1

Topic: Relaktasi

bunda ada yang punya pengalaman RELAKTASI ? bagi2 tips ya, krn saya mulai melakukan relaktsi krn anak saya sedang sakit dan butuh asi (maaf klo udah ada topik ini krn saya hanya menemukan di artikel TUM)

kenzie jatung hati mama papa semoga menjadi anak yg sholeh & hidupmu selalu barakaallah.

2

Topic: Relaktasi

tari quennell, saya juga blom pernah relaktasi... cm kalo mau info yang detail... bisa ke milis asiforbaby mbak, atau bisa email langsung ke AIMI bagian konselingnya.

btw anaknya sakit apa mom? Sebelumnya mimiknya ASI apa sufor?

Maaf ya ga bisa bantu apa2

Cheers,
Bunda Essa
(super mom wanna be)

3

Topic: Relaktasi

tari quennell, ada beberapa tips relaktasi yg udah disebutin di forum, selain di artikel ini , sementara nugu threadnya rame, mungkin bs di search dulu. pilih per-post n pake keyword relaktasi, lumayan banyak kok nyempil2 di thread breastfeeding.

less ego, more heart

4

Topic: Relaktasi

Saya udah pernah 2x relaktasi mom, di Smg waktu baby 1,5 bulan krn PD bengkak & asi sulit diperah, tyt pra masitis, lumayan hrs pijat PD di klinik laktasinya seminggu penuh, dan yg kedua di klinik laktasi Carolus jkt waktu baby 4 bulan (asip kurang krn kecapean), treatment cm konsul 2x eh lancar lagi
Puji Tuhan babyku full asix sampe 14 bulan & skrg udah ga asi lagi krn dia yg ga mau sendiri, entah kenapa, kalo dinenenin bilang "ga enak", ya sudah deh beralih ke UHT, tp udah bersyukur banget bs full ampe 14 bulan

5

Topic: Relaktasi

baby ku sakit batuk pilek dan ada radang tenggorokan, krm dlm rangka relaktasi dokter ngasih aku LACTAMAM udah hampir 1 minggu aku minum 3x 1 setiap hari tapi asi juga belum keluar. aku juga melakukan massage.

kenzie jatung hati mama papa semoga menjadi anak yg sholeh & hidupmu selalu barakaallah.

6

Topic: Relaktasi

coba minum jintan hitam mom
dulu pas konsul di klinik laktasi, konselorku nyaranin itu
lumayan kok, dalam 2 minggu balik lagi ke jumlah perahan semula
dari 50 ml ke 200 ml :)

7

Topic: Relaktasi

missyayuk..
jintan hitam tuh habbatussauda ya? disaranin minum yang apa?

working mom with full time mom's spirit..

8

Topic: Relaktasi

mom Astrid,
aku minum yg jenis pil, merknya lupa di rumah botolnya
minum 3x sehari @ 3 kapsul, mayan banget, seminggu udah mulai naik jumlah perasannya, 2 minggu udah back to normal :D

9

Topic: Relaktasi

missyayuk kalo buat ningkatin hasil perahan bisa ga? Kan kalo itu kasusnya pernah banyak terus menurun ya?

Cheers,
Bunda Essa
(super mom wanna be)

10

Topic: Relaktasi

Mom Olipe,
kayaknya bisa deh, soalnya di manfaat botolnya ditulis salah satunya "meningkatkan produksi asi"
btw, km di smg ya, knapa ga konsul ke elisabeth aja?
dulu aku pasien setia bu sampyuh, seminggu diobatin krn masitis
beliau salah satu faktor berhasilnya aku & baby S2 asix

11

Topic: Relaktasi

missyayuk, bu sampyuh? namanya? sebenernya kondisi skrg seh ASI ku cukup, masih ada stok juga difreezer, cm seneng aja kalo misalnya bisa meningkat. hehehehheh

Cheers,
Bunda Essa
(super mom wanna be)

12

Topic: Relaktasi

Olipe,
iya, nama konselornya bu sampyuh
dia perawat di rs elisabeth
klinik laktasinya jg dsana kok

13

Topic: Relaktasi

tari quennell
coba ikut kelas laktasi di RS Mitra Keluarga Waru
aku sendiri sih belum pengalaman, karena baru hamil anak pertama.
Cuma Tau info kalo di RS mitra Keluarga Waru ada kelas laktasi.

woman whom he loves

14

Topic: Relaktasi

Mamas, mau tanya, kalo klinik laktasi di St. Carolus recommended gak ya? Pengen relaktasi :( ato ada gak klinik laktasi di daerah serpong?

Kmarin sempet nyoba nyusuin babyku, tapi dia nya malah bingung puting :(

Pijat PD ngaruh gak ya moms? Udah hampir 6 bulan gak ASI. terus kalo di rangsang pakai breastpump bisakah?

