1

Topic: [2010] "Hari Ibu" - Desember 2010

Sms buat ibu:
"Ibu, hari ini aku titip anakku. (Seperti hari hari yg lain). Makanannya sudah ku siapkan, nasi tim daging+wortel. Usahakan dihabiskan ya. Susu sdh ku buatkan. Kalau habis buat kan lg, susunya di meja. Clodi dan pakaian sudah ku siapkan d lemari. Gak usah di bedaki, cukup telon aja. Jgn lupa tidur siangnya yg cukup ya...Aku sepertinya pulang kesorean.. "
Balasan dr Ibu: " nak, ibu sakit. Sepertinya fertigo ibu kambuh sejak pagi, dn kaki kok sakitnya gak ilang ilang ya?... "
----
Duh, aku harus ngurus Rajuu sendiri hari ini.. Dmulai memandikannya, yg sangat repot, air kececeran dmana-mana. Becek, nyaris terpeleset.
Kemudian makan. Rajuu sangat sulit makan. Harus sedikit dipaksa dn dialihkan perhatiannya. Gak habis..Duh, sedihnya.. Susu g mau, maunya air putìh. Trus bergegas k PAUD, terlambat 30menit.
Sepulang PAUD, harus tidur. Duh, repot sekali menidurkan Rajuu saat siang, beda banget dg malam.. Akhrnya nyerah gak tidur siang. Rewel, nangis. Dan aku gak ad yg bantuin.. Pingin marah, nangis.. Robb, repot sekali mengurus anak.. Oh, beginikah ibuku setiap hari?
Sejak hamil dn melahirkan diriku, lalu mengasuhku. Dan kini, mengasuh cucumu.. Oh ibu, lantas kapan istirahatnya..? Robb, semoga aku bukan anak durhaka.. Tapi mengasuh cucunya yg membuatnya bahagia. Ikhlas, dn tanpa mengeluh atau memarahi Rajuu jika rewel. Ia mencintai anakku lebih dr ia mencintai anaknya..
Ya Allah, dengan apa aku harus membalasnya? Atau justru tuba yg ku berikan? Ibu, maafkan aku. Ampuni aku ibu. Ridhoi diriku, agar aku mendapatkan Ridho Tuhanku. Janjiku ku berusaha untk menjadi anak yg berbakti. Walaw lautan emas tak dapat gantikan. Hanya Allah yg dpt membalasnya.. Robb, berkahilah ibu agar selalu sehat dan bahagia, umur panjang, limpahkan rahmatmu padanya.
Ibu, selamat hari ibu. Aku tak dapat menunda esok untuk mengatakan ini. Aku sayang ibu. Semoga Allah semakin cinta padamu... Amin.

Rajuu is Rajwaa..
Corry is Bunda Adhya..
:)

2

Topic: [2010] "Hari Ibu" - Desember 2010

huhu sama kayak crey, puisi para mama ini pada bikin terharu siih...:(
Oke, saya akan mencoba mengungkapkan perasaan saya kepada mama tercinta..*siap2 banjirrr air mata*

Love Letter to My Mom

Mamaku, Cintaku,
Entah sudah berapa ribu risoles yang kita buat bersama selama ini.
10.000? 20.000? lebih! Ingat ga, kita pernah semalaman ga tidur untuk buat pesenan dari dosennya Mba Tyas, 1000 buah risoles untuk esok pagi.Yah makanya ga heran, kalau sekarang kita eneg banget kalau disuruh makan risoles. Hehe..

Tapi itu 20 tahun yang lalu ya, saat aku masih 7 tahun. Tugasku waktu itu adalah maniri, itu tuh..menggulingkan si risoles ke telur yang udah dikocok, trus dimasukin ke panir (tepung roti), makanya namanya jadi maniri. :) . Kalau bel sekolah udah berbunyi, iiih aku males banget pulang. Udah kebayang, mama nyuruh aku maniri risoles. Hihihi..Makanya aku suka kabur-kabur dulu main ke rumah temen.

Udah gedean dikit, ketika kelas 5 SD, mama kasih aku tugas lebih berat yaitu bawa risoles ke sekolahku. Ma, mama mungkin ga tau, aku maluuuu. Tau sendiri kan Ma, kalau Tarakanita terkenal banyak anak kayanya. Si Eta empunya studio poto paling besar di Jogja, Bapaknya si Tanti punya mall yang buesar di tengah kota , si Erika anak tunggal dokter gigi yang punya apotek di deket rumah kita. Tapi, tetep aku lakukan, tapi karena terpaksa lho Mam. Aku mulai mikir, ngapain sih Mama ga kerja di kantoran aja kayak mama temenku, supaya aku ga perlu anter2 risoles ke sekolah.

SMP, kegiatan anter2 risoles masih berlanjut. Mama, mama pernah muda ga sih, aku waktu itu juga tengsin. Aku mulai ngrasain cinta monyet, tapi aku malu kalau aku tuh bukan orang yang mampu. Tiap hari naik sepeda lagi. Sempet protes, tapi ya Mama ga punya uang buat beli motor, gimana lagi. Buat beli sepatu aja ga bisa (makanya maafin ya ma begitu aku kerja, sepatuku jadi banyak banget numpuk di rumah, hehe).

SMA, aku seneng banget, aku ga perlu anter2 risoles lagi. Dan mama udah punya uang buat beli sepeda motor, walaupun mocin. Si Jialing merah tetep bikin tengsin juga, karena motor temen yang lain itu minimal Honda Grand. Lagi-lagi protes sama mama, : Kapan beli Honda-nya???”.

Yang paling nyesek ya mam, ada temen yang nanya : Bapakmu mana? Aku menjawab : “tugas keluar negeri”. Aku malu mam, kalau temen2 tau kalau mamaku single parent.17 tahun ya mam, aku ga pernah komunikasi ataupun ketemu Papa. Mama tu mbesarin 4 anak sendirian, miskin, ga punya uang. Aku malu kalau temen2ku main ke rumah kita yang jelek, ga layak. Dindingnya gedheg (anyaman kayu). Waktu itu kayu2nya udah lapuk, lantai masih tanah, dan sebagian alasnya karpet plastik.

