1

Topic: Anak Perempuan atau Laki-laki

hihihihi...ok deh,tp mg2 dgn alami bisa dapet anak cw...coz kayanya seru ya dandanin babygirl...

MamaSmurfyangselalurianggembira ^_^Y IG : @nika.susanti

2

Topic: Anak Perempuan atau Laki-laki

Kalo aku 10000% ngga percaya dengan teori2 penentuan jenis kelamin diatas, sebab adalah kemustahilan, kedustaan, dan sangat tidak mungkin seorang/sekelompok manusia yang ilmunya secetek ini bisa mencoba2/berusaha/berspekulasi menentukan jenis kelamin anak, bahkan sungguh melampaui batas karena tanpa disadari telah merasa dirinya tuhan (dengan 't' kecil).

Sebagai umat Islam kita dilarang keras mempercayai hal2 seperti ini karena sama saja dengan mempertanyakan ke-Maha-an Allah Azza wa Jalla, menyamakan kemampuan Rabb dengan ciptaanNya, yang semuanya berujung pada mensejajarkan Sang Pencipta Makhluk dengan makhluk yang diciptakanNya (menyekutukannya), na'udzubillahi min dzalik, karena menyekutukan sama dengan kesyirikan level tertinggi yang tempatnya di neraka, kekal selama-lamanya.

Telah sangat jelas di ayat dibawah ini, bahwa hanya Allah, The One and Only, yang Maha Berkuasa menentukan anak laki-laki atau perempuan keppada siapapun yang Dia kehendaki.

QS.Asy Syura 49/50:
"Kepunyaan Allah-lah kerajaan langit dan bumi, Dia menciptakan apa yang Dia kehendaki, Dia memberikan anak-anak perempuan kepada siapa yang Dia kehendaki dan memberikan anak-anak lelaki kepada siapa yang Dia kehendaki, atau Dia menganugerahkan kedua jenis laki-laki dan perempuan (kepada siapa yang dikehendaki-Nya), dan Dia menjadikan mandul siapa yang Dia kehendaki. Sesungguhnya Dia Maha Mengetahui lagi Maha Kuasa."


Jadi, bagi siapa saja yang merasa dirinya muslim, jangan pernah sesaat-pun percaya/membenarkan/berpikir 'oh kaya'nya betul juga, boleh nih dicoba' pada kata2/omongan manusia yang jelas2 bertentangan dengan perkataan Rabb kita, sebab bahkan isi hati kelak juga akan dipertanggung jawabkan, apalagi kalau sampai keluar kata2 menyetujui kesyirikan terselubung tersebut. Na'uduzubillahi min dzalik.

QS.Al Mulk 67/13:
"Dan rahasiakanlah perkataanmu atau lahirkanlah; sesungguhnya Dia Maha Mengetahui segala isi hati."


Hanya sekedar mengingatkan :)

ummubebek bukan ibunya bebek, tapi umi-nya saifana dan irhabi :)
email & fb: [email protected]

3

Topic: Anak Perempuan atau Laki-laki

ummubebek..terimakasih ya untuk sharingnya, salah satunya jadi membuat aku ingin tahu lebih dalam tentang hukumnya dalam Islam.

Tadi aku sempatkan browsing beberapa artikel, salah satunya MUI, sayang tidak menemukan tentang fatwa ini. Tapi maaf ya, aku sama sekali bukan bermaksud counter attack, tidak sama sekali.

Dari artikel2 yang kudapat, semuanya membolehkan dengan argumen sebagai berikut :

...Namun perlu kita ingat, bahwa banyak hal yang merupakan hak prerogatif Allah SWT, namun manusia tetap dianjurkan untuk melakukan usaha untuk mendapatkannya, seperti halnya kita dianjurkan mencari sumber penghidupan (rizki). Walau pemberian rizki tersebut merupakan hak Allah SWT, namun manusia tetap dianjurkan untuk melakukan upaya untuk mendapatkannya. Bahkan dalam surat Arra’d : 11 Allah berfrman : “sesungguhnya Allah tidak akan mengubah apa yang ada pada suatu kaum sehingga mereka berusaha mengubah apa yang ada pada diri mereka sendiri”.

