1

Topic: Lying

mamas & papas...

pernah ngga mendapati anak berbohong?
kalau iya, bagaimana cara mengatasinya ya?

TFS.

? love to write and run - a bus transjakarta passenger ?
@ninityunita

2

Topic: Lying

icha (2,5) udah mulai sering boong. mungkin itu salah satu taktiknya dia supaya dapet perhatian ortunya ya. maklum, ayah ibunya dua2nya kerja...

byasanya pas kita pulang dia suka cerita tadi ngapain aja. kadang2 keselip cerita tadi jatuh ato tadi didorong temennya (sambil sok2 mewek)yang mana setelah di cross check ternyata gak bener...

selama ini sih kita selalu cross check kebenaran kata2 yang dia sampein, kalo gak bener kita bilangin faktanya, trus kita bilangin juga, "anak baik tidak berbohong, sayang... icha ibu/ayah perhatiin kok, jangan bohong lagi ya..."

belom berhasil bgt sih, alias kadang2 masih suka boong... tapi kalo pas kejadian trus kita verify dan ternyata kita tau dia boong, dia byasanya langsung ganti topik cerita...

“The mother's heart is the child's schoolroom.”

3

Topic: Lying

Iya nih, problem yg sama sebenernya.
Andra (7,5 tahun) kemaren kepergok bohong.
Raya juga pernah kedapetan bohong.

So far sih, gak tau kenapa (sbnrnya gue juga heran sendiri), tiappp kali Andra atau Raya bohong, kok ya gue tau aja kl mereka lagi bohong.
(kalo andra , biasanya kl ngomong bohong suka ada jeda antara kalimat, Kalo Raya smoothh sekali :D)

Biasanya, kalo udah ketauan bohong, gue "sidang".
ajakin duduk bareng berdua (biar anaknya gak malu), trus biasanya gue tanya baik2 aja, mulai dari awal sampe kenapa harus bohong, detail deh.
Sesi ini (halah, bahasa ekehh eksis dah) selalu berlangsung baik2, gue tanya sambil elus2 tangannya sambil selalu bilang, gak papa, mama gak marah kalo kamu jujur.
Ini semua buat menghindari dia berasa diintimidasi

kalo anaknya udah ngaku, maka gue pun langsung memulai "ceramah". :D . Kakak tau bohong itu gak baik ? *ngangguk*
Kakak tau gak, Kakak itu ada di dalem perutnya Mama 9 bulan lho, kemana2 ikut mama, jadi kalo kakak bohong sama mama apaaa aja, percaya deh, mama pasti tau. Kalau pun ternyata mama lengah gak tau dan gak ada yang tau, Allah kan pasti tau. apalagi ada malaikat di kanan kiri kamu..*huaha, mulei relijius :D*

Well, tetep ya tapi yg namanya anak2, msh suka bohong aja.
cm yg kayak gini, gue bukan menghukum, tapi lebih ke ngomongin baik2

- Proud Mom of Andra & Raya - follow me on twitter @dedewimala

4

Topic: Lying

Raka punya imajinasi, suka ngarang, suka cerita yang dilebih-lebihkan, misalnya 'di sekolah main sama teman, lari-lari dan terbang'. Saya ngga lantas bilang 'ah bohong..' paling saya coba memperjelas, membuat lebih spesifik lagi, 'terbang kayak gimana?' ternyata larinya cepat sekali seperti terbang. Wah kan beda banget kalo saya langsung nuduh bohong.

Apakah kalo kita bermain peran = berbohong? Misalnya main dokter-dokteran, main tentara-tentaraan, kan ngga dong ya. Kadang-kadang, mungkin, bagi sebagian anak, ngarang adalah bagian dari permainan.

Sebagai ortu, kami mencoba ngga menyudutkan Raka. Misalnya ada yang tumpah, ngga lantas mencari siapa yang salah dengan menuduh 'ayo ngaku siapa nih yang numpahin?' (kalo kayak gitu, yakin deh Raka mending milih bohong daripada ngaku, aren't we all like that anyway?) mendingan cari apa yang salah. Cukup kaget juga waktu melihat Raka bertanggung jawab terhadap perbuatannya, yah dia pasti ngaku deh kalo aneh-aneh gitu. Pipis sembarangan aja dia ngaku... :P

And thelilsolder is back. Fire!

