1

Topic: Tips untuk Bekerja dari Rumah (WAHM)

Nanya lagi ya moms,

Ada tipsnya ngga buat memotivasi diri sendiri saat merintis/bekerja dari rumah? Aku biasanya semangat kalo dalam teamwork, krn ada yg diajak diskusi ttg ide baru, kendala, dll.. tapi sekarang kaaan... I'm on my own.. plus support dari suami tentunya..
Kendala paling berat adalah M alias males, padahal dah bikin target n workplan.. Contohnya kemaren data2 laptop ilang semua karena sempet trouble, sekarang sistem dah ok tapi trus buat bangkit rasanya maleees bgt.. duh apa emg sindrom bumil ya (mengelak ;) )..

Mother of Universe

2

Topic: Tips untuk Bekerja dari Rumah (WAHM)

koeliz - postnya gue pecah dari thread Jobless during Pregnancy ya, soalnya udah mulai OTT. dulu rasanya ada thread kayak gini, tapi ga nemu, jadi gue bikin thread baru aja ya.

tip dari gue:


  • bikin "jam kerja", jadi misalnya, dari jam 10-4 itu jam kerja, dengan break lunch jam 12-1. mesti dipake buat kerja, bukan nonton tv atau apa lah. [/*]
  • dress up and put on some make up! kadang2 kalo dasteran seharian emang bikin males. [/*]
  • bikin "tempat kerja" atau daerah kantor. lebih mantep lagi, kalo bisa di ruangan terpisah. tapi kalo ga bisa, gapapa kok. jadi kalo ke situ, moodnya berubah jadi mood kantor. majalah, makanan dan distraction lain ga boleh masuk situ.[/*]


segitu dulu ya? ntar kalo kepikiran lagi, gue tambah. yang lain juga pasti punya banyak tip2 useful :)

good luck yaaa! ntar kalo anaknya udah lahir, bakal lebih ribet lagi, hehe.

? comic and crochet addict ?
theurbanmama.com | @turniptopia

3

Topic: Tips untuk Bekerja dari Rumah (WAHM)

Ahh Thal, boleh ikut nanya ya..
Kan kadang susahnya WAHM itu kalau anak kita lagi rewel dan juga berusaha agar tidak selalu terganngu pekerjaan rumah...
In my case, pagi itu nemenin Va', setelah dia makan, mandi, n tidur aku "balik ke laptop" tapi kadang ga nyampe 15 menit dia udah kebangun and asking for attention...
Biasanya aku "kerja" di kamar sebelah, dan kalau Va' rewel gitu karena kita no BS dan ART hanya oplosan ngurusin cucian+setrika, jadi mamaku yang turun tangan.. Kadang anaknya tetep rewel dan nangis, dilepas ga mau,dan mamaku kerepotan.
Mau ga mau, ga enak juga kan kita di dalem rumah tapi anak nangis kita diemin (ga enak sama yang jaga anak kita maksudnya).

Dan sering banget ni kejadian kaya gini, baru mau ngelanjutin kerjaan, ke distract sama berbagai hal rumah tangga, bukan cuma ngurusin Va' aja, tapi juga baru semenit mau duduk ada yang butuh bantuan ini-itu.. yg akhirnya aku baru bisa megang laptop lagi tengah malam, setelah semua rutinitas selesai.

Akhirnya "kerja" dari tengah malam sampai subuh, pagi bangun dan rutinitas yang sama.. Efeknya kemarin kena vertigo hebat, waktu aku lagi gendong Va' pula, untung aku bisa naro dia tanpa jatuh.