Dari ayat tersebut jelas, Allah SWT menginginkan agar kita melakukan usaha, tanpa berpangku-tangan untuk mendapatkan apa yang kita inginkan, walau keputusan terakhir tetap berada di tangan Allah SWT. Berusaha, merupakan suatu hal yang sebanding lurus dengan anjuran untuk kita meyakini adanya kekuasaan Allah SWT. Sebagaimana kita diwajibkan untuk meyakini kekuasaan Allah SWT, kita juga diwajibkan untuk melakukan usaha untuk mendapatkan yang terbaik dari kehendak Allah SWT tersebut.
Sumbernya dari sini

...Ajaran syariat Islam mengajarkan kita untuk tidak boleh berputus asa dan menganjurkan untuk senantiasa berikhtiar (usaha) dalam menggapai karunia Allah SWT. Demikian halnya di ntara pancamaslahat yang diayomi oleh maqashid asy-syari’ah (tujuan filosofis syariah Islam) adalah hifdz an-nasl (memelihara fungsi dan kesucian reproduksi) bagi kelangsungan dan kesinambungan generasi umat manusia. Allah telah menjanjikan setiap kesulitan ada solusi (QS.Al-Insyirah:5-6) termasuk kesulitan reproduksi manusia dengan adanya kemajuan teknologi kedokteran dan ilmu biologi modern yang Allah karuniakan kepada umat manusia agar mereka bersyukur dengan menggunakannya sesuai kaedah ajaran-Nya
Sumber dari sini.

...Sehingga dengan demikian persoalan pengaturan kelahiran dan usaha manusia untuk memilih jenis kelamin bayi termasuk dalam kategori ikhtiyar manusia atau dalam lingkaran mukhayyar. Sedangkan ketentuan bahwa bayi itu tetap hidup dalam kandungan hingga kelahirannya? Kapan bayi itu lahir? Berwujud bagaimana bayi itu, normal atau tidak? Berjenis kelamin apa, laki-laki kah atau perempuan kah? Itu semua berada dalam musayyar atau sesuai qadha’ Allah SWT. Manusia hanya bisa berusaha sesuai dengan keinginannya. Allah SWT lah yang menentukan dan menetapkan segala sesuatu. Yang perlu dipahami juga dalam masalah qadha’ adalah bahwa kita mengetahui kepastian qadha’ setelah segala sesuatu terjadi. Sebelum segala sesuatu terjadi maka kita diwajibkan untuk berikhtiar/berusaha sebaik-baiknya dan semaksimal mungkin.
Sumbernya dari sini.

Tapi semua akhirnya kembali ke keyakinan kita masing-masing.

4

Topic: Anak Perempuan atau Laki-laki

Iya sih, sepertinya manusia dianugerahi akal pikiran, hati, dan budi pekerti untuk melakukan usaha seoptimal mungkin.. masalah hasil akhirnya tetep di tangan sang Pencipta kita..

Tapi yaa.. kembali ke keyakinan masing2 siiih....

udah ah, ntar kalo dibahas melebar malah bisa sampe Mbah Darwin dan teman2nya hehehe... *Peace* yow :)

Mother of Universe

5

Topic: Anak Perempuan atau Laki-laki

..Bisa hamil dan melahirkan itu memang suatu anugerah dari Yang Maha Kuasa...
Dan tidak semua orang dengan mudah diberikan anugerah itu olehNya..
Selain doa, tentunya harus dibarengi dengan usaha...setuju sama koeliz masalah hasil akhirnya tetep ditangan sang Pencipta,
Di yogya iseminasi masih kisaran dibwh 3jt :) di Permata Hati, Rs Sardjito..

6

Topic: Anak Perempuan atau Laki-laki

indriani: Pertama-tama yang penting diperhatikan, dalam menafsirkan sebuah ayat, umat Islam hanya boleh berpegangan pada penjelasan Allah di ayat lain di dalam Al Qur'an, atau hadist Rasulullah SAW yang shahih, atau ijma Khulafaur Rasyidin (khalifah sesudah Rasulullah yaitu Abu Bakar ra., Umar bin Khattab ra., Utsman bin Affan ra., dan Ali bin Abi Thalib ra.). Ini bukan kataku, melainkan berdasar pada hadist Rasulullah SAW berikut ini:

