TUM's Weekly Roundup: 7 Desember 2018

Halo urban Mama dan Papa, apa kabar? Bagaimana aktivitas yang dijalani seminggu ini, semoga semuanya berjalan lancar ya.

Tak terasa kita sudah tiba di bulan Desember. Ada beberapa artikel dengan topik menarik yang ditayangkan minggu ini di The Urban Mama, yaitu parenting insight tentang syarat hidup, bagaimana menghadapi si kecil ketika ia marah, kegiatan field trip orangtua dan anak, serta manfaat mandi air hangat untuk bayi.

(Gambar: www.pixabay.com)

Dalam tulisannya yang berjudul Syarat Hidup, penulis & TUMContributor Adhitya Mulya berbagi pandangannya tentang bagaimana syarat hidup anak dibentuk oleh orangtua dan nantinya akan memengaruhi keberhasilan anak dalam menjalani hidupnya. Kenyataannya, syarat hidup ini berasal dari nilai-nilai values yang orangtua tanamkan dalam diri anak. Kebiasaan-kebiasaan kecil yang dikenalkan orangtua dalam keseharian anak akan membentuk karakter anak, apakan nantinya mereka akan menjadi orang yang tidak puas dan menuntut banyak hal dari luar untuk dirinya sendiri, atau justru sebaliknya: ulet, sederhana, mampu bersaing namun tetap percaya diri. Salah satu benytuk syarat hidup yang dijadikan ilustrasi dalam tulisan ini adalah kenyamanan, di mana menurutnya kenyamanan adalah sesuatu yang ‘nice to have’ dan bukan ‘must have’. Seperti apa maksudnya? Silakan mama dan papa baca dalam tulisan Adithya Mulya di minggu ini yang berjudul Syarat Hidup.

Masih seputar insight dalam dunia parenting. Apakah urban Mama pernah bingung dan kaget mendapati si kecil yang sudah bisa marah, apalagi dengan ekspresi kemarahan yang sampai menjerit-jerit, berteriak, dan menangis? Seperti apa sajakah cara-cara yang urban Mama lakukan saat berhadapan dengan si kecil yang sedang marah? Dalam tulisan Ketika Anak Marah, The Urban Mama berbagi beberapa tips yang urban mama dapat lakukan untuk dealing dengan si kecil yang sedang marah. Namun sebelumnya, orangtua harus sadar bahwa marah adalah salah satu bentuk emosi yang wajar dan manusiawi; siapa saja bisa mengalaminya, tidak terkecuali dengan anak-anak. Seperti apa sajakah tips-tipsnya? Silakan simak dalam artikel Ketika Anak Marah.

TUMContributor Imelda Sutarno berbagi keseruannya saat Oktober lalu menemani puterinya, Lintang, mengikuti acara field trip sekolah di sebuah kawasan ekowisata di daerah Bogor. Kegiatan field tripnya unik karena sekolah mewajibkan orangtua ikut, karena sudah disediakan paket acara dan outbond games yang melibatkan ibu atau bapak dan anaknya. Field trip ini dilaksanakan di kawasan ekowisata Pelita Desa Ciseeng, sekitar dua jam perjalanan dari Jakarta lewat Jalan Tol Jagorawi. Baru kali ini ya, ada acara field trip outbond games yang melibatkan orangtua dan anaknya. Seperti apa saja fasilitas yang ditawarkan di kawasan ekowisata Pelita Desa Ciseeng, dan apa saja outbond games yang dimainkan bersama-sama anak, baca lengkapnya dalam artikel Asyiknya Field Trip ke Ciseeng.

Adakah urban Mama di sini yang baru punya bayi dan bertanya-tanya bagaimana cara memandikan si kecil? Semua newbie mama pasti pernah mengalami deg-degan saat akan memandikan bayinya, bertanya-tanya seberapa sering bayi boleh dimandikan dan air mandinya harus seberapa hangat. Sama halnya seperti Mama Aini Hanafiah, yang menceritakan pengalamannya memandikan si kecil waktu masih bayi baru lahir. Karena bayi belum banyak bergerak seaktif balita, maka memandikannya satu atau dua kali dalam sehari sudahlah cukup. Kulit bayi pun masih tipis dan cenderung mudah kering, maka tak mengapa bila bayi cukup dimandikan dengan waslap yang dibasahi air hangat. Namun ada beberapa hal yang harus mama persiapkan agar acara memandikan si kecil menjadi saat-saat yang menyenangkan untuk si kecil dan mama. Apa saja tips-tipsnya dan mengapa mandi air hangat menyehatkan si kecil, silakan simak tipsnya dalam artikel Mandi Air Hangat Sehat untuk Bayi

Nantikan selanjutnya tulisan-tulisan menarik dan informatif di The Urban Mama minggu depan. Selamat berakhir pekan dan selamat berkumpul bersama keluarga tercinta, Urban Mama dan Papa!

0 Comments

Post a Comment

You must be logged in to post a comment.