1

Topic: Tips Mengatasi Masuk Angin Pada Toddler

Mods, aku izin buka thread ini ya. walaupun di forum baby sudah ada thread ttg kembung pada bayi, aku pikir kalau sudah toddler mungkin ada obat/penanganan yang 'lebih' agar masuk anginnya cepet sembuh.

Jd hampir 1,5 minggu ini kami sekeluarga tinggal di hotel, kamar yg dingin (padahal AC sdh dimatikan) plus kebanyakan aktivitas jalan-jalan di malam hari, akhirnya ilyasaku (2.5 tahun) kmrn sempat masuk angin berat. Penyebabnya entah karena capek atau gusinya sakit (dia lagi tumbuh gigi geraham ke-2nya), beberapa hari yang lalu dia pernah ga bisa tidur dr jam 01.00 malam sd subuh. Akhirnya keesokan harinya dia muntah2 3x sehari dan pup 5x sehari. Aku mulai curiga dia masuk angin krn dia muntah2 dan pupnya (maaf) berair (soalnya pernah dikasih tahu ibuku ciri khas masuk angin biasanya pupnya berair gitu), pdhl makannya ga yg aneh2 krn aku pesen makanan yg biasa dia makan sehari2 dr hotel.

Waktu aku tepuk2 perutnya, memang bunyi "bung-bung-bung" begitu. Kmrn sih krn keterbatasan obat dan pengetahuanku, treatmentnya a.l sbb:
[list=*]

  • Pijat I love U di perutnya[/*]
  • Gosok2 minyak kayu putih ke sekujur tubuhnya[/*]
  • Minum Lacto B, minum perasan kunyit, dan teh hangat untuk menyembuhkan diarenya.[/*]
  • Pakai baju hangat + selalu pakai kaos kaki.[/*]


    Tapi kok kayaknya masih parah kembungnya, jadi aku nekat kerik (atau kerok ya) ilyasa pakai minyak kayu putih+uang recehan. Dan memang benar sih, bekasnya merah-hitam tanda masuk angin berat. Alhamdulillah muntah2nya cuma sehari dan diarenya cuma 2 hari.

    Mau tanya, kerik sdh boleh nggak ya buat toddler?. Soalnya kmrn bingung sih krn keterbatasan obat tradisioanal krn lg tdk di rumah sendiri. Ada mama yang tahu obat/perawatan apa saja yg bisa buat masuk angin untuk toddler selain minyak kayu putih?. Trims sebelumnya.

  • 2

    Topic: Tips Mengatasi Masuk Angin Pada Toddler

    Ah, senasib... pengalamanku lebih menyedihkan, Albert masuk angin di Bandung, lagi jalan2 gitu... malam2 kog pas mau tidur gelisah gitu, akhirnya sukses muntah2, paginya sempat diare, sampai beli pospak buat cadangan, kalau2 kehabisan stok celdam. Trus dia gak mau makan juga.
    Penanganannya ya aku oleskan transpulmin di perutnya, trus kasih minum air hangat atau teh hangat, kasih makanan yang mau dia makan karena ini menyebabkan GTM beberapa hari. Stres banget karena langsung turun mayan banyak BB-nya. Trus kita tawarin macam2 makanan, akhirnya balik ke comfort food-nya Albert, havermut.... Sempat 3 hari cuma mau makan havermut, gak mau makan nasi... akhirnya di dalam havermut itu dimasukin macem2...
    Sempat dipijat juga punggungnya.