15

Topic: Relaktasi

annys wrote:
Mamas, mau tanya, kalo klinik laktasi di St. Carolus recommended gak ya? Pengen relaktasi :( ato ada gak klinik laktasi di daerah serpong?

Kmarin sempet nyoba nyusuin babyku, tapi dia nya malah bingung puting :(

Pijat PD ngaruh gak ya moms? Udah hampir 6 bulan gak ASI. terus kalo di rangsang pakai breastpump bisakah?


Anaknya umur brp, mom? trus gak ASI nya knp? kalo emang produksi udah kurang, berarti selama itu minum sufor atau gmn? Klinik laktasi st. carolus sih sebenernya recommended, cuma berdasarkan pengalamanku ksana (cuma 1 x sih :p) mereka bener2 concern sm ASI, dan agak anti sufor maupun dot, terutama suster2nya. jadi harus tebel2 kuping aja kalo terlanjur kasih sufor ;)

working mom with full time mom's spirit..

16

Topic: Relaktasi

waktu awal2 setelah melahirkan, baby danish sempat minum sufor sampai 3 minggu. awalnya di RS dikasi sufor krn ASI saya keluarnya sedikit sedangkan danish kena jaundice plus saya yg kena malaria jd bawaan lemes n pusing.
alhamdulillah setelah dicekoki segala macam makanan yg kata orang bisa meningkatkan ASI, akhirnya sampai skr (8m 9d) danish tetap ASI full.
waktu itu siy makannya macam2 mulai dari daun katuk, jantung pisang, sampai pete (tp berasa ampuh jg lho pete ini). terus dsuruh minum sari kurma. semua ditelen biar ASI nya lancar. saya ttp minum vitamin ASI siy, jd ga tau deh relaktasinya sukses krn efek dr makanan atau vitaminnya
HTH yaaa

17

Topic: Relaktasi

astrid_ibureno waktu itu ASI nya dikiitttt bgt keluarnya. Si baby keburu nangis kelaparan tiap mau ASI. jadi di campur sufor :( dan sekarang menyesal. pengen banget ASI lagi.
duh jadi ngeri mau ke klinik laktasi. hehehe... kalo yg di AIMI pernah gak mom?

emaknya danish baru denger pete bisa nambah ASI :) vitamin ASI juga perlu ya? itu harus konsul ke dokter juga kah mom?

18

Topic: Relaktasi

Mamas,maaf bth penjelasan.jd relaktasi itu upaya meningkatkan kuantitas/kualitas asi yah?
Pas bgt nemu trit ini.aku dr awal merah dr 1PD paling byk cm dpt 90ml.kalo dr awl sedikit bs ga dtingkatkan mell relaktasi ini?jd bentuk2 relaktasi itu bs brp pijatan dan asupan makanan+vitamin y?babyku br 2bl tp kok asiku ga bs melimpah y?mom,untuk mlkkn relaktasi harus ke klinik laktasi kah?maaf,blm mudeng ini

(?'?'?) semangat & mendekat (?'?'?)

19

Topic: Relaktasi

akhirnya relaktasi saya gagal :( tidak tahu saya yang kurang berusaha atau udah jalannya, usaha yang saya lakukan minum lactaman, tea menyusui, massage, makan banyak sayur dan buah nah yang ini mungkin kurang maksimal. jadi total waktu saya 2 bulan akhirnya saya berhenti minum obat dan minum tea.sbenarnya ukuran waktu tidak bisa jadi dasar bisa sampai lebih lama, ada yang bilang tergantung berapa lama anda berhenti menyusui ( bagi yang pernah menyusui)oya bulan2 pertama relaktasi saya juga mencoba merangsangnya dengan mencoba menenen kan bayi saya.
jadi CMIIW pengertian relaktasi adalah kembali menyusui setelah lama berhenti menyusui, bahkan saya juga pernah baca klo di luarnegeri wanita2 yang mengadopsi anak bisa melakukan relaktasi agar bisa menyusui.
mamas bagi yang sedang proses relaktasi, semoga berhasil ya.

kenzie jatung hati mama papa semoga menjadi anak yg sholeh & hidupmu selalu barakaallah.

20

Topic: Relaktasi

Iya nih harus dijelaskan pengertian relaktasi scr jelas biar pembahasan tidak rancu.

Setahu saya relaktasi adalah upaya kembali memberikan ASI kpd Bayi setelah beberapa saat terhenti karena suatu hal.