Dueeeennnggggggggggg! Kayak gong dipukul, waktu mau melahirkan aku sadar aku selama ini jadi anak yang bego, terlalu banyak menuntut, dan ga bisa lihat kasih Mama yang begitu besar. Mama itu udah ngelahirin dan besarin aku, mba Tyas, Mba Rini, De Tia dengan segenap pengorbanan.Ngelahirin itu ternyata sakiiit sekali, sampe aku tidak sekuat mama dan memilih untuk caesar.

Dulu kupikir.. pilihan mama jadi single parent itu aku pikir adalah kesalahan Mama juga, ga mau pertahanin keutuhan keluarga. Tapi sekarang mataku kebuka Mam, despite of it all, you’re the best mom, Mama sudah mengorbankan keinginan Mama untuk penuhi keinginan kita semua. Apalagi setelah aku punya Rara, baru nyadar kalau dulu mama milih kerja di rumah bikin risoles supaya Mama bisa ngawasin kita kan ya Ma? Huhuhu..Mama juga jarang beli baju (makanya sekarang tiap bonusan, pengen banget nyenengin mama. Mama mau apa tahun ini? *wish you read this, Mom*).

Mama juga ternyata selama ini bayar uang sekolah kita ngutang dulu (tapi sekarang utangnya udah lunas). Mama pasti bangga kan Ma, 4 anaknya mama udah lulus S-1 semua (hanya dengan jualan risoles aja!). Udah pada kerja, udah pada bisa biayai hidupnya sendiri. Walau sampe sekarang, tetep aja masih suka ngrepotin mama, contohnya jagain Rara kalau aku dinas ke Jogja.

Pokoknya Ma, selagi ada waktu, aku pengen bikin Mama bahagia. Mumpung Mama masih ada umur, mumpung Tuhan masih kasih kesempatan Mama untuk melihat anak-anak Mama ini lebih berhasil lagi..Untuk ngelihat Rara dan adek-adeknya kelak tumbuh besar.

Aku sayang Mama, Mama tak tergantikan. Maafin anakmu yang gebleg ini ya ma, yang ngeyelan ini..

Sampai ketemu di Jogja ya, Tahun Baru nanti!
Sekarang, selamat hari Ibu Mamaku Cintaku!

http://3.bp.blogspot.com/_97tdG_0qI5k/TRFPDr_h6KI/AAAAAAAAAGQ/uCHUNdEOJtM/s1600/Selamat%2BHari%2BIbu.JPG

3

Topic: [2010] "Hari Ibu" - Desember 2010

teruntuk ibuku di sana..

darimu ku belajar tentang ketulusan
bagaimana menyayangi tanpa menuntut disayangi...
darimu ku belajar makna keikhlasan
ketika segalanya kau berikan demi kebahagiaan putri-putrimu...
darimu ku belajar makna pengorbanan
saat segalanya kau lakukan untuk keluargamu, dan kau abaikan kepentingan dirimu sendiri...

belum seberapa yang telah ku lakukan untuk membalas segala ketulusanmu..
belum seberapa juga yang telah ku lakukan dalam perananku menjadi ibu untuk anakku sekarang..
belum seberapa diriku ini jika dibandingkan dengan yang telah kau lakukan..

ibuku, hanya doa yang bisa ku berikan. semoga engkau selalu diberi kemuliaan, kebahagiaan dan pahala berlipat dari Allah SWT. dan tak henti2nya selalu ku berdoa, semoga suatu hari nanti kita semua bisa berkumpul kembali bersama bapak di sana..

selamat hari ibu.. untuk ibuku tersayang, dan semua ibu di dunia ini..

:: big fan of F ::
[@gumzkiew]

4

Topic: [2010] "Hari Ibu" - Desember 2010

teruntuk mamaku tersayang...

ma,,, apa kabar hari ini,,,? ga terasa sudah 27 tahun uni menjadi anak mama yang paling besar,,,

sembilan bulan sepuluh hari mama mengandung uni,, berjuang,,ikhlas dan tulus dalam melawan rasa sakit yang luar biasa,, tapi mama hanya bilang ketika uni lahir hilang seketika sakit itu,, yang ada rasanya hanya perasaan luar biasa senangnya,,,

ketika uni dan adik2 masih bayi,,semua yang megang mama,,,sampai mama memutuskan untuk berhenti kerja,,demi menjaga anak2nya,,,

Ketika uni sudah mulai sekolah TK,,mama selalu mengantar dan menjemput uni,,masih ingat uni ma,,rumah kita sangat jauh,harus jalan jauh dulu,, mama menggandeng uni dan menggendong adik untuk dapat angkot,,, setelah dapat angkot kita harus ganti 2x utk sampai ke TK terdekat,, dan setiap hari mama lakukan demi uni dan adik2,,, sampai di rumah,, disaat kita semua sangat lelah dan tertidur pulas,,mama langsung mencuci dan membereskan seisi rumah,,,


Mama,,seorang yang sangat hemat,,tidak pernah jajan diluar pergi tanpa anak2nya,,setiap jajan selalu di bawa pulang,,, selalu naik metro mini agar anak2nya bisa terus sekolah,,bisa beli buku baru,, bisa masak kegemaran anak2nya,,,hingga SAAT INI,,,

Mama yang tidak pernah membentak dan berkata kasar kepada anak2nya,, mama yang tidak pernah putus asa dalam membantu papa dalam mencari uang tambahan dengan menjual kue,ikut bazar supaya tetap tidak meninggalkan anak2nya,,,

Ketika mama marahpun,,bukan teriakan yang kita dapat tapi pelukan hangat dan nasihat yang sangat lembut,, yang malah membuat kita bertekuk lutut,,,,

Mama orang paling panik ketika uni sakit ,mama yang paling setia nungguin uni waktu uni di rawat sampe mama pun akhirnya di rawat juga :(


Mama yang selalu menjadi teman uni,,

bila uni nangis yang pertama kali datang mama,, dan selalu lengkap dengan usapan nya,,
hingga saat ini,,,

Setelah uni dewasa,, hampir dua tahun yang lalu di malam pernikahan uni,,uni memeluk mama sangat erat,,,tapi mama hanya bilang,, istirahat ya sayang,,semuanya akan baik2 aja,,, dan itu yang menguatkan uni sampai sekrang,,