5

Topic: Lying

hi mamaz and papaz..
ikutan sharing yaa..

dulu waktu masih kuliah, aku sempat mengadakan penelitian tentang bohong pada anak-anak usia 1.5 s/d 15 tahun, hasilnya adalah;

tentang bohong ini ada beberapa type;

1. imajinasi; misalnya -- ma! cicaknya nangis, pengen bobo bareng kk.
bohong type ini biasa terjadi pada anak yg sedang tumbuh, si anak sedang berimajinasi.
ditanggapi saja dengan menghargai kreatifitasnya dan bantu dia mengembangkan imajinasinya, sambil diarahkan, dan diberi pemahaman.
misalanya:
oh iya ya.. cicaknya ada berapa k? ada dua ya? coba hitung yukk...
sekarang sudah jam berapa sih, coba liat k, jam berapa sekarang? sudah jam 9 malam ya, sudah gelap, pantesan cicaknya pengen bobo. ngantuk kali yaa.. tadi abis main lari-larian sama kk... capek kali ya, pengen dipijitin sampe nangis gitu..sekarang dia nangis gara2 ngatuk banget, lagi buru2 pengen bobo sambil dipijitin mama cicak. mama cicaknya belum pulang, jadi nagis. untung mamanya kk udah ada ya, jadi bisa pijitin kk. kk mau mama pijitin kakinya?


2. cari perhatian, atau ingin pujian;
misalnya lapor bahwa tadi di sekolah dia jatuh, kakinya sakit (pura-pura sakit), padahal setelah diselidiki gak ada luka atau memar, di sekolahpun gak jatuh. ini tandanya anak butuh perhatian. tanggapi dengan berinisiatif dan konsisten bertanya tentang kegiatannya hari itu, teman2nya, kondisi kesehatannya, tanpa nunggu dia yg duluan cerita.

atau, anak cerita kalau hari itu dia berhasil melakukan hal hebat ini dan itu, hanya untuk mendapatkan pujian dari orang tuanya.
setiap anak perlu pujian, tentu saja pujian yg sesuai porsinya, tidak dilebih2kan.
anak-anak yang dibesarkan dengan pujian akan hal-hal baik yg dilakukannya akan tumbuh menjadi anak yang lebih percaya diri dan terbiasa melakukan perbuatan baik.

3. belajar dari hukuman;
misalnya setiap berbuat kesalahan anak dihukum; dimarahi, dibentak, dipukul, dipermalukan di depan orang, dikurung di ruang gelap, dsb. anak belajar untuk melindungi dirinya dari hukuman dengan berbohong, karena kejujuran baginya hanya mendatangkan perasaan tidak nyaman bagi dirinya.
untuk itu, hargai kejujuran anak dengan memuji kejujurannya, dan membantunya memperbaiki kesalahannya.

4. meniru.
hampir semua anak adalah peniru yg hebat. bisa jadi anak sering melihat/mendengar orang tua, atau orang-orang di lingkungannya berbohong-white lie.
pada tingkatan usia tertentu, anak belum bisa membedakan mana bohong putih dan mana bohong item, anak akan tumbuh dengan keyakinan bahwa berbohong itu tidak apa-apa, seperti apa yang papa/mama lakukan.

enzo baru berusia 22 bulan, jadi so far bohongnya masih dalam tahap imajinasi. mudah2an sih sampe gede tetap menjadi anak yang jujur .
dan semoga semua anak kita tumbuh menjadi anak2 yg menjunjung tinggi kejujuran :)

mudah2an membantu yaa... :)

a life-enjoyer mama :)
www.ekadeau.blogspot.com
@ekadeau

6

Topic: Lying

wah, eka, findingsnya menarik banget nih... makasih ya udah share...

aina boong yang tipe imajinasinya banyak banget. dan kemaren ini sih sempet satu dua kali ketangkep yang kayaknya mirip dengan "belajar dari hukuman", atau lebih kearah berusaha menghindar dari sesuatu yang dia ga suka: misalnya, kalo pas lagi main seru, trus ditanya mo pipis apa engga, dia bilangnya engga. padahal, 2 menit kemudian, ngompol... (mungkin ga berasa juga sih, keseruan main... ga tau ya).

atau misalnya kepalanya sakit kebentur, trus ama bapaknya mo di kompres. aina ga sukaaaaa banget di kompres. jadi sembari nangis kesakitan dia bilang, "ga sakit kok. jadi ga usah dikompres kan???".... hu hu hu.

? comic and crochet addict ?
theurbanmama.com | @turniptopia

7

Topic: Lying

hihihi.. aina ngelesnya bisaaaa aja!

a life-enjoyer mama :)
www.ekadeau.blogspot.com
@ekadeau

8

Topic: Lying

Eka, waduh, tengkyu ya..menarik banget findings nya ..

diantara tipe2 bohong ini buat gue paling bikin sedih adalah ketika anak bohong karena cari perhatian orang tua nya :(
Waktu adiknya baru2 lahir, Andra sering banget begini
Contoh :
" Ma, tadi di sekolah aku jatuh. kaki aku sakittt banget *bercucuran air mata, trus jalannya di pincang2 in* " ---> menurut saksi mata, Andra jatuh, lalu bangun sendiri dg gagah berani dan Tanpa Pincang !

atau
" Ma, aku laper banget... * suara rada merintih* ---> pdhal menurut laporan papa nya dia baru aja makan sepiring penuh!

