1

Topic: Sering terkena flu selama kehamilan

awal kehamilan aku juga sering banget flu.. Trus konsultasi ke dokter dan dibilang coba tanpa obat dulu. Jd disuruh STOP minum air dingin smp flunya bener2 sembuh. Trus minum madu dicampur jeruk nipis 3x sehari (disamain kaya dosis obat rata2). Dan ditambah minum air hangat yang banyak. Alhamdulillah treatment sperti itu ampuh banget di aku. Sembuhnya jauh lbh cepet dibanding dlu yang dikit2 minum obat. Sejak itu, kalo mulai ada tanda2 mau flu lgsg tenggak air hangat yg banyak dan madu> manjur aja loooh si flu ga jd datang.. Silahkan dicoba ya mommies...

2

Topic: Sering terkena flu selama kehamilan

mama bams, selain banyak minum air putih (terutama bangun tidur), makan bergizi & cukup istirahat, coba deh tipsnya Reza Gunawan: earthing. meluangkan waktu sekitar 30 menit tiap hari untuk menapakkan kaki langsung ke tanah. sekedar jalan-jalan ringan atau duduk tanpa alas. pokoknya langsung ke tanah, bukan aspal. ini meningkatkan kekebalan tubuh. bagus utk siapa aja, termasuk ibu hamil. HTH :)

3

Topic: Sering terkena flu selama kehamilan

purpleday - Iya nih, aku minum obat bener-bener kalo disuruh dokter. Sejauh ini ya gencar minum air jeruk nipis + madu + air panas, hihi. Ya Alhamdulillah lumayan menolong sih :D Masih agak batuk pilek, tapi kok ya Alhamdulillah suara ga sampe ilang (biasanya kalo aku flu, suaraku bisa serak dan sampe ilang.) Biar lebih tokcer, minum dua kali sehari ya? Sip sipppp. Trims banget sarannya ya mum :)

Daily Journey - Life, Parenthood, Daily Antics

4

Topic: Sering terkena flu selama kehamilan

sampe kehamilan 19w, 2 kali sy kena bapil. 2 kali ke spog, dokternya keukeuh ga mau kasih obat. udahlahhhh... makan buah yg banyak aja, banyak minum, istirahat. tapi yaitu... kalo malem batuknya nyiksaaaaa... apalagi pas awal2 kehamilan perut bawah sakiiiiittttt banget kalo batuk. akhirnya inisiatif pake perasan jeruk nipis + madu + air hangat. sampe kemana2 bawa toples madu, plus jeruk nipis, termasuk ke kantor juga... (hihihihi....). Alhamdulillah berkurang bapilnya sampe sembuh sama sekali.

temen kantorku pas bapil sy kasih resep itu juga, waktu itu sekitar 12w, lah dia malah bengong, emang gpp ya, minum madu sebelum 16w? lha... giliran sy yg bingung, emang ada larangannya ya? kok ga pernah denger siiiiihhhh????

5

Topic: Sering terkena flu selama kehamilan

vdee - Iya, batuknya menyiksa banget sampe perut bawah itu sakiiiiit. Hiks. Jadi takut si bayi kenapa-kenapa. Kata bidan sih gapapa yah rupanya. Air ketuban udah jadi bemper yang bagus buat si bayi. Aku juga jadi tiap pagi minum madu satu sendok makan, dan satu sendok makan kalo batuk udah mulai kambuh.

Kemarin akhirnya aku bandel. Udah ga tahan banget batuk pilek gini, lewatin apotik, aku beli deh obat batuk (Laserin - soalnya di petunjuknya ditulis aman untuk ibu hami dan menyusui.) Malemnya, batuk tetep menggila. Suami sampe maksa-maksa aku buat ke rumah sakit. Ya udah, akhirnya ke rumah sakit, ke UGD (lebay bener ga sih, batuk pilek doang ke UGD? Wahahaha.) Diperiksa sama bidan dan dokter di situ, terus ditanya, "ada minum obat, bu?" "Ada. Laserin" "Oh, dikasih dokternya ya?" "Ga. Saya beli sendiri." Hiyaaaa, dokternya langsung cengengesan. Bidannya sampe nanya, "udah sangat mengganggu ya batuknya, bu?" Hiks, mbak bidan, kalo ga mengganggu, ya saya ga bakal mampir ke sini lah, hiks.