    "Some things you can give and give and not lose any. Things like happiness or love or my colours."
    –Elmer and the Rainbow

    3

    Topic: Tips Mengatasi Masuk Angin Pada Toddler

    Sidta..smg penyebabnya karena masuk angin ya, soalnya kalau masuk angin lebih cepat sembuhnya dibanding krn virus/bakteri. Biasanya andalanku juga bawang merah, tp karena lupa, akhirnya cuma minta kunyit saja ke hotel. Krmn juga sempat was-was jangan-jangan virus krn diarenya berair, tp waktu dl kena stomach flu, ilyasa perutnya ga sekembung ini. Hari ke-2 dia bisa beberapa kali buang angin yang gede-gede, mungkin krn itu hari ke-3 sdh sembuh. Madu bisa ya, oke deh dicatat :). Smg cepat balik lagi ya BBnya Asa. Kiss-kiss buat Asa.

    gabriella..berarti sama juga ya, malam sebelum diare tidurnya ga nyenyak. aku tanyain mana bagian yang sakit, ilyasa cuma diem sambil guling2 saja. Transpulmin balsem juga andalanku kalau ilyasa lg pilek/kembung, cuma kmrn ga bawa krn stok habis. Memang kalau biasa tinggal di daerah panas terus ke Bandung rawan kena masuk angin, aku sering mengalaminya juga tuh kalau lagi ke Bandung. Setahun lalu juga pernah masuk angin parah, sampai muntah2 dan diare, tp ya sama kayak ilyasa, hanya 2 hari. Semoga BBnya Albert cepat balik lagi ya. Kiss-kiss buat Albert.

    4

    Topic: Tips Mengatasi Masuk Angin Pada Toddler

    Saya kadang minumkan tolak angin cair anak untuk kakanya, sejak usia 2 th. Sekarang sdh memakai yang tolak angin dewasa. Dicampur dgn air hangat dan sesendok teh madu tambahan di sloki/ gelas kecil. Dulu waktu kecil mau dibalur bawang merah sekarang sdh bisa menolak. Kerikan dan transpulmin iya. Pokoknya segala cara biar bisa kentut :)
    Kadang kalau sudah muntah malah wajahnya terlihat lega. Imo Sebenarnya angin yang ada karena Perbedaan suhu punggung dan perut, (coba deh diraba, kalau masuk angin punggungnya terasa anyep) kalau punggungnya di treat sama hangat dgn bagian depan dgn transpulmin/kerik/balur bawang jadi seimbang lagi.

    hari ini adalah hari baik

    5

    Topic: Tips Mengatasi Masuk Angin Pada Toddler

    Kei pernah masuk angin, sampe diare seharian...langsung keliatan kuyu :'(
    Tapi syukurnya cuma berlangsung 1 hari aja, dan perlakuan yang diberikan adalah :
    - memijat dengan campuran bawang merah + telon (kayanya "ramuan" ini manjur untuk kembung y, untuk baby atopun toddler :D) di bagian punggung, perut, juga menempel bawang merah di bagian siku lengannya.
    - teh hangat atau jahe hangat....waktu itu Kei cuma pingin nyeruput teh
    - makan pun sempet ogah2an,tapi alhamdulillah ada makanan yang masuk walaupun sedikit...yang penting makanan tanpa kaldu (karena diare)
    - makanan selingannya waktu itu adalah agar-agar yang dicampur gula merah, tapi dalam kondisi encer

    @ indriani budi utami
    serius dikerik? :O hehehehehe sepertinya untuk yang 1 itu diriku belum berani :D

    ~AmbunyaQla&Kei&Kinza~
    cerita @ginakecilmungil

    6

    Topic: Tips Mengatasi Masuk Angin Pada Toddler

    indriani budi utami, Alhamdulillah Ilyasa sudah ngga diare. Kalo kata mertua untuk kerikan anak-anak uang logamnya bisa diganti sama bawang merah.

    7

    Topic: Tips Mengatasi Masuk Angin Pada Toddler

    namila..baru tahu ada tolak angin anak. Makasih ya, catat ah. Mudah-mudahan Ilyasa mau. Harus masuk must have item obat P3K di rumah sepertinya. Soalnya suamiku juga suka banget minum tolak angin kalau dia merasa masuk angin, ini obat andalannya.

    Iya, kalau sdh bisa muntah memang perut jadi lebih enakan. Pusing dan sakit kepala juga berkurang, aku pernah mengalami juga soalnya. Kmrn waktu meraba punggungnya Ilyasa memang ada keringat dinginnya.

    AmbunyaPasukanKa, Dini Setyowati ..iya mba. biasanya, sejak dia masuk 1,5 tahun, kalau masuk angin suka kukerik pakai bawang merah, trus kubalur parutan bawang merah+minyak kayu putih gitu di punggung & perutnya. Cuma kmrn krn ga ada bawang merah jadi ya aku nekad pakai uang logam. Soalnya seingatku dl waktu usia 3 tahunan kalau aku masuk angin juga suka dikerik pakai uang logam sama nenekku. Cuma bedanya dl aku nangis kejer, eh ini Ilyasa nggak :)

    8

    Topic: Tips Mengatasi Masuk Angin Pada Toddler

    indriani budi utami wrote:
    ....Soalnya seingatku dl waktu usia 3 tahunan kalau aku masuk angin juga suka dikerik pakai uang logam sama nenekku. Cuma bedanya dl aku nangis kejer, eh ini Ilyasa nggak :)


    walaaaaah, jangan2 Ilyasa nagih dikerik klo masuk angin ntar kikikiki, tampaknya Ilyasa menikmati sesi dikerik y :D

    ~AmbunyaQla&Kei&Kinza~
    cerita @ginakecilmungil

    9

    Topic: Tips Mengatasi Masuk Angin Pada Toddler

    indriani,
    Huhuhu..ksian ya ilyasa masuk angin :) mudah2an cepet sehat lagi ya, dan bisa enak makan juga...

    tapi bener ya, istilah masuk angin & kerokan itu cuma ada di Indonesia :)
    Masuk angin itu sbnrnya sama dengan common cold, yg memang merupakan masalah umum yg terjadi pada anak. Penyebabnya memang krn pengaruh udara, dan kondisi tubuh yg lg down. Misalnya bepergian dari tempat yg udara panas ke tempat dingin (kayak ilyasa pergi ke bandung), dan kelelahan. Juga faktor bawaan, misalnya krn kurang makan, atau kurang tidur.
    sbnrnya mau ujan2an, angin2an atau main2 air bukan penyebab msk angin, penyebabnya adalah kondisi tubuh yg sedang tdk fit.