Dari Abu Najih ’Irbadh bin Sariyah rodhiallohu ‘anhu dia berkata , Rasulullah bersabda, Aku berwasiat kepadamu agar bertakwa kepada Allah 'Azza wa Jalla, agar mendengar, taat dan patuh meskipun pemimpinmu seorang budak. Barangsiapa hidup panjang umur dari kamu maka dia akan melihat banyak silang-sengketa. Berpeganglah kepada sunnahku dan sunnah-sunnah khulafaur rasyidin yang mendapat petunjuk dan hidayah (sesudahku). Gigitlah kuat-kuat dengan gigi gerahammu. Waspadalah terhadap ciptaan persoalan-persoalan baru. Sesungguhnya tiap bid'ah mengandung kesesatan. (HR. Tirmidzi)

Maka ulama zaman sekarang saat memberikan fatwa juga wajib berpegang teguh/kembali pada dalil yang berdasar ketentuan diatas, tidak boleh sembarangan berfatwa karena kalau bertentangan dengan dalil2 yang kuat (Al Qur’an dan Hadist) maka fatwanya otomatis gugur bahkan menjadi bid’ah. Dan kita sebagai orang awam wajib kritis menanyakan dalil syar’i-nya, tidak boleh langsung ikut saja apa kata ulama. Karena semua akan dimintakan pertanggungjawabannya di akhirat:

QS. Al Isra 17/36:
“Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan dan hati, semuanya itu akan diminta pertanggungan jawabnya.”


Lalu tadi disebut mengenai rezeki. Banyak ayat dalam Al Qur’an yang menyatakan bahwa timbangan rezeki adalah disisi Allah, Allah menyempitkan dan melapangkan rezeki kepada yang dikehendaki (QS.Ar Ra’d 13/26, QS.An Nahl 16/71, Al Isra 17/30, Al Baqarah 2/245), Allah memberikan rezeki kepada yang dikehendakiNya tanpa batas (Al Baqarah 2/212), dan masih banyak ayat2 lainnya. Secara sepintas lalu, makna dari ayat2 tersebut akan membuat orang2 berpikiran kalau semuanya bergantung pada kehendak Allah saja jadi kita ngga usah cari nafkah dong? Dalam Islam tidak demikian, usaha mencari rezeki/penghasilan hukumnya wajib. Dari mana dasarnya? Yaitu pada hadist Rasulullah SAW berikut ini:

Dari Zubair Ibnu al-'Awwam Radliyallaahu 'anhu bahwa Rasulullah SAW bersabda: "Seorang di antara kamu yang mengambil talinya, lalu datang dengan seonggok kayu di atas punggungnya, kemudian menjualnya dan dengan hasil itu ia menjaga kehormatannya adalah lebih baik daripada ia meminta-minta orang yang terkadang mereka memberinya atau menolaknya." (Riwayat Bukhari)

Hadist diatas jelas menerangkan mengenai wajibnya manusia berusaha mencari nafkah dan betapa hinanya orang yang meminta-minta/berpangku tangan (kecuali dalam keadaan yang sangat-amat terpaksa).

Tapi balik lagi kalau mengenai penentuan jenis kelamin, urusannya berbeda dengan rezeki, kedua hal ini tidak bisa di-qiyaskan, atau disamakan, atau disetarakan, karena tidak ada penjelasannya dalam ayat lain, maupun hadist Rasulullah, ataupun ucapan khulafaur rasyidin mengenai bolehnya ikhtiyar/berusaha menentukan jenis kelamin anak. Jenis kelamin anak 100% hak preogratif Allah Azza wa Jalla, suka2 Allah mau kasih apa, kita sebagai manusia tinggal terima aja semua yang diberikanNya. Tidak ada dokter manapun, atau teknologi secanggih apapun, yang bisa menentukan/mengubah apa2 yang sudah ditetapkan oleh Allah jauh sebelum sesuatu itu terjadi. Allah Maha Segalanya, kepadaNyalah kita menggantungkan seluruh urusan.

Demikian yang bisa kusampaikan, hanya mengingatkan untuk yang muslim agar hati2 pada dosa syirik yang setan telah 'menjadikan indah' hal2 yang sesungguhnya berbahaya untuk kebersihan Tauhid kita. Peringatan ini diterima atau tidak, kembali pada pribadi masing2.

