1

Topic: Bernafas lewat mulut

maaf ibu moderator, klo bahasan ini sudah pernah ada mohon di hapus...

para mamas&papas,
baru saja saya baca perihal bernafas lewat mulut di sinihttp://www.detikhealth.com/read/2011/01/12/164625/1545101/763/bernapas-lewat-mulut-bisa-membahayakan-kesehatan?l991101755, langsung teringat sama kenzie yang mmg mostly mangap/melompong klo tidur... saya jadi khawatir setelah baca artikel tsb, adakah saran dari para mamas dan papas untuk menghentikan kebiasan kenzie?... berkali2 saya coba untuk merapatkan mulutnya tapi kembali lagi melompong... penampakannya begini:
http://farm6.static.flickr.com/5121/5348306655_af8237165d_m.jpg
butuh sekali saran dan masukannya...
terima kasih sebelumnya...

2

Topic: Bernafas lewat mulut

Mamiokey,
kebiasaan bernapas pake mulut biasa terjadi pada bayi alergi, karena hidungnya tersumbat lendir krn reaksi alergi. Jadi yg pertama harus dibasmi adalah pencetus alerginya.
Dulu jg enzo gitu koq, lalu dsa-nya ngasih tau cara2 ini. Karena alergi tsb, anak yg saluran pernafasannya tersumbat akan terbiasa utk bernafas melalui mulut, dan itu gak bagus untuk kesehatan.

membasmi alergi ini harus total, jd kayak program edukasi kesehatan buat seluruh anggota keluarga; mulai dari menjaga kebersihan, mencuci tangan dengan sabun, tidak merokok, Berolah raga pagi (menjemur anak di sinar matahari), pola hidup sehat dan posisi tubuh saat tidur.

Kalo liat posisi tidurnya kenzie telungkup kan ya, bagus bila ditelungkupkan beberapa menit saja. Setelah itu posisinya dimiringkan dengan kepala ditinggikan memakai bantal. Karena kalo udah kebiasaan tidur telungkup, umumnya org akan mendengkur (bernafas lewat mulut). Sejak bayi bisa dilatih, lebih bagus bila posisi menyusui sambil berbaring saling menghadap itu.

a life-enjoyer mama :)
www.ekadeau.blogspot.com
@ekadeau

3

Topic: Bernafas lewat mulut

wah kalo ini pengalaman pribadi nich, aku dari kecil malah lebih banyak bernafas lewat mulut karena perihal tulang hidung sebelah yg agak bengkok, tapi menurut THT ga masalah krn sampai skrg juga aku tidak melakukan operasi or hal lain yg semacamnya. Mungkin karena aku ada alergi debu juga kali yah, jadi makin susah. Tapi MJ skrg ga bernafas lewat mulut saja, terkadang nafas dari hidungnya terdengar banget ^^ agak mendengkur (padahal lewat hidung lho) sptnya ga masalah juga koq :)
yang penting MJ sudah lahir dengan tidak kekurangan apapun ^^ sama spt suamiku sudah menerimaku, pasti ada yang bisa menerima MJ apa adanya nanti kelak dia dewasa ^^ hehehehe

4

Topic: Bernafas lewat mulut

friends4ever Ampun deh, dari tadi gue pikir MJ = Michael Jackson *yihiii* :D

yang selalu kangen sama si pipi gembil

5

Topic: Bernafas lewat mulut

Ampuuun..Otty...!
Wahahaha... OOT deh... Sumpah gw ngakak..

a life-enjoyer mama :)
www.ekadeau.blogspot.com
@ekadeau

6

Topic: Bernafas lewat mulut

eka, terima kasih banyak atas masukannya, saya langsung jalankan program edukasi nya, kebetulan suami juga sudah berhenti merokok semenjak saya hamil... mmg semenjak bisa tengkurap sendiri, kenzie suka ga mau tidur pake bantal, tidurnya lasak (tetap dgn posisi tengkurap, mirip kayak undur2)...
eniwe thanks eka.
friends4ever, MJ sama kayak kenzie ya, kadang ngorok... iya mom smoga anak2 kita tetap sehat...