1

Topic: Apakah Newborn Perlu Sufor?

Momsss

maaf ya kalo saya buka topic baru..saya g tau ini topic pernah dibahas sebelumnya ato ga :D:D:D

saya lg hamil 30weeks, belakangan ini teman saya pada ributin saya utk cari sufor utk baby,...uda milih blm?? uda tentuin blmm??? dll
pdh si saya rencana maunya asi exclusive..cm dia saranin ttp sediain susu pas mau lahiran & suruh susternya RS utk pake susu yg kita bawa...

yang mau saya tanyakan, sufor apa ya yang bagus utk newborn? bener2 buta soal suforrrrr --a terus perlu ga si sufor utk newborn?? ktnya temnku si perlu..aplg awal2 melahirkan kita belum lgsg menyusui..tq

2

Topic: Apakah Newborn Perlu Sufor?

Kenapa mesti sedia sufor In? Pd aja bahwa kita bisa ngasih asix buat baby..
Setau gw, baby bisa tahan ga minum asi selama 3 hari pertama, karena udah cukup perbekalannya ketika di rahim sebelum lahir..
Asal kita rileks, santai, pikiran tenang, asinya akan keluar kok:)

Mudah2an di hari pertama asinya udah keluar ya..:)

learning is a journey..not a race..

3

Topic: Apakah Newborn Perlu Sufor?

sebelumnya maaf ya linn klo terkesan menggurui, dari artikel yang aku baca, (sory lupa dimana), kita tetep usahakan kasih ASI dulu, meskipun belum keluar, nanti khawatirnya baby akan nipple confuse, klo udah gitu suka susah dikasih PD meskipun ASI udah kluar lancar..

supaya ASI bisa pas keluar pas bayi lahir mending PD di stimulasi dulu, ato minum suplemen supaya ASI lancar, aku pernah post disini tentang stimulasi PD supaya ASI keluar,, ato di thread breastfeeding lebih banyak lagi infonya..

klo untuk sufor yang 'bisa menggantikan ASI' (meskipun sebernya g ada sufor yang bisa menggantikan ASI).. pernah suamiku tanyakan pas konsul ke DSA-nya kamil, karena berencana mo lepas masa ASIX dan ganti dengan sufor, sarannya cari sufor yang kandungan gizinya mendekati kandungan gizi ASI, misalny.. N*tril*n, BB*lc, E*fm*l, yah yang mahal-mahal itu lah,, itu jawaban dari DSA-ku..

btw i'm not suggest you prepare it,, just start breastfeeding, coz it's part of woman destiny, there is no woman can't give the best feed for the baby..

gud luck !

being a mother is wonderful..
http://anathakamil.wordpress.com

4

Topic: Apakah Newborn Perlu Sufor?

mom.. setauk saya, ga bagus baby baru lahir dikasih sufor, bisa memperberat kerja lambung yang masih kecil itu (pernah baca besarnya lambung cuma segede kelereng cmiiw). Saya baru tauk belakangan ini dan sangat menyesal karena baby kanaya dulu waktu di RS sempat dikasih sufor juga. Alhamdulillah cuma 2 minggu dan sampai sekarang full ASI.
Biasanya sih baby yang dikasih sufor cenderung bobonya nyenyak dan yang dikasih ASI sering nangis karena memang ASI mudah terserap jadi cepat lapar.... tapiii manfaatny ASI jauuuuh lebih banyak dibanding Sufor.
Coba mom cari artikel sebanyak-banyaknya tentang ASI sebelum memutuskan memberikan sufor. Tapi semuanya balik lagi sih ke keputusan mom. Kita para ibu pasti ingin memberikan yang terbaik untuk anak kita..Apapun itu pilihannya

Rina
BUnda Kanaya

5

Topic: Apakah Newborn Perlu Sufor?