Falling In Love with My baby ^^

@pnkmomma84
The Pinkypolka

4

Topic: Tips untuk Bekerja dari Rumah (WAHM)

PiNkmomma - halah, serem amat, vertigo pas lagi gendong va'... :( moga2 bisa ngatasin fatiguenya ya...

hehe, stuju banget... begitu udah ada anaknya, "schedule" jadinya acak2an... gue juga gitu kok. waktu aina masih dibawah 1 tahun, halah... "schedule? apa tuh schedule??"

gue juga ga punya tip yang mantep. dan, liat aja nih, jam begini masih bangun. hihihi.

kalo gue sih, end upnya, gue kerja diatas jam 10 malem. at least setelah aina bobo. kalo yang pagi dan siang, cuma buat bales2 imel dan kerjaan2 yang ga perlu konsentrasi tinggi. soalnya, yang siang udah pasti keganggu aina (yah, ga ada art, jadi yang jaga aina ya kita2 juga). dan thank god for iphone, jadi bisa bales2 imel dan baca2 sembari nemenin anak.

tapiiiiii, gue mesti ikutan bobo pas anak lagi tidur siang. soalnya, kan tidur malem gue kepotong banget (biasanya gue tidur antara jam 3-6, tergantung workload). kalo engga, ya bisa fatigue abis.

terus, semakin aina gede, semakin gue undur jam tidurnya. dulu dibawah 1 tahun, dia bangunnya jam 5-6 pagi. tepar deh gue. makin gede, gue usahain tidur malem dia lbh panjang dan bangun lebih siang, jadi tidur gue juge bisa lebih panjang.

dan kayaknya, kalo anaknya masih dibawah 1.5 tahun, ga usah terlalu berharap bisa ngikutin schedule. soalnya dia masih demanding banget. ya kalo ada kerjaan yang ga kelar atau kita udah capek banget, istirahat lah... ntar kalo va' udah lbh gedean, lebih gampang kok :)

ada yang milih buat tidur bareng pas malem, dan kerja pas si anak tidur siang. kayaknya itu lebih normal sih... tapi reason gue utk milih kerja malem, soalnya si anak tidurnya lebih panjang kalo malem. jadi gue punya waktu lbh panjang buat kerja.

gue rasa, kalo ada ART atau babysitter, akan lebih mudah. tapi utk ART-less mamas, emang mau ga mau ngorbanin jam tidur deh...

? comic and crochet addict ?
theurbanmama.com | @turniptopia

5

Topic: Tips untuk Bekerja dari Rumah (WAHM)

Thalia,
Jadi pengen tanya.
Karena kita tampaknya sama yg 'nyonya' merangkap 'bibi', bisa minta tips & triknya ga nyiasatin jam kerja tanpa harus switch jam kerja dari malem-subuh. Gw rada pontang panting euy. Secara anak gw yg pertama (laki2, 13bulan) polahnya lagi heboh2nya & gw hamil 37 minggu yg sedang menunggu detik2 launching anak ke-2.
Thanks yaa...

6

Topic: Tips untuk Bekerja dari Rumah (WAHM)

tisyonk - lha, itu yang gue ga bisa... makanya gue kerjanya malem. dan kayaknya emang gue night owl to begin with.

tapi honestly, gue ga kebayang kalo anak gue 2, sambil berbayi... hu hu hu. pasti ga bakal sempet kerja "beneran" ampe anak2 udah pada diatas 2 tahun.

mungkin mamas yang lain ada usul?

? comic and crochet addict ?
theurbanmama.com | @turniptopia

7

Topic: Tips untuk Bekerja dari Rumah (WAHM)

setuju sama thalia,kayanya kalau nggak punya helper,mau nggak mau mesti jadi kalong untuk waktu kerja yang lebih fokus,dan mentalnya mesti kuat kalau ga mau stres hehehehe kalau punya helper lebih mudah karena anak ada yang ngawasin apalagi kalau toddler kan pasti udah lari kesana kemari,meleng dikit bisa-bisa dia melakukan hal yang bahaya.