Ma,,ga akan pernah lupa uni,,ketika uni harus ikut suami ke Palembang,,mama yang selalu menguatkan unni,,,

Disaat uni hamil muda dan selalu mual,,mama langsung datang ke Palembang untuk membantu uni padahal mama SAKIT,,,

Disaat uni mau melahirkan mama orang yang selalu meyuapkan uni nasi dan jus kurma,,mama yg selalu membisikkan kata2,, ingat Allah uni,, ini Jihad,,,

Disaat uni sedang berjuang dalam mengedan,,mama ga pernah kemana2,,selalu ada di samping uni,,walaupun ada suami uni,,

Disaat sesi IMD,,mama yang setia menutupi tubuh uni agar tidak dingin,,,mengusap peluh unni,,

ma,, baru sekarang uni sadar,, kalau seorang ibu itu sangat MULIA,,,sangat SULIT,,,dan mama sudah berhasil menghantarkan anaknya ke gerbang pernikahan,,, subhanallah,,,

mama seorang mama yang hebat dan juga seorang anak yang hebat,,, uni bangga punya mama,,,


Sedangkan uni???? uni belum menjadi anak yang baik ma,,masih suka mengeluh,,masih suka ga sabaran sama dzaky,,masih suka boros,, masih suka bersuara keras kepada mama,,,masih suka tidak berterima kasih,,, hiks

Maafkan uni ya ma,,uni minta maaf,,, seharusnya uni sekarang yang membahagiakan mama,,, tapi ternyata uni belum bisa,,

berderai air mata uni,,,Insya Allah Allah masih mau memaafkan uni,,insya allah uni masih diberi kesempatan untuk dapat mebalas semua nya ma,,walaupun uni tau mama ga pernah minta untuk dibalas,,,

uni sayang sekali sama mama,, Selamat Hari ibu mama :)

You don't choose your family.They are God's gift to you, as you are to them
husnul-ummi dzaky-@husnulfirdaus-
http://keluargakecil-firdaus.blogspot.com

5

Topic: [2010] "Hari Ibu" - Desember 2010

Ibu..

Terima kasih atas segala kasihmu..
Ketika aku adalah bayi yang merepotkan..
Ketika aku adalah anak kecil yang nakal..
Ketika aku adalah remaja pemberontak..
Ketika aku adalah gadis muda yang terlalu sibuk sehingga sering melupakanmu..
Dan ketika kini aku menjadi sepertimu, menjadi seorang Ibu..

Ibu..
Begitu banyak yang telah kau berikan kepadaku..
Dorongan semangat bak cheerleader ketika semangatku mulai redup..
Usapan penuh kasih kala ku patah hati..
Sajian lezat setiap kali aku pulang ke rumah..
Kecupan sayangmu..
Pelukan lembutmu..
Semuanya membuatku selalu merindukanmu saat ku jauh darimu..
Seperti sekarang ini..

Ibu..
Kini hanya dua doaku..
Agar kau damai sentosa di hari tuamu..
Dan agar ku bisa menjaga cucumu seperti kau menjagaku selama ini..

I love you Ibu..
Dulu, kini, dan nanti..
Selamat hari Ibu..

learning is a never ending process
@rhisuka

6

Topic: [2010] "Hari Ibu" - Desember 2010

Mama:
Sosok multitasking yang kadang ribet sendiri
Sosok yang bisa jadi financial planner, koki, personal assistance, perawat, psikolog sesuai sikonnya
Sosok yang mesti bisa nyanyi, bisa dongeng, jadi tempat tempat curhat.
Sosok yang selalu tau kapan kita butuh dia :) tanpa kita kasih tau :) *mungkin krn kita dulu bagian dari dirinya*

Sosok yg terbayang waktu aku mengalami proses melahirkan, inikah yang mama rasakan dulu ma?
Waktu menyusui bayiku, dulu aku gini juga ya ma?
Waktu aku keguguran, ternyata gini ya ma rasanya?
Waktu anakku mulai susah dikasi tau, jadi gini ya ma rasanya dicuekin ama anak?
Waktu anakku mulai punya kesibukan sendiri, oh gini ya ma, rasanya "ditinggal" ama anak?

Sekarang aku juga merasakan jadi seorang ibu, seorang istri.
Dan ku akui tidak semudah yg aku bayangkan.
Terimakasih mama, atas semua ajaranmu, semua didikanmu, semua yang pernah kau lakukan padaku, pada kami semua.
Maafin anakmu ya ma, atas semua kesusahan, kesedihan, masalah yg telah kami timbulkan.

Selamat hari ibu Ma, I love you :)
You're the best!

"Naya sayang Papa sebesar Mama, sayang Mama sebesar Papa"
*terharu*

7

Topic: [2010] "Hari Ibu" - Desember 2010

dapet surat dari my lil girl yang udah bisa baca tulis

'selamat hari Ibu, Ibu. Aku sayang sama ibu, bu kapan sih adik lahir? aku kan pengen cepet-cepet, biar aku bisa main sama adik. Oya ibu kenapa sih aku gak boleh main sepeda terus? kan aku kesepian kalo di rumah gak ada ibu, adanya bude doang (pembantu), makanya bu aku suka main sepeda sama teman-teman aku.

love,
naya

gak sesuai dengan tema hari ibu sih, cuma terharu anaku dah bisa tulis 'surat cinta'

"hidup itu hendaknya memberi manfaat bagi orang lain di sekitar kita"

8

Topic: [2010] "Hari Ibu" - Desember 2010

yang ini aku ikutan share ya ungkapan cintaku buat mama

Ma, aku memang belum pernah sekalipun ngungkapin perasaanku, biarpun cuma selamat hari ibu, tapi tahun ini, aku pengen banget ngucapin langsung ma, aku memang gak pandai merangkai kata jadi kalimat, tapi satu yang saat ini paling kurasakan, aku kehilanganmu....

Tahun ini tahun yang paling berat dalam hidupku, saat engkau mulai sakit-sakitan, entah kenapa, aku merasa kali ini engkau tidaklah sekuat dulu. Aku ingat setiap malam ku jaga dirimu sama seperti saat engkau menjagaku dulu, saat aku menyuapimu dengan menahan airmata, dan saat engkau tak lagi bisa berkata-kata, aku tau, aku akan kehilanganmu....