momsss thankyu banget infonyaa :D:D

aku si niatan awalnya g mau beliin sufor..soalnya uda niatan banget mau full asi :D
cm temen aku pada ngom "yakin nihh bisa?? kalo g keluar gmn?apa kmu g ksian anak kmu nangis2 kelaparan?? pertama kali asi g bisa keluar lo blaa33.. emang kmu tegaa??"

aku jdi bingung sendirii -_-a trs katanya jgn mau diksi sufor RS, krn terlalu manis,,nanti baby g mau asi lagii *maklum, anak pertama jadi ho;ohh2 aja" hehee

oalahh, jdi kalo pertama kali melahirkan, baby g disusuin gpp yaa???? :D

6

Topic: Apakah Newborn Perlu Sufor?

linn Coba deh baca2 di thread breastfeeding, di situ banyak kok yang udah cerita pengalaman menyusui bayi baru lahir :)

Berdasarkan pengalaman sih, komentar2 seperti "yakin bisa nih?" atau "anak kelaparan" biasanya memang bakal keluar, gue dulu juga digituin kok. Tapi ternyata bisa aja Nara minum ASIP walopun gue juga sambil kerja.

Coba deh browsing2 info lagi tentang breastfeeding, kebetulan hari ini di twitternya @theurbanmama juga lagi ngebahas tentang ASI. Gue ga menolak sufor kok, cuma mau ngasih pandangan lagi aja tentang ASI dan sufor :)

yang selalu kangen sama si pipi gembil

7

Topic: Apakah Newborn Perlu Sufor?

linn,
ayo semangat kasih ASI ya :) mudah, murah, lengkap, gratis dan praktis :)

imo, sebaiknya cari teman yg support u/ ASI. dan linn harus tegar kalo bisa memberikan ASI. percaya diri itu nomor 1 deh :)

bayangin nihhh... anak pertama, pasti agak heboh di awalnya. capek baru melahirkan... trus baby nangis pengen nyusu. lebih praktis langsung kasih ASI kan? :) kita bisa sambil istirahat juga.

di TUM banyak kok mama2 yg mendukung ASI. sering2 aja main ke TUM :) jadi yakin dan pede untuk tetep ASI.

? love to write and run - a bus transjakarta passenger ?
@ninityunita

8

Topic: Apakah Newborn Perlu Sufor?

bukannya gak pa2 gak disusuin,,tp ga usah khawatir kl bayinya nangis terus walaupun udh disusui,itu bkn krn lapar aja tp baby cry for many reasons or no reason at all, tetep pede apapun pendapat orang, asi udh keluar dr awal stlh melahirkan cm krn bening n sedikit jd byk yg ngira asinya blm ada,pokoknya tempelin aja terus babynya smakin sering disusui smakin cepet asinya bnyk, mumpung msh byk wktu cari2 info seputar asi, cari jg rs n dktr yg pro asi ya, goodluck...

9

Topic: Apakah Newborn Perlu Sufor?

iya, pengalaman dl krn tidak rajin membersihkan & tidak rajin merangsang PD selagi hamil, jadi ASI baru lancar keluar di hari ke-3. Mudah2an tidak kejadian lagi di anak ke-2 nanti. kalau memang tidak mau sufor untuk baby, tidak ada salahnya mulai cari donor ASI menjelang waktu melahirkan buat jaga2 kalau baby sudah nangis kehausan, tekanan dr pihak keluarga agar baby dikasih sufor saja biar anteng dll.

Sebenarnya aku sudah tahu juga sih bayi bisa tahan disusui sd 3 hr setelah melahirkan, tp waktu itu krn dia ga mau lepas dr nenenku stlh menyusu hampir 3 jam, dia nangis terus krn haus, dan badanku jg masih lemes, akhirnya nyerah juga babyku dikasih sufor sama perawat.