Terus tetep lho, dokternya keberatan kasih obat. Rupanya ibu hamil emang sebaiknya jangan minum obat batuk. Akhirnya dikasih Actifed Hijau, itu juga kalo batuk yang udah sampe kebungkuk-bungkuk. Kalo ga ya ga usah. Disuruh banyak minum air hangat. Terus paling dianjurin makan lozenges macem Woods' atau Fisherman's Friend (baru tau ternyata Strepsils ga dibolehin soalnya mengandung antiseptik dan anti-bakteri, jadi bumil ndak boleh.)

Mummies di sini jangan sampe pada sakit yaaa. Musimnya lagi aneh gini, hiks. Batuk pilek pas hamil itu emang ngeselin banget nget nget.

Daily Journey - Life, Parenthood, Daily Antics

6

Topic: Sering terkena flu selama kehamilan

mommyaira wrote:
..IMO, flu yang terus-menerus ketika hamil ini jangan disepelekan...karena ada kemungkinan kita kena virus TORSCH yang manifestasinya di kita seperti flu berat. Dahulu sebelum hamil aku pernah kena rubella yang wujudnya kaya flu hebat, gk sembuh2...nah pas hamil batuk berat, DSOG ku langsung inisiatif untuk cek rubella nya lagi...alhamdulilah negatif dan dikasih obat biasa yang aman buat kehamilan...bukan mau nakut2in ya mom...cuma buat aku lebih baik waspada sejak dini...


kmrn ngobrol-ngobrol dengan mamah mertua ttg ini. Kebetulan kakak iparku ada yg menderita autis.
Mamah cerita waktu hamil trimester pertama (waktu itu malah belum tahu kalau sudah hamil lagi) juga sempat flu parah terus mamah akhirnya minum obat (antibiotik). Jd sd skrg mamah jg ga tahu persis penyebabnya kakak iparku jd begitu. Mungkin krn flunya atau krn obatnya.
Tp baca2 thread ini jd kepikiran jgn2 itu flu krn virus rubela. Bbrp waktu lalu sempat nonton tayangan di TV. Disitu diterangkan kalau salah satu penyakit yg diduga bisa menyebabkan lahirnya anak autis adl krn virus rubela.

Selain itu, sepupuku jd ada yg menderita autisme. Mamanya jg dl cerita waktu hamil pernah flu parah sampai demam2. Jd curiga jangan2 krn rubela juga.

Tp 2 kejadian diatas sudah >35 thn yg lalu, dimana fasilitas kesehatan belum banyak seperti sekarang.

Aku jg dl waktu hamil pertama sering banget batpil, tp ga pernah pakai demam. Jd aku anggap itu krn perubahan hormon saja. Alhamdulillah anak jg sehat.

Atau mungkin yg harus waspada kalau flu parah+demam ya?. Jd kalau flu parah+demam sewaktu hamil jg dianggap sepele. Dan perlu juga tes TORCH sebelum program hamil.

7

Topic: Sering terkena flu selama kehamilan

Haduh haduh haduh, jadi blingsatan baca post dari mom indriani budi utami. Hiks. Sempet demam soalnya.

Alhamdulillah batpil kemarin itu ya sekali-sekalinya aku kena batpil. Hiks. Jangan sampe kena lagi deh :( Sejak batpil itu, langsung kenceng minum madu + air hangat tiap hari. Sampe jenuh rasanya, tapi demi anak deh, demi anak, huhu. Bismillah, semoga si bayi sehat-sehat.