Dikira-kira aja kemampuan kita dan ruang lingkup pekerjaannya,kalau pekerjaannya butuh fokus tinggi dan komitmen,lebih baik tambah helper ya,kalau ga mau terlalu berat biayanya,cari helper yang bisa kerja setengah hari.Jadi jam kerjanya bisa mirip dengan orang biasa.

sebelumnya aku juga kerja freelancer desain,cuma pas belum punya anak no problem ya nggak ada pembantu pun masih ke handle ngerjain rumah dan pekerjaan buat klien,cuma pas punya anak akhirnya aku off deh kerja skrg aku juga baru mau mulai kerja lagi,jadi WAHM nih,pas banget ada threadnya :)

8

Topic: Tips untuk Bekerja dari Rumah (WAHM)

Thali & Asti,
Iya niy...
Pengen off dulu ah..cuma gw-nya yg kadang terlalu ngotot...hihi...
Tararengkyu yaa... :)

9

Topic: Tips untuk Bekerja dari Rumah (WAHM)

thalia
Pantesan, aku bingung cari postinganku kok "ngilang" di topic sebelumnya, ternyata ada di sini hehehe... yawda gpp... maap kalo OOT.. sekarang rasanya kayak in the middle of nowhere, jadi nulisnya ngelantur sana sini deh.. :p

Moms semuanya:
Gosh..

Kok kayaknya serem banget gitu sih cerita dari moms sekalian... Kenyataan bahwa aku bukan multitasker yang baik nambah jadi agak parno..

Tapi paling nggak, kalau emang beneran jadi parah begitu... (hope not) aku udah nggak terlalu kaget yah...

Aku coba praktekin ilmunya moms dikit-dikit deh.. moga2 bisa mulai membiasakan diri...

Mother of Universe

10

Topic: Tips untuk Bekerja dari Rumah (WAHM)

koeliz, kl gw sama kaya thalia..kerja di malem hari & bikin2 konsep siang hari (bikin di kantor).

anak2 bobo biasanya jam 1/2 8 malem, jam 1/2 9 gw dah mulai di depan laptop smbl bw cemilan. tp kl fafa tiba2 mnta nen, gw cut & nenin dulu.

Dan gw membatasi kerja hanya sampe jam 1 malem soale besoknya gw kudu ngantor :)

sofar so good...eh engga ding,beberapa bulan ini gw jd si "mata panda" :(

nidya,ninit,mimilabib,nietz----->itsMe www.nidyalharasati.wordpress.com

11

Topic: Tips untuk Bekerja dari Rumah (WAHM)

Koeliz,
gw termasuk ke dlm genk mama mata panda hihi..
Bener yg thalia bilang, set tempat kerja, waktu (hari dan jam) kerja, pakaian dan dandanan kerja, set up mood kerja, Juga kerja sama dgn suami.
Kalo lg hamil mungkin bawaannya ngantuk ya, ya gpp, itu cara tubuh bumil utk ngasih tau kl saat itu adlh saat utk istirahat.
Kalo udah pny baby, kalo bisa sih ada yg bantuin kerjaan domestik kayak nyuci, nyetrika,ngepel lantai.. Kalo nggak, bisa minta tolong suami utk ngerjain hal itu saat weekend.
awalnya kerja dr rumah itu emang lbh banyak keganggu sama anak ya. Tp kalo udah terbiasa, anaknya jg bakal ngerti sendiri dan gak ganggu saat mama lagi kerja. Kalo gw, brenti kerja bentar saat anak minta nenen. Tp walopun kerjaan banyak keganggu krn ngurusin anak ya gpp juga sih, itu kan emang nilai plusnya bekerja dari rumah ya? Biar kita bisa memantau perkembangan anak dan jagain rumah. Enjoy!

a life-enjoyer mama :)
www.ekadeau.blogspot.com
@ekadeau

12

Topic: Tips untuk Bekerja dari Rumah (WAHM)

Hai mama....

Bener tuh kata si eka. awalnya anakku selalu protes kalo aku ngadep laptop. Tapi lama-lama dia ngerti sendiri tuh. Kalo aku di depan laptop berarti sedang kerja. Biasanya sih aku bikin selang-seling waktunya. 1 jam di depan laptop, trus 15-30 menit main sama anak. Main sama anak selain refreshing juga bikin kita ga terus menerus di depan laptop.