Waktu itu susunya merk SGM kalau ga salah. Alhamdulillah baby sehat2 saja. Walaupun begitu, pihak RS tempat melahirkan juga pro ASI banget, baby tetap dikasih ke aku buat sering2 belajar menyusu, dikasih kuliah ttg perASIan sama dokter dan susternya, dan untuk aku disediakan jasa massage PD supaya ASI lancar. Habis dimassage ASI langsung lancar jaya, dan ga pake sufor lagi sejak hari ke-3.

Btw, Aku jg pro ASI, tapi kalau memang situasinya urgent, dan kita ga punya donor ASI kayak pengalamanku dl, ga ada salahnya juga baby dikasih sufor sampai ASInya benar2 cukup, toh sufor bukan racun. Atau mengusahakan ada stok ASIP dari donor bila memang bener2 newborn baby-nya ga mau dikasih sufor. Dan, yang paling penting kalau ASIP kita blm banyak, jgn menyerah untuk terus berdoa dan berusaha agar diberi ASI yang cukup untuk anak. Maaf ya kalau ada yang ga berkenan :).

10

Topic: Apakah Newborn Perlu Sufor?

linn, emang bener kl ga semua ibu setelah melahirkan asi nya lgsg keluar. tp dlm jangka waktu 2x24jam baby masih punya cadangan makanan didalam tubuhnya. jd wlpn asi belum keluar sering2 aja disusuin supaya dpt merangsang asi cepat keluar. dan jangan lupa kl asi itu sangat berpengaruh dg mindset kita, jd kita harus tetep yakin kl bisa ngasih asi ke baby. tp kl udh lewat dr jangka waktu tsb dan asi belum keluar jg, ngasih sufor ga dosa ko. yg dosa itu membiarkan baby kelaparan demi memenuhi ego n idealisme kita.
perlu sedia sufor dr rumah atau ga? kynya ga perlu deh mom,kl emang terpaksa hrs dikasih sufor lebih baik konsultasi terlebih dahulu ma DSA baby mengenai merk, jenis sufor apa krn takut kl baby ada kecenderungan alergi dsb.
semoga lahirannya lancar, baby n ibu sehat walafiat n asi nya jg lancar ya :) goodluck!

bab ? atha ? kae ? nda

11

Topic: Apakah Newborn Perlu Sufor?

linn wrote:
momsss thankyu banget infonyaa :D:D

aku si niatan awalnya g mau beliin sufor..soalnya uda niatan banget mau full asi :D
cm temen aku pada ngom "yakin nihh bisa?? kalo g keluar gmn?apa kmu g ksian anak kmu nangis2 kelaparan?? pertama kali asi g bisa keluar lo blaa33.. emang kmu tegaa??"

aku jdi bingung sendirii -_-a trs katanya jgn mau diksi sufor RS, krn terlalu manis,,nanti baby g mau asi lagii *maklum, anak pertama jadi ho;ohh2 aja" hehee

oalahh, jdi kalo pertama kali melahirkan, baby g disusuin gpp yaa???? :D


linn
pendapatku ya, kalo misalnya kamu masih ragu2 ttg saran temen2 kamu, ga ada salahnya kl kamu mau beli/nerima sufor dari RS. kalo di aku sih kaya gitu jatohnya jadi motivasi dan penenang batin. mindset aku sih biasanya, kl aku punya sufor di rumah, aku bakal berusaha gak pake itu sufor. will go with beastfeeding first. tapi kalo kejadian *ketok2 kayu* the worst thing happens, setidaknya gak akan repot2 amat.

tapi again, itu kalo aku ya.. :)

engineer.wife.mom.daughter.sister.food lover :)

12

Topic: Apakah Newborn Perlu Sufor?

linn, bener saran mamas yang lain untuk rajin membersihkan puting :) , selain itu harus mempersiapkan mental orang-orang yang nantinya akan mendampingi saat bersalin, misalnya ibu atau suami. usahakan mereka tidak terlalu lelah, jadi nantinya lebih 'tahan banting' saat menghadapi tangisan newborn ..

