1

Topic: Mengajak Anak Ke Dentist

maaf,,maaf,, kalo sudah ada thread ttg ini,,
anak mulai kapan untuk di ajak ke dokter gigi??
walopun gak mengeluhkan sakit, tapi supaya giginya sehat, dan enjoy dengan dokter giginya,,:)
Raafi (3y), Alhamdulillah sampe saat ini, belum pernah mengeluhkan tentang giginya,, giginya juga masih bagus2, gak ada yang item2,, cuman karena pengalaman pribadi,, emaknya sampe segede ini takut kalo ke dokter gigi, jd gak pengen nurun juga ke anak,,

2

Topic: Mengajak Anak Ke Dentist

fifi thread ttg ini belom ada memang, tapi udah pernah ada artikel dari resident experts ttg ini .. silakan di baca di SINI ya..

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

3

Topic: Mengajak Anak Ke Dentist

sLesTa,, tengkyuuu , langsung dibaca2,, :D
kalo pengalaman pertama kali ngajak anak ke dokter gigi ada gak?? share dong,,, rencananya juga mau ngajak raafi ke dokter gigi, tapi takutnya malah ntar dia kejer2 nangis,, gak mau di periksa giginya,, :(

4

Topic: Mengajak Anak Ke Dentist

@fifi : seminggu lalu Darren (3,5) sudah saya ajak ke dokter gigi.
Kebetulan giginya berlubang :( Berasa jadi mama yg useless deh..
Sebelum ke dokter, saya sudah bilang ke Darren kalau nanti giginya diperiksa dan ditambal. Selain itu saya juga "role play" saya yg jd dentist-nya dia yg jadi pasien-nya.
Dan kunjungan dokter gigi pertama kali buat Darren sukses :)

... a counselor, a role model and often a friend to her children
Twitter & Instagram: @honeyjt

www.honey-scrapbook.blogspot.com

5

Topic: Mengajak Anak Ke Dentist

Honey Josep wrote:
seminggu lalu Darren (3,5) sudah saya ajak ke dokter gigi.
Kebetulan giginya berlubang :( Berasa jadi mama yg useless deh..
Sebelum ke dokter, saya sudah bilang ke Darren kalau nanti giginya diperiksa dan ditambal. Selain itu saya juga "role play" saya yg jd dentist-nya dia yg jadi pasien-nya.
Dan kunjungan dokter gigi pertama kali buat Darren sukses :)


Hwaa,,, Darren hebat,, sukses ke dentist,, tanpa nangis2 yaaak,,, :)
ini kasusnya Darren giginya udah berlubang, kalo sbelum berlubang kepikiran gak ngajak Darren ke dentist?? skedar cek kesehatan gigi saja,,
anyway 'role play' tuh ide yang bagus,, sbelumnya gak kepikiran,, ntar aku coba sama raafi ,,, :)
diriku pengennya mencegah daripada mengobati,,

6

Topic: Mengajak Anak Ke Dentist

nemu juga thread yg ini.. dah lama banget pengen ngajak alvin ke drg. tapi takut aja tiba2 dia kabur pas dgr suara alat giginya yg bwt anak kecil kayanya nyeremin. serasa mau diapain. :)
apalagi dia kan mesti nganga. ngeri aja lagi dikerjain, tau2 mulutnya ngatup.

Honey Josep.. jadi pas role play, apa emang mesti d kasih tau detail nanti mesti gmn2nya?

".. addicted to my two beloved boys A.."

7

Topic: Mengajak Anak Ke Dentist

Kalau gue dulu suka ajak alyssa pas mama papanya ke dr gigi.
jadi dia liat dulu prosesnya.
Eh tapi jangan dibawa pas mama papa harus dapat penanganan yg 'horor' macam root canal treatment atau cabut gigi yah.. itu mah yg ada anaknya trauma.
Kita ajak si neng pas kita check up rutin aja, dan biasanya abis itu si neng ikut diperiksa.
Dia sih seneng2 aja, malah bangga karena dipuji2 berani dan giginya 'perfect' kata pak dokter.
Kebetulan dokter gigi di sini gratis sampe anak umur 12 kalau gak salah... jd sering2 nebeng periksa juga gak papa :)

8

Topic: Mengajak Anak Ke Dentist

@Fifi Sebenernya gue udah lama pengen bawa Darren ke dokter gigi tapi masalahnya kerjaan gue lagi ga bisa ditinggal. Akhirnya baru liburan sekolah kemaren gue maksa bawa Darren ke drg. Iya coba role play aja , jadi si anak ga akan takut karena mulutnya cuma diperiksa koq.

