1

Topic: Saingan Ama ART

moms... baru ikutan gabung nih... gak tau topik ini masuk mana... soalnya belum sempet explore thread2nya lebih jauh..

ini udah kepepet karena pengen buruan curhat.

sebelumnya maaf ya moms kalau dari judulnya aja udah gak baik "saingan ama ART"....mohon maaf kalau ada yang udah bahas, ya ditutup aja postku ini.

anakku udah 3 bulan.. dan aku kerja dari jam 7.30 - 16.30. selama aku cuti melahirkan masih ada ibu dan mertuaku yang jagain anakku. termasuk mandiin dan ngasih ASIPku. setelah cuti melahirkan selesai ( 1 bulan yang lalu ) mulailah aku sibuk mencari ART. dan akhirnya dapet juga yang mau nginep. sengaja aku pilih ART yang nginep karena suamiku kerja diluar kota sebulan sekali pulangnya...jadi ARTnya bisa sekalian buat nemenin aku.

selama ini aku resah sekali... takut ninggalin anakku apalagi anak pertama..takut si ARTnya jahatlah kaya yg ada di TV-TV belakangan ini. takut anakku jadi lengket banget sama ART juga menghantui pikiranku..macem2lah ketakutanku yang mungkin terlalu berlebihan.

ARTku ini orangnya TOP banget..kerja OK..ngurus anak OK.. pokoknya gak perlu dikasih tau dianya udah inisiatif duluan. namun yang jadi masalah justru karena dia terlalu OK banget aku takut anakku jadi lengket banget ama dia dan gak lengket ama aku. manalagi aku masih amatiran...kalau anakku nangis aja aku masih suka panik gitu..mandiin juga baru bisa.

aku jadi ngerasa bukan ibu yang baik ni moms.biasanya tiap pagi sebelum berangkat aku nenenin anakku, tiap makan siang aku juga pulang buat nenenin. nah...herannya belakangan ini anakku kog jerit-jerit gitu ya kalau aku nenenin... pagi gitu...siang nya juga gitu...

gak tau kenapa...apa mungkin akunya stress kali ya moms...

sharing tipsnya dong moms gimana caranya biar kita tetep jadi fans anak kita...

juga gimana caranya buat ibu2 baru seperti aku ini supaya tenang ninggalin anak dirumah ama ART.

2

Topic: Saingan Ama ART

mama comel, i feel you, saya pernah merasakan hal yang sama dulunya. Mirip sekali ceritanya, tapi yang "menghancurkan" hati saya waktu itu, kalau misalnya Alin lagi rewel, yang bisa segera menenangkan justru pengasuhnya (no wonder, dia sudah pengalaman 5 tahun ngasuh baby :) ). Sempat ngerasa ada yang salah dengan saya kenapa anak sendiri malah lebih tenang dengan pengasuhnya.
Tapi memang saya tetap berusaha menguatkan hati (sambil sesekali ngumpet menangis sedih sih kadang2 hehe) dan berusaha untuk pegang full anak saya ketika sebelum kerja dan setelah pulang kerja. Jadi kalau pas dia lagi digendong sama si mbak, saya juga tetap berada di sekitar dia, tetap berada di jangkauan pandang dia sambil sesekali dibecandain.
Menurut saya, kuncinya, kita memang harus lebih tenang dan berpikiran positif karena bayi (ntah disadari atau tidak) punya instink lebih merasa nyaman dekat dengan orang yang pembawaannya tenang. Ketika mamanya tenang, si anak juga relatif merasa tenang.
Kalau jejeritan pas dinenenin, mungkin perlu dicari tahu dulu kenapanya. Mungkin posisinya perlu diubah lebih enak, mungkin badannya lagi terasa tidak enak (bisa sambil dikonsultasikan ke dokter) dan sekali lagi, mamanya mesti tenang :) Sambil sharing ke mbaknya juga perlu kali ya.
Terus, tentang ninggalin baby berdua ma pengasuh, mungkin boleh minta tolong ke mama mertua buat sesekali nengokin ke rumah. Atau pas jam kerja gitu, baby ma pengasuhnya dititipkan ke rumah eyangnya (biar ada orang lain juga yang ngawasi) :)
Stay calm ya mama comel. Pelan-pelan aja, mama dan baby-nya juga sama-sama lagi beradaptasi dengan "dunia" barunya kan :) (sekali lagi) yang pasti mama comel usahakan untuk tenang dan berpikir positif ya :)

-- alin's partner in crime --

3

Topic: Saingan Ama ART

Hi comel, aku juga ngalamin yang sama persis. Kmrn abis curhat juga di thread Dilemma of working mom (or something like that lah.. sorry, belum bisa ngelink..).

Anakku sekarang 5m2w. Sehari2 diasuh sama BS yg pengalamannya dah 17 thn. Di satu sisi pengen ngasih yg terbaik buat anak. Secara kan maminya ga bisa jagain full time, jadi I try to get the best one. Tapi ya gitu, saking terlalu OK, aku sering parno sendiri kalo dia akan lebih deket sama nanny-nya dibanding aku.. Abis semuanya dia lebih jago.. Huhuhu.. Sama.. aku juga sering nangis sendiri kalo ga bisa nenangin anakku, trus begitu dipegang nanny-nya langsung diem.

Sorry ya, aku juga ga bisa terlalu bantu. Secara we're in the same boat, tapi kayanya we're not alone deh. Most of working moms, sekali waktu pasti ngalamin yg kaya gini..

Aku banyak yg nasehatin untuk jangan terlalu khawatir, anak itu pinter kok, dia akan tau siapa orang tuanya dan siapa pengasuhnya.. In the meantime, ya coba untuk spend as much time with them aja... HTH :)

4

Topic: Saingan Ama ART

Hi Comel,
Sebenernnya topik ART udah ada threadnya di sini.
Yang ini saya tutup yah :)