pengalaman dulu, Asa campur bebelac 3 harian karena aku gak kuat ngeliat ibuku nangis, jadinya minta tambahan susu formula walaupun berdebat panjaaang bgt sama bidan. alhamdulillah setelah itu ASI lancar, bahkan masih menyusui sampe sekarang (22 bulan), walaupun sempat campur sufor & UHT juga .. hehe ..

hari-hari pertama setelah kelahiran bayi akan sangat menantang, tapi cuma sebentar kok .. semangat mama :) . kalaupun setelah jalan beberapa bulan nanti terpaksa harus tambal susu formula, yg penting nanti keputusannya diambil berdasarkan kata hati tentang mana yang terbaik, serta dilakukan dengan cara2 yang benar. soalnya namanya ngasih makan bayi, mau ASI,sufor, MPASU, semua ada kaidah-kaidahnya :)

less ego, more heart

13

Topic: Apakah Newborn Perlu Sufor?

Dear Linn..
karena dulu aku ikut senam hamil, disitu diajarin cara membersihkan dan merangsang pd. alhamdulillah rangsangannya berhasil dan pas hamil tua kalo di rangsang PD nya dikit2 susunya udah keluar . jadi pede aja pas bayinya lahir langsung nyusuin.

ibu yuna * mbok e yuna * mamak Q

14

Topic: Apakah Newborn Perlu Sufor?

hai Iin..
Salam kenaall..
Iiiiin..anak pertama yaa.. Pasti deg2an dan pengen yang terbaik buat si baby :)
Aku ikut sharing yaa..
Muai dari judul topiknya : Apakah Newborn Perlu Sufor? kalau pendapat pribadi saya : Tidak.. :) Newborn tidak perlu sufor. alias tidak harus dikasih sufor.
Ini pendapat pribadi setelah browsing2 via internet, dan ikut kelas laktasi di dokter kandungan ku dulu. ( Skrg anakku uda 7 bulan :) )

Kenapa tidak perlu sufor? Karena bayi itu sampai 3 hari diluar kandungan ( 3 hari sesudah lahir ) masih dapet asupan dari cadangan lemak di tubuhnya. Jadi, kalau ASI belum keluar setelah melahirkan, jangan langsung kasih sufor yaa..Nah, tapi.. selama 3 hari itu ( di RS ), tetep usahakan disusuin (menyenangkan banget kok nyusuin itu..:D ). InsyaAllah ASI keluar kok, dan bisa dinikmati bayi.
Ukuran lambung bayi waktu lahir cuman sebesar kelereng..keciilll banget.. jadi kalo nanti ASI yang keluarnya cuman dikit, cuman sekitar 1 sendok teh, gapapa.. kasih aja..cukup kok.

Kalau belajar dan baca2 lagi tentang ASI...nanti bisa tau kok, kalo produksi ASI itu supply and demand.. Kalo Iin ngasih ASI / nyusuin ke bayinya terus.. ASInya ntar keluar lebih banyak..sesuai sama yang disedot bayi.
Tapi kalo ga disusuin...ntar produksinya berkurang..lama lama bisa nyusut :)

Kalo nanti bayinya nangis2 terus.. hihihih,,gapapa... bayi itu kerjaannya nangis kok (tp ada juga yg kerjaan tidur terus :)). Bukan hanya berarti kelaperan atau kehausan. Bisa kedinginan, bisa basah popok, bisa ga nyaman, terlalu gelap / terang.. Maklum..9 bulan dia nyaman banget..enak..anget diperut ibunya..

Ada zat dalam ASI yang baguss banget buat bayi..namanya kolostrum..itu cuman ada di 5 hari pertama. Warnanya kuning2 kentel gitu. Coba nanti kalo abis ngelahirin, dipencet deh payudaranya...kalo keluar minyak atau asi kuning.. itu brarti kolostrum+asinya keluar...walopun cuman seiprit..itu cukup banget. Jadi ga/belum perlu dibeliin sufor.