@aveev Lebih baik ngasih tahu detail biar anak bisa punya gambaran apa yang akan terjadi di drg.

Sampe sekarang Darren masih inget dia ke drg ngapain aja, termasuk tambal gigi. dan dia sering pura- pura abis nambal gigi klo lg sikat gigi :)

@fanny Wah, lumayan banget periksa gigi gratis buat anak- anak. Kemarin ini gue pake Jamsostek, kalo bayar sendiri lumayan lho harganya disini :)

... a counselor, a role model and often a friend to her children
Twitter & Instagram: @honeyjt

www.honey-scrapbook.blogspot.com

9

Topic: Mengajak Anak Ke Dentist

karena opung & eyang opungnya Naya itu dokter gigi, jd dari sejak dia udah bergigi udah sering diperiksa dokter gigi, lengkap dengan kursi periksa&peralatannya. dan kemarin, usia dia sekitar 2,5thn ada program dari sekolahnya (pre-school) utk kontrol kesehatan gigi di dokter gigi, semuanya lancaaarrrr :)

"Naya sayang Papa sebesar Mama, sayang Mama sebesar Papa"
*terharu*

10

Topic: Mengajak Anak Ke Dentist

@Fanny, waaaa asik banget gratis ke drg sampai anak umur 12 tahun. Kapan ya indonesia raya tercinta ini bisa menggratiskan pelayanan kesehatan ke masyarakatnya.Beneran gratis bukan sekedar proyek pencitraan
@all, klo yang aku rasain banget permasalahan ajak anak ke drg, dari sebelumnya, ortu atau org2 di sekitar si anak suka nakut2in.dirasa nakal dikit, "awas ya, nanti disuntik"..."awas ya, nanti dicabut giginya".ancam mengancam kayak gini, yang rugi ortu juga, heboh menenangkan anaknya nanti klo pas beneran harus ke dokter.tapi kerugian terbesar sih buat anaknya....eh...kok jadi curhat kerjaan ya hehehe maap mudah2an ga OOT :)

11

Topic: Mengajak Anak Ke Dentist

belum pernah ajak Asya (2y10mo) ke dentist, tapi dia ada buku cerita Dora yg seri pergi ke dentist, lmyn bikin familar dengan dentist sih

mungkin kayak mom Honey Josep mayan membantu ya, pake role play dulu

12

Topic: Mengajak Anak Ke Dentist

Ak ajak anak2 ke dentist sejak usia 4-5thnan.
Awalnya mereka nemenin ak kontrol (ortho). Krn sering liat bundanya kontrol gigi & ga menakutkan, akhirnya suatu saat ak nyuruh dia gantian priksa sm dentistnya. Tanpa paksaan. Lgsg mau aja duduk di kursi "pesakitan" hehe..

Kebetulan dentist nya jg pinter ngambil hati anak. Jd awal2 dia nyuruh anakku pencet tombol utk isi air kumur, trs bikin balon dr glove nya pakai angin yg biasa utk semprot gigi, dan yg sangat penting, dokternya HARUS ramah sm anak.

Prnh wkt itu dokter langgananku ga praktek, dganti sm dokter lain.. Eee jutek bgt. Namanya anak kcl kan ga bs diajak cepet yaa.. Nah ini dentist ga sabaran. Trs blg "anaknya ga mau bu.. Dtg aja lg mggu dpn" jleebbb..

Akhirnya anakku ga mau ke dentist lain selain dentist langganannya :)

13

Topic: Mengajak Anak Ke Dentist

boleh dicoba tips2 nya biar kedua anakku rutin kontrol ke dokter gigi secara ibu bapaknya ke dokter kalo ada keluhan aja.. trims

14

Topic: Mengajak Anak Ke Dentist

Jojo pertama kali ke dokter gigi sebelum usia 3th, cuma general cleaning aja. Ceritanya dia liat serial Elmo pas episode tentang Teeth, ada videonya anak laki-laki pergi di dentist. Bagusnya Elmo's World, diterangkan step by step dokternya bersihin pake pasta khusus, disemprot air, kumur dst. Setelah beberapa kali nonton itu, aku tawarin mau nggak ke dentist? Eh langsung mengangguk semangat. Ya udah aku buatin appointment dengan dentist yang emang spesialis untuk anak2. Jojo excited banget dan anteng selama prosedur cleaning. Bangganya Jojo setelah kunjungan selesai! Semua orang diceritain bahwa dia abis ke dokter gigi :) aku pikir bagus juga dibawa ke dokter saat giginya masih belum bermasalah, biar yang nancep di pikirannya itu dentist = fun. Sampai sekarang (usia hampir 4th) aku rutin bawa Jojo ke dokter gigi dan dokter THT utk bersih2 telinga, tiap 6 bulan sekali.

learning something new every day...