QS.Yunus 10/41:
"Jika mereka mendustakan kamu, maka katakanlah: "Bagiku pekerjaanku dan bagimu pekerjaanmu. Kamu berlepas diri terhadap apa yang aku kerjakan dan aku pun berlepas diri terhadap apa yang kamu kerjakan".

ummubebek bukan ibunya bebek, tapi umi-nya saifana dan irhabi :)
email & fb: [email protected]

7

Topic: Anak Perempuan atau Laki-laki

??i??i??i :P :D :P ko jd bales2an hadist ma ayat ya, kl menurut gw sih semua balik lg ke keyakinan n kepercayaan masing2 ya :) *peace* tp just curious aja ni, kl diperhatiin mamods akhir2 ini lg pd sibuk ya? soalnya byk posting di thread2 yg OOT or ga sesuai rules (spt jualan dsb)

bab ? atha ? kae ? nda

8

Topic: Anak Perempuan atau Laki-laki

ndatha, moms lainnya, dan mods..maaffff...diriku sungguh tdk bermaksud berbalas ayat..masih cetek ilmuku..peace.:)
Awalnya hanya ingin membuka wacana dari sudut pandang yang berbeda saja, krn IMO melihat sesuatu jangan dari satu sudut pandang saja, tp kalau ada yang kurang berkenan ya maaf...bukan bermaksud menghasut dll.

* kembali ke keyakinan masing-masing *

9

Topic: Anak Perempuan atau Laki-laki

waduh..jadi panjang urusannya hihihi...
balik ke topik aja deh..

dhean wah disana 3jt ya?moga2 lama2 semakin murah ya hehehe thx ya infonya

~Aysha's mom~

10

Topic: Anak Perempuan atau Laki-laki

wah sama nih aku jg pengen anak cowo yg kedua ini, dan skrg udah cari2 informasi, tks ya buat info ttg inseminasi ini

ternyata diatas rame banget ya bahasan boleh atau engganya hehe ya itu balik ke masing2 ya, dan kalo aku yang namanya ikhtiar sih dijalanin aja, yang penting kalo ga dikasi sesuai keinginan ya aku pasti terima aja dengan ikhlas :)

11

Topic: Anak Perempuan atau Laki-laki

aku pernah baca tp lupa dmana ktnya klo pengen anak cow brarti ibunya yg orgsm dlan tp klo anak cew kbalikannya.. anakku yg pertama cow tp g tau bnr kyk gt ato g coz yg pas jadi g ktauan siapa yg orgsm dlan.. hihihihi...

12

Topic: Anak Perempuan atau Laki-laki

reakea wrote:
aku pernah baca tp lupa dmana ktnya klo pengen anak cow brarti ibunya yg orgsm dlan tp klo anak cew kbalikannya..


klo barengan gmn dong...jadinya gmn tuh wakakakkaak...

eh iya bener bgt sepakat ma lusyani,manusia cm bisa berusaha semampunya sedangkan urusan hasil itu udah urusan/hak prerogatif sang Pencipta :)

MamaSmurfyangselalurianggembira ^_^Y IG : @nika.susanti

13

Topic: Anak Perempuan atau Laki-laki

reakea hihihihi ngakak bacanya..iya gimana kalo barengan yah :D :D

~Aysha's mom~

14

Topic: Anak Perempuan atau Laki-laki

mommies, share aja ya... gue dan suami termasuk yang dalam hati kepengen anak keduanya cowo, soalnya anak pertama kita cewe... jadi pas kita mau program punya anak, kita sempet browsing2 mengenai topik ini juga...

mengenai tabel dari China yang katanya akurat, gue yakin itu cuma statistik data aja. dan kalo ngomongin statistik data, pasti ada pencilannya, dan gak mungkin 100% akurat... buat gue si tabel2 ini just for fun, soalnya gak ada penjelasan ilmiah di balik tabel2 ini... :)

trus mengenai posisi, makanan yang dimakan, tanggal berhubungan, sampe syapa yang harus orgasme duluan, setau gue justru ada penjelasan ilmiah di balik itu semua... yaitu berdasarkan sifat sperma X dan sperma Y yang nentuin jenis kelamin si anak kelak...

kalo menurut gue sih, yang kaya gt masih oke untuk dipraktekin karna yang kita lakuin itu cuma memperbesar kemungkinan untuk dapet anak dengan jenis kelamin yang diinginkan... bukan menentukan... intinya itu semua cuma TEORI, yang kalo dipraktekin, hasil bisa berbeda karna pasti ada campur tangan yang di Atas...