Kalo perlu info lebih lanjut tentang ASI..boleh browsing2..atau diskusi aja diTUM sini. Semuanya seneng kok..sharing pengetahuan :)

Yang jelas..gue sadar banget kalo sosialisasi ASI di luar Jakarta minim banget.. Belajar banyak dan baca2 mengenai ASI Exclusive juga baru bbrp bulan sebelum melahirkan.. Dari eNol :).

So, In.. yakinin dulu (buat diri sendiri) kalo memang ASI itu paling bagus, cari temen2 yang mendukung, kalo uda mantep..ajak suami ama keluarga buat support yaaa..:) Soalnya dukungan suami ama keluarga itu paling utama untuk mendukung suksesnya pemberian ASI exclusive.. :)
Oh ya.. cari tau juga di Surabaya dokter dan rumah sakit yang pro ASI dimana.. Pasti penjelasan dari dokter dan perawat2 rumah sakit juga lebih lengkap :)

So sekali lagi jawabannya : Ga perlu..
Tapi.. kalau sampai pada akhirnya dokter merekomendasikan pemberian sufor karena sesuatu dan lain hal... Go for it. Gapapa. Sufor bukan racun.. dengan memberi sufor ke anak kita, bukan brarti kita gagal jadi ibu,.. yang penting adalah gimana kita ngegedein..membesarkan anak kita. :)

Next..cari tau juga yaa.. teknik menyusui yang bener . Terus bisa baca2 pengalaman menyusui ibuk2 TUM, manajemen ASIP, ..heheh..banyak deh.. (semua ada di TUM!)
Butuh komitmen dan keyakinan buat memberikan ASI ke anak kita..
Gue ga bilang gampang..tapi bukan berarti susah..:) But it's all worthed. :)
Semampunya..sebisanya..

Sering2 sharing di TUM.. banyak temennya :D Pasti ditemenin deh.. :D
Janji pramuka!

Bibunya Raka dan Rayyi
Twitter : @tickzie
Tumblr : bibunyaraka.tumblr.com

15

Topic: Apakah Newborn Perlu Sufor?

EH!
Selama nulis..banyak yang reply rupanya.. :)

Oh ya In, FYI.. Raka, my baby ga lulus ASI exclusive.. :) Manajemen ASIPku gagal.. :D.
Umur 4.5 bulan campur sufor..:) sampai sekarang masih menyusui dan mompa sebisanya..
Gapapa..moga2 anak kedua bisa full ( aamiinn..)

Bibunya Raka dan Rayyi
Twitter : @tickzie
Tumblr : bibunyaraka.tumblr.com

16

Topic: Apakah Newborn Perlu Sufor?

Iinn wrote:
cm temen aku pada ngom "yakin nihh bisa?? kalo g keluar gmn?apa kmu g ksian anak kmu nangis2 kelaparan?? pertama kali asi g bisa keluar lo blaa33.. emang kmu tegaa??"
wrote:


ini jenis kesalahan gw waktu baru ngelahirin dulu. omongan seperti ini keluar dari mulut hampir semua orang2 yg rata2 gak update ilmu ataupun terlalu khawatir (ibu n mertua). pdahal dokter udah ngejelasin di 3 hari pertama bayi masih punya cadangan makanan dari waktu di perut. dan ada batasannya kok sampe sekian % (luma berapa persisnya) penurunan berat badan yg bisa ditolelir. semakin kita khawatir malah semakin kejadian kalau asi nya gak keluar.
yg perlu disamakan pemikiran seperti ini terutama orang2 terdekat. ortu, mertua, suami. gak usahlah terlalu memusingkan perkataan orang "apa kamu tega?" tolong ini jangan didenger ya mam...

Bussy life...happy life...