    Pencegahan & treatment-nya:
    1. Perut tidak kosong, biasakan makan dulu sebelum bepergian. Enzo kalo pagi2 bgt biasanya masih kenyang & males makan. Tp gw bilang mama ga mau bawa anak yg perutnya msh kosong, soalnya tar kalo di jalan rewel & muntah2 mama males ngurusinnya hihihi.. Kalo ga mau makan ga usah ikut mama :)
    2. pakaian anak tetap kering, usahakan ganti pakaiannya yg basah terkena air hujan, atau keringat.
    3. sediakan handuk kecil/sapu tangan handuk utk mengelap keringatnya. Jgn dikipas. lipatan2 kulit termasuk sela2 jari kaki perhatikan, hrs kering.
    4. Ketika habis mandi, keringkan dengan handuk dari kepala sampai ujung kaki. Bagian kepala hrs kering, kulit kepala & rambut, pori2 di kepala kan memang mudah menyerap uap air ya. Juga kakinya, sela2 jari & betis. Kaki kan cepet kering ya, tapi kalo keringnya krn kena udara, pas badan lg ga fit, lumayan bikin pegel & masuk angin.
    5. Kenakan pakaian yg kering & menyerap keringat. Tutup kepala & telinga (jaket bercapuchon/topi/kupluk), dan kaos kaki. Kaos kaki bila basah terkena keringat hrs diganti.
    6. Pijat/urut di titik2 akupresure, di telapak kaki, tangan, punggung, belakang telinga, leher/pundak. Biasanya stlh dipijat udara keluar, bisa sendawa, bisa juga buang angin. Jangan memijat saat anak sudah tertidur/saat anak sedang tidur, krn saat tidur semua syaraf2 sedang beristirahat dan bila distimulasi dgn pijatan, dpt mengganggu sistem syaraf. Bisa terbangun dan sakit kepala dan jd sangat rewel.
    Masuk angin itu kan memang ada udara berlebih yg terserap tubuh, jd peredaran darah terhambat krn udara2 tsb. Jd sakit kepala, gangguan pencernaan, dan yg bahaya angin yg menghambat kerja jantung.
    7. Gunakan media yg halus/melicinkan & memberi efek hangat utk kerikan, yg alami biasanya minyak kelapa, bawang merah yg dipotong (krn menyerap racun), kunyit atau jahe. Perhatikan kalo di punggungnya ada luka/ruam, krn pasti terasa perih krn kulit batita pada dasarnya memang sensitif.
    8. Bila di punggung anak terdapat luka sehingga ga bisa kerokan, bisa dipijit atau utk anak di atas 6thn bisa di-kop (bekam tanpa dilukai).
    9. Cairan hangat, misalnya teh anget, air jahe, soup. Dan minyak ky putih/minyak telon, dan madu untuk membantu penyembuhan. Madu untuk tenaga & menetralisir asam di perut. Ga makan es krim dulu, tar tambah kembung, jg makanan yg mengandung gas.
    10. suhu AC, sesuaikan. Gunakan selimut bila kedinginan.
    Demam, keringat, batuk, pilek, muntah dan diare adalah reaksi tubuh utk mengeluarkan penyakit. jadi memang ga boleh dihentikan, tapi perhatikan bahwa frekuensinya harus menurun/berkurang.
    Misalnya dr 6x bab sehari, berkurang mnjd 4x, dst, bgitu jg dgn muntah.

    Ilyasa dan anak2 kita semua semoga sehat2 selalu yaaa.. Ayo makan makanan sehat buatan mama, biar terhindar dari masuk angin! *iklan layanan TUM* :)

    a life-enjoyer mama :)
    www.ekadeau.blogspot.com
    @ekadeau

    10

    Topic: Tips Mengatasi Masuk Angin Pada Toddler

    Keren... lengkap banget panduannya... thanks ya Eka... waktu Albert "masuk angin" sih kurang lebih udah sama yang dilakukan...

    "Some things you can give and give and not lose any. Things like happiness or love or my colours."
    –Elmer and the Rainbow

    11

    Topic: Tips Mengatasi Masuk Angin Pada Toddler

    tengkyu eka, top banget informasinya ;-)

    ~AmbunyaQla&Kei&Kinza~
    cerita @ginakecilmungil

    12

    Topic: Tips Mengatasi Masuk Angin Pada Toddler

    eka wrote:

    tapi bener ya, istilah masuk angin & kerokan itu cuma ada di Indonesia :)
    Masuk angin itu sbnrnya sama dengan common cold, yg memang merupakan masalah umum yg terjadi pada anak. Penyebabnya memang krn pengaruh udara, dan kondisi tubuh yg lg down. Misalnya bepergian dari tempat yg udara panas ke tempat dingin (kayak ilyasa pergi ke bandung), dan kelelahan. Juga faktor bawaan, misalnya krn kurang makan, atau kurang tidur.
    sbnrnya mau ujan2an, angin2an atau main2 air bukan penyebab msk angin, penyebabnya adalah ktrondisi tubuh yg sedang tdk fit.


    eka..trims ya penjelasannya, detail banget. InsyaAllah berguna bagi aku dan mama lainnya. Salam juga buat enzo dan dante ya, smg sehat terus :).

    Iya, pernah baca juga kalau masuk angin dan kerokan itu cuma istilah&juga kebiasaan yang umum dilakukan di Indonesia. Tp ternyata manjur juga gitu loh, berarti orang indonesia kan pinter2 juga ya :).

