1

Topic: BAB pada bayi 6 bulan

Dear Moms,

Ini kali pertama saya posting di TUM, perkenalkan saya Chica, ibu dari Azka 5m3w. Sedang dilanda kebingungan ni...

Jadi begini ceritanya... (ala drama misteri di TV..hee)

Sejak Azka usia 3 bulan, frekuensi dia pup hanya seminggu sekali (sebelumnya 3 kali sehari 0-3 bln). Bahkan pernah sampe 12 hari gak pup. Pada awalnya saya gak terlalu khawatir. Pasalnya, walau dia gak pup, dia tidak menunjukkan ketidaknyamanannya. Palingan pas time to poop-nya aja dia nangis sambilan berusaha ngeden (dan kemudian saya bantu dengan pijatan ILU sambil kayak bidan 'Ayo Azka, dorong terus...yakk...bisa..bisa!!'). Si Pup nya sendiri bentuknya bagus...like a mustard, just perfect. Makanya saya anggap tidak masalah.

Pas awal kejadian Azka gak pup 7 hari untuk pertama kalinya, saya sempat bawa dia dsa, katanya itu tidak wajar dan kemudian Azka diberikan vitamin C SanBe (yg ternyata gak memberikan pengaruh secara signifikan).

Kemudian sebulan yang lalu kami pindah ke US. Pas dibawa ke dokter untuk imunisasi, ditanya2x juga ttg pup ini. Ketika saya bilang udah 10 hari gak pup, si dokter kayak kaget...dan kemudian membalur suatu cairan di kelingkingnya dan dimasukkan ke dubur Azka. HARUSnya sih, 5 menit setelah dimasukkan, Azka pup. Tapi nyatanya sampe 2 hari baru pup! (lama sekali jedanya)

Si dokter juga meresepkan prune juice (yang buat orang dewasa). Awalnya saya ragu karena pasti banyak mengandung gula. Tapi ternyata pas liat di:
http://www.askdrsears.com/html/8/T081100.asp

dan

http://www.wisegeek.com/what-are-home-remedies-for-constipation-in-babies.htm

memang prune juice adalah salah satu natural laxatives buat bayi.

Sekarang udah seminggu saya kasih Azka prune juice itu (cuman 4 sendok makan bayi per harinya, karena Azka khan belom 6 bulan..pikir saya ASI harusnya cukup). Tapi nyatanya gak ngaruh juga... dia gak pup2x saja...huhu.

Pertanyaan saya, wajar gak sih kalo gak BAB selama itu? 7-12 hari? Mamas lain pernah mengalaminya ga? Soalnya saya baca juga di milis ASIforbaby, kalo bayi gakpup...tandanya dia menyerap semua ASI secara sempurna. Kalo memang benar demikian, kenapa semua dsa (ada 5 dsa) yang saya temui menganggap itu gak wajar?

Hee... Mahap panjang. Abisan bingung... bangettss :)

Thanks a lot Moms! Have a good day!

love.pray.eat :)

2

Topic: BAB pada bayi 6 bulan

ceniza coba cek di thread INI ya. bahasan ttg BAB bayi ada disitu. biar gak redundant, yang ini saya tutup aja. makasih!

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta