1

Topic: School - SD di Jakarta

hi urban mamas,

ada yang udah masukin anaknya ke SD?
[list=*]

  • bener ga sih kalo mau masuk SD, anak kita harus udah bisa baca?[/*]
  • trus ada SD yang recommended ga?[/*]
  • biaya masuk SD sekarang brp sih?[/*]


    TFS.

    [a mama who loves POCOYO]
  • 2

    Topic: School - SD di Jakarta

    Anakku belum ada yang masuk SD, namun keponakanku sudah 6 orang masuk SD, dan yang baru masuk tahun lalu itu memang sudah menjadi Syarat bahwa anak SD sudah harus bisa membaca. Bahkan beberapa SD negeri unggulan dan SD swasta juga sudah mengharuskan anak yang ingin masuk sudah bisa berhitung.

    Untuk biaya masuk itu SD Negeri 01 Salemba (SD Percontohan) adalah 7 juta, dan SD swasta Tugasku adalah 15 juta. Itu semua biaya tahun lalu ya, semua tempat pasti berbeda harganya.

    Works hard, plays harder with his kids.
    - Papa to Shavira & Arkan -
    http://emergencyrecipes.wordpress.com
    http://chandramarsono.wordpress.com

    3

    Topic: School - SD di Jakarta

    Yap.. harus sudah bisa baca-tulis kalau mau masuk SD. Tapi umumnya TK sekarang mengajarkan baca-tulis kok.

    Masalah biaya sangat bergantung dengan SDnya, negeri atau swasta. Kalau negeri by default sih nggak mahal karena pada dasarnya SD-SMP itu kan gratis disubsidi pemerintah, cuma biasanya pihak SDnya meminta "sumbangan sukarela" yang minimumnya bergantung SDnya. Kalau swasta sih bisa sampai 10-20jtan.

    Setau aku ada 2 SDN percontohan bagus di daerah Menteng: SDN-01 Jl. Besuki dan SDN-02 Jl. Tegal.

    4

    Topic: School - SD di Jakarta

    urban papa & harry... tks atas penjelasannya.
    sebetulnya gue tertarik untuk masukin anak gue ke CIKAL... ada ngga mama & papa yang nyekolahin anaknya di sana?

    mungkin bisa cerita pengalamannya gimana?

    tks.

    [a mama who loves POCOYO]

    5

    Topic: School - SD di Jakarta

    alin wrote:
    sebetulnya gue tertarik untuk masukin anak gue ke CIKAL... ada ngga mama & papa yang nyekolahin anaknya di sana?
    mungkin bisa cerita pengalamannya gimana?
    tks.


    Hi Alin, anakku sekolah di situ, tapi sekarang masih Pre Kindie. Tahun ajaran depan baru masuk TK. So far happy dengan guru dan metodenya. Untuk SD kurang tau juga ya, soalnya kan belom masuk SD. Rencananya SD di sana juga.

    Pengalaman menarik soal sekolah di sini, kayaknya lebih pas bukan di tret SD (karena masih preschool) :)

    And thelilsolder is back. Fire!

    6

    Topic: School - SD di Jakarta

    Hi Alin, rata2 persyaratan SD jaman sekarang memang mewajibkan calon muridnya sudah bisa baca, tulis dan hitungan sederhana. Dan semua itu di tes pada saat mau masuk SD.
    Soal rekomendasi SD, tergantung mau pilih sekolah yang seperti apa, karena sekarang kan banyak banget pilihan mulai dari SD Negeri, Swasta dengan kurikulum Nasional, Nasional plus atau International School. Soal biaya juga beragam banget sih.
    Saran saya sih sebaiknya survey dulu, dan rata2 kalau sekolah swasta terutama yg national plus atau international, pendaftaran sudah mulai dibuka sejak October, umumnya dibuka beberapa gelombang.
    Jadi kalau bisa sih segera survey, anaknya juga diajak aja, jadi dia juga bisa ikut memilih.

    7

    Topic: School - SD di Jakarta

    yustin, numpang tanya dong... secara gamblang, apa sih bedanya kurikulum Nasional, Nasional Plus dan International School. Kurikulum SD Negeri itu kan sama ama Kurikulum Nasional, kan?