    Yang istilah common cold itu sama dengan ISPA kali ya? (infeksi saluran pernafasan). Soalnya pernah pengalaman, waktu itu sore hari kami ke dsa langganan karena Ilyasa lagi GTM berat krn mau tumbuh gigi gerahamnya. Beliau trus melakukan 'ritual' biasanya, cek perut (diketuk2 pakai tangan gitu) trus bilang "kembung nih Bu", sama cek mulut trus bilang "wah ini mau pilek bu, tenggorokannya merah, mau radang juga". Tapi ditulisnya di buku catatan kesehatan anakku ISPA. Padahal waktu itu di Ilyasa belum keluar batuk-pileknya. Tapi bener juga sih, habis itu paginya mulai meler dan malamnya demam tinggi.

    13

    Topic: Tips Mengatasi Masuk Angin Pada Toddler

    iyaa bener banget kata eka, istilah masuk angin cuma ada di sini, yang sebenernya adalah gejala dari infeksi virus, bisa di saluran pernapasan, pencernaan, dll, akibat penurunan daya tahan. Bisa juga kecapekan perjalanan, kan kalo di jalan badan gak bisa lurus gitu ya.. nekuk2, kita aja yang dewasa kalo di mobil lama capek, apalagi anak2. Jadi kalo abis pergi jauh dipijat pakai warming oil emang enak banget, biar rileks.

    Oia soal bawang merah, ternyata gak semua anak kuat, ada baiknya dicobain dulu sedikit. Kalau dibalur, trus kita terlalu semangat ngurutnya, bisa kulitnya malah jadi hitam karena terbakar iritasi, ini kejadian di keponakanku. Apalagi kulit anak2 kan masih tipis..

    Vania : Nata & Arsa's mom
    http://vaniasatriadi.com @drVania

    14

    Topic: Tips Mengatasi Masuk Angin Pada Toddler

    indriani,
    ISPA itu salah satu common problem, umumnya disebabkan o/ virus, dan terjadi krn penurunan imunitas tubuh. Biasanya jg ga perlu obat, sembuh sendiri tergantung dr ketahanan tiap2 anak. Jadi memang penting banget utk cukup istirahat & makan minum yg cukup.
    Kalo gw, intinya dateng ke DSA itu kan utk konsultasi ya, bukan utk minta obat. Jadi ya gw konsultasi aja terus sampe gwnya puas sama jawabannya si dokter hehe...
    Kalo memang perlu obat, baru deh gw minta obat generik :)
    gw selalu minta diagnosa penyakitnya, copy resep yg ditulis di medrec/buku kesehatan pake huruf kapital, beserta cetak rincian obat & harga obatnya.
    Biayanya memang ditanggung o/ perusahaan, justru itu gw perlu ngecek, jgn sampe dikasih obat2an yg gak perlu dikonsumsi.
    DSA anak2 dulu jarang bgt ngasih obat, jd kalo masuk tempat parakteknya tuh kayak bertamu aja. periksa anak2, jelasin tata laksana utk home treatment, ngeliatin laptopnya sambil nunjukin link2 ato data yg lg kita obrolin, jd tambah pengetahuan dan jadi jarang visit ke dokter krn sakit. Paling2 utk imunisasi.

    Vania,
    nah,ini nih bu dokter yg gw maksud, hehe..
    Iya itu bawang merah di kulit enzo & dante bikin iritasi. Bbrp hr setelahnya kulitnya jd kering ngelupas2 gt. Dulu alm. Nyokap memang hobi balur2 bwg merah di kulit enzo,dan kapok stlh liat kulit enzo yg ngelupas2 kering. Dante ga pernah gw pakein bwg merah krn tau pasti bakal ngelupas jg, tp ibu mertua keukeuh dan kapok lg deh :)
    Somehow gw dan anak2 jg ga suka baunya, krn gw berasa lg di deket penggorengan gt hihihi...