Kini engkau sudah bahagia disana, tanpa sakit, tanpa derita.

Selamat hari ibu ma.... aku kangen mama...

"hidup itu hendaknya memberi manfaat bagi orang lain di sekitar kita"

9

Topic: [2010] "Hari Ibu" - Desember 2010

Who ran to help me when I fell,
And hushed me in her arms to rest,
Or kiss the place to make it well?
You Mom, I would have no other...

Before I got married I had two theories about bringing up children, now I have two children, and no theories at all...

Love you a lot Mom...;)

Happy Mother's Day....

with big luv,
- your children who already be parents of kalea & zavi -

There are no seven wonders of the world in the eyes of a child. There are seven million...
== a working mom who love her "Kalea & Zavi" like a crazy ==

10

Topic: [2010] "Hari Ibu" - Desember 2010

Sepucuk surat untuk Ibu..

Jakarta, 21 Desember 2010

Selamat pagi, Ibuku sayang
Apa kabar ibu di NZ, nanda kangeeeen sekali
Sehari lagi adalah hari kita, ya..kita..krn setahun yg lalu nanda juga menyandang gelar "ibu", sebuah jabatan yang amat mulia yg tdk pernah nanda bayangkan sebelumnya
Ibu...
Seandainya saja Ibu saat ini ada di Indonesia, tentu nanda akan sangat bahagia melewatkan hari Ibu yg pertama kali nanda alami bersama Ibu & Frasya
Namun..nanda juga tidak boleh egois, harus berbagi Ibu dengan mbak Sisil, anak Ibu yg lain, kakak nanda, yang sudah 10 th tidak pulang ke Indonesia

Ibunda sayang,
Sekarang nanda bisa merasakan bahagianya menjadi seorang Ibu
Bahagia kala anak kita tertatih di langkah pertamanya, cemas kala ia terhuyung jatuh, penuh harap kala melantunkan doa pengantar tidurnya..
Ibu, tak banyak kata yg dapat nanda sampaikan di surat nanda ini
Nanda hanya ingin Ibu tahu, kalau nanda sangat menyayangi Ibu
Terimakasih sudah menjadi Ibu sekaligus ayah bagi nanda, setelah ayah mendadak dipanggil oleh Tuhan, hanya Ibu yg menjadi pelita & penyemangat hidup nanda
Terimakasih Ibu...
Semoga nanda kelak dapat menjadi Ibu yg kuat & tegar bagi Frasya, sebagaimana Ibu menjadi Ibu yg terbaik bagi nanda

Peluk & cium ananda,
Atanasia

Proud to be Fra's mom ;)

11

Topic: [2010] "Hari Ibu" - Desember 2010

bu..menggambarkanmu takkan pernah cukup dengan ribuan kata dan torehan tinta. Seluruh hidupku pun takkan pernah mampu membalas tiap tetes keringat,darah dan airmatamu. Hanya keikhlasan di setiap pengorbanan yg kau berikan...dan kekuatan doa yg tak pnh berhenti kau lantunkan...

Saat melahirkanku,merawatku,mendidikku hingga melepasku untuk mjd seorang ibu sepertimu... cintamu tak sedikitpun berkurang...bahkan semakin erat memelukku..tanganmu yg semakin rapuh itu terus membimbingku agar aku mjd sebaik2 seorg ibu...ya..seorg ibu yg tak pernah mengharap balasan sampai akir hayatnya...

pnh suatu saat kutanyakan ibu ingin apa untuk membalas semua pengorbanannya..dia hanya menjawab.."doakan aku..agar aku bisa bertemu kalian di surgaNya kelak" begitu indahnya pintamu...

bu..ijinkan aku terus memelukmu..merasakan hangat cintamu..cinta seorang malaikat yg dikirim Allah utkku..
bu..ku hanya ingin berkata...
wanita terhebat itu adalah ibu
wanita terindah itu adalah ibu
dan malaikat itu adalah ibu

bu.. aku mencintaimu setiap hari...seluas samudra dan sepanjang hidupku...terimakasih untuk segalanya...selamat hari ibu....

My firsT - mY eVeryThin9[h]Raffa MUjaHid kEcilKu[/h]

12

Topic: [2010] "Hari Ibu" - Desember 2010

ma....sekarang aku sudah merasakan
bagaimana rasanya menjadi seorang ibu
semuanya benar ma,
apapun dilakukan untuk anaknya

membalas semua yang telah engkau berikan
rasanya tak akan terbalaskan ma...
sejak aku masih dikandungan, bayi dan akhirnya dewasa
bahkan sampai aku sendiri yang mengandung
semua kasih sayang dan perhatianmu tertuju padaku

meskipun kita sering berbeda pendapat
dan aku sering membantah setiap perkataanmu
tapi jauh dilubuk hatiku
aku selalu menyesal setiap semua perdebatan itu terjadi

mungkin memang aku tak pernah mengungkapkan
semua ini langsung dihapadanmu ma....
tapi percayalah, aku sangat meyanyangimu ma
seperti mama menyanyangiku

selamat hari ibu ma...
hanya doa yang bisa kuberikan untukmu
semoga mama selalu sehat, panjang umur
dan bisa melihat cucu2mu tumbuh besar nanti

-wife to a great husband, mother for alesya & arsyila-

13

Topic: [2010] "Hari Ibu" - Desember 2010

Skor telak 3-1 untuk seorang Ibu terhadap sang ayah..

Kanjeng Nabi Muhammad SAW, mengatakan 3 kali untuk seorang yang harus dihormati dimuka bumi
ini, "Ibumu.. Ibumu.. Ibumu.." ketika ditanya oleh sahabat beliau.

ini menandakan bahwa..

seorang ibu lebih mulia 3 derajat dari sang ayah..
seorang ibu lebih banyak 3 kali kesempatan untuk masuk syurga dibanding sang ayah..

dan itu adalah anugerah dari Sang Pencipta untuk makhluk-Nya yang bernama Ibu, atas
3 kali kesakitan dan kepayahan yang ia alami di bumi

Kesakitan/kepayahan ketika mengandung sang buah hati selama 9bulan 10hari..
Kesakitan/kepayahan ketika menyusui hingga 36bulan..
Kesakitan/kepayahan ketika mengurus anak hingga dia beranjak dewasa..

