1

Topic: Memoirs of Geisha - Arthur Golden

Ibu-ibu, Bapak-bapak..
Yuks mari di bahas Memoirs of Geisha ..:)

Gue baca buku ini sekitar 7-8 tahun yg lalu..
Baru ngeh yg ngarang ternyata bukan orang Jepang toh..:)
To be honest it's not my fave book tapi gue selalu kebayang-bayang adegan dandan, minum teh dan jalan-jalan dengan sepatu bakiak plus setting rumahnya.. geisha senior yg rada galak (lupa-lupa inget)..

2

Topic: Memoirs of Geisha - Arthur Golden

Bukunya belum pernah baca, tapi filmnya udah nonton.
Err.. Tapi itu film yg sama dgn novel ini gak ya? Tar salah lagi =p
Soalnya filmnya jg udah lama bgt ntnnya, lupa2 ingaaat.. Hehehe

a life-enjoyer mama :)
www.ekadeau.blogspot.com
@ekadeau

3

Topic: Memoirs of Geisha - Arthur Golden

eh Eka, tapi gue kesaru-saru ceritanya sama oshin juga.. hihi

4

Topic: Memoirs of Geisha - Arthur Golden

Gw pernah baca bukunya tapi yang lebih keinget justru filmnya, gara2 ken watanabe-nya kali ya? Hehe...
Satu yang penting setelah baca bukunya adalah jadi tau klo Geisha itu bukan pel*c*r...sebelumnya gw pikir begitu, baru ngerti setelah baca buku ini.

metariza.com | mother of two |@metariza

5

Topic: Memoirs of Geisha - Arthur Golden

Eka, seinget gue sama kok ama bukunya...

yang keingetan sama gue tuh, jadi geisha itu gak gampang, mulai dari permulaan meniti karirnya, sampe saing2an antar geisha... ribet lah hidupnya... ^^

“The mother's heart is the child's schoolroom.”

6

Topic: Memoirs of Geisha - Arthur Golden

I think it's a nice book. pernah baca buku ini tp udah lama banget. yg paling keinget waktu tokoh utamanya *siapa ya namanya kok tiba2 lupa?* belajar jd geisha, mulai dari belajar nari, dandan, main musik, ngomong bahkan jalan. trus sama waktu dia nyariin kakaknya yg tyt jadi geisha & mau kabur tapi ga berhasil *sedih bgt*

7

Topic: Memoirs of Geisha - Arthur Golden

sama kaya eka, belum pernah baca bukunya tapi udah nonton filmnya, berkali-kali, bagus banget.. jadi fanny, bukan orang jepang yg ngarang ya? terus review dong bukunya, sebagus filmnya?

To have a child is to know the beauty of life..-parenthood-

8

Topic: Memoirs of Geisha - Arthur Golden

mbak Fanny usul..

biasanya kalo mau diskusi buku kan selalu dimulai dengan sinopsis ceritanya dan biografi pengarangnya. sinopsis buku dan biografi pengarang membantu topik bahasa diskusi nantinya.

mungkin bisa dimulai untuk diskusi novel ini. Oh ya..kalo di klub buku (meniru Becoming Jane), biasanya ada satu orang yang dapet bagian mensipnosiskan si novel pilihan tiap bulannya. mungkin bulan selanjutnya nih... :)

9

Topic: Memoirs of Geisha - Arthur Golden

WinD, boleh juga usulnya. Err.. kamu yang bikin yah buat Memoirs of Geisha :p *nodong*

10

Topic: Memoirs of Geisha - Arthur Golden

wah, kayaknya gue kebalik ama yang lain... gue suka banget ama bukunya, tapi kecewa berat ama filmnya... hehe.

by the way, betul, buku ini pengarangnya namanya Arthur Golden, obviously, bukan orang jepang. waktu dia research ttg buku ini, dia numpang nginep di rumah salah satu bekas geisha di kyoto yang namanya Mineko Iwasaki. Mineko ini dulu geisha ngetop banget sebelum dia retire... selama nginep, dia wawancara si Mineko ini... dari hasil wawancara itulah keluar si buku Memoirs of a Geisha.

unfortunately, setelah si buku keluar -- dan laris manis, i might add -- Mineko marah dan merasa buku Pak Golden itu membuat nama dia rusak (dan deflaming/bending the truth ttg Geisha)... salah satu problemnya, di Geisha World, ada code of silence. jadi mestinya sewaktu dia diwawancara, nama Mineko remain anonymous. tapi oleh pak Golden, nama Mineko ditulis di acknowledgement bukunya... yang ada, MIneko dimusuhin dunia Geisha, malah katanya sih sempet dapet death threats... hu hu hu.