15

Topic: Mengajak Anak Ke Dentist

Aku kepengen ngajak anakku (2y) ke dentist soalnya giginya karies akibat makan diemut. Tapi maju mundur mo berangkat, anakku gak gampang dipegang orang baru dikenal. Takutnya udah di ruang dokter malah nangis kejer, trus malah gak jadi dibersihin. Parno duluan :(

Benaya Hiranya's mother

16

Topic: Mengajak Anak Ke Dentist

Pernah bawa kakak ke spkga (kayanya ini baru lulus deh) jd agak maksa tuh meriksa dan nangani anakku. Krna carries jd kudu ditambal, Akhirnya dia jd trauma gt. Selang 1thn kmd ta ajak lg ke spkga yg pengalaman, jd dokter yg ini gamau nangani anak smpe anaknya yg minta. 2x kesana masih pendekatan ke anakku, hehe

17

Topic: Mengajak Anak Ke Dentist

Minggu kemarin baru bawa Leon ke dokter gigi. Awalnya mau ke SpKga tapi berhubung nggak pas jadwalnya akhirnya ke dokter gigi biasa. Berhubung anaknya udah 18m, giginya banyak, dan udah mulai makan yang manis jadi kita mulai check up pertama ke dokter gigi. Aku sama suami udah sepakat untuk check up rutin ke dokter gigi setiap 6 bulan, ada atau tidak ada masalah di giginya.
Aku ngerasain banget apa yang dibilang sama Cluelessmom, enaknya bawa anak ke dokter gigi sejak awal, jadi pengalaman pertamanya ke dokter gigi bukan karena giginya bermasalah. Plus tontonan anak kita ternyata sama *toss*
Jauh-jauh sebelum berangkat juga anak sering dikasih tau, kalau nanti dia juga akan ketemu dentist yang bakal bantu rawat giginya. With simple words.
Pengalaman pertama Leon nggak ada masalah sih, dokternya baik-baik aja, cuma memang kelihatan nggak begitu lihai handle anak kecil (again, tergantung dokternya juga). Mungkin emang lebih baik untuk cek pertama ke SpKga aja kalau bisa. Karena biasanya di ruangan SpKga suasananya lebih ceria dan lebih bikin anak rileks dan tertarik. Plus lagi dokternya udah tau how to handdle toddlers, jadi mereka bakal lebih nyaman dan nggak takut. Untuk kunjungan 6 bulan kedepan aku mau coba ke SpKganya aja. Our first experience is okay, but i think it could be done better sama ahlinya. :)

Happy Healthy Baby and Mommy

18

Topic: Mengajak Anak Ke Dentist

woow.. Leon Hebat. Iya setuju, kunjungan pertama ke dokter gigi memang lebih pas sebelum gigi bermasalah yaa.. Ki-Ka ke dokter gigi gak 6 bulan sekali sih, tapi 1 tahun sekali *tutup muka malu*. Itu pun ikut jadwal di sekolahnya :D
(jangan dicontoh yaa).. :D

-WiwiT-
An ordinary bunda of twin amazing angels, Kira and Kara Setyadi
@wiwidwadmira | the Setyadi's

19

Topic: Mengajak Anak Ke Dentist

kaka,
seneng deh ka udah ngajak leon ke dokter gigi. bener banget... cek rutin itu penting... jangan sampe ke dokter gigi kalo pas lagi sakit gigi justru kan.

leon keren banget udah berani ke dokter gigi. kunjungan selanjutnya diupdate lagi di sini yaaah ka... supaya keliatan tuh bedanya ditangani SpKga.

? love to write and run - a bus transjakarta passenger ?
@ninityunita

20

Topic: Mengajak Anak Ke Dentist

Saya belum berhasil jg ngajak khansa(5y) ke dokter gigi, udah dari usia 3y sy ajak blm mau terus...dibacain cerita tentang k dokter gigi udah, role play jg udah pernah walo ga serius banget, nemenin bundanya k dok gigi jg pernah. Memang selama ini ngga ada keluhan mengenai gigi..tp kn bener kata mamas di atas klo periksa gigi jgn waktu ada keluhan aj.gmn ya caranya?

