitas yang dijalani seminggu ini berjalan lancar ya.

Akhir pekan sudah di depan mata. Adakah urban mama dan papa sekeluarga yang berencana merayakan Halloween? Di sosial media banyak sekali postingan video singkat resep membuat berbagai hidangan bertema Halloween dari yang sederhana sampai yang membutuhkan keterampilan tingkat tingggi. Pernahkah Urban Mama mencoba resep dari video-video tersebut? Kali ini TUMContributor Mama Enjita berbagi salah satu resep kue, yaitu Halloween Cream Puffs. Cream Puffs ini serupa hidangan kue sus berisi krim, namun resep yang ini sudah dimodifikasi oleh Mama Enjita. Kalaupun tidak merayakan Halloween, resep cream puffs ini menarik sekali untuk dibuat saat akhir pekan.

Seberapa sering kita mendengar orang-orang di lingkungan sekitar, atau diri kita sendiri, menghibur anak yang menangis justru dengan anjuran agar anak tersebut berhenti menangis karena anak pintar tidak menangis? Mama Dwinandini Wiragasari menceritakan pengamatannya bahwa secara tidak sadar, kebanyakan dari kita sering memberikan penghiburan semacam hal tersebut agar anak berhenti menangis. Namun apa akibatnya jika ekspresi emosi anak diredam dengan melarang anak-anak untuk menumpahkan emosinya? Apakah menangis akan membuat anak menjadi anak lemah atau cengeng? Urban mama dapat simak kisah lengkapnya dalam tulisan Big Girls and Boys Do Cry.

Mari pergi sejenak dari kesibukan sehari-hari di daerah perkotaan, dan masuk ke dalam suasana hutan hujan tropis di pedalaman Kalimantan. Kali ini Bundanouf berbagi pengalamannya saat beberapa waktu lalu berjalan-jalan sekeluarga ke Taman Nasional Tanjung Puting. Sebelumnya Bundanouf pernah berkesempatan melihat populasi orangutan di Bukit Lawang Taman Nasional Gunung Leuser, dan kali ini berkesempatan mengunjungi konservasi orangutan di kawasan Taman Nasional Tanjung Puting, Kalimantan Tengah. Adapun total perjalanan yang dilakukan adalah 3 hari dan 2 malam, dimulai dari pelabuhan Kumai, menyusuri sungai Sekonyer membelah hutan Kalimantan Tengah, hingga akhirnya mencapai kamp rehabilitasi dan konservasi di Taman Nasional Tanjung Puting. Seperti apakah suasana sepanjang perjalanan dan keindahan alam hutan hujan tropis Kalimantan Tengah? Adakah jenis satwa-satwa lain yang ikut teramati sepanjang perjalanan? Silakan baca catatan perjalanannya ke Taman Nasional Tanjung Puting

Dalam tulisan Sentuhan Ibu: Memberikan yang Terbaik untuk Anak, Mama Lia Rosliany berbagi kisahnya dalam mendampingi Ghiffari, anak pertamanya yang kini genap berusia 9 tahun. Selama 7.5 tahun sebelumnya hingga kini, Lia mendampingi Ghiffari menjalani rutinitas terapi setelah Ghiffari didiagnosa PDD-NOS, salah satu dari 5 gangguan spektrum Autisme. Saat Ghiffari berusia 8 bulan, mulai teramati ada perbedaan dalam tumbuh kembangnya. Saat masih bayi, Ghiffari adalah bayi yang tidur larut malam dan seringkali menangis tanpa sebab. Dugaan kolik mendorong kami untuk rutin memijatnya karena selain untuk mengurangi kerewelannya, ia percaya sentuhan ibu secara fisik meningkatkan bonding ibu dan anak. Menurut Lia, sentuhan ibu tidak hanya berupa sentuhan fisik, tetapi juga dalam bentuk dukungan dan motivasi yang tak putus-putusnya dalam perjalanan anak menggapai cita-cita yang didambakan. Inilah yang menumbuhkan kegigihan dalam dirinya dan suami untuk terus mencari pengetahuan dan treatment baru untuk membantu Ghiffari meraih potensi terbaiknya. Tanpa disangka dalam perjalanan mendampingi Ghiffari, justru begitu banyak ilmu pula yang mereka peroleh. Menurut Lia, harus diakui saat ini mendapatkan informasi yang tepat tentang cara mengedukasi anak berkebutuhan khusus masih relatif sulit. Apalagi bagi para ibu yang mengasuh anak berkebutuhan khusus, mereka juga membutuhkan dukungan, pendampingan dan pelatihan agar kuat, percaya diri, serta cuku menyayangi diri sendiri agar mereka dapat memberikan sentuhan ibu yang terbaik untuk anak-anak mereka. Simak kisahnya lebih lengkap dalam tulisan Sentuhan Ibu: Memberikan yang Terbaik untuk Anak.

Gambar: www.pexels.com

(Gambar: www.pexels.com)

Nantikan selanjutnya tulisan-tulisan menarik dan informatif di The Urban Mama minggu depan, ya. Selamat berakhir pekan dan selamat berkumpul bersama keluarga tercinta, Urban Mama dan Papa!

0 Comments

Post a Comment

You must be logged in to post a comment.