setelah itu, Mineko nulis buku Autobiography-nya (mungkin untuk clearing namanya?), yang juga diterjemahkan ke bahasa inggris. judulnya Geisha in Gion... gue sih yang ini blum pernah baca, tapi gue udah pernah nonton mini-seri-nya yang pernah diputer di TV jepang, yang judulnya Hana Ikusa... nah, yang ini gue lebih suka filemnya :)

? comic and crochet addict ?
theurbanmama.com | @turniptopia

11

Topic: Memoirs of Geisha - Arthur Golden

Gue baca buku ini sekitar 10 taun yang lalu pas masih kuliah, udah lupa2 inget juga ceritanya gimana. Gue suka bukunya, dan sama kayak thalia ga terlalu suka filmnya. Gue emang tipe yang lebih suka bukunya sih daripada filmnya... Makanya suka males nonton film yang diangkat dari buku, takut malah merusak memori indah gue (tsah) tentang bukunya.

Menurut gue sih bukunya bagus karena gue yang awalnya sama sekali ga tau tentang dunia geisha, jadi bisa tau cerita dari sisi mereka. Gimana disiplinnya, kerasnya dunia itu. In the end, menurut gue memang semua yang mau sukses itu harus disiplin dan kerja keras, diiringi sejumput nasib baik :)

yang selalu kangen sama si pipi gembil

12

Topic: Memoirs of Geisha - Arthur Golden

gue baca buku ini udah lebih dari 10thn yang lalu. yang gue inget itu adalah masa2 gue udah mulai kerja (baru lulus) dan mesti commute ke kantor, jadi terbiasa lagi pick up buku dan baca novel (karena sebelumnya cuma punya waktu baca buku sekolah dan buku2 literature & history). dan buku ini bener2 kayak first book gue lagi setelah sekian lama, dan ini makanya gue jadi kayak punya memori sendiri deh..

selama baca buku ini, gue tuh amazed karena:
1. yang nulis cowok & non-japanese, tapi detailnya bener2 as if ini ditulis oleh seorang geisha jepang. amazed aja ama detailsnya.
2. descriptionnya juga saking detailsnya, pas baca buku ini gue kayak ngerasa lagi nonton filmnya, dan ngebayangin di kepala gue how the scene looks like. jadi bener2 bikin kayak virtual movie di kepala gue..

makanya pas gue tau filmnya mau dibikin, gue somehow walopun excited, yakin banget filmnya ga bakal bisa bagus, karena tiap orang punya gambaran sendiri dengan scene2 yang ada di buku. jadi apa yang udah di translate oleh si sutradara, bakal beda ama yang baca.. jadi pembaca2 macam gue ini gak bakal happy. jadi setuju banget ama thalia.. filmnya ga sebagus bukunya!!

thalia baru tau ada bahasan ttg mineko yang marah ama david golden. gue kayaknya sempet denger ttg mineko dapet death threats tapi baru tau kalo itu sebabnya. wuaaahhh.. kasian.

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

13

Topic: Memoirs of Geisha - Arthur Golden

sama kek slesta, suka buku ini karena deskripsinya detil banget.. jadi punya imajinasi sendiri ttg keadaan Jepang dengan para geishanya.. ;) dan karena itu pula jd males nonton filmnya.. takut ngerusak imajinasi..hehehehe..

ingin segera melepas status working mommy, kapan kah??

14

Topic: Memoirs of Geisha - Arthur Golden

Setuju sama mamas di atas, penggambarannya sangat mendetail, dan dari novel ini jadi tahu betapa beratnya perjuangan seorang geisha. Rasanya pas baca di depan mata gw jadi ada bayangan gimana sih , tempatnya, pakaiannya, make upnya bahkan musik yang dimainkannya. Seinget gw, awalnya buku ini sempat numpuk begitu aja, gak disentuh lama, tapi baru gw baca pas lagi sakit dan harus istirahat di rumah...

"Some things you can give and give and not lose any. Things like happiness or love or my colours."
–Elmer and the Rainbow

15

Topic: Memoirs of Geisha - Arthur Golden

Wah, ternyata ada cerita seru dibalik buku ini...baru tau. Thanks ya Thal.

metariza.com | mother of two |@metariza

16

Topic: Memoirs of Geisha - Arthur Golden

iya, thank Thal buat pencerahannya.
Padahal justru dengan buku ini kita justru tahu kalau Geisha itu ternyata bukan pelacur seperti yang selama ini dikira orang yah..justru Geisha itu profesi yg gampang karena dituntut bisa segala macam dan menarik, pinter dsb. jadi aturan para Geisha itu jutru berterimakasih i/o marah2.. hihihi..

eh tapi kalau gak salah, akhirnya keperawanan mereka juga di 'jual' ke the highest bidder yah? cmiiw.