Kalo udah begini berarti secara gak langsung dia sebenernya ngingetin gue " Ma?? woyyy, anak nya bukan adek yg baru lahir aja lohhh "
dan setelah di pikir2, emang iya banget, semenjak baru2 melahirkan adik nya, gue jauh lebih konsen ngurusin si bayi ketimbang kakaknya :(
*sigh* sedih

- Proud Mom of Andra & Raya - follow me on twitter @dedewimala

9

Topic: Lying

Anakku yg perempuan lagi mulai nih. sebagai contoh:
"Mbak Vira ambil susu dan minum ya!", dia keluar ruangan, + 30 menit kemudian balik dan ditanya: "dah minum susu mbak?", dan dia jawab: "Sudah".

Eh ternyata pas bapaknya keluar itu susu masih penuh dan nangkring di meja dapur. Ternyata selama 30 menit dia antara main di luar atau ke tempat eyangnya. Kalau sudah begini biasanya naughty corner selama 4-5 menit.

At one point gue coba dengan cerita "The kid who cried wolf" sebagai bed time story agar dia tau akibatnya kalau suka berbohong. Setelah itu beberapa kali kita bilang gak percaya, misalnya saat mau tidur harus pipis. Dia bilang sudah, kita pura2 gak percaya dan minta dia lakukan lagi sambil kita temani.
"Tuh kan gak keluar, dibilangin Vira dah pipis..."
"Makanya jangan suka bohong, nanti gak dipercaya orang, seperti si gembala yang suka teriak serigala".

Durasi bohongnya lumayan berkurang, paling dia bohong kalo lagi males mode.

Works hard, plays harder with his kids.
- Papa to Shavira & Arkan -
http://emergencyrecipes.wordpress.com
http://chandramarsono.wordpress.com

10

Topic: Lying

Hahaha, Ayla kalo boong masih ketauan karena dia pause dulu sebelom ngejawab. Mungkin mikir jawab A apa B yaaa? Hmm, yang ngga diomelin jawaban yang mana yaaaa? :P

Rock 'n Roll Momma

11

Topic: Lying

setuju sama Inga, dan Eka, terutama pas di bagian imajinasi..
juga ama thalia soal ngindarin yang gak enak/hukuman (kalau ini buat anak yg lebih gede)

alyssa juga suka 'berlebihan'.. misal suatu hari dia teriak2 tangannya patah.. gue udah ngibrit kenceng banget.. ttyt gak patah (yah sukur lah).. mungkin maksudnya 'sakit' apa 'pegel' tapi dasar drama queen, dia bilang 'patah'

karena tau dia emang suka plenyean dan berlebihan, suatu hari dia sakit dan mau di anter papa ke dokter. jadi dari kantor gue telpon, dan gue wanti2 kalau alyssa harus jujur dan bener bilang mana yang sakit, jangan bilang sakit kalau gak sakit... mungkin krn ngerasa gue bawel banget, akhirnya alyssa sampai sumpah2.. 'mama, i'm telling you the truth, only the truth, nothing but the truth!!!' hehehe.. kayaknya dia keseeel banget ama gue.

satu lagi, karena dia keras kepala. misal dia cerita yang menurut kita gak mungkin.. gue rasa sih dia gak boong, cuma lupa detilnya.. nah pasti dia jadi ngotot deh tuh, ujung2nya cerita pasti jadi sedikit 'dimodifikasi'. haha

12

Topic: Lying

Anakku yang pertama, pernah bohong krn dia takut dihukum, tapi untungnya sekarang udah gak pernah. Biasanya sih aku ajak ngomong, diskusi kenapa bohong itu gak baik. Pokoknya kita kasih pengertian. Untungnya, anakku yang kedua, anaknya jujur banget, malah terlalu jujur, semua yang terjadi diceritakan ke semua orang, jadi mesti hati2 kalo ngomong ke dia atau ngomong dekat dia, karena semua orang di sekolah jadi tau.

13

Topic: Lying

urban mama, minta tipsnya dong untuk ngatasin anak yang ketahuan bohong (tapi anaknya nggak tahu kalau kita tahu bahwa dia bohong). Jadi aku cuma mau nasehatin dia bahwa bohong itu nggak baik tanpa menyakiti ego dia..

twitter and IG: @zataligouw
Blog : http://www.zataligouw.com/