Daily Journey - Life, Parenthood, Daily Antics

8

Topic: Sering terkena flu selama kehamilan

ahhh nemu thread ini jg akhirnya..
indriani budi utami aku hamil kedua nih, dari awal hamil flu muluuu.. tapi kemaren sempat ngungsi sebulan ke rumah ortu sembuh flu-nya.. tapi emang ngga ngapa2in sih secara makanan ngga perlu masak sendiri trus Abe ada yg ngurusin.. eh pas balik bekasi lg flu lg sampe sekarang ngga berhenti2.. hadduuhh jadi takut ma rubella.. tapi aku ngga pernah demam cm flu aja.. kata dsog kmrn gpp.. ada yg hamil bawaannya kek gitu.. jadi bimbang deh hiks hiks :(

9

Topic: Sering terkena flu selama kehamilan

Mamas....
Aku hamil 25minggu, dan skrg lg ga enak badan... Meriang ga keruan. Batuknya mah dikit2 aja, tp bener2 ga tahan sama meriangnya.
Bulan kmrn batpil k dsog ga dksh obat, cuma suruh istirahat aja....jd skrg mau k dsog juga males, paling ntar cuma suruh istirahat juga :(

Udah nyoba minum jeruk nipis + madu + air anget...tp lom ngaruh...

Nanya dong mams, kalo bumil boleh minum t*lak ang*n anak ga sih? Td ga tahan akhirnya minum 1 sachet...

10

Topic: Sering terkena flu selama kehamilan

Moms help...

Uda 2 hr ini gejala flu + radang tenggorokan dannnn akhirnya hr ini suara mulai hilang krn radangnya parah....kira2 obat tradisionalnya apa ya.....tenggorokan rasanya kaya disilet2 n bdn pun jd pegel2..oiya aku lg hamil 30 minggu jd lah makin ga brani minum obat

11

Topic: Sering terkena flu selama kehamilan

Huaaa... Ngeri juga ya bahaya minum obat sembarangan. Klo dulu pas aku sakit dengan cara tradisional tdk sembuh (jeruk nipis,madu,sup ayam bawang,minum jahe hangat,dll). Baru deh ke dokter kandungan,Dokter kandungan cuman kasih becom-c (vitamin) diminum sehari dua sampai tiga kali.Sempat ragu apakah bisa sembuh padahal sudah parah. Untunglah tiga hari mereda dan tinggal masa penyembuhan.Jika sangat parah sekali dikasih antibiotik yang aman untuk bumil.Selama ini untunglah tdk ada masalah dengan minum obat.Selama obat tersebut aman untuk bumil. Bayi lahir dengan sehat,normal,lucu kok bunda.Ingat,Selalu konsultasikan saja dengan dokter kandungan.

12

Topic: Sering terkena flu selama kehamilan

DSOGku malah bilangnya kalo batpil pas hamil dgn usia kandungan di atas 20 minggu justru lebih aman utk minum obat daripada yg di bawah 20 minggu..kalo masih di bawah 20 minggu beliau tdk pernah meresepkan obat utk batpil, cuma disuruh istirahat+minum hangat2 aja..
ya lebih amannya kalo batpil periksa aja ke DSOG biar diresepin obat yang bebas alkohol dan aman utk janin, daripada harus tersiksa batpil malah nantinya bikin kitanya drop kan..semoga lekas sembuh ya mb Indri :)

13

Topic: Sering terkena flu selama kehamilan

Hai mamas. Mau share pengalaman batuk-pilek-flu ku selama kehamilan kemaren. Aku sering banget kena flu selama kehamilan. Tapi kata dokterku gapapa kok. Karena wanita hamil emang lebih gampang terkena flu. Kalo untuk pengobatannya aku cuma dikasih becom-c. Pernah sekali dikasih antibiotik yang aman untuk ibu hamil saking parahnya. Tapi selain vitamin sama antibiotik, aku obatin juga pake teh manis anget. Hehe. Yes, that's my home remedy buat flu dari kecil. Minum madu juga ngebantu banget kalo buat aku. HIH

Awesome's mama

14

Topic: Sering terkena flu selama kehamilan

Haloo mamas..
Akhirnya aku ke dokter jg kmrn..diksh bbrp obat n dokternya bilang diksh dosisi paling rendah n aman buat bumil...

Trus aku tetep minum jeruk peras, madu n air jahe buar makin cpt sembuh.
Makasih ya mamas2...

15

Topic: Sering terkena flu selama kehamilan

Selama hamil ini kalo batpil aku selalu minum jeruk nipis anget dicampur madu. So far sih ampuh ya. Belum pernah sampe harus minum obat dokter kalo untuk masalah batpil ini. Pas kena batpil aku bisa minum jeruk nipis anget + madu ini 3x sehari. Tapi kalo buat pencegahan atau biar stamina fit aku cukup minum sehari sekali.