    ? comic and crochet addict ?
    theurbanmama.com | @turniptopia

    8

    Topic: School - SD di Jakarta

    Ada kok beberapa SD yang nggak mengharuskan anak kelas I-nya udah bisa calistung (maksudnya, mereka nggak mengadakan tes masuk), tapi biasanya kasihan anaknya kalau udah masuk SD tapi masih gagap calistung. Soalnya mayoritas SD (biasanya yang most wanted school deh) sekarang emang mengadakan tes masuk, dimana tentunya anak-anak yang udah bisa calistung yang lebih diutamakan. Tapi walau dimasukin ke sekolah yang nggak mengharuskan bisa calistung pun, tetep kasian juga karena nanti bisa tertatih-tatih mengikuti pelajaran. Buku-buku anak SD jaman sekarang bow, wuih, tebel-tebel banget soalnya! :D

    9

    Topic: School - SD di Jakarta

    bener tuh kata Sunny. IMO, kalo mau konsisten dengan pengajaran yang didapet waktu TK, mendingan ke SD yang sama. soalnya walopun ngga ada tes calistung, tetep aja kurikulum kita mensyaratkan anak untuk bisa membaca.

    Thalia, coba bantuin jawab ya.
    [list=*]

  • Kurikulum Nasional: mengikuti pemerintah, (pada umumnya) menggunakan bahasa pengantar bahasa Indonesia. Contoh: SDN Menteng, Al Azhar, Tarakanita, dsb.[/*]
  • Kurikulum Nasional Plus: mengikuti kurikulum pemerintah plus ada sertifikasi tambahan kurikulum IB atau Cambridge atau apalah (yang paling populer IB dan Cambridge), sekolahnya harus disertifikasi dari lembaga2 tsb, berbahasa pengantar Inggris. Lebih mahal karena tambahan kurikulum itu karena harus melatih gurunya, melengkapi persyaratan lembaga, melakukan sertifikasi, dsb. Contoh: Cikal, Lazuardi, Global, dsb.[/*]
  • Kurikulum Internasional: harus ada akreditasi (minimal A) dari salah satu negara yang tergabung dalam Organization for Economic Co-operation and Development (OECD) atau negara maju (mungkin Singapore termasuk) artinya berstandar sama dengan negara tersebut atau diakui secara internasional. Contoh: Jakarta International School (eh cmiiw ya)[/*]

    And thelilsolder is back. Fire!
  • 10

    Topic: School - SD di Jakarta

    hi mom, temen aku buka sekolah Gemala Ananda di Jln. Lebak Bulus I/1 jakarta selatan ,
    Gemala Ananda mengajarkan konsep dalam mempelajari sesuatu, learning by doing,
    melihat kesiapan anak untuk belajar, kegiatan belajarnya memandirikan anak juga parent involvement.
    Kegiatannya bisa dilihat disini: http://gemalaananda.multiply.com/. Gemala Ananda is on Facebook
    Wish masih tinggal di Jakarta, aku sekolahin anak ke Gemala Ananda deh...
    hope this help

    11

    Topic: School - SD di Jakarta

    hai, sedikit tambahan tentang SD Negeri yang aku tau ya. tingkatannya sbb:SD Negeri biasa, pasti ada di semua kelurahan. trus ada SSN (sekolah standar Nasional), atau biasanya di kenal dgn SD percontohan. biasanya hanya ada 1 SSN di 1 kecamatan. trus, RSBI (Rintisan Sekolah Berstandar Internasional). RSBI ini akan menuju SBI (Sekolah Berstandar Indternasional).kategori SBI salah satunya adalah: 1 kelas maksimal 25-30 murid.O iya, Semua SD Negeri ini gratis loh. kecuali yang RSBI dan SBI, ada sumbangan sukarelanya. SD Lab School termasuk kategori RSBI dan SDN Menteng 01 pagi adalah SBI. segitu aja yang aku tau.perbedaan detail tiap kategorinya aku juga kurang paham.kalo ada yang kekurangan mohon ditambahkan yaa..

    ibu adalah sekolah pertama bagi anak- anaknya

    12

    Topic: School - SD di Jakarta

    Mumpung threadnya lagi tentang sekolahan, bisa minta info gak soal Sekolahan SD Negeri standar nasional yg ada di daerah pancoran, kalibata, pasar minggu? soalnya saya tinggal di pengadegan, dan anak saya masuk SD negeri yg biasa2 saja, maunya sih kenaikan kelas nanti mau dipindahin ke sd negeri yang bagus. Mohon masukannya ya...oh iya SD swasta juga gak papa asal bagus deh...