17

Topic: Apakah Newborn Perlu Sufor?

linn semangat yaaa.. jangan lupa minta dukungan orang-orang terdekat, suami, orang tua, sahabat, sampe temen2 member TUM :D ngaruh banget biar tambah pede.

Dulu aku juga hari pertama gak langsung keluar, tapi berkat dukungan orang2 terdekat akhirnya bisa juga.

goodluck yaa ;)

Vania : Nata & Arsa's mom
http://vaniasatriadi.com @drVania

18

Topic: Apakah Newborn Perlu Sufor?

linn,
hari ini TUM bahas ttg #ASI loh di twitter :)

1. yakin nihh bisa??
tentu aja bisa. linn bisa hamil & deal with every problem selama kehamilan selama 9 bulan. tentu aja bisa menyusui selama 2 thn atau lebih. hamil & menyusui sudah 1 paket koq linn. dan selama 9 bulan di dalam kandungan itu, sebenarnya janin sudah menyusu, hanya saja menyusunya di dlm rahim kita. setelah lahir, bayi ttp akan menyusu melalui payudara mamanya. sampai saatnya bayi siap makan makanan keluarga (table food).

2. kalo g keluar gmn?
pasti keluar. pada hari-hari pertama memang ASI hanya akan keluar beberapa tetes saja. kalau ditampung mungkin hanya 1-2 sendok makan. itu namanya kolostrum, imunisasi alami pertama bagi bayi, cairan ajaib yg bisa melindungi bayi dari penyakit. kalau kita perhatikan, imunisasi di rumah sakit/posyandu/puskesmas juga memang hanya beberapa tetes kan/ gak segelas atau segalon? bisa meletus dong lambung dan usus bayi baru lahir kalo udah dikasih ASI segelas :))) besar lambung bayi baru lahir memang hanya sebesar biji kelereng, sesuai dengan kebutuhannya, dan produksi ASI mama menyesuaikan dengan usus & lambung bayi. bersihkan puting dan lakukan pijat payudara untuk kelancaran produksi ASI.
semakin sering disusui bayi akan berkembang dan produksi ASI meningkat menyesuaikan dgn kebutuhan bayi.

3. apa kmu g ksian anak kmu nangis2 kelaparan??
kasian dong. kalo nangis, susui. kadang udah disusui ttp nangis, coba periksa pakaiannya, basah, ada semut/serangga yg gigit, atau terlalu panas/dingin. kadang udah diperiksa pakaiannya, bayi gak pup juga ga pipis, tp ttp aja nangis. coba gendong, ayun2 sambil bersenandung, ajak ngobrol. ttp nangis? coba pijat bayi, mungkin sakit perut/kembung. ttp nangis? mungkin terlalu banyak stimulasi/berisik. bisa juga krn bosen, coba jalan2 ke luar kamar, muter2 rumah atau halaman. bayi menangis bukan hanya krn lapar koq. menangis memang satu2nya cara bayi untuk berkomunikasi.

4. pertama kali asi g bisa keluar lo blaa33.. emang kmu tegaa??"
bukan gak keluar, coba perah ASI pake tangan. tekan bagian areola (bagian sekeliling puting yg berwarna lbh gelap). nanti pori2 di puting payudara akan mengeluarkan tetes2 ASI pertama yaitu kolostrum yg ajaib itu.

linn pelajari IMD, pijat payudara dan teknik memerah pake tangan deh. biar tambah pede.
kalo ada yg nakut2in atau bikin down seperti itu, senyumin aja, mereka mungkin memang belum tau informasi yg benar ttg ASI.

semangat ya linn!

a life-enjoyer mama :)
www.ekadeau.blogspot.com
@ekadeau

19

Topic: Apakah Newborn Perlu Sufor?

eka,
penjelasannya oke banget deh eka :) menyejukkan. thanks eka... :) hihi terharu bo bacanyaaa...

ayo linn, kamu bisa! :) perluas ilmu dan kalo cari dukungan, di TUM banyak yg support & ga judgemental. :)