Trus untuk mengatasi males, ya aku mulai rutinitas sama kayak waktu dulu masih kerja kantoran. Mandi pagi biar seger, dress up (kadang2 hehehe) dan minum anget (either coffee or tea). Pokoknya walau di rumah tetep harus produktif.

happy-go-lucky mummy
tweeting as @thearizkia
- www.thearizkia.com -

13

Topic: Tips untuk Bekerja dari Rumah (WAHM)

ikutan sharing ya. saya juga WAHM tapi
beberapa bulan terakhir hanya sanggup maksimal 5 jam kerja efektif di depan laptop di rumah karna:
- blm sanggup begadang karna badan biasanya jadi 'protes'.
jadi jam kerja pagi-siang-sore.
- curi2 kesempatan pada saat anak tidur atau kadang2 minta tolong ART untuk ajak main keluar rumah *jadi emaknya malah yg di rumah, anaknya bersosialisasi keluar.* dulu sih waktu Almira blum bisa jalan masi belum pengen ikutan pencet2 keyboard. skarang pengen dipangku kalo saya kerja. ato malah minta nenen. jadi kayak ga mau diduakan. semoga makin lama dia makin ngerti kalo ibunya kerja.
- ngga tahan untuk ngga nyambi nge-net, terutama social media. soalnya mau nglepas modem biar ga tergoda tapi kok tetep butuh akses internet utk sesekali cek kamus online.

14

Topic: Tips untuk Bekerja dari Rumah (WAHM)

moms..
saya baru berenti bekerja bulan Oktober 2011 kemaren, karena suami pindah ke Kuala Lumpur. sejak stay di sini, saya belum bekerja kantoran lagi, pinginnya sih tetep bisa kerja, tapi belum nemu. rasanya pengen kerja dari rumah aja.. mau sharingnya dong, biasanya kalau yang kerja dari rumah itu bentuk pekerjaannya seperti apa ya?

15

Topic: Tips untuk Bekerja dari Rumah (WAHM)

koeliz, kalo aku so far ART masih jadi dewa penyelamat banget! hehehe.. Pokoknya kalo udah jam 8 pagi ke atas, anak main di luar rumah bareng ART (soalnya rumahku "gang senggol), anakku rada sensi kalo Ami nya pegang laptop dan cenderung jadu susah bobo siang kalo ada emaknya.

pokoknya bikin diri kita profesional aja kayak di kantor atau bisnis lainnya. Ya enaknya kan kita bisa bobo siang, hihihih..

kalo untuk menjaga semangatnya, memang lebih enak kalo bisnis ada temennya sih.jd ada yang ngingetin gitu.. atau follow aja akun twitter para pengusaha dan inspirator. buatku, itu bisa refresh otak banget dan bikin semangat lagi.

mudah-mudahan membantu. sukses yaaa :)

a wife of a wonderful husband. a mom of a graceful daughter. "Which of your Lord's gifts you can betrayed?"

16

Topic: Tips untuk Bekerja dari Rumah (WAHM)

kikyharahap wrote:
moms..
saya baru berenti bekerja bulan Oktober 2011 kemaren, karena suami pindah ke Kuala Lumpur. sejak stay di sini, saya belum bekerja kantoran lagi, pinginnya sih tetep bisa kerja, tapi belum nemu. rasanya pengen kerja dari rumah aja.. mau sharingnya dong, biasanya kalau yang kerja dari rumah itu bentuk pekerjaannya seperti apa ya?


hi kiky, kayanya kalo yang dirimu tanyain, cocoknya dibahas di thread ini deh tentang penghasilan tambahan bagi SAHM. kebetulan saya juga baru melipir dari sana :)

anyway, emang enaknya kalo kerja dari rumah itu yah bisa BSS gitu.hahaha, bobo siang-siang, sambil nemenin yang nyonyo. tapi yah pasti ada plus-minusnya juga yah, ngejaga ritme dan tingkat fokus sama kerjaan yang lagi digarap. Biasanya sih kalo emang lagi kerasa lelah, saya ga terlalu maksain buat kerjain sesuatu, saya biarkan diri sama otak ini buat rehat dulu. Apalagi kalo malam sebelumnya kerjanya sampai larut malam, biasanya besoknya saya bener ngelepasin diri dari kerjaan itu. yah itulah enaknya kalo kerja sendiri, kita yang bisa ngatur ritme kita, soalnyakan sbagai SAHM yang masih punya unyil yang unyu-unyu, kondisi kita emang special :)