Dan sebentar lagi adalah hari Ibu..

Hari dimana kami para anak dan para suami menghormati kalian lebih dari hari hari laiin..
Hari dimana kalian pantas untuk istirahat dari rutinitas harian, dan biarlah kami yang mengurusnya..

Selamat Hari Ibu..
Selamat menjadi Manusia mulia 3 derajat dari kami para anak dan suami..
Salam penghormatan dari kami..

dan kelak di akhirat nanti, kalian insya Allah akan disambut para Malaikat-Nya.. dengan senyum dan sapaan:

"Hai wanita mulia, silahkan pilih 3 dari Syurga yang kalian sukai..." wallahu'alam.

14

Topic: [2010] "Hari Ibu" - Desember 2010

ibu...
sudah 14tahun kita berpisah
tapi aroma rendang terakhir yang ibu masak
masih semilir di hidungku

ibu...
sudah 14tahun kita berpisah
tapi aroma dastermu
masih sangat terasa

ibu...
darimu aku belajar
menjadi ibu tidak boleh mengeluh
menjadi ibu tidak boleh pamrih
menjadi ibu tidak boleh menuntut
menjadi ibu harus mempunya lengan yang kuat utk anak2nya
menjadi ibu harus mempunyai hati yang luas utk segala tingkah laku anak2nya
menjadi ibu harus mempunya pelukan yang hangat utk anak2nya
mempunyai ibu tidak mengenal kata putus asa
menjadi ibu harus pintar
agar anak2nya bahagia
agar anak2nya cerdas
agar anak2nya jumawa
agar (terutama) anak2nya menjadi anak2 yang selalu ingat akan Sang Pencipta

tapi ibu...
aku tidak pernha membuatmu bahagia
aku tidak pernah membuatmu istirahat
aku tidak pernah membuatmu tersenyum
aku selalu menyusahkanmu dengan selalu tutup mulut setiap makan
aku selalu menyusahkanmu dengan selalu melalikan waktu shalat
aku selalu menyusahkanmu dengan setiap bulan sakit
aku selalu menyusahkanmu dengan selalu bermalas2an bangun pagi

tapi ibu...
segelas air putih dingin tetap selalu kau hidangkan utnukku sepulang sekolah
segelas susu hangat selalu kau siapkan sebelum aku sekolah
seragam sekolahku selalu bersih dan rapi

meski ditengah perjuanganmu
melawan segala sakit
melawan segala nyeri
melawan segala keluh
menahan agar air matamu tak pernah tumpah di depan kami
mengumpulkan sisa2 tenaga utk bertahan

aku ingat ibu..
malam terakhir sebelum esoknya engkau "kembali"
diruang perawatan itu kau hanya ingin di tunggui olehku dan abang
setelah kondisi kritismu membaik
segala ketegangan yang aq hadapi di usia 16tahun itu mereda
karna aku yakin esok senyummu akan menghias di wajah cantikmu
tapi ibu..
Tuhan sayang padamu
tidak dibiarkan deritamu berlarut
tidak dibiarkan sakitmu bertahan
tidak dibiarkan bebanmu berlama2

engkau pergi ibu..
disaat aku masih butuh bimbinganmu
disaat aku masih butuh pelukan hangatmu
disaat aku masih butuh teman utk bercerita setiap malam tiba
disaat aku masih butuh utk bertanya tentang banyak hal
disaat aku masih dan akan terus membutuhkanmu

ibu...
engkau ibuku yang melahirkan diusia senja
engkau ibuku sekaligus guruku
engkau ibuku kamus hidupku
engkau ibuku resep hidupku (selalu rindu dengan semua masakanmu..)

meski tidak pernah aku memberimu hadiah
tapi izinkan kali ini selain doa yang selalu aku kirimkan untukmu dan bapak
aku ingin mempersembahkan tulisan ini utnukmu ibu
kalau bukan krna kesempatan ini mungkin tidak pernah aku bisa mengungkapkannya betapa aku sangat mencintai dan merindukanmu..

doaku selalu semoga Allah SWT selalu melapangkangkan kuburmu
menghapus segala dosa2mu
memberimu tempat yang paling indah
dan mempertemukan kita kembali ibu..
karna aku ingin sekali masuk kedalam pelukan hangatmu..

*oohh bunda ada dan tiada dirimukan selalu ada dalam hatiku*

selamat hari ibu untuk seluruh ibu di dunia

-nia-
ibunya razan & ragha
follow me @nieafardina

15

Topic: [2010] "Hari Ibu" - Desember 2010

Hari ini tepat 28 tahun yang lalu, mama berjuang mempertaruhkan nyawa,dengan seluruh cinta kasih mengantarkanku ke dunia
Hari ini 28 tahun yang lalu bertumpuk harapan, beribu sukacita,beruntai doa kebaikan dibisikan dalam dekapan penuh kasih sayang
Hari ini 28 tahun lalu pertama kali aku merasakan dan mengenal cinta selain cinta dari Sang Maha Pencipta

Hari ini aku telah mengerti bagaimana belajar menjadi sabar menjaga titipanNYA, belajar beribadah melalui keikhlasan mendidik seorang manusia
Hari ini aku telah mengerti bagaimana mama kecewa ketika gadis kecilmu tidak lagi menjadi pendiam, penurut dan pendengar
Maafkan aku mama.
Hari ini aku telah mengerti bagaimana kekhawatiran mama menjaga agar porselen itu tetap terpajang cantik tanpa cela
Hari ini aku telah mengerti arti deraian airmata di hari mama harus menyerahkan sebagian tanggung jawab mama untuk menjagaku, pada seorang pria
Bukan hal yang mudah mempercayai seseorang untuk menjaga titipan yang paling disayangi dan telah dijaga selama puluhan tahun
Hari ini aku telah mengerti bagaimana rasanya ikhlas dalam menjaga dan mencintai titipanNYA dan ikhlas jika suatu saat sang pemilik mengambil titipanNYA kembali