17

Topic: Memoirs of Geisha - Arthur Golden

Wah, Thalia, aku juga baru tau nih cerita dibalik bukunya, kasian si Mineko sampe dapet death threats segala.. :(
Idem mamas yang lain, yang udah baca bukunya kebanyakan kecewa sama filmnya, karena kita udah terlanjur punya imajinasi sendiri tentang gambaran detail di bukunya, jadi film dengan durasi pendek itu ga bisa memuaskan semua imajinasi kita :D

Yang terkesan tentang Geisha dari buku ini, mereka ga sekedar penghibur, tapi perempuan yang terdidik dengan kerja keras, disiplin, dan kompetisi yang ketat untuk jadi Geisha yang elegan dan terjual mahal dengan jadi istri seorang Baron. Tokoh yang paling kuinget adalah Mameha, Geisha seniornya Sayuri (tokoh utama), kayanya dia itu elegaan banget, meskipun jalan pake bakiak, hehe..

a happy wife & mom always defines me best! :)
@mamaaltair

18

Topic: Memoirs of Geisha - Arthur Golden

Aku juga tidak mau menonton filmnya, takut penggambaran si Sayuri dan tokoh laki-lakinya (siapa ya namanya...) gak seperti dalam bayanganku. Perasaan kagum dan hormatnya itu takutnya gak bisa diekspresikan seperti yang kuinginkan hihi (sok sutradara)
Aku juga udah rada lupa sama detailsnya, tapi yang keinget banget pas cerita mengenai mencampur kotoran burung ke dalam bedak yang dipake sama saingannya itu loh (siapa lagi namanya, Hatsumo? halah bukunya di rumah) , karena keselnya . Hihihi perlawanan diam-diam yang sangat efektif menurutku, kayaknya di bagian itu aku geli banget deh.
Kayaknya semua setuju ya, buku ini asik banget karena detailsnya keren. Jadi berasa nyetel film pas bacanya. Meski sekarang banyak yang lupa, sih. :)
Eh jadi pengen baca Geisha in Gion. *menempatkan diri dalam pencobaan lagi*

19

Topic: Memoirs of Geisha - Arthur Golden

Yang paling ngena setelah baca buku ini adalah : beauty & agony live side :P (kata2nya mameha, kalo gasalah). Dan betapa di dunia geisha yg isinya perempuan2 cantik semua, ternyata jadi cantik aja nggak cukup.
Trus dari memoirs ini baru tahu juga asal mulanya anggapan org barat ttg geisha=jual diri. Pdhl the true geisha hanya "menjual ilusi" dan "menjual seni" serta cuma mmbaktikan dirinya ke danna-nya.

20

Topic: Memoirs of Geisha - Arthur Golden

Oia... sama satu lagi, imo, endingnya lebih bagus yg di buku daripada yg di film. Tapi overall, emang bagusan bukunya sih. Sayang ya yg main bukan actress jepang (katanya si krn kendala bahasa juga. Eh maap jadi oot :P )

21

Topic: Memoirs of Geisha - Arthur Golden

Baca buku ini 3 tahun yang lalu pas baru lulus kuliah trus kerja. Bukunya juga pinjem, barter ama buku Harry Potter. Asli suka sama buku ini karena detilnya. Berasa hadir gtu di acara minum tehnya trus serasa menikmati heningnya suasana saat para geisha lagi nari buat dannanya.. Baca Buku ini kayak lagi belajar sejarah soal jepang dan geisha tapi kitanya g berasa klo lagi belajar. *andai buku2 literatur kuliah dulu seperti itu*.
Dan,, seperti mamas lain, g nonton filmnya karena takut kecewa

Find Me @Mama's Mall
Qibi Zaqibi
ARISAN BUKU YUUK

22

Topic: Memoirs of Geisha - Arthur Golden

Baca buku ini udah lama banget,kayaknya waktu aku SMU deh...jadi udah agak agak lupa detail ceritanya...
aku jug atermasuk yg lebih suka bukunya daripada filem nya
aku paling suka jenis buku kayak gini,bacanya gak berat tapi pengetahuannya nambah.
Baru tau juga klo ternyata ada cerita dibalik terbitnya buku ini.thanks to mom Thalia!
Intrik dan persaingan di dunia Geisha ternyata seru ya.
Yang paling inget,sayuri sampai di sobek kulit pahanya pake pisau biar bisa kenalan sama dr.kepiting.haduh segitunya!
di akhir bukunya kan ternyata yg membiyayai dan yg menolong sayuri sejak awal tuh cowok (namanya lupa tapi klo di film yg memerankan si Ken watanabe) klo di filem akhirnya gimana ya?sama ga sama buku?

love zahra,berumon and books

23

Topic: Memoirs of Geisha - Arthur Golden

nah itu dia, gw selalu kecewa dengan film yg diangkat dari novel. Dan jd berasumsi bahwa semua film yg diangkat dr novel itu ya pastinya mengecewakan buat gw:)

Kayak harry potter; waktu baca, ngebayanginnya udah keren banget & ngeri2 gimana gitu. Eh pas nonton filmnya, jauuuh banget dari bayangan.

