1

Topic: Bangkit dari Debt Trap

baru baca dan inget dengan pengalaman sendiri....

mungkin agak2 ekslploitasi anak ya... tapi tidak mengurangi betapa cintanya ke nyokap dan perjuangan gw selesai sekolah.

dulu awal2 kerja sama nyokap di minta apply kartu kredit katanya buat nambah usaha jadi bisa di cicil dan janji nyokap yg akan bayar. boro2 bayar entah ke antah berantah uangnya dan usahanya tidak sesuai dengan harapan. malah jadi gw yg pusing bayarnya.

dan bayangkan sampe 3 CC yg gw punya nasibnya selalu begitu.....kemudian pada saat pindah kerja dan kebetulan kerjanya sering keluar kota gw ga ngadepin si debt collector dan nyokap gw yg ngadepin cukup aman gw bisa konsentrasi kerja. abis itu trauma berat sama yg namanya CC.

namun efek kebanyakan kerja jadi tidak terlalu memperhatikan keuangan nyokap. hanya kasih bulanan nyokap dan bantu ade sekolah. kemudian menikah nih. sudah komitmen sama laki gw ga boleh ada kartu kredit.

trus laki gw berangkat ke LN kan bekerja n gw tetep di Indonesia... ga lama nyokap sakit. selama 1 tahun yg namanya hasil keringet cuma numpang lewat buat ngobatin nyokap. sedangkan nafkah suami sebisa mungkin di tabung atau hanya di pakai buat keperluan gw. saat nyokap sakit ini baru satu persatu utang nyokap terkuak sampe stress berattttt karna membagi antara ngobatin nyokap, biaya sehari2 dan sekolah ade gw. rasanya pengen nangisssssss

akhirnya diskusi sama laki gw akhirnya pembagianya adalah gaji gw buat mencicil hutang dan menyekolahkan ade gw. dan laki gw menanggung semua pengobatan nyokap...

setelah nyokap meninggal ade gw ikut sama gw dan kita juga punya anak wah mengatur kembali keuangan. gw tetep mencicil hutang2 nyokap walau ada sebagian yg sudah di relakan dan untuk sekolah ade gw kita tanggung bersama.

ada penyesalan sih ga perhatikan keuangan nyokap, belom lagi ngadepin penagih2 hutang. agak was2 juga kan sama yg dirumah takutnya diapa2in.

alhamdulillah dengan kesungguhan semua sudah selesai. ade juga sudah bekerja sekarang sudah bisa kosnentrasi buat anak...

sampe saat ini tetep ga mau pake CC dan prinsipnya punya uang beli ga punya uang ya duduk manis diem2 aja deh. tapi jadi pelajaran juga untuk mengelola hutang dan keungan

Mamonya demya
"teman hidup" papo demy
Finance & Accounting manager FUCHS Indonesia
Dimana bumi kupijak, Disitu langit kujunjung

2

Topic: Bangkit dari Debt Trap

gue termasuk yang pro dengan credit card. memang sih ngaku dulu berantakan banget dan ga ngerti-ngerti amat soal CC. tapi setelah tahu siasatnya. gue jadi merasa terbantu banget ada CC. yang penting disiplin bayar. jangan numpuk. bunganya gede bok kalo ada yang miss kita bayar.

“When real people fall down in life, they get right back up and keep walking.”