1

Topic: Mengajarkan Tanggung Jawab Pada Anak

hi all, seneng banget deh ada forum the urban mama. seharian ini baca-baca dan jatuh cinta banget sama forum ini :). salam kenal untuk semuanya.

moms, dads... pengen tau, hal apa aja yang diajarkan kepada anak untuk melatih sikap tanggung jawabnya?

gue baru punya 1 anak. umurnya 3 tahun.
-yang gue ajarkan, kalo abis main, dia harus beresin sendiri mainannya.
-buang sampah ke tempatnya.

kalo moms & dads gimana?
siapa tau ada inspirasi nih.

terima kasih.

[a mama who loves POCOYO]

2

Topic: Mengajarkan Tanggung Jawab Pada Anak

hi alin,
sama :) gue juga punya aturan yang harus dijalankan sama alde. misalnya:

1. abis main, dia harus beresin mainannya. memang sih, pertamanya sambil nangis-nangis... kadang nyuruh gue yang beresin... tapi lama-lama dia udah sadar sendiri. gue tinggal bilang clean up, dia otomatis beresin. kalo mau ya sambil nyanyi-nyanyi :) biar jadi sesuatu yang fun. kalo sekarang kadang2 anak gue yang bilang... "mama, it's too messy. let's clean up."

2. abis makan, harus taro sendiri piring & gelas ke kitchen sink. karena pake gelas & piring plastik jadi aman. cuma jadinya banyak cucian haha... soalnya kalo udah selesai minum, langsung masuk ke kitchen sink. :)

3. buang sampah.

sejauh ini baru itu. mungkin nanti dikit-dikit ditambah lagi.

? love to write and run - a bus transjakarta passenger ?
@ninityunita

3

Topic: Mengajarkan Tanggung Jawab Pada Anak

Hai :)
gue juga nih selama ini udah sukses menerapkan :
1. Buang sampah pada tempat nya
(ihiyy, bangga juga, kalo lagi pergi kemana - mana dan gk ketemu tempat sampah, Andra sama Raya keukeuh nyimpen sampah di kantong celananya sblom akhirnya nemu tempat sampah dan histeris mau buang sampah sekarang juga :D)

2. Kalo makan di luar, biasanya harus tanggung jawab menghabiskan makanan yang udah di pesannya sendiri. ( Andra : udah kenyang maaa *melengos dr piring* Gue : Mama udah bilang itu porsinya banyak banget, kamu tetep pilih itu, jadi karena kamu udah memutuskan milih itu, HABISKAN. -andra misuh2, gue belagak pilon :D)

3. Habis main selalu harus dibereskan sendiri. Gue wanti2 sama Asisten rumah tangga d rumah untuk gak ngeberesin mainan yg udah diacak2 anak2. biarin mrk sendiri yg beresin.

4. Ada waktunya mereka numpahin sesuatu, sengaja dan tidak sengaja, Mereka lah yg harus mberesin, bukan mbaknya. Kalau pun ada mbaknya, si mbak sifatnya hanya membantu.

Tapiiii, oh tapiii
tanggung jawab yg belum keliatan dari andra ( sigadis kecil, kelas 2 SD) dan Raya si 3,5 tahun
adalah soal sekolah.
Susah banget sadar akan tanggung jawab belajar, ngerjain PR.
Kalo pagi bentar lagi waktunya sekolah kl gak diingetin, maka gak mandi lah dia...jadi harus diingetin teruss.
Karena Andra udah SD, gue mengharuskan dia Sholat 5 waktu.
itu juga salah satu cara menumbuhkan tanggung jawab menurut gua sih :D

kalo gue sih baru itu :D. walopun susye tapi semangat lahhh :D

- Proud Mom of Andra & Raya - follow me on twitter @dedewimala

4

Topic: Mengajarkan Tanggung Jawab Pada Anak

ah kalau dari gue ada tambahan soal didalam mobil. yg namanya mobil tuh dah seperti kamar pribadinya vanya, penuh dengan buku dan perlengkapannya (crayon, puzzle). tapi ada saat2 harus dibersihin yaitu jika sudah mau sampai ke satu tujuan dan dia mau ikut, syaratnya harus dirapikan. kalau tidak dia tinggal di mobil atau kita tidak jadi masuk ke tempat tujuan.

sejauh ini lumayan berhasil, walaupun kadang dia rapikan dengan masukin semua barang dibawah kursi pengemudi bukan kantong belakang :D

bapak dari vanya sekaligus baby assistant di nenen baby shop

5

Topic: Mengajarkan Tanggung Jawab Pada Anak

daddy yudhis,
jadi itu judulnya cara cepat merapikan ala vanya ya? ;) hihi lucu banget vanya!

? love to write and run - a bus transjakarta passenger ?
@ninityunita

6

Topic: Mengajarkan Tanggung Jawab Pada Anak

yudhis wrote:
sejauh ini lumayan berhasil, walaupun kadang dia rapikan dengan masukin semua barang dibawah kursi pengemudi bukan kantong belakang :D


hahaha, vanya, kita tos dulu dong... dulu kalo disuruh beresin kamar juga masukin barang ke kolong ranjang....

? comic and crochet addict ?
theurbanmama.com | @turniptopia

7

Topic: Mengajarkan Tanggung Jawab Pada Anak

Klo saya ada lagi tambahan, jadi klo misalnya kita lagi jalan-jalan.. Jingga (skr 3 tahun) saya 'bekali' 1 buah ransel kecil sendiri yang isinya susu kotak mini 2 buah (karena dia minum susu UHT skr), buku mewarnai plus crayon kecil, nah setiap mau pergi saya bilang sama dia, "itu tanggungjawab Jingga yaaa.... jangan sampai hilang, klo hilang Jingga ga bisa minum susu nanti di jalan".
Ga tau deh itu termasuk belajar tanggungjawab ga c? cuma maksud saya itu utk belajar menghargai dan menjaga milik sendiri. Oh ya, isi ranselnya jangan berat2....:)

8

Topic: Mengajarkan Tanggung Jawab Pada Anak

hi.. aku ikut nimbrung ya...

karena anakku yang pertama udah gede (6 tahun), "Pelajaran" tanggungjawabnya udah dibarengin sama pengajaran konsep "choice & consequences". Jadi, dia udah belajar kalau pilihannya itu ada konsekuensi, dan untuk pilihan yang diambil dia harus bertanggungjawab menerima konsekuensi. misalnya, kalau malas bikin PR, yang diomelin Bu Guru itu bukan mama atau papa, tapi ya dirinya sendiri. Ya semacam itu deh.. nggak tau apa terlalu dini ya aku ngajarin hal ini, tapi masalahnya anakku yang gede ini emang tipenya emang lebih tua dari usianya, jadi udah mulai aku kenalin ke konsep itu..

Kalau yang kecil (2 thn), masih seputar membereskan mainan, membuang sampah, dll... :)