    a life-enjoyer mama :)
    www.ekadeau.blogspot.com
    @ekadeau

    15

    Topic: Tips Mengatasi Masuk Angin Pada Toddler

    eka, infonya lengkap..kap..TFS ya :) aku baru tau kalau engga boleh memijat waktu anak sudah tertidur

    Falling In Love with My baby ^^

    @pnkmomma84
    The Pinkypolka

    16

    Topic: Tips Mengatasi Masuk Angin Pada Toddler

    Eka, wah bawang merah+telon itu justru ramuan terampuh n paling diandalkan bwt Asa, padahal kulitnya Asa sensi juga :P tp dia tahan2 aja sama bawang merah

    less ego, more heart

    17

    Topic: Tips Mengatasi Masuk Angin Pada Toddler

    kompak nih, minggu ini arza + alde juga masuk angin aka common cold. iya, sama! dibalur pake minyak telon + bawang merah. dulu waktu kecil juga mamah suka kayak gitu.

    alhamdulillah sekarang lebih baik.

    makasih ya eka untuk tipsnya. mantap! :)

    ? love to write and run - a bus transjakarta passenger ?
    @ninityunita

    18

    Topic: Tips Mengatasi Masuk Angin Pada Toddler

    iya nih, kompakan.. enzo juga masuk angin kmrn, gara2 lagi seneng banget main air dan males makan :)
    hawanya memang lagi panas kali ya, jadi main air terus.

    hihi..iya teh ninit, nenek2 hobinya balur punggung pake bawang merah :)
    sampe2, dulu enzo pernah disebut si anak bawang karena sering dibalur oma pake bawang merah ;p
    dan memang cepet sehat sih. tapi kadang ngerasanya bukan krn bawang merahnya deh, tapi karena 'kesaktian' kaum nenek2 dan kakek2 :p
    soalnya anak2 kecil itu kalo udah dibalur2 sama neneknya tiba-tiba diem, ga rewel, tidur nyenyak, trus pas bangun langsung enakan badannya :)

    kalo dante, krn baru sekali dibalur pake bawang merah, jadinya memang ga biasa. jadi pas sekali2 masuk angin, cuma dibalur minyak telon doang juga udah enakan badannya.

    beda sama enzo, kalo abis mandi pasti minta dibalur minyak telon, jadi mungkin udah ga berasa ya khasiatnya krn tiap hari pake minyak telon. agak2 berasanya kalo dipakein minyak kayu putih, tapi enzo-nya suka merem melek :p
    kalo balurin bawang merah sendiri, masih ga pede, takut salah tekniknya ;p

    krn pada gak suka wangi bawang, abang2 dulu kalo masuk angin sukanya minta dibalur pake jahe. tapi memang lebih kasar sih dibanding bawang merah. mungkin krn abang2 dulu udah usia SD/SMP jadi kulitnya udah kuat.

    oh iya bener deh indriani,
    kan kalo turis2 asing ke yogyakarta ada yg memang sengaja belajar teknik kerokan selain belajar ngebatik. ntar teknik kerokan ini dimix dengan teknik tusuk jarum, totok atau bekam.
    trus pernah dulu punya ART yg pernah jadi TKI di Korea, katanya majikannya seneng banget waktu masuk angin pernah dikerokin dan sembuh. Trus tiap ada temen kantor si majikan yg sakit, suka dibawa ke rumahnya utk dipijitin & dikerokin, katanya lumayan buat nambah2 uang jajan :p

    a life-enjoyer mama :)
    www.ekadeau.blogspot.com
    @ekadeau

    19

    Topic: Tips Mengatasi Masuk Angin Pada Toddler

    indriani budi utami wrote:
    Mods, aku izin buka thread ini ya. walaupun di forum baby sudah ada thread ttg kembung pada bayi, aku pikir kalau sudah toddler mungkin ada obat/penanganan yang 'lebih' agar masuk anginnya cepet sembuh.

