1

Topic: ASI dan Semangat Untuk yang Terbaik

Dear Mums..
saya seneng sekali akhirnya bisa jadi bagian dari The Urban Mama (hehe..nyaris jingkrak"..)..setelah nyoba untuk register berkali-kali dan selalu gagal..akhirnya dengan setengah kecewa mengadu ke suami..thanks to him finally..suami saya inisiatif kirim email langsung ke admin..dan akhirnya wallaaaaa..i got the password.
saya sering mondar mandir di TUM sebelum melahirkan, tadinya sekedar pengen tau..harus bagaimana menghadapi kehamilan..perlu beli apa sampai akhirnya..saya mulai membaca bahwa punya baby berarti ada masalah baru yang setiap orang berbeda ceritanya..masalah dengan our own baby..orang lain example..suami..mertua..orang tua sendiri..dan yang paling berat saya rasa adalah dengan diri sendiri.
Tadinya saya rasa dengan membaca pengalaman orang lain berarti saya sudah cukup tau..tapi ternyata setelah bayi saya lahir..saya hampiiiiiirrr merasa kena baby blues syndrome..saya merasa kesakitan..kecewa karena gak bisa ASI eksklusif..merasa orang melihat saya tidak becus..Alhamdulillah..meskipun mood saya berubah-ubah suami saya tetep "rajin" ngedengerin saya nangis-nangis dan berkeluh kesah..
saya juga sering sekali menangis kalau liat muka baby Aina..semua orang bilang mirip sekali saya..yeeeyy :) saya gak tau apa yang saya tangisi tapi rasanya seeeddddiiiih terusss..semakin gak tau sebabnya semakin lah saya tersedu sedan..akhirnya saya bilang sama suami saya kira-kira Aina usia 2 minggu..sepertinya saya kena baby blues..saya mesti berubah tidak boleh begini terus..suami saya sangat2 membantu sampai sekarang..kalo bangun malem dia yang gatiin popok Aina setelah saya susui..padahal saya tau..di kantor dia juga pasti lelah..satu hal baru yang saya pelajari di tahun pertama pernikahan kami..yang Alhamdulillah Aina lahir tepat hampir 10 bulan setelahnya..kerja sama dan komunikasi..Badai Pasti Berlalu ehheheehhe….
Pemberian ASI juga sempat jadi masalah..mulai dari ASI yang sedikit..Aina yang sepertinya tidak pernah kenyang..sampai lecet puting..ya ampun saya rasanya hampir tidak tahan..terutama dengan ritual bangun malam..apalagi 3 minggu pertamanya di rumah dia hampir tidak tidur nyenyak. Aina umur seminggu ibu saya menawarkan dengan cara halus..bagaimana kalo Aina dikasi sufor saja supaya gak kelaparan begitu..saya terima saran ibu saya karena saya gak mau juga kalo harus beradu argumen dengan ibu saya..saya yakin maksudnya baik..saya banyak baca post hal gini banyak kejadian juga sama beberapa ibu baru..hehe..saran saya jangan dilawan entah mertua atau ibu kita sendiri..itu keterbatasan kita..anak lapar juga sedih, lebih baik iyakan saja tapi kita tetep berusaha. Setiap siang Aina tidur siang sama saya..saya selalu usahain dia mau menyusu langsung dari saya..atau saya pompa pokoknya dalam hati saya..saya udah bertekad deh..ASI ini harus keluar..saya yakin semua ibu punya ASI..Cuma tinggal usahanya aja..saya bangun tengah malam setiap jamnya dia minum dan saya coba susui dia langsung..pastinya orang tua saya gak tau..karena kalo tau pasti udah gregetan karena Aina nangis terus karena mungkin jumlah ASI yang dia hisap gak sebanyak yang dia mau hehe..kalo di depan orang tua saya dia langsung dibikinin formula..ya sudahlah..tapi Alhamdulillah usaha saya berhasil masuk minggu ketiga Aina udah bisa langsung nyusu gak pake nangis..tampak puas dan langsung tidur..jumlah ASIP juga lebih banyak..sampe akhirnya hari ini Aina bener2 cuma minum ASI..kalau saya pergi dia tetep minum ASIP..untungnya Aina sepertinya gak punya masalah bingung puting karena minum dari botolpun dia oke :)
Pada akhirnya saya buat keyakinan untuk diri saya sendiri..setelah banyak baca keluh kesah tidak bisa memberi ASIX..paling tidak keyakinan ini berhasil untuk saya mudah2an berhasil untuk ibu2 lain yang punya masalah sama..ini bukan tentang ASI eksklusifnya..tapi sampai dimana kita mau berusaha untuk memberi yang terbaik untuk anak..kalau kita berpikir ASIX paling baik..berusaha deh..sampe bagaimanapun caranya..jangan menyerah karena rasa lelah..bosan..sakit..atau suara tangisnya..baby kita lapar tugas kita untuk member dia makan..waktu terpaksa memberi Aina sufor saya sedih..tapi saya berusaha kompromi dengan diri saya sendiri..mau bagaimana lagi tata..anakmu lapar kamu belum mampu provide kebutuhannya..jadi saya berusaha lebih keras..dan saya berhasil..pasti bisa..ayo ibu2 yang sudah keburu campur ASI nya dengan Sufor..berusaha lebih keras lagi..bukan karena ASI eksklusifnya..tapi karena kita mau yang paling baik untuk anak kita..
“..for every new moms..keep trying and learning..we r just human with gorjeeeeesss gift..”
Tata’ Joesoef

2

Topic: ASI dan Semangat Untuk yang Terbaik

seneng sekali bacanya, terharu.....ikutan bangga :)
setuju mbak, sebenernya gak ada alesan untuk tidak bisa memberikan ASI ke baby kita....semua tergantung pd kemauan & usaha kita sendiri.
Gak ada yg lebih baik selain ASI

dan yang udah keburu campur sufor pun sebenernya masih bisa mengejar ketinggalan dengan satu cara relaktasi :)

ayo berikan yang terbaik buat anak2 kita, dengan awalan ASI tentunya :)

-wife to a great husband, mother for alesya & arsyila-

3

Topic: ASI dan Semangat Untuk yang Terbaik

tatummelatijoesoef, mbak ... terharu sekali baca ceritanya .. emang ya, bayi baru=hidup baru, hebat deh perjuangan kasih ASI-ny... :)
tapi kebetulan udah ada beberapa thread tentang ini .. mungkin diskusinya bisa dilanjutkan di thread yg udah ada aja ? ada breastfeeding serta tentang baby blues

less ego, more heart

4

Topic: ASI dan Semangat Untuk yang Terbaik

nice story mom..salam kenal :)

http://preciousstoriesofus.blogspot.com/
follow me @mommykanyazoya

"By and large, mothers and housewives are the only workers who do not have regular time off. They are the great vacationless class."