1

Topic: Pembagian Tugas SAHM and SAHD

buat nerusin pertanyaan Harry di thread The Price of Motherhood: Gimana sih pembagian tugas bagi yang kebetulan jadi home Dads and Moms?

Harry wrote:
Buat home Dad seperti kita sering kali serba salah (at least gue). Contohnya kalo lagi on di komputer karena ada deadline, etc. terkadang mau cuek nggak ngurusin anak jadi nggak enak hati. Tapi disisi lain, kalo udah on dan tiba2 di-interupsi, mood kerja udah susah balik lagi. (Bukannya cari2 alasan klise nih, tapi kenyataannya memang begitu). :)

Kalo dibandingin dengan working Dad, dari jam 9AM-5PM nggak akan diinterupsi dengan urusan begituan. Wifey juga seolah2 'lebih rela' ngurusin anak2 sendiri karena "Ayah sedang kerja" di kantor. Kalo buat kita, wah.. bisa brantem deh kalo kita cuek beybeh. Misalkan nih, anak pingin poop, isteri minta tolong trus kitanya bilang "jangan dong gue lagi kerja nih". Bisa2 langsung dituduh "Halah.. minta tolong dikit aja kok nggak mau" :)

This leads to question: gimana sih pembagian tugas bagi yang kebetulan jadi home Dads and Moms?


untuk yang stay at home mamas and papas, gimana nih?

? comic and crochet addict ?
theurbanmama.com | @turniptopia

2

Topic: Pembagian Tugas SAHM and SAHD

Iya bantu dongs.. Karena walopun keliatan sepele tapi gue sama isteri jadi sering jadi ngotot2an :) Apalagi kita nggak pake babysitter ataupun PRT.

BTW we have 2 kids: Adrian (7.5) dan Anissa (3). So far sih urusan anak2 mostly semuanya dipegang isteri gue, Nina. Mulai dari mandi pagi nyiapin sarapan pagi sampai mandi sore dan cuci2 sebelom bobo. Gue cuma bantu2 in-between seperti ngambilin makan siang, buatin susu dan kadang2 mandi sore + cuci2 sebelom bobo juga. Paling yang rutin adalah antar jemput Adrian sekolah.

Apa ada yang spesifik bagi tugas gitu? Thanks sharingnya.

3

Topic: Pembagian Tugas SAHM and SAHD

sudut pandang SAHM yang juga SAHD: pembagian tugasnya sama dengan Harry. nggak ada jam khusus buat kerja. tapi sama-sama mengerti situasi, kalo pas bunda sibuk anak2 interupsi ayah yang handle, sebaliknya begitu.

Tapi enak juga ya kalo ada jam kerja? jam segini sampe segini, jadi kalo Bunda lagi kerja, ada interupsi anak, Ayah yang handle..Ayah kerja, ada interupsi, Bunda yang handle. gitu keren juga. Supaya kerjanya bisa "full" walau di rumah ..bukankah itu intinya kerja di rumah, pengaturan waktu yang fleksibel, ya deh..mau dijadwalin..thanks Harry for the insight. sukses dad yaa..salam buat Nina

4

Topic: Pembagian Tugas SAHM and SAHD

gue dan ari, yang kebetulan dua2nya work from home, punya tentative schedule dan pembagian tugas. sebenernya, schedule dan pembagian tugasnya ga pernah bener2 ditentuin, tapi lebih growing organically taunya emang tiap hari kita ngerjainnya itu...

sama ama Harry + Nina, kita juga ga punya PRT atau Nanny. ada pembantu yang dateng seminggu sekali buat bersihin rumah sih...

biasanya ari ngerjain:
- bikin susu dan sarapan pagi
- mandiin aina kalo malem

thalia ngerjain:
- mandiin aina kalo pagi/siang
- cuci baju
- putting aina to bed, baik siang maupun malem

kalo yang lain sih, kita bagi2 tergantung siapa yag sempet. kalo kerja juga rada gantian... kalo ari lagi banyak proyek atau mesti meeting keluar rumah, gue yang handle interupsi aina (pake istilahnya bundashafa, hehehe), dan sebaliknya. masak dan belanja juga gantian, liat2 workload masing2.

kalo dua2nya sibuk, jadinya jarang masak di rumah dan ambil take-away mulu, hihihi. waktu masak dipake buat main ama aina :P

yang pasti sih, jam kerja beneran kita dimulai setelah aina tidur malem: dari jam 10pm-3am.