Bagiku, setiap hari adalah tambahan kesempatan untuk membalas jasamu
Bukan berupa materi katamu, namun kebanggaan dan kepuasan bahwa aku telah mengamalkan kebaikan dan teladanmu
Walaupun itu cuma seujung kuku dibandingkan kasih sayang yang telah mama curahkan
Hari ini setelah tepat 28 tahun, aku tidak berharap kado dan kue seperti gadis kecilmu dulu.hanya doa semoga aku bisa melalui sisa hidupku dengan lebih baik.Agar aku bisa menjaga dan membimbing titipan ini seperti mama membimbing dan menjagaku

Satu pujian dari anakku berarti seribu pujian untuk mama yang telah berhasil mendidikku
Sampai kapanpun aku tidak akan bisa membalas jasa mama, yang bisa kulakukan adalah memupuk kebaikan dan menanamkan keteladanan pada anak dan cucuku kelak seperti yang telah mama ajarkan padaku

Terimakasih telah mengantarku melihat dunia.
Mengantarku merasakan menjadi istri, ibu dan anak dari seorang mama terbaik di dunia.
Mama adalah guru terbaik sepanjang hidupku
Dan ilmu berharga darimu akan terus melekat sampai akhir hidupku
I Love you mama.
Selamat hari Ibu untuk mama dan semua wanita yang telah mendidik, membesarkan dan menjaga titipanNYA dengan penuh kasih sayang dan keikhlasan


http://img828.imageshack.us/img828/5145/photo3dh.jpg

additional image source : www.google.com

16

Topic: [2010] "Hari Ibu" - Desember 2010

Yuyung adalah musuhku.
Disaat semua teman ngajak nonton di bioskop, aku harus membalas ajakan itu dengan gelengan karena tidak ada ijin dari Yuyung.
Disaat semua teman ngajak jalan2 ke mall, lagi2 aku harus membalas dengan gelengan, karena lagi2 tidak ada ijin dari Yuyung.
Saat aku pulang malam karena sibuk kegiatan ekskul di sekolah, aku dimarah2i Yuyung.
Semua yang kulakukan rasanya salah semua.

Tapi itu dulu, sekarang aku tahu, semua yang Yuyung katakan, semua yang Yuyung larang, semata-mata semua untuk kebaikanku. Sekarang aku sadar, bahwa Yuyung sangat sayang kepadaku dan semua yang beliau lakukan dulu karena khawatir kepadaku, anak perempuannya satu2nya.

Sekarang, Yuyung adalah panutanku. Aku ingin seperti beliau.
Seorang working mom yang tidak pernah lupa setiap detail tentang kebutuhan anak2nya. Bahkan, seringnya aku yang lupa tentang kebutuhan beliau.
Seseorang yang rela berkorban untuk anak2nya. Ingat ketika undangan pernikahanku gagal sehingga akhirnya beliau berhari2 membetulkan setiap lembar undangan. Betapa beliau yang merancang setiap detail pernikahanku. Bahkan sekarang, beliau niat untuk membuat sulam pita di setiap suvenir untuk pernikahan kakakku.
Seseorang yang siap menyelipkan jadwal untuk menjaga cucunya, diantara seluruh kesibukannya menjadi dosen, ketika pengasuh cucunya tidak ada.
Seseorang yang selalu kuingat pertama ketika aku ada masalah dan tempat kumenanyakan solusinya. Dan dengan ajaibnya, beliau selalu mempunyai jawaban yang pas.
Seseorang yang selalu memikirkan seluruh anggota keluarganya dengan doa yang sangat panjang di akhir sholatnya.

Aku tidak pernah bisa berkata2 indah. Tapi dalam hatiku, Yuyung adalah segalanya. Berkat Yuyung, aku bisa seperti sekarang ini. Aku bukan apa2 tanpa doa Yuyung. Aku tidak bisa apa2 bila aku kehilangannya.

Menyesal dulu aku menyebutnya musuh. Bila sekarang aku dimusuhi oleh anakku, pasti rasanya sedih, dan pasti itu pula yang dulu dirasakan oleh Yuyung. Tapi Yuyung terus merangkulku dengan nasihat2nya dan pada akhirnya aku luluh dan kita menjadi "sahabat".

Di hari ibu ini aku ingin berkata,
"Yung, selamat hari ibu. Aku sayang sekali sama Yuyung. Teruslah ada untuk aku. Maafkan kesalahan2ku yang sangat banyak ke Yuyung. Maafkan bila banyak keinginan Yuyung yang ga bisa aku penuhi. Tapi aku akan selalu berusaha sekuat tenaga untuk ngebahagiain Yuyung, apapun caranya."

Selamat hari ibu untuk Yuyung, Mama (mertua), ibu2 seluruh dunia, dan hey, ke aku juga karena aku sekarang seorang ibu. :) I'm proud to be a mom!

*Yuyung adalah bagaimana aku memanggil orang yang melahirkanku. Diambil dari kata Biyung, bahasa Jawa untuk ibu.

@dyaharini

17

Topic: [2010] "Hari Ibu" - Desember 2010

Ibu, ini ada sedikit ungkapan terima kasihku kepadamu, Bu,atas semua waktu, tenaga, keringat, perjuangan yang kau berikan kepadaku tanpa pamrih

==========================================
Ibu..

Dahulu..
Aku tak mengenalmu
Aku pun tak meminta untuk dilahirkan dari rahimmu
Aku tak mempunyai impian untuk tidur dalam pelukanmu

Ibu..

Saat Allah SWT menaruh jiwa ku dalam dirimu
Kau terima aku dengan penuh suka cita
Kau selalu berharap siang dan malam untuk dapat melihat wajahku
Sosok ku yang samar, selalu mengulaskan senyum diwajahmu

Ibu..

Kebahagianmu memuncak saat kau dengar tangisku
Tiada hal terindah dalam hidupmu selain menimangku dalam buaianmu
Kata pertama dari mulut ku bagaikan aluanan suara surga bagi telingamu
"Ibu..Ibu.."

Ibu..

Tiap malam dan siangmu kau berikan hanya untuk menjagaku
Memelukku kala takut dan sedih melanda hariku
Membiarkanku terlelap dalam pangkuanmu kala lelah menerpaku

Ibu..

Kau tetap sabar menghadapi setiap kenakalan yang aku buat
Kau tetap tersenyum saat aku tidak lagi mau kau peluk
Kau menitikkan airmata bahagia menyaksikan pernikahanku

Ibu..