    13

    Topic: School - SD di Jakarta

    Thalia, sorry ya baru baca pertanyaan kamu, maaf jarang banget bisa nimbrung di forum.
    Basically seperti yang dijelasin sama thelilsoldier sih.
    Tapi untuk kurikulum internasional kayanya IB or Cambridge juga bukannya sudah termasuk kurikulum internasional ya, apa yang membedakan antara internasional dengan nasional plus adalah dari sisi ujian negara, kalau nasional plus masih mengikutin ujian negara juga, sedangkan internasional sudah sama sekali tidak, atau kalaupun ada optional..

    14

    Topic: School - SD di Jakarta

    Haii..

    ada yang punya info tentang SD Budi mulia 2 Bintaro?
    Bagaimana kualitasnya, guru2nya?

    Aku siy tertarik waktu di jelaskan oleh salah satu adminnya... tapikan namanya marketing yah, bisa saja pada prakteknya tidak seperti itu.

    Mohon info dunks bunda... recommended gak siy sekolah ini?
    Thanks yaaa...

    15

    Topic: School - SD di Jakarta

    Just info buat papa & mama yg cari sekolah buat si kecil bisa trial di
    MONTESSORI GADING PERMATA SCHOOL (MGPS)
    Di MGPS tersedia program Baby Class, Preschool & Primary
    Fasilitas bangunan sekolah good, Teacher2nya juga professional dan terlatih krn memang setiap hari ada pelatihan buat teacher2nya.
    papa & mama bisa buka web MGPS www.montessorigadingpermataschool.com
    Lokasi sekolahnya di belakang McD mal artha gading. biaya sekolah juga masih terjangkau buat para org tua yang bingung krn cari sekolah bagus tapi mahal... coba trial aja di MGPS,, dulu keponakanku jg bgitu... pertama telp dulu ke sekolahnya buat janji untuk trial di 021-45845747
    Sekian info dr saya semoga bermanfaat buat papa & mama

    16

    Topic: School - SD di Jakarta

    moms,
    meskipun masih bbrp tahun lagi anak ku masuk SD, mo nanya neh...... kalo misalnya anak ku playgroup dan TK di international school, terus SD nya pindah ke sekolah national gitu bisa gak seh? Bakal di terima gak?
    Aku masih bingung neh, pengen anak ku tuh TK nya di sekolah yang bhs english, baru deh abis itu di national aja pas SD, tapi kalo gak bisa keterima, musti berpikir ulang lagi neh, apa TK nya dimasukin ke national aja.
    Tolong info yah..........

    17

    Topic: School - SD di Jakarta

    Ada yang anaknya sekolah di SD Tugasku/Lab School Rawamangun/SD Besuki Menteng? Review dong..

    Sebenernya umur anak masuk SD itu berapa tahun ya? Soalnya pernah denger ada yang harus 7 tahun per Juli, tapi ada juga yang bilang 6 tahun juga bisa.

    learning is a never ending process
    @rhisuka

    18

    Topic: School - SD di Jakarta

    rhisuka...setauku untuk rsbi bisa anak usia 6thn kalau kurang dr 6thn harus ada hasil psikotest dari yg ditunjuk hipmi gitu

    anakku juli besok 6thn pengennya si aku masukin rsbi ikip rawamangun situ, moga2 aja keterima ya... amin

    ada yg tau nggak moms jadwal bukanya pendaftaran untuk rsbi?

    19

    Topic: School - SD di Jakarta

    acrut.. okay, thanks infonya.. rsbi ikip rawamangun itu labschool ya?

    learning is a never ending process
    @rhisuka

    20

    Topic: School - SD di Jakarta

    rhisuka...iya rsbi ikip rawamangun itu labschool...tadi sempet telp, katanya pendaftaran online untuk yang rsbi mulai 7 mei 2012

    21

    Topic: School - SD di Jakarta

    bundashafa - ah iya sering lewatin sekolah ini karena aku tinggal di daerah lebak bulus - jakarta selatan. formulir yg di keluarin 70 formulir saja. coba daftar tp masuk waiting list ke 45 :D

    lagi menimbang azhari atau al azkar ini.. masih sulit untuk memutuskan.

    Miguel is my Rocktober Baby
    @siskaknoch

    22

    Topic: School - SD di Jakarta

    ---edited by mods---