Tapi, kalo dulu zaman kuliah, yg tugas2nya numpuk harus baca bbrp buku sastra dlm 1-2 minggu, nonton filmnya bener2 ngebantu hehe..

Kalo geisha ini, memang gw udah ga punya waktu buat baca. Dan filmnya jg kayanya banyak yg kepotong ya.
Jadi ga ngerasa termehek2 ato gimana gt, pokoknya gak ada thrillnya.

Jadi krn miskin & ibunya sakit, si chiyo& kakaknya satsu ini dijual sama org tuanya ke 'mother'. Krn chiyo lbh manis, maka chiyo lah yg dipilih sama si mother, sedangkan satsu di'tugaskan' di rumah geisha di kota lain. di rmh ini, chiyo dan pumpkin disekolahin, biar nantinya jd geisha spt seniornya hatsumomo (eh, bener ga ya itu namanya?)

chiyo sempet nyoba kabur, dan bbrp kali bikin kesalahan yg akhirnya bikin dia hrs jd pembantu selamanya utk ngelunasin utangnya ke si mother ini. Suatu hari saat lg sedih, pak ketua lewat & beliin es krim buat chiyo. Mulai saat itu chiyo jatuh cinta sama pak ketua & berjanji bakal jd geisha biar bisa deket sama si pak chairman ini.

mameha krn disuruh sama pak chairman, mendidik chiyo jd geisha (pas jd geisha namanya diganti jadi sayuri) yg akhirnya ngalahin seniornya hatsumomo & pumpkin, sahabatnya.

Yg gw suka saat sayuri dicela2 sama hatsumomo yg ngungkit2 bhw sayuri bekas pembantu, trus sayuri berulang2 muji2 hatsumomo sambil nyindir bilang bahwa sayuri ga mungkin bisa sehebat hatsumomo yg lbh 'senior', yg pernah jd geisha baru kayak sayuri bertahun2 lalu. Haha..semuanya di ruangan itu ketawa dan bikin hatsumomo bete krn diejekin 'tua'.

Trus satu lagi pas hatsumomo nyebarin gossip sama dr.crab yg bilang bhw sayuri udah pernah tidur sama nelayan2 dsb. Sayuri ngebales dengan bilang ke dr.crab bahwa kalo denger gossip, biasain untuk cari second oppinion :)

Suka jg dengan prinsip geisha yg mengandalkan seni, keindahan tarian, musik, tubuh & kecakapan bahasa.
Yg bikin sedih sih persaingan antar geisha ini bisa bikin teman jadi lawan & vice versa.
Dan yg bikin kecewa itu endingnya gimana sih..?
Krn nobu-san suka banget sama dia dan pgn banget jd baronnya, sayuri akhirnya menjual keperawanannya sama org amerika itu ato gak jadi ya?
Di film sih sayuri akhirnya ciuman sama pak ketua, tp dia bilang bahwa walopun geisha bukan pelacur, tapi geisha juga gak bakal jadi istri seseorang.
Nah, endingnya ini yg gw lupa.

a life-enjoyer mama :)
www.ekadeau.blogspot.com
@ekadeau

24

Topic: Memoirs of Geisha - Arthur Golden

Buku ini agak-agak lupa detailnya tapi ada beberapa hal yang diinget sampai sekarang...
1. Tuan rambut salju, pelanggan yang banyak ketombenya sampai ketombenya suka jatoh2 ke pundak bajunya (hihihi maaf jorok)
2. Salah satu ajaran para geisha yang nyuruh mereka untukcukup hanya memperlihatkan bahu dan tengkuk aja saat melayani tamu, karena bahu dan tengkuk itu bagian terindah wanita, dan malah bikin laki-laki lebih penasaran

Harus baca lagi nih kayanya...

25

Topic: Memoirs of Geisha - Arthur Golden

wah buku ini cukup mengobati kegagalan aku dapet beasiswa jepang..... walau yg nulis itu gaijin (istilah orang non-jepang) sangat-sangat detail sekali.... aku sangat inget sekali diceritakan mengenai sekolah geisha dan arti sebenarnya geisha itu adalah pekerja seni sekolahnya saja butuh perjuangan keras. mameha ngajarin sayuri supaya jadi geisha sejati yg ternyata ga jauh2 dengan berpolitik.... tapi kecewa berat pas nonton filmnya banyak detail nya yg yg sebenernya tabu di jepang malah di lakukan di film seperti cara memakai kimono yg malah terbalik....

Mamonya demya
"teman hidup" papo demy
Finance & Accounting manager FUCHS Indonesia
Dimana bumi kupijak, Disitu langit kujunjung