sebelum hamil, gue sama suami sempet praktekin beberapa teori, trus akhirnya memutuskan ke dokter kandungan karna sekalian mau cek kandungan... pas kita bilang niat kita, si dokter pun cuma bilang banyakin berdoa, which is bener banget, percuma kalo ikhtiar gak dibarengin doa, hehehe... karna hasilnya bener2 tergantung yang di Atas... dan harus ikhlas juga, secara sekali jadi kan udah gak bisa diubah ya, atau di-cancel...

jadi sehabis ikhtiar, gue dan suami pun akhirnya masrahin hasil akhirnya...
sesuai keinginan ya Alhamdulillah, kalo gak juga Alhamdulillah, karna kita dapet rejeki juga toh, walau gak sesuai keinginan... yang pasti kitanya udah gak penasaran karna udah berusaha lebih untuk mendapatkan yang kita mau...

just share ya mamas...

“The mother's heart is the child's schoolroom.”

15

Topic: Anak Perempuan atau Laki-laki

indriani budi utami wrote:
ndatha, moms lainnya, dan mods..maaffff...diriku sungguh tdk bermaksud berbalas ayat..masih cetek ilmuku..peace.:)
Awalnya hanya ingin membuka wacana dari sudut pandang yang berbeda saja, krn IMO melihat sesuatu jangan dari satu sudut pandang saja, tp kalau ada yang kurang berkenan ya maaf...bukan bermaksud menghasut dll.

* kembali ke keyakinan masing-masing *


Sorry ummubebek, bukannya gue juga mau ngebelain atau gimana ya, tapi gue setuju dengan indriani - Manusia berusaha, Tuhan yang menentukan, tapi kayaknya sangatlah ekstrim untuk bilang "Sapa itu dokter2 ilmu cetek aja sok tau bahkan melampaui batas dan mencoba menjadi Tuhan".

Dokter2 tersebut, IMHO, tidaklah mencoba menjadi Tuhan dengan t kecil.

Mereka juga kan kalo ditanya/diminta saran/memberi saran mengenai teori penentuan jenis kelamin, gak pernah bilang "Bu kalo Ibu begini begini anaknya pasti 100% cewek atau begini begini pasti 100% cowok" tapi mereka hanya memberikan teori yang teori2 tersebut selalu berdasarkan penelitian, dan penelitian itu juga nggak sembarangan tetapi berdasarkan pengamatan atas fenomena2 yg terjadi di 'perilaku' dan 'sifat' telur maupun sperma, meskipun tentunya, hasil akhir tetap Tuhan yang menentukan, mereka hanya memberikan saran sesuai dengan hasil penelitian tersebut.

Tidak pernah kan ada dokter yang bilang, "Udah bu ikutin aja kata saya pasti anaknya cewek" ? Tidak juga ada yang bilang, "Ibu terapi ini sama saya, saya bikin anaknya jadi cowok deh". I don't think they say that. Gue udah ketemu cukup banyak dokter kandungan di Jakarta dan semua berpendapat sama, "Tidak ada exact science dalam menentukan jenis kelamin, meskipun ada beberapa penelitian yang mungkin bisa dicoba."

Di dalam Agama Islam sendiri selalu dianjurkan untuk belajar bukan? Dokter2 maupun ahli2 yang memberi keterangan tentang penelitian tersebut pada dasarnya juga masih belajar karena pengetahuan yang seluas2nya itu milik Tuhan.

Sorry ya, gue ngga bermaksud menyinggung atau gimana, tapi rasanya gue kurang setuju bila ada perkataan:

ummubebek wrote:
Kalo aku 10000% ngga percaya dengan teori2 penentuan jenis kelamin diatas, sebab adalah kemustahilan, kedustaan, dan sangat tidak mungkin seorang/sekelompok manusia yang ilmunya secetek ini bisa mencoba2/berusaha/berspekulasi menentukan jenis kelamin anak, bahkan sungguh melampaui batas karena tanpa disadari telah merasa dirinya tuhan (dengan 't' kecil).


Karena seperti diquote dari indriani,

indriani budi utami wrote:
Sehingga dengan demikian persoalan pengaturan kelahiran dan usaha manusia untuk memilih jenis kelamin bayi termasuk dalam kategori ikhtiyar manusia atau dalam lingkaran mukhayyar. Sedangkan ketentuan bahwa bayi itu tetap hidup dalam kandungan hingga kelahirannya? Kapan bayi itu lahir? Berwujud bagaimana bayi itu, normal atau tidak? Berjenis kelamin apa, laki-laki kah atau perempuan kah? Itu semua berada dalam musayyar atau sesuai qadha’ Allah SWT. Manusia hanya bisa berusaha sesuai dengan keinginannya. Allah SWT lah yang menentukan dan menetapkan segala sesuatu.


