1

Topic: Anyang-anyangan

Dear mommies...
Mau minta tolong dunks,ada yg tau gak obat anyang"an buat bumil? Aku lg hamil 22 minggu dan udah 3 minggu neh anyang"an terus,udah dikasih antibiotik sm dokter tp begitu obatnya abis kumat lagi deh,it's really annoying...pls kl ada yg tau obatnya mau doonk! Thanks before :)

2

Topic: Anyang-anyangan

Hi Shantee,
Maksudnya infeksi saluran kemih yah?
Bumil emang rawan terkena ini, soalnya kadang posis bayi yg ngedorong sal. kencing.. bikin gampang kena infeksi.
gue dulu pas hamil juga seriing banget kena anyang2an. Selain dikasih antibiotik yang 'aman' untuk ibu hamil, dokter juga nyaranin untuk:

1. banyak minum
awalnya gue justru gak mau minum krn takut beser, padahal kalau pipis kan sakit.. tapi konsep ini justru salah: kita malah harus banyak minum dan emang terbukti sih, lama2 sakitnya berkurang.

2. minum vit. c

3. (katanya) cranberry juice helps
tapi yg satu ini, gue gak pernah nyoba... cuma baca doang :)

Mungkin bisa juga baca artikel TUM ini ?
http://theurbanmama.com/topics/expert-explains/250/pembengkakan-saluran-kemih.html

HTH dan semoga anyang2annya cepet sembuh yah :)

3

Topic: Anyang-anyangan

Shantee aku juga suka anyang2an akhir2 ini (sekarang hamil 32 minggu). Skrining ISK katanya juga penting loh untuk ibu hamil, udah coba cek urin?

Ohya sarannya Fanny banyak minum air putih, di aku ngaruh banget, jd gak kambuh anyang2an lg. Trus kalo aku sebisa mungkin hindari kopi, teh, trus yg asin2.. Pokonya yang bikin retensi urin deh. Minum 2-3 liter air putih sehari, biar buang air kecil-nya lancar.

Semoga cepat sembuh ya!

Vania : Nata & Arsa's mom
http://vaniasatriadi.com @drVania

4

Topic: Anyang-anyangan

Thanks yaa buat sarannya,akhirnya aku byk minum aer putih anget,vit c,sm banyak" doa aja...hehehee alhamdulilahh skrg udah mendingan.

5

Topic: Anyang-anyangan

aku belum lama ini kena ISK. gejala awalnya anyang2an. kepengen pipis terus tapi waktu di toilet yang keluar cuma sedikiiit banget. terus pinggang belakang aku tuh rasanya sakiiit banget, kaya pegel gitu aku pikir pegel karena hamilnya makin gede kan ya.

akhirnya dibawa ke IGD saking ga kuatnya sama sakit dipinggang itu. pas di IGD katanya aku kayanya kena ISK tapi harus tes urin dulu untuk mastiinnya. akhirnya dirawat deh di RS, malam itu ga tau dikasih apa pokonya yg buat ngilangin nyeri dipinggang.

pas besoknya tes urine ternyata bener kena ISK malah gejala ginjal. di opname sampe 6 hari, dikasih antibiotik sama harus banyak minum air putih katanya.

6

Topic: Anyang-anyangan

quinayrra,
terima kasih mama quinayrra udah berbagi pengalaman... huhu pengalaman yang semoga ngga keulang lagi yaaa.
sekarang gimana ? udah baikankah? semogaaa...

aku pernah mengalami tapi bukan ISK katanya. jadi sekarang lebih ke banyak minum air putih aja... dan bener2 jaga kesehatan karena sakit ngga enak dan ini perasaan pengen pipis2 terus sering itu ngga nyaman banget yaaa.

? love to write and run - a bus transjakarta passenger ?
@ninityunita

7

Topic: Anyang-anyangan

ninit,
alhamdulillah sekarang udah sehat lg. sekarang selalu bawa botol isi air putih kemana2. hihihi oiya ISK katanya juga bisa dari keputihan, jadi daerah miss V harus selalu kering, trus harus sering2 ganti CD kalo emang lg keputihan. karena ISK bisa disebabkan oleh jamur juga.

8

Topic: Anyang-anyangan

quinayrra,
thanks atas infonya... duh aku nih sejak pake iud, jadi meningkat keputihannya. bener banget, kuncinya jadi sering ganti undies karena ngga nyaman juga kan kalo ngga :(
ternyata itu bisa jadi pemicunya yaaa buat ISK.

? love to write and run - a bus transjakarta passenger ?
@ninityunita

9

Topic: Anyang-anyangan

Kemarin hamil 24w juga kena isk, kata dokter emang krn bakteri saat keputihan, mana keputihannya juga ga biasa, sudah seperti lendir dan berwarna, namun ga gatel ataupun bau, cuma ya itu pas kena isk, suakiiiitttt banget sampe keluar darah saat pipis. Selain antibiotik, gw dikasi uricran, kalo ga salah isinya cranberry juga, seperti saran mommy fanny, setelah antibiotik habis, uricrannya tetep diminum, dosisnya saya dapet utk 1,5 minggu kayaknya. Alhamdulillah setelah itu baikan, dan bener, jangan takut minum, walau awalnya saya jg gitu, tapi dgn banyak minum dan banyak ke toilet, rasa sakit itu berkurang

love..love..love..

10

Topic: Anyang-anyangan

ully,
alhamdulillah semakin membaik yah ly... betul aku juga pake uricr*an dan minum yang rajin... lama-lama jadi membaik juga. :) 

? love to write and run - a bus transjakarta passenger ?
@ninityunita

11

Topic: Anyang-anyangan

ully, teh nit, aku juga dulu pas hamil sering anyang2an bahkan pas lg gak hamil juga sering :(. Sama sih skrg penanganannya, pake suplemen yg disebut di atas, tp jaman hamil dulu belum ada, hehehe...

twitter and IG: @zataligouw
Blog : http://www.zataligouw.com/

12

Topic: Anyang-anyangan

Aku juga pernah anyang-anyangan, cuma pernah beberapa kali aja udah kapok lah. nggak enak banget :( Dulu sih gak tau ada suplemen yang disebut di atas, cuma emang sering minum jus cranberry pas anyang-anyangan

Love my kids

twitter & IG : @ndiievania
blog : https://ndiievania.wordpress.com/

13

Topic: Anyang-anyangan

cindy,
emang yaaa... ga ada enak-enaknya anyang-anyangan itu.
eh cindy minum jus cranberry, gimana? bikin sendiri apa beli? 

? love to write and run - a bus transjakarta passenger ?
@ninityunita

14

Topic: Anyang-anyangan

Aku juga sama waktu hamil suka anyang2an yang perih bangetttt waktu pipis mana bikin sakit pinggang :(
Karena pegel sebadaneun bikin males keluar, aku nanya dokter pake Halodoc. Kata dokternya anyang2an emang lumrah untuk bumil dan disaranin banyak minum air sama jus cranberry. Sekalian sama dikasih obat uricran sama antibiotik yang dikirimin kerumah. Tau aja aku lagi linu dan abis itu jadi mendingan sih mom