21

Topic: Mengajak Anak Ke Dentist

samn
Mungkin kuncinya ada di patient. Sabar. Di whisper aja terus. Salah satu kembarku, Kara dulu juga begitu. Dibacain buku udah. Ikut saya ke dokter gigi juga udah. Bahkan ikut periksa gigi ke dokter gigi bareng saudara kembarnya juga udah. Si Kira gak masalah, tapi Kara masih takut. Diceritain juga udah, masih aja takut. Akhirnya ya sabar saja. Sambil kalau cerita saya ceritain juga pentingnya periksa gigi, karena ada bakteri jahat yang kecil sekali yang mungkin gak ikut kena sikat gigi, bisa jadi bikin sakit. Saya lihatin juga gambar gigi yang rusak yang gak dicabut, dibandingkan dengan gambar gigi bagus. Baca buku Barney ke dokter gigi juga. Segala cara terus aku lakukan lagi deh. hehe... Akhirnya pas ada pemeriksaan gigi di sekolahnya kemarin, ikut bareng teman-temannya ternyata sudah mau, dan gak nangis. Katanya agak takut, tapi gak sampai nangis, karena aku ingat kata bunda dokter gigi itu baik. Padahal yang tahun pertama disekolahnya, baru masuk halaman praktek dokternya, nangisnya ampuuuunnn...
Sabar ya mama... Never give up. Semoga Khansanya tergoda dan mau ikut periksa gigi. Semangaaattt... :)

-WiwiT-
An ordinary bunda of twin amazing angels, Kira and Kara Setyadi
@wiwidwadmira | the Setyadi's

22

Topic: Mengajak Anak Ke Dentist

samn, dulu Lana seusia Khansa juga begitu, susah banget diajak ke dokter, mau dokter gigi, dokter anak, pokoknya drama banget. Tapi suatu waktu (pas masih di TK), dia cerita guest teacher-nya itu dokter gigi, perempuan. Trus setelah dicek giginya dikasih bingkisan (isinya stiker dan pasta gigi khusus anak). Dan saya juga selalu ngajakin dia setiap kali saya ke dokter gigi, jadi waktu saya mau tambal gigi, saya selalu ajak Lana nemenin, awalnya gak mau masuk ke ruang praktek, selanjutnya berani masuk tapi maunya duduk aja, lama-lama dia berdiri di dekat suster liat dokter giginya periksa/nambal gigi saya.

sekitar 2 minggu kemarin, gigi dewasanya tumbuh (bawah) sementara gigi susunya belum goyang, setelah dibujuk akhirnya dia mau ke dokter gigi asalkan dokternya perempuan. Saya pun duduk sambil mangku Lana supaya dia merasa nyaman aja karena saya peluk, disuntik dan pas dicabut sama sekali gak berontak, dia bilang gak sakit. Setelah dicabut dia dapat stiker frozen dan boleh makan ice cream :)

Sabar ya mama Samn, tetap beri pengertian, jangan dipaksa nanti juga Khanza mau ke dokter gigi :)

23

Topic: Mengajak Anak Ke Dentist

kayaknya gimana dokter giginya juga ya? Kalau dokter giginya ramah, anak-anak juga pastinya senang ya.
Baru aja minggu kemarin anakku 3 tahun nganterin sepupunya ke dokter gigi di puskesmas, dan dokter giginya baik banget sampai anakku cita-citanya berubah ingin jadi dokter gigi, hehehe

-edited my mod-

24

Topic: Mengajak Anak Ke Dentist

soezzie,
waaah itu pasti anakmu terkesan banget yaaa sampai pengen jadi dokter gigi. kebayang sabaaar dan menyenangkan deh itu dokter giginya. :)

betul... salah satu faktor sukses bawa anak ke dokter gigi itu kalo dokter giginya sabar dan ramah sama anak2. jadi mereka nyaman.

? love to write and run - a bus transjakarta passenger ?
@ninityunita

25

Topic: Mengajak Anak Ke Dentist

Josh blm pernah diperiksa sih giginya. Tapi kalo ikut ke drg sih sering. Lah wong mommy nya parah bgt giginya. Makanya dia rajin sikat gigi, takut di bor soalnya. Pas deket rumah ada dokter gigi yg praktek di rumah gitu. Jadi jalan kaki ke drg nya. Oma2 lagi, dan ramah. Kalo aku lg diperiksa Josh suka diajak ngobrol.
Kemaren pas terakhir ikut, aku bilang ke dokternya, nanti kalo Josh udah 4thn Josh yg periksa ya Dok. Josh udah geleng2. Untung drg nya ramah. Jadi setelah dibujuk rayu dia udah janjian sm dokternya mau periksa.

hontou no koi dakara fushigi na koto ga aru