Beberapa cotoh kondisi relaktasi yang saya ketahui (mohon dikoreksi):
[list=1]

  • Ibu sakit sehingga beberapa saat tidak memberikan ASI scr langsung atau bahkan payudara sama sekali tidak digunakan sehingga produksi ASI bisa menurun. Relaktasi adalah mencoba kembali menyusi anak.[/*]
  • Anak terlalu banyak menggunakan botol dengan sufor sehingga mengalami bingung puting. Suatu saat Ibu sadar pentingnya ASI dan dia ingin kembali menyusui bayi-nya scr langsung.[/*]
  • [/*]


    Beberapa proses relaktasi:
    Meningkatkan produksi ASI. Jdi jangan salah arti relaktasi adl meningkatkan produksi ASI.
    Teknik2 mengenalkan payudara kepada Bayi.
    Posisi yang benar ketika menyusi (latch on).
    Perlengkapan pendukung utk proses relaktasi. Setahu saya sampai saat ini: nipple shield utk bayi yang bingung puting, lactation aid (ditemukan oleh dr Newman pakar breastfeeding insternational).

    Lactation aid adalah semcam selang yg ditempel pd puting Ibu utk menyalurkan ASI dari luar. Krn proses relaktasi ada yg dimulai dengan sedikitnya produksi ASI sehingga proses relaktasi gagal oleh krn itu perlu alat tambahan.

    CMIIW

  • 21

    Topic: Relaktasi

    menemukan bahasan ini pada saat yg tepat :D
    Jadi beberapa hari yg lalu saya meninggalkan baby yg baru 1 bln untuk menemani kakaknya ikut wisata kantor papahnya ke taman safari (krn ini ke zoo saya gak berani bawa si baby). yasu, akhirnya dibekali asip dan dot (maunya sih pake sendok, tp dr pada mbak nya ribet), dengan was was nanti si baby bingung puting, berangkatlah kami. eng ing eng... ternyata waktu pulang nya molor, jam 9.30 barulah sampe rumah (selama disana dan di jalan saya sampai 4x merah asi untuk dibuang *menghindari mastitis).
    Selama ini memang PD kiri saya lebih sedikit produksinya. Selama merah untuk dibuang pun yg keluar sedikit...sekali. Tapi kali ini lebih mengkhawatirkan!!, dia tdk mau diperah lagi meskipun kalo dihisap langsung si baby keluar didkit dikit, kalo diperah lebih sedikit lagi. Berbekal bahasan disini, saya lakukan deh :
    1. terus menerus menyusui dengan PD kiri (lebih sering), yg kanan lebih sering diperah dulu
    2. membersihkan puting dengan baby oil
    maunya sih saya massage, tapi blm sempet di massage, tarara.... hari kelima saya perah sambil nyusui si baby dapatlah 120 ml dari PD kiri dan 80 ml dr PD kanan, yg kanan lebih sedikit soalnya sudah di mik baby na sambil mompa) :D
    Nggak tau juga ini termasuk relaktasi ato bukan ya..., tapi mudah mudahan membantu....
    Oya, dan trimakasih bayak untuk bahasan relaktasi ini... :)

    22

    Topic: Relaktasi

    mamas.. numpang tanya nih.. pas relaktasi ada yang pake lactation aid gak? ada alternatif selain punya medela gak ya? mahal banget sih...

    @ianaholic
    ibu antar kota antar propinsi

    23

    Topic: Relaktasi

    Bikin sendiri gampang kok: selang NGT + suntikan.

    Kebetulan aku ada buat video-nya dalam bahasa Indonesia:
    http://www.youtube.com/watch?v=0l3-RKFrNlY
    ( maaf suaranya jelek :D )

    iana wrote:
    mamas.. numpang tanya nih.. pas relaktasi ada yang pake lactation aid gak? ada alternatif selain punya medela gak ya? mahal banget sih...

    24

    Topic: Relaktasi

    aku udah liaaatt... itu cara melubangi nipple-nya dot pake apa yah? keren euy bikin video tutorial gitu..

    @ianaholic
    ibu antar kota antar propinsi

    25

    Topic: Relaktasi

    ikutan share ya.. aku pernah relaktasi krn puting lecet berat, trs pake nipple shield... akhirnya bingung puting deh anakku..
    bolak balik ke klinik laktasi mulai dr KMC, Bunda, aimi dll sampe yg terakhir nyoba ke carolus sama dr. utami

    di carolus dianjurin beli lactation aid nya medela, sempet ragu juga sih kok mehel benerrr tu alat. Tp begitu coba (pas beli kita diajarin dulu cara makenya), ajaibnya anakku bener2 lgsg bisa nyusu tanpa ada kesulitan.. sampe nyokap yg nemenin jg bingung :p

    pas konsul lg pun dr. utami sempet heran krn biasanya butuh proses sekitar semingguan sampe si anak mau nyusu lg... akhirnya kita jd model foto deh :lol: buat dokumentasinya dr. utami

    selama semingguan aku bener2 pake tu alat utk ngembaliin produksi ASInya, repot repot deh... malem2 musti masang2 tu lact aid trs abis itu dicuci bersih (krn cmn punya 1, mihil) tp akhirnya berhasil jg segala pengorbananku huhu

    oya stauku waktu di carolus itu ada jg kok lact aid yg pake selang kecil gt tp musti dipegangin, itu ga mahal harganya...

    pokoknya gimanapun caranya, semangat yaaa