? comic and crochet addict ?
theurbanmama.com | @turniptopia

5

Topic: Pembagian Tugas SAHM and SAHD

Oww.. kurang lebih sama juga ternyata ya? Kuncinya cuma di toleransi dan pengertian masing2 aja sepertinya ya. Thanks udah sharing.. :)

Sebenernya punya niat mo coba handle anak2 full setiap Sabtu dan Minggu. Tapi blom yakin bener. Soalnya personally gue-nya sendiri rada2 pemalas. Mungkin Sabtu dulu kali ya? Haha.. :D

6

Topic: Pembagian Tugas SAHM and SAHD

Sebagai mantan stay home Dad, pengalaman gue dan Harry agak beda karena istriku bukan stay home Mom. Setelah Rika selesai cuti 3 bulannya, otomatis aku home alone with Vira. Awalnya sih ringan dan business as usual, secara Vira bukan anak yang susah, bahkan jika memang harus ke client pun Vira dibawa pakai baby basket.

Dari jemur pagi, mandi, nidurin, gue semua, termasuk nganter imunisasi, konsultasi dokter, baby gym(the only dad there) dan antar jemput playgroup. Kalo cucian kita ada pembantu yang datang untuk cuci setrika tiap harinya. Kalau hari Satbu-Minggu gantian Rika yang ngurus semua.

Setelah ada Arkan, nah ini rada beda, soalnya Arkan maunya semua sama Ibunya, dan Vira yang tentu sedang "cemburuan" juga maunya sama ibunya. Kalau Sabtu Minggu pasti deh gak mau sama bapaknya itu anak berdua, jadi ya kena lah timpukan "Bapaknya males nih gak mau ngebantuin", anaknya diambil dari ibunya aja nangis, gimana coba.

Rika sebetulnya sih paham, cuman ya wanita kalau sudah sumpek pasti lupa deh. Jadi ya sebisa mungkin tiap weekend kita keluar rumah atau bikin kegiatan, supaya satu anak distracted bersama bapaknya dan satunya sama ibunya gantian. Simple things like going to the park atau kerumah kakak.

Kalo soal chores, gue cuman bagian ganti sprei, nyuci piring dan masak. Selama setelah nikah, gue belum pernah nyapu atau ngepel karena Rika punya standard kebersihan tersendiri. Setelah Arkan, namanya ganti popok, mandi, dll semua Rika, karena anak2 gak mau itu semua sama Papanya. Jadi kalo ke Papa untuk urusan fun dan makan aja :-D

Works hard, plays harder with his kids.
- Papa to Shavira & Arkan -
http://emergencyrecipes.wordpress.com
http://chandramarsono.wordpress.com

7

Topic: Pembagian Tugas SAHM and SAHD

wah senasib sama thalia & harry juga nih kita, secara tidak punya nanny & pembantu.

hal ini ada bagusnya karena mengharuskan kita berdua untuk bisa semuanya jika sedang gantian jaga vanya. apakah itu rutinitas pagi maupun rutinitas siang menjelang tidur. baik itu pas lagi diluar maupun di rumah bersama si kecil.

jadi tidak ada alasan tidak bisa ngurus vanya dan rumah sekaligus karena akan membebankan salah satu pihak nantinya. so far kita berdua masih bertahan. dan ternyata yang paling tidak terkontrol justru isi dalam mobil yg seperti kapal perang :D

bapak dari vanya sekaligus baby assistant di nenen baby shop

8

Topic: Pembagian Tugas SAHM and SAHD

Ah, senangnyaa! ini thread gue banget. Sebulan terakhir ini emang kita berdua lg adaptasi peran baru. Gue baru resign, dan laki gue br kerja after new year. So, December ini kita ngurus Virell berdua sambil nikmatin 'liburan' di rumah (akhir taun pula). Berasa hari Minggu terus :D

Meski kita berdua di rumah tp kadang2 ada work from home jg, jadi tetep ganti2an jaga Virell. Selain kerjaan, me-time jg penting kan? Apalagi di rmh ada wifi, jadi gue & laki gue bawaannya mo nempel ama laptop mulu. Hihihi.. Nah diantara dua aktifitas itulah suka ada misunderstanding & ribut2 kecil.