17

Topic: Tips untuk Bekerja dari Rumah (WAHM)

Aha!
thread yang sangat cucok buat gw yang baru memulai jadi WAHM.., gw jg abis nulis ttg ini di blog gw.

stuju banget sama saran Thalia:


  • [/*]
bikin "jam kerja" - kalo ngga gitu, kita ngga akan punya prioritas. Maunya kerja, tapi karena liat anak jadi pengen main sama anak dulu, abis itu liat acara tv fav, jadi nonton dulu, dst, dst. Jam kerja penting banget meski pun pada prakteknya kita jauh lbh fleksibel krn kalo ada apa2 yg urgent, kita bisa langsung brenti kerja dl n nangani hal tsb.


  • [/*]
dress up and put on some make up! kadang2 kalo dasteran seharian emang bikin males - soooo true. kalo belom mandi, apalagi berasa lecek dengan daster, kadang mood jg g bagus buat kerja. Gw pribadi bawaannya malah mau rebhan di sofa sambil nonton infotainment kalo dasteran hehehe...


  • [/*]
bikin "tempat kerja" atau daerah kantor. lebih mantep lagi, kalo bisa di ruangan terpisah. tapi kalo ga bisa, gapapa kok. jadi kalo ke situ, moodnya berubah jadi mood kantor. majalah, makanan dan distraction lain ga boleh masuk situ - yup! gw lagi proses bikin 'home office' nih. Tukang lagi mulai ngerjain gudang atas dan mau disulap jadi kantor gw. yay! ga sabar...


  • [/*]
bikin board utk target, jadwal, dll + foto2 yg memotivasi buat kerja, kaya meja di kantor gitu deh..

twitter and IG: @zataligouw
Blog : http://www.zataligouw.com/

18

Topic: Tips untuk Bekerja dari Rumah (WAHM)

kalo gue sih biasa nya mulai bisa kerja jam 9:30-12 baru nanti sore lanjut 1 jam sisanya malem.
karna buntut udah 3 jadi kalo siang gitu minta tolong sama mbak buat jaga 2 toddie dikamar selagi gue ngadep laptop.
paling enak kalo malem emang,jadi anak2 tidur,kita bisa konsen kerja sambil jagain juga :)

tips paling oke dari Thalia itu yang dress up! karna betulan bikin semangat alias ngga males2an :P

Love my kids

twitter & IG : @ndiievania
blog : https://ndiievania.wordpress.com/

19

Topic: Tips untuk Bekerja dari Rumah (WAHM)

Gak terasa udah setahun gw kerja dari rumah. Menurut gw, paling efektif adalah pas anak tidur atau sekolah. Gw pernah nyoba kerja saat Albert gak tidur, yg ada malah gak konsen dan ribet. Sekarang sih Albert udah mulai ngerti, jadi gw udah beberapa kali kerja sebelum dia tidur, asal pas ada suami gw di rumah, jadi dia gak sendirian.
Kebetulan tempat kerja gw di lantai atas, jadi bener2 berasa kerja lah, beda sama tempat aktivitas lain. Kadang kalo capek ya malem gw gak kerja, diganti bangun subuh2 buat kerja. Lumayan efektif juga kerja subuh2...
Trus karena gw gak ada ART, jadi kerjaan rumah gw kerjakan pas Albert gak tidur. Selain biasanya si Albert suka bantu2 juga, jadi pas waktu dia tidur atau sekolah gw bener2 konsen ke kerjaan.