Sekali lagi, gue rasa masing2 orang boleh aja berusaha, tapi toh hasil akhirnya yang mereka harus terima dari Tuhan, bukan?

Dan gue kurang setuju kalo ummubebek bilang "orang2 tsb berilmu cetek" - OK, memang dokter2 tersebut ilmunya jelas tidak sampe se"Tuhan" karena hanya Tuhan lah yang mahatahu, tapi jelas mereka juga punya ilmu dan pengetahuan serta pengalaman, dan gue rasa mereka juga perlu dihargai karena menerapkan ilmunya untuk membantu sesama juga.

:)

Udah ah jadi panjang.

Maaf ya kalo ada kata2 yang menyinggung, gue hanya kurang setuju aja nih dengan post2 yang sudah membawa2 agama terlalu jauh, karena pada dasarnya forum ini netral untuk semua agama dan awalnya thread inipun dibuka untuk sekedar berbagi...tidak untuk menghakimi maupun menggurui terlalu jauh.

Thanks, regards,

16

Topic: Anak Perempuan atau Laki-laki

knp tiba2 jadi pengen punya anak cowo (???????)

coffee is one of my best friend...

17

Topic: Anak Perempuan atau Laki-laki

mommyaira wrote:
knp tiba2 jadi pengen punya anak cowo (???????)


Karena Aira cewe? Hehehhe :D

18

Topic: Anak Perempuan atau Laki-laki

wow seru sekali nih pembahasan ttg TTC ini tapi ada satu hal penting yang ingin saya sampaikan:


please respect others' beliefs & opinions. kalo memang tidak sesuai dgn pendapat yang lain harap jangan memaksa.

TUM respect semua agama & kepercayaan masing2 jd kayaknya akan lebih fair untuk tidak membawa kutipan ayat dari kepercayaan member karena TUM tidak ingin ada bahasan yg menyinggung SARA dalam bentuk apapun.

wrote:


saya harap diskusi kita tetap berjalan dengan netral ya :) saya pun muslim tapi tidak semua member TUM ini adalah muslim. jadi saya mohon dengan rendah hati agar tetap menjaga kenyamanan berdiskusi bagi semua member ya... mohon tidak mendekati SARA.

terima kasih mama mama cantik :).

? love to write and run - a bus transjakarta passenger ?
@ninityunita

19

Topic: Anak Perempuan atau Laki-laki

Baru tau ada thread 'seru' gini ;) Well kalo gw dulu pengennya punya anak cowok krn gw anak cewek pertama jd kalo punya anak pertama pengen cowok *alasan yg aneh*. Selain berdoa ga ada yg gw lakukan lagi krn terlalu pemalas..hahaha..Eh ternyata diberi anak perempuan,ya Alhamdulillah..

Sekarang kalo ditanya ya tetep pengen anak cowok, biar pas. Tapi seandainya dapat anak perempuan lagi ya disyukuri..khan hemat ga usah beli2 lagi..haha :)

@medyratri

20

Topic: Anak Perempuan atau Laki-laki

whoaa... udah seru aja nih thread ini..

biar gak OOT, gw jawab pertanyaannya mrs. tody yaa..

alasannya krn saat itu gw dan suami tinggal gak satu kota, gw di bandung dan suami di jakarta. ktemupun hanya saat weekend. sedangkan untuk menjalani program itu kan selain ngeluarin biaya yg cukup besar, kita juga musti mengeluarkan ekstra tenaga & pikiran. pengennya sih saat kita mengikuti program, kita gak tinggal berjauhan, jadi bisa saling memberi perhatian dan saling gelendotan gitu deh hehehe..