    Jd hampir 1,5 minggu ini kami sekeluarga tinggal di hotel, kamar yg dingin (padahal AC sdh dimatikan) plus kebanyakan aktivitas jalan-jalan di malam hari, akhirnya ilyasaku (2.5 tahun) kmrn sempat masuk angin berat. Penyebabnya entah karena capek atau gusinya sakit (dia lagi tumbuh gigi geraham ke-2nya), beberapa hari yang lalu dia pernah ga bisa tidur dr jam 01.00 malam sd subuh. Akhirnya keesokan harinya dia muntah2 3x sehari dan pup 5x sehari. Aku mulai curiga dia masuk angin krn dia muntah2 dan pupnya (maaf) berair (soalnya pernah dikasih tahu ibuku ciri khas masuk angin biasanya pupnya berair gitu), pdhl makannya ga yg aneh2 krn aku pesen makanan yg biasa dia makan sehari2 dr hotel.

    Waktu aku tepuk2 perutnya, memang bunyi "bung-bung-bung" begitu. Kmrn sih krn keterbatasan obat dan pengetahuanku, treatmentnya a.l sbb:
    [list=*]
  • Pijat I love U di perutnya[/*]
  • Gosok2 minyak kayu putih ke sekujur tubuhnya[/*]
  • Minum Lacto B, minum perasan kunyit, dan teh hangat untuk menyembuhkan diarenya.[/*]
  • Pakai baju hangat + selalu pakai kaos kaki.[/*]


    Tapi kok kayaknya masih parah kembungnya, jadi aku nekat kerik (atau kerok ya) ilyasa pakai minyak kayu putih+uang recehan. Dan memang benar sih, bekasnya merah-hitam tanda masuk angin berat. Alhamdulillah muntah2nya cuma sehari dan diarenya cuma 2 hari.

    Mau tanya, kerik sdh boleh nggak ya buat toddler?. Soalnya kmrn bingung sih krn keterbatasan obat tradisioanal krn lg tdk di rumah sendiri. Ada mama yang tahu obat/perawatan apa saja yg bisa buat masuk angin untuk toddler selain minyak kayu putih?. Trims sebelumnya.


  • kalau khunaisa dulu pernah pilek2 dan agak hangat badannya, dikasih sama mamanya irisan bawang merah dicampur minyak telon, dioleskan bersama dengan irisan bawang tersebut ke ubun-ubun khunaisa,, kira-kira manjur juga untuk sakit perut ngak yach :) ?

    Seseorang yang berusaha membangun usaha Aqiqah dan Herbal... Mohon doa ya!!!

    20

    Topic: Tips Mengatasi Masuk Angin Pada Toddler

    namila kasih tolak angin dewasa mulai umur berapa?
    gue sampai sekarang masih kasih alyssa (hampir 7th) tolak angin anak. dia suka, makanya selalu 'ekspor' dr indo:))

    udah hampir sebulan ini alyssa juga 'masuk angin'. kembuuung banget dan kentuuuuut terus (nyaring banget lagi bunyinya sumpah deh, nggak nyangka anak semungil itu kentutnya bisa dasyat banget). anaknya sih tetep lincah yah tapi ya itu, suka ngeluh mules, kembung, muntah dikit tapi abis itu pecicilan kayak biasa.
    gue kasih tolak angin, myk telon, mandi air anget.. gak sembuh2. akhirnya minggu lalu ke dokter, semua baik-baik aja tapi dokter nyangka mungkin sedikit konstipasi trus dikasih semacam pencahar ringan. sekarang udah lumayan sih..