? love to write and run - a bus transjakarta passenger ?
@ninityunita

20

Topic: Apakah Newborn Perlu Sufor?

eka wuiih...mantap deh penjelasannya.. :)

linn ikut sharing yaa..
dulu ibu mertuaku jg sempet takut aku asi-nya gak keluar,pengalaman sama kakak iparku yg asinya g lancar..beliau tanya2 sufor pake yg mana sama suster2 di rs tmp aku ngelahirin ,eh..tapi malah ditegur sama susternya."emang asinya gak keluar?" "emang anaknya rewel banget?"...
tp alhamdulillah asiku lancar sampai sekarang.walopun gak berlimpah. :)

bener bgt bayinya lgsg dinenenin aja..kalopun csect n gak imd (kasusku gitu) begitu masuk kamar minta bayi lgsg dibawa ke kamar ya bwt rawat gabung.supaya bisa sering nenen n merangsang asi cepet keluar.
lebih baik cari rs dan dktr yg pro ASI ya,sama minta dukungan keluarga.tapi yg utama kamu harus PD dan kekeuh sama niat kamu yg kasih ASI aja.jadi klo ada yg komentar aneh2 dikasi senyum manis aja ya linn.. :)

untuk menenangkan diri gini aja deh, misalnya ni yaaa *amit2 tapi ya* asi kamu termasuk yg gak lancar n butuh sufor kan sekarang udh banyak minimarket (baik ind*mrt or alf*mrt) yg 24jam yg bertebaran dimana2 itu jadi tinggal beli di situ aja klo emang butuh.gak perlu stok sufor dr sebelum bayi lahir.

"mom of two"
#rasyaabhinaya
#brianaryasatya

21

Topic: Apakah Newborn Perlu Sufor?

Dear linn,
Kalo menurut aku newborn gak perlu sufor
alasannya,seperti yg sudah di jelaskan sama mama2 diatas,itu bener banget.
aku tambahin sedikit ya
ASI itu dipengaruhi oleh 2 hormon
yaitu:
hormon prolaktin yg fungsinya menghasilkan ASI
dan hormon oktitosin yg fungsinya untuk mengelurkan ASI
kadang payudara kita sudah memproduksi ASI yg cukup tapi karena kita kekurangan hormon oktitosin membuat ASI kita jadi gakbisa keluar,padahal sebenernya ASI nya ada.
hal yg menghambat hormon oktitosin diantaranya adl stres dan rasa gak pede
karena itu sebaiknya Linn mulai memupuk kepercayaan diri bahwa kamu bisa kasih ASI
agar tubuh kita juga memproduksi hormon oktitosin yg cukup sehingga ASI nya bisa keluar dengan lancar
afirmasinya bisa dengan mengucapkan kata2 : Aku bisa dan mampu memberikan ASI kepada bayiku dengan lancar dan nyaman
diulang ulang dan dihayati dengan hati.Insyaaloh menyusuinya jadi lancar.
tekad dan rasa PD yg besar itu juga bisa didapatkan apabila kita punya cukup pengetahuan tentang ASI
saranku,coba juga baca buku buku tetang menyusui seperti The Ultimate Breastfeeding Book of Answers (Segala yang Perlu Anda Tahu Soal Menyusui)karangan Dr. Jack Newman & Teresa Pitman
Dokter Spesialis Anak dan Ahli Laktasi Internasional
juga banyak2 cari info yg berimbang tentang ASI dan sufor
sekarang informasi tentang ASI udah sering banget di bahas di majalah2 parenting ko
selamat berjuang.Semangat ya!

love zahra,berumon and books

22

Topic: Apakah Newborn Perlu Sufor?

Dastan awalnya pake Similac pas lahiran, tapi setelah jalan2 ke Indo, ternyata Similac Indo ga da yg cocok plus buat pupnya ga lancar,

Jadi kalo mau sedia sufor, saran aq si S26 Procal Gold.