waktu itu suami gw bilang lebih baik weekend kita diisi sama pacaran dan main2 sama enzo. daripada buat bayar dokter mendingan duitnya dipake buat jalan2 atau check in di hotel in town aja hihihihi...
ya gw setuju dong, gw pikir daripada kita bete nunggu antrian panjang di dokter malam mingguan ya mendingan kita pacaran atau main2 sama enzo aja :)
lagipula gw dan suami jg gak punya riwayat kesehatan yg serius alhamdulillah. dan kita memang keturunan mama2 banyak anak :)

sekarang sih udah hidup bersama dalam 1 kota. kita udah punya 2 anak, dan laki2 dua2nya. ada sih keinginan punya anak perempuan, tapi itu juga ga menggebu2 gimana gitu. ada enzo -dante doang pun udah sangat2 bersyukur dan sangat2 seru hihihi..
dan teuteup, walopun udah ktemu tiap hari, kita tetep sayang uang sayang tenaga sayang waktu untuk ke dokter, jadi ya mending jalan2 aja :)

oh ya, maab banget ya mamas, threadnya jadi kurang nyaman & jadi OOT nih ada bales2an ayat/hadist..
sebenarnya member yg merasa terganggu karena unsur SARA di thread bisa report ke moderator koq :)

yaudah kita lanjutin lagi diskusinya yaa..
have fun, mamas!

a life-enjoyer mama :)
www.ekadeau.blogspot.com
@ekadeau

21

Topic: Anak Perempuan atau Laki-laki

peachmargarita...aaahhh, anda benar sekali...xixixi...walopun sekarang blm kepikiran nambah anak...cuma kalo emang dikasih kepercayaan lagi...pengen aja gitu yg kedua anaknya cowo...kayanya lucu aja...nanti mereka jalan berdua gandeng2an...sekarang Aira yg jagain adiknya...nanti kalo udah besar gantian si adik cowo jagain kakak cewenya...kyaaaaa...ngayalkejauhan.com

coffee is one of my best friend...

22

Topic: Anak Perempuan atau Laki-laki

Eh eh gue dulu baca2 tabel dari Cina itu lho... Dan hasilnya: salah! :D Di tabel katanya anak gue cewe, tapi feeling gue & suami serta hasil USG bilang kalo anaknya cowo. Alhamdulillah anaknya lahir sehat (kayaknya ini jauh lebih penting ya daripada jenis kelamin?).

Kalo untuk anak kedua (amin!) kalo boleh minta sih maunya cewe, tapiiii balik lagi ya itu semua kan terserah sama yang ngasih. Yang gue minta banget adalah supaya anaknya lahir dan tumbuh dengan sehat :)

yang selalu kangen sama si pipi gembil

23

Topic: Anak Perempuan atau Laki-laki

Otty Aku juga dulu baca si tabel cina itu....katanya cowo...ternyata cewe....hehee...pas USG kaget...bukan karena gk pengen anak cewe...cuma karena semua org nebak anakku bakalan cowo..secara pas hamil juga sembrono bgt deh...cuma kagetnya langsung ilang begitu diliatin muka si baby cewe yg lucuuuuu ituuuu....ganti jadi terkagum2 dan malah mbahas..."ih pipinya kaya kamu bang...chubby!" "masa sih ki? matanya sipit tuuhhh kaya kamu!" (yaaaa baiklaahhh...tahu dari mana dia sipit...secara semua bayi di dunia kalo di dalem perut ya merem)....lah jadi OOt...maaappp hehehe....

coffee is one of my best friend...

24

Topic: Anak Perempuan atau Laki-laki

Otty Aku juga dulu baca si tabel cina itu....katanya cowo...ternyata cewe....hehee...pas USG kaget...bukan karena gk pengen anak cewe...cuma karena semua org nebak anakku bakalan cowo..secara pas hamil juga sembrono bgt deh...cuma kagetnya langsung ilang begitu diliatin muka si baby cewe yg lucuuuuu ituuuu....ganti jadi terkagum2 dan malah mbahas..."ih pipinya kaya kamu bang...chubby!" "masa sih ki? matanya sipit tuuhhh kaya kamu!" (yaaaa baiklaahhh...tahu dari mana dia sipit...secara semua bayi di dunia kalo di dalem perut ya merem)....lah jadi OOt...maaappp hehehe....

coffee is one of my best friend...

25

Topic: Anak Perempuan atau Laki-laki

baru tau klo thread ini pernah "rame".

saya sih terserah sedikasihnya saja.. yang penting sehat di anak dan ibunya..
ditebak hampir semua orang klo anaknya cewek, ternyata pas usg dokternya malah bilang 'insya Allah 85% anaknya laki2 ya bu, selamat" hihihi... mari kita liat bulan depan ya.. semoga lancar dan sehat disemuanya.. :D amiiin