    21

    Topic: Tips Mengatasi Masuk Angin Pada Toddler

    ciri2 masuk angin, kembung, muntah, sama bab kaya diare, wah wkt kecil sampe skarang udah punya baby sama banget gejalanya klo saya lagi kena, aq dari kecil sembuhnya sama teh pait hangat, jus jambu batu merah, rebusan daun jambu batu, 'n kayu putih buat perut ma punggung, mudah mudahan anaqujg bisa sembuh pake itu.. nanti.. kalo kena masuk angin 'n klo udah todler

    22

    Topic: Tips Mengatasi Masuk Angin Pada Toddler

    mama eka top to the max deh tipsnya! kalo Migu masuk angin yg pertama udah pasti balur minyak telon trus sisanya hampir sama ama yg dilist. cuma yg paling berasa banget tuh emang jangan ampe perut anak kosong lama or telat makan.. soalnya kalo udah kecolongan, mending kalo besoknya sembuh, kalo ampe seminggu gitu kasian.

    Miguel is my Rocktober Baby
    @siskaknoch

    23

    Topic: Tips Mengatasi Masuk Angin Pada Toddler

    eh iya, enzo sekarang suka sama tolak angin madu utk anak itu. Ngikutin papanya, berasa keren spt org dewasa. Dikerok juga kd suka, ngikutin papa juga. Tapi pake bawang merah.
    Setelah dikerok pake bwg merah, 10 menit kemudian lsg manjat2 lemari lagi, nyari2 pensil warna. Awalnya kesel, tapi stlh disadarkan oleh ibu mertua, akhirnya bersyukur. Kata ibu mertua kalo enzo udah manjat2 & ga bisa diem kyk gitu lagi, artinya udah sembuh, anaknya jgn dimarahin. Harusnya bilang alhamdulillah :)

    Bawang merah memang mujarab ya :)

    a life-enjoyer mama :)
    www.ekadeau.blogspot.com
    @ekadeau

    24

    Topic: Tips Mengatasi Masuk Angin Pada Toddler

    Fanni, lupa usia tepatnya tapi sekitar 5 tahunan yang mana sudah mulai bisa mentolerir pedas sambel dan pedas mint..tolak angin dewasa pedasnya menyengat lho jadi strategi saya ya diseduh dengan air hangat dan campur madu lagi sesendok makan dan bukan di sloki lagi tapi gelas kecil aka espresso cup gitu. Seringnya berangsur baikan ya..dan nggak ada keluhan minum tolak angin dewasa dengan sistem seduh gitu, kecuali cengiran pedes :)

    hari ini adalah hari baik

    25

    Topic: Tips Mengatasi Masuk Angin Pada Toddler

    bener-bener deh TUM lengkap bangetttt... 3hr ini saya pusing sama si kembar. Ceritanya weekend kmrn saya ajak ke rumah saudara yg habis melahirkan. Berturut-turut sabtu dan minggu. Padahal jarak tempuhnya gak jauh. Cuma lokal Surabaya saja. Juga jalanan tidak sedang macet. jadi perjalanan cuma sekitar 30-45menit'an. Tapi si kembar muntah-muntah. Yang pas hari minggu-nya Kira malah gak bisa muntah, pdhl perut kembung, alhasil minggu malam badannya demam. meski demamnya gak tinggi banget (mentok antara 37,8 - 38,3). Threatmentnya sederhana, diolesi minyak telon plus bawang merah. KARA sih anteng aja. kembung bisa buang angin udah lincah lagi. Tapi KIRA pake acara demam. udah 2 hari ini malah nangis kalo malam, seperti stress/frustasi/pusing karena ga bisa bobok. Suasana udah dibuat senyaman mungkin, gak terlalu panas/dingin, diolesi minyak telon, pake baju bersih seperti layaknya kalo mau tidur. Tapi tetep tengah malam nangis-nangis sambil kepalanya dipukuli. Gimana ya mamas? ada yg punya pengalaman serupa? Apakah balita memang ada masanya rentan masuk angin seperti ini? Untuk perjalanan pendek begini apa ya masih wajar? Atau memang udara SUrabaya yagn lagi panasnya minta ampun yaaa??! Terima kasih sebelumnya untuk pencerahannya...

    -WiwiT-
    An ordinary bunda of twin amazing angels, Kira and Kara Setyadi
    @wiwidwadmira | the Setyadi's