Biar ribut kecil gak jadi gede, solusi sementara adalah : Shift2an dan bener2 ada itungannya. Udah beberapa hari ini nyobain per 3 jam. (note: ini dilakuin dgn ada 2 ART di rumah, cooker & cleaner. jadi kita jaga Virell aja. Sama paling nyiapin makan kl kebetulan masakan si Mbak gak matching ama selera Virell :P)

9-12 : Hubby, krn duluan dia bangun. Jadi dia bikinin & nemenin Virell sarapan, mandi, main dll
12-2 : Gue. Ini jam krusial. Virell kalo makan siang ama gue selalu abis! Kalo ama Ayahnya nggak. Jadi mending gue.
2-4 : Jam rata2 Virell bobok. Nah kalo ini gak diitung, krn kita berdua sm2 bebas kan? Ntar pas dia bangun gue lagi.
4-5 : Gue. Virell ngemil & susu
5-8 : Hubby. Virell mandi sore, walk in the park, sepedaan deket rumah.
8-11 : Gue. Lagi-lagi jam krusial makan malem. Patokkannya sih gak jam 11, tergantung kapan Virell bobok aja.

So far it's working :) Emang berasa kamp militer sih (halah) tp prinsip pukul rata gini berasa adilnya. Each of us has 2 shifts & 2 me times. Krn kalo yg 1 jaga, yg 1nya bebas nari hula-hula :D

Positifnya lagi, laki gue jadi ngerti jaga anak itu gak bisa taken for granted krn kalo gak deket secara 'hati', mana mau dia nurut? Ya jd mau ga mau dia telatenan dan sabar sm Virell, dan Virell pun lengket ke Ayahnya sama kaya lengket ke gue.

FYI, ini sementara aja kok, ntar kalo laki gue udah balik ngantor, ya gue full time momnya.

why hate Monday since everyday is Sunday? this island is magical

9

Topic: Pembagian Tugas SAHM and SAHD

Jerry! Ketemu jg kita disini, hehe..

Gue juga SAHM setahun belakangan ini, my hubby yg wiraswasta jg kebanyakan menghabiskan waktu di rumah.
No nanny, untuk anak bener2 gue yang ngelakuin semuanya.
Waktu awal2 anak gue baru lahir - 4bulan, suami gue banyak terlibat dalam pengasuhannya (mandiin, bangun malem, jemur pagi2, ganti popok, dsb)
Tapi ya gitu, makin lama keterlibatannya makin berkurang, dan fokus ke komputernya itu.

Praktis setelah itu & setelah MPASI gue ribet sendiri
Ditambah gue punya asisten rumah tangga sejak anak gue 7bln, makin males deh dia.
Padahal urusan anak tetep gue yg handle lho, ART tugasnya cm bersih2 rumah & masak sesekali.

Sekarang anak gue baru setahun sih, cuma nempel bgt sama ibunya.
Makan cuma mau sama gue (kadang diseling mbaknya, tp tetep lebih mau makan sama gue), main sama gue, dsb.
Kadang pas gue mau makan sama mandi aja dia rewel, padahal ditemenin main sama ayahnya.
Nah dari situ kayaknya suami gue mulai sadar, kok ni anak susah mau sama dia lagi..
Akhirnya sekarang lumayan sering sih ngajak main dsb, biar ngga terlalu nempel ibunya katanya.

So far kemarin Yardan gue titip ayah & neneknya selama 3 jam ke kampus..
Semuanya lancar, tapi pas dia liat dari jauh gue udah pulang.. LANGSUNG NANGIS HEBOH, ngga mau ditenangin ayah - nenek -eyangnya..
*doh!
Akhirnya peluk2an terus deh kangen-kangenan (ayahnya manyun lagi!)

10

Topic: Pembagian Tugas SAHM and SAHD

Hallo Jerry.. salam kenal..

Wah hebat bisa atur shift2-an begitu. Kalo gue kebetulan full freelance designer kerja dari rumah, jadi kadang2 mood kerjanya susah ditebak (ngeles ya? ehehe). Apalagi kalo misalnya malam sebelumnya udah begadang, bangunnya bisa siang.. :)

So far sih mostly isteri gue yang handle anak2, terutama yang kecil (3 tahun) lengket banget dengan emaknya. Akhir2 ini gue mulai sering mandiin sore atau ngelonin bobo. Nah, kecuali pas maen... lebih prefer sama bapaknya! Mungkin emaknya kurang 'badut' kali ya? :) Jadi gitu deh, giliran misalnya gue lagi harus kerja, kalo Anissa lagi pengen maen selalu gue yang ditarik2 tangannya...

Well.. thanks sharingnya. Jadi ada perbandingan dan referensi. Kali2 aja bisa di-mix + match.. :D