16

Topic: Sering terkena flu selama kehamilan

Nggak papa bunda kalau hamil kena batpil. Kata dokter memang kl lagi hamil daya tahan tubuh lemah. Hampir 90% ibu hamil disekitar saya pasti batpil saat hamil. Saya juga smpt batuk setelah bulan ke 7. Akhirnya kontrol ke dokter kandungan tp dsuruh ke domter penyakit dalam. Akhirnya saya ke dokter anak saya, secara dokter anak paham sekali mengenai efek baik dna buruk buat bayi dan anak2. Akhirnya daya di beri antibiotik. Kata doktr anak itu, asal sudah kelewat 7 bulan nggak papa mnm obat. Tp kl belom 7 bulan kalau bisa cm boleh konsumsi vitamin saja. Eh dasarnya saya lemah, batuknya kumat lg di bulan ke 8 dan 9. Sama deh saya ke dokter anak lagi. Tp tetep kata dokter nggak papa, normal2 aja selama tidak disertai manifestasi infeksi (demam dll)

17

Topic: Sering terkena flu selama kehamilan

ikutan sharing ya mamas,

waktu hamil kmrn yg namanya batuk kering (tanpa pilek) sangat meluluh lantakan stamina saya selama TM2 - TM3. Badan rasanya lemes banget krn acap kali msuti uhuk2.

Dari SpOg cuma dikasi obat ringan2 aja krn menurut beliau hal tsb masih wajar (pdhl saya sdh kesusahan banget). Dan saking dasarnya mmg saya gag suka minum obat akhirnya dibantu minum perasan jeruk + madu. Plus ganti pola minum ke air hangat sepanjang waktu. Lumayan ngebantu banget lho...

Untungnya si batuk ini tidak disertai gejala2 lainnya spt mis. demam gitu.

Jadi intinya back to basic lagi, traditional + air hangat dan menjaga jgn kecapekan.. Alhamdulillah stlh lahiran udah gag batuk2 lagi.. :)

18

Topic: Sering terkena flu selama kehamilan

B-Mie

hi mamas,
kalau minum madu dicampur jeruk nipis gitu perih gak sih lambungnya? soalnya sekarang aku lagi flu dan kondisinya sedang hamil anak pertama (4 weeks). takut kalau konsumsi obat-obat flu yang biasanya.

Mommy of Ramya and little baby boy inside my womb

IG : vieinivie

19

Topic: Sering terkena flu selama kehamilan

viieprawita kalo takut gak kuat lambungnya sama jeruk nipis better coba kencur deh, kalo gak dimakan idup2 (duh serem amat :D) diparut aja trs tambah madu, it works for me n my kid

HTH yaaah,, gws buat bumil2 kece yg sdg batpil
ciaooooo!!!!!

an awesome mom who raises a future MVP!!

20

Topic: Sering terkena flu selama kehamilan

Aku juga sama banget loh mooom huhuhu :( Sering banget batpil waktu hamil. Udah gitu bumil kan engga boleh asal minum obat soalnya bisa bahaya katanya. Tapi jadi kesian sm cabang bayi pas lagi batuk badannya ke guncang2. Jadi ku iseng nanya sama dokter di Halodoc, disana ada dokter kandungan juga soalnya. Kata dokternya sih emang selama hamil itu antibodi kita menurun jadi gampang kena batpil. Terus disaranin banyak minum air putih, jeruk anget atau madu anget. Dan lumaian sih meredakan batpilnya walau engga bener ilang. Boleh di coba deh buat mama yang lain

21

Topic: Sering terkena flu selama kehamilan

kalau flu selama hamil memang agak berat penangannya karena gak bisa asal minum obat. mending moms hubungi halodoc untuk dapat penanganan langsung dari dokter kandungan. Mereka bakal kasih obat sesuai dosis yang gak bahayain janin dan bahkan obat langsung diantar ke rumah saat itu juga. Mereka ramah-ramah lo dokternya, boleh dicoba.