Bagus dan lancar pupnya.

~ Mama Papa Luv Dastan Foreva ~

23

Topic: Apakah Newborn Perlu Sufor?

dear linn,
ASI itu sebenernya tergantung NIAT kita sbg ibu,apakah ingin memberikannya 100% ke baby kt ato gak...saranku jgn terpengaruh omongan2 tmn2nya,,,kl bs cari org yg bs jd pendukung dan penyemangat utk memberikan ASI eksklusif....dan terus baca2 dari semasa hamil topik2 ttg breastfeeding,spy kt sll optimis kl kita bs memberikan ASI kpd baby kt nanti.
inget lho....ASI itu hak stp anak. jadi kasian kan kl ga diberikan haknya.
fyi ASIku mulai lancar jg dihari ke7 stlh lahiran...dan slama 7hr aku ttp ksh asi ke anakku,pdhal anakku wkt itu kuning lho (skrg aby 2m)...tp krn optimis dan bener2 NIAT mau ksh ASIX jd aku yakin bisa...dan sll berdoa spy Allah memberikan ASI yg berlimpah utk anakku...;)

tetep optimis yachhh....:D

mama love habibie.....:*

http://misskembang.blogspot.com/

24

Topic: Apakah Newborn Perlu Sufor?

dear mommsss :)
thankyuuu bangett yaa smua atas respond & supportnyaa :D:D
aku jdi yakin g beli sufor duluu hehhee

soalnya emang uda diniatinnn banget pengenn ASI dan yakin&percaya deh bisa kasi ASI exclusive..amin aminn :)

to: mabhy24

wktu itu tmnku blg anaknya kuning, makanya lgsg diksi sufor gt, dia blg asinya dia dikit banget soalnya

25

Topic: Apakah Newborn Perlu Sufor?

Baru baca forum ini, tapi udah terlambat deh kayaknya :'(( Aku sudah kasih baby-ku sufor, baru hari ini, di mix ama ASI, ASI ku dikit banget, suami ama mama kasihan, takut anaknya ga kenyang, dini hari tadi bayiku nangis terusss, padahal aku dah "ngeyel", cukup kok bayi kan minumnya emang sedikit. Lagian aku dah tanya sana-sini emang kalo baru lahiran ASI belum bisa langsung banyak (FYI, aku lahiran Sabtu malem, ASI keluar hari Rabu), coba dipompa paling cuma 10ml. Cukup ga sih mom?? Abis aku dibilang kejam, anak kelaperan dibiarin ajah, mana bayi-ku kuning (untung masih boleh pulang), aku ga mau dia sampe mesti nginep di RS, jadi dini pagi tadi terpaksa dikasih sufor, buat nambahin ASI.
Untung anakku ga bingung puting, dia masih mau nenen paginya, kalo ngga, stress deh aku.. Aku ngerti sih, suami dan mamaku bilang klo asinya dah banyak ya sudah ga usah pake Sufor, tapi banyak atau cukup itu ngukurnya gimana??
Padahal aku dah seneng banget pas di RS, mereka tetep mempertahankan request-ku untuk ASIX, soalnya pas hari senin malam dah hampir nyerah ke Sufor, karena bayiku sempet demam (takut dia kurang cairan), tapi setelah diobservasi, dia masih bisa bertahan, jadi belum butuh sufor, tapi ya itu ASI harus digenjot.
Sufor itu "oleh-oleh" dari RS, yang dah dibeli tapi ga jadi dipake, tadinya aku mau retur aja, tapi akhirnya kebawa buat jaga-jaga, dan keminum juga :'((
Feeling guilty tapi takut bayi-ku kenapa2 juga?? Sekarang aku lagi pompa terus, mau bikin stok ASIP, doain ya mom, ASI-ku makin lancar, biar orang-orang disekitarku juga ga maksa buat ngasih sufor.