Kini..
Aku sungguh mengenalmu
Aku berharap aku memang lahir dari rahimmu
Aku bermimpi dapat terus tidur dalam pelukanmu

Ibu..

Tiada bakti yang dapat aku berikan
Selain mencintaimu dengan hatiku yang rapuh
Maafkan aku Ibu atas segalanya

Ibu..

Kata terindah dari surga yang bisa tetap kumiliki dan kusayangi hingga akhir hayatku.

==============================================================
Dedicated to my moms, my beloved wife n also to all mother in the world

papa yg ga sabar pengen cepet-cepet pulang ke rumah ketemu Ayra n bundanya

18

Topic: [2010] "Hari Ibu" - Desember 2010

Mama....

ini tahun pertama aku mengucapkan selamat hari ibu dari jauh,biasanya aku ada bersamamu,mengecup kedua pipi sambil membawa kado kecil yang tidak pernah sekalipun kau pinta. Engkaupun kemudian tersenyum, dan itu merupakan kebahagiaan tertinggiku...

Mama...setelah semua pahit manis dan jatuh bangun yang kita alami, setelah segala lara dan tawa yang menyertai perjalanan....engkau akhirnya dapat mengecap keindahan. Mama yang kuat,Mama yang sabar,Mama yang ikhlas,dan Mama yang tegar...akhirnya kita menemukan cinta kembali

Aku tidak akan pernah bisa cukup berterima kasih untuk semua yang telah engkau berikan. Tapi aku bisa menjaga kebahagiaanmu, sepanjang hayatku.

Selamat Hari Ibu,doa-doa terbaik aku persembahkan untukmu...
....dan aku ingin Mama tahu,berada jauh darimu hanya membuatku lebih kuat mencintaimu

19

Topic: [2010] "Hari Ibu" - Desember 2010

Ganjil
Ujung Timur Tebet, 21 Desember 2010 03:15WIB

ia mencintaiku dengan ganjil
ada di antara tiada
tak nyata namun terasa
tersembunyi tak terungkap
lembut, hangat
suci, bersahabat
aku mencintainya dengan ganjil
ada namun tiada
nyata tanpa rasa
terumbar dalam kata
lembut, hangat
palsu, khianat
tapi ia tetap mencintaiku
begitu ganjil

20

Topic: [2010] "Hari Ibu" - Desember 2010

I quote this from one of my friend's status on facebook a long time ago:

"I am a parent, cook, housekeeper, teacher, nurse, handy man, maid, security, coordinator, supervisor, manager, secretary, nutritionist, caretaker, personal assistant, life coach, bookkeeper, laundry maid, taxi driver and a motivational speaker. I don't get holiday pay, sick ...pay, or days off. I am on call 24 hrs a day, ...7 days a week. Now tell me YOUR job is harder than mine. Post this if you're a Mom:)"

Dulu pas baca pertama kali, dalam hati: "masa sih? segitunya ya jadi ibu?"
Sekarang uda punya anak jd sadar, it is sooo true...betapa besarnya tanggung jawab & cinta seorang ibu.

Selamat Hari Ibu buat para Ibu, terutama buat Mama tersayang tentunya. Love you Mom... See u this year end *Hug*

21

Topic: [2010] "Hari Ibu" - Desember 2010

mam..
sekarang saya duduk di sini, memikirkan kata2 untuk mam di hari ibu besok.
dan saya bingung mencari yang paling pantas, sampai akhirnya dua kata terlintas...
luar biasa...
luar biasa perasaan dan perjuangan menjadi ibu...
saya baru tiga tahun menjalani, dan sudah merasa kewalahan secara fisik dan mental..
sementara mama sudah lebih dari tiga puluh tahun...

mam...
terima kasih..
saya sayang sama mama...
semoga mama selalu dalam lindungan-Nya..
amin..

selamat hari ibu..

a mother of energizer bunnies

22

Topic: [2010] "Hari Ibu" - Desember 2010

Ma,
Sungguh tidak pernah terpikir olehku dulu
Menjadi ibu ternyata.....
Merasakan sakit hamil dan melahirkan yang luar biasa (sambil terus berdoa kepada Allah SWT agar semua rasa sakit segera usai)
Menyusui tiap saat dimanapun kapanpun ketika anakku memintanya
Menahan amarah ketika baju yang baru saja aku kenakan diompoli, di-poop-in atau digumohi
Menjaga anakku 24 hours a day 7 days a week non-stop --hingga aku sering berpikir, aku ingin rehat sebentaaarrr ajjaaah..--

Ma,
Masih terngiang dalam ingatan ketika aku masih tinggal bersama mama
Mama rela ga tidur menjagaku kala aku sakit
Mama memasakkan aku masakan sea food sembunyi-sembunyi karena papa tidak suka masakan sea food
Mama tak pernah absen membawakanku bekal sehat bergizi ke sekolah dan menyediakan camilan sehat di rumah
Mama membelikan apa saja benda-benda yang menarik perhatianku saat kita berdua pergi ke pasar
Mama memangkuku untuk mengajariku flash card dengan telaten
Mama selalu membuatkan aku latihan soal-soal ketika menjelang ujian di sekolah
Mama marah tiap kali aku terjatuh dan lututku berdarah kala bermain bersama teman-teman..karena aku tidak mau menurut pada kata-kata mama untuk tidur siang dan malah memilih bermain
Mama selalu menasehatiku agar aku dapat mandiri dengan menggunakan tangan dan kakiku sendiri
”kamu harus mandiri, Nak.kalau mama papa ga ada, kamu tidak ada saudara, lalu siapa yang akan menolongmu selain dirimu sendiri?”
mama yang selalu mengatakan
"Mama ingin kamu kerja, punya duit sendiri, bisa beliin anakmu mainan, buku, baju dengan uangmu sendiri, ke salon untuk spa...apa aja, jangan kayak Mama ya, Nak, cuma di rumah thok. Makanya Nak, kamu sekolah yang tinggi"
Mama yg selalu menghadiri pengambilan raportku sendirian dan aq menunggumu harap-harap cemas di rumah...”akankah aku dpt reward or punishment kali ini”
Mama yang menemaniku berjuang pada tes umptn maupun tes CPNS yang aq lakukan dengan doa yang tak putus-putus
Mama rela bangun tengah malam tiap hari untuk menengadahkan kepala memanjatkan doa kepada Allah SWT
Bahkan sampai sekarang ketika aku telah berkeluarga,
namaku, suami dan anakku Ayra, tak pernah luput dari doa yang kau ucapkan
Sesaat setelah persalinan, engkau menangis bahagia melihat tubuhku telentang bersimbah darah berjuang untuk kelahiran Ayra, cucumu, Ma