"Some things you can give and give and not lose any. Things like happiness or love or my colours."
–Elmer and the Rainbow

20

Topic: Tips untuk Bekerja dari Rumah (WAHM)

wah gabriella keren ya bisa manage waktunya meski pun ngga ada ART. Pengen bgt bisa kaya gitu..

twitter and IG: @zataligouw
Blog : http://www.zataligouw.com/

21

Topic: Tips untuk Bekerja dari Rumah (WAHM)

ZataLigouw, gw juga masih keteteran sana-sini sih, setrikaan menggunung, berantakan sana-sini... haha
Tapi menurut gw kunci utamanya adalah jangan menunda dan jangan maruk. Artinya begitu ada waktu, manfaatkan untuk kerja berdasarkan skala prioritas. Terus juga harus berani menolak pekerjaan kalau dirasa memang sudah gak kepegang.
Satu lagi, gw suka meluangkan waktu untuk "me time", misalnya Albert sekolah 10.15-13.00, jadi pas 10.30 gw sampe rumah lagi hbs antar Albert, gw lsg kerja, tapi biasanya cuma sampai sekitar 12.00, sisanya gw pake u nonton tv sambil makan siang, sampai waktu jemput Albert. Berguna banget buat gw biar bisa lebih sabar dan gak stres.

"Some things you can give and give and not lose any. Things like happiness or love or my colours."
–Elmer and the Rainbow

22

Topic: Tips untuk Bekerja dari Rumah (WAHM)

tips dari thalia emg bener bgt, bikin jam kerja, dress up, dan tempat kerja.

syukur saya pake art dan tinggal deket mertua, jadi bisa mulai kerja dari jam 10-5 sore krn anak dipegang ART atau nitip mertua. Kadang2 siang pulang dulu untuk boci :p

pernah sempet ga ada ART dan terus terang sulit, apalagi anak masih dibawah 1thn. Pernah denger sharing dari mommies yang punya usaha dengan 2 anak tanpa art. Strateginya, setelah antar anak sekolah, anak kedua titip di day care. Urusan cuci mencuci serahkan ke laundry. Jadi memang harus pintar2 atur strategi.

Untuk mommies yang anaknya masih ASI dan no art sepertinya ga ada jalan lain ya selain saat malam hari atau curi2 waktu saat anak tidur. Semangat!! ;)

work at home mommy for hubby, 2 kiddos and www.inababy.com

23

Topic: Tips untuk Bekerja dari Rumah (WAHM)

iya, bener banget gabriella..

Me Time emang penting banget karena gw percaya, ibu yang baik adalah ibu yang bahagia :)

twitter and IG: @zataligouw
Blog : http://www.zataligouw.com/

24

Topic: Tips untuk Bekerja dari Rumah (WAHM)

totally sdh hampir 1,5 thn gw full kerja di rumah, dgn 2 balita (4y dan 2Y) dan tanpa ART.

anak-anakpun akhirnya ngerti dgn sendirinya kalo gw di depan laptop berarti sedang kerja

Biasanya jam 1/2 6 pagi gw udah nyalain laptop, cek2 imel..sambil nyiapin sarapan (jadi bolak balik laptop-dapur)

jam 1/2 7, waktunya nginem..nyapu+cuci piring, nyuapin sarapan, mandiin anak, trs anter si sulung sekolah

jam 9 nemenin si bungsu nonton tivi

dan gw bener-bener bisa fokus kerja jam 1 siang - jam 4 sore (saat anak2 tidur siang)

trs lanjut kerja serius lagi jam 9 malem - jam 1 :)

Tapi ga setiap hari jadwalnya begitu, kalo ga lagi hetic gw cuma kerja di jam malem :D,sisanya nemenin anak main atau bales dendam tidur luamaa banget :D

nidya,ninit,mimilabib,nietz----->itsMe www.nidyalharasati.wordpress.com

25

Topic: Tips untuk Bekerja dari Rumah (WAHM)

waah, udah lama ga update disini!

masih tetep WAHM, tapi sekarang schedulenya udah jauh lebih mendingan dari dulu. karena aina udah sekolah, jadi waktu kerja gue bareng ama waktu dia sekolah... jauh lebih manageable ya?

kalo load normal, enaknya malem ga usah begadang. dan masih sempet main, spend time ama aina, dan ngerjain urusan rumah (masak, nyuci dll... maklum, ga ada ART).

kalo loadnya lagi penuh, baru deh begadang. atau kalo siangnya mesti ada urusan lain, jadi ga sempet kerja. jadi kerjaan di-shift setelah aina tidur.

? comic and crochet addict ?
theurbanmama.com | @turniptopia