Memang masih terlalu singkat aku berperan sepertimu, Ma
Tapi kenapa kini aku sudah merasa capek ma,
merawat Ayra sendiri tanpa didampingi olehmu
Astaghfirullahaladzim...
Ku ingin engkau menemaniku di saat-saat sulit ini, namun sikon tidak memungkinkan, Engkau sedang sakit sekarang
Bagaimana bisa aku menyerah kalah ketika baru mulai berjuang di medan perang?!
Aku jadi berpikir, bagaimana bisa dulu engkau merawatku sendirian, tanpa ada pembantu ataupun Mbah Putri yang menemani
Meencuci sendiri popok-popok yang telah aku kotori dengan poop ataupun pee
Menggendongku di setiap malam yang aku penuhi dengan tangisan..sementara papa pun tidak sanggup menggendongku karena kecapekan
Menenangkanku ketika aku sedang sedih

Ya Allah,
betapa mulia dan sempurnanya wanita yang kau hadirkan dalam hidupku ini
mungkinkah aku bisa meneladaninya,
membesarkan, mengasuh, mendidik anak-anakku seperti dirinya
yang telah sukses mengantarkanku menjadi wanita karir dan ibu bagi anakku
Doakan aku ya, Ma
Agar aku bisa menjadi Bunda yang terbaik bagi anak-anakku
Agar aku dapat terus berbakti kepadamu dan Papa
Agar aku dapat menjadi istri senantiasa setia mendampingi suami
Kuatkan aku Ma, seperti yang biasa kau lakukan selama ini
Amin..

di momen ini, aku ingin mengucapkan :
Happy Moms-Day yah Ma
aku sayang sekali sama mama tanpa ada batas

23

Topic: [2010] "Hari Ibu" - Desember 2010

mamah.. slamat hari ibu...

dulu.. emang aku gak pernah terlalu care dg adanya hari ibu ini, tp skarang setelah menjadi seorang ibu baru merasakan nikmat dan susahnya jadi seorang ibu.. dan akupun jadi tau kalau hari special ini memang di peruntukan untuk seluruh ibu di dunia ini karna menjadi seorang ibu adalah pengalaman, pekerjaan, dan kewajiban yang sangat mulia dan tidak ada duanya..

hari dimana seorang ibu di istimewakan, meskipun setiap hari memang slalu istimewa..

well.. buat semua ibu di manapun berada, mamah, dan juga aku..
SLAMAT HARI IBU... be proud of your self..!!! 'cos every mother is special and a great mother.. :)

"love you mom, you are the queen of my heart"

24

Topic: [2010] "Hari Ibu" - Desember 2010

What would my life is she were not around...

Tidak pernah terpikir oleh saya apa yang akan terjadi jika Mama tidak ada di saat2 saya susah dan senang dan di saat2 penting dalam hidup saya.

Mama sudah merawat saya dan 4 orang saudara kandung saya sejak lahir tanpa pernah mengeluh...
Mama yang selalu ada di hari-hari pertama saya sekolah dari TK sampai SD bahkan SMP...
Mama yang dengan sigapnya membantu saya sewaktu saya pulang ke rumah dan mendapati bahwa hari itu hari pertama saya mendapatkan menstruasi...
Mama yang menunggu saya pulang dari kencan pertama saya di teras rumah... (sebel sih tapi saya sadar karena dia sayang saya)...
Mama yang selalu mengerti ketika saya mengutarakan kekhawatiran dan keraguan saya saat saya akan membuat keputusan besar dalam hidup saya... dan membuat saya yakin...
Mama yang dengan tangan lebar menerima suami saya dan menyayanginya sama seperti anaknya sendiri...
Mama yang membantu saya merawat anak-anak saya ketika baru lahir... saat saya stress dan mengalami sedikit baby blues...
Mama yang tidak keberatan pintu kamarnya diketuk tengah malam hanya karena saya panik ketika tengah malam anak saya BAB banyak sekali...
Mama yang sampai saat ini pun bersedia menemani saya (walaupun kami sudah berpisah rumah) ketika suami saya sedang bertugas ke luar kota... just to make sure saya dan kedua anak saya baik-baik saja...
Mama yang tidak pernah menolak pada saat saya minta bantuan mengurus anak-anak karena harus ke luar kota atau lembur sampai malam....
Duhhhh.. rasanya makin panjang daftar yang harus saya buat....

Dan... inilah pengakuan saya....
Saya.... tidak ingat kapan terakhir kali saya mengatakan saya sayang pada mama saya... benar2 tidak ingat. Dan barangkali saya belum pernah secara langsung mengatakannya....

Tapi mudah2an dari sikap dan prilaku saya, mama tahu bahwa saya sayang padanya... sangat....

Besok adalah hari ibu...
Sebelum menjadi ibu bahkan sesudah menjadi ibu dua anak pun tak pernah terpikirkan untuk mengucapkan selamat pada mama di hari Ibu....
Tidak sampai saya bergabung di forum urban mama....

So I think it’s about time to say it tomorrow...
Ma... selamat hari Ibu... Ica sayang mama....
Thanks for your unconditional love...

Ica - mama agy dan biyyu
*lagimewekingetmamanya

Ohhh... wait. Why should I wait till tomorrow. Am calling her now... Right about now!

25

Topic: [2010] "Hari Ibu" - Desember 2010

*sukses berkaca2 mengharu biru baca posting2 sebelumnya*

baru sadar, jaraaaangg bgt ngucapin rasa sayang n terima kasih ke mama di rumah. sama sekali ga ngarepin hadiahnya cuma pengen ikutan ngucapin selamat hari ibu :)

"mama, maaf kalo selama ini ade jarang bgt ngucapin ini ke mama. ade sayang bgt ma mama, terima kasih byk utk semua yg udah mama berikan ke keluarga. maybe you are not perfect but you are the greatest one for us, love u much mama :) "

bab ? atha ? kae ? nda