1

Topic: Membawa Bayi ke Rumah Sakit

Sudah 2 minggu terakhir suami rawat inap di rumah sakit akibat serangan stroke. Walaupun stroke yang diderita ringan, namun tahap pemulihan cukup memakan waktu.

Keluarga kecil kami baru pindah dari Jakarta ke Surabaya. Dengan alasan tidak ada yang menunggui suami di rumah sakit, aku dan arza ikut tinggal menemani suami.

Memang kamar yang kami tempati VIP dan cukup bersih. Tetapi walaupun terisolir dari pasien lain, kadang aku miris tiap kali suster2 gemes mencubit pipi arza. Rasa was-was menghantui.

Moms, share pengalamannya mengajak baby ke rumah sakit / ikut tinggal seperti yg dilakukan arza??

Apa yg harus diperhatikan,do's and don't's??

Jujur aku parno, namanya aja rumah sakit. Tempatnya penyakit. Tapi saat seperti ini tidak ada pilihan lagi.

2

Topic: Membawa Bayi ke Rumah Sakit

aduh, mmg sebaiknya baby g diajak ya mb. tp klo posisinya spt ini ya repot juga :( krn sebersih apapun rumah sakit, hawanya aja udah g sehat. bnyak bgt virus2 penyakit yg dengan mudahnya bsa menular. jangankan baby, saya aja udah setua ini sbisa mgkn mnghindar dr rs. maaf klo g ngasih solusi yah. klo mslnyav trpaksa bgt ttp tinggal, sbsa mgkn stay dikmar aja. dan pastikan smuanya dlm keadaan brsih, msl tmpat tidur n toilet yg dipake baby. mdh2an suaminya cpt smbuh ya mb.

3

Topic: Membawa Bayi ke Rumah Sakit

Kuatirnya sih bayi msh rentan kena infeksi nosokomial ya...smoga cpt sembuh ya en skeluarga bisa cpt plg ke rmh lg :)

4

Topic: Membawa Bayi ke Rumah Sakit

icha haqq betul moms... Ak ga pernah bawa keluar kamar (kecuali beli makanan turun ke bawah) kalo milih tinggal dirumah suami bete berat jadi mau ga mau mesrti di rs

irdheliaInfeksi nosokomial apa tuh mom??

5

Topic: Membawa Bayi ke Rumah Sakit

Intinya siy infeksi nosokomial itu infeksi yg didapat dari rs yg tadinya sblm msk rs blm ada infeksi itu..kira2 bgitulah...coba aja digoogling tuk lbh jelasnya yaa...smoga gpp yaa :)

6

Topic: Membawa Bayi ke Rumah Sakit

irdhelia *ketokmeja* ingin segera ngurus rawat jalan

7

Topic: Membawa Bayi ke Rumah Sakit

Duh maap ya..jd ga enak niy kesannya bikin parno org hehe...btw bukannya di rs ada batasan umur buat pegunjung anak2 ya? Ato mungkin ada saudara dari jkt yg bisa diajak nemenin si baby di rmh, mom?

8

Topic: Membawa Bayi ke Rumah Sakit

mungkin disediain hand sanitizer di deket baby Arza, jd yang mau cubit pipi harus cuci tangan dulu ..emg siy agak sungkan ngomongnya, tp yah untuk kebaikannya baby Arza juga kan .. :)

9

Topic: Membawa Bayi ke Rumah Sakit

irdhelia ngga ada yg bs nungguin.. Semua punya kesibukan.. Batasan umur ngga ada, kemaren dikamar sebelah ada juga bayi 3 bulan yg nemenin mamanya DBD, krn masih Asi bayi itu ikut nginep semalem, alhasil bayinya malah ikutan demam..

Adita07 duhhh.. Suster2 disini baik2 smua, sungkan bgt klo diminta gitu.. Tp tiap pintu depan disedian sanitizer (tp ga tau dipake apa ngga)

10

Topic: Membawa Bayi ke Rumah Sakit

Meizadhania
Ikut prihatin ya, mba, smoga suami lekas pulih dan bs cepat dirawat jalan...
Setau ku klo di RS" disediakan alat sanitizer terutama di depan kamar, pasti dipake koq sama suster na, soal na aku sering liat suster" pake ini wktu aku lg nengok sodara di RS ^^
Lagian kan RS yg baik jg menjaga kebersihan, jd jng terlalu parno.
Semua tergantung pikiran (the secret), be a positive... percaya klo baby na kuat n sehat ^^

11

Topic: Membawa Bayi ke Rumah Sakit

meizadhania, semoga capat sembuh ya suaminya n dede nya engga ketularan :)

Di kamar kan ada jendela Mom, kalau jendelanya ke arah luar (bukan dalam lorong RS) rajin2 aja dibuka kalau pagi jadi ada pertukaran udara di dalam kamar, trus kalau di RS ada taman outdoor baby nya diajak jalan2 (kalau pagi juga karena matahari pagi sehat)

Falling In Love with My baby ^^

@pnkmomma84
The Pinkypolka

12

Topic: Membawa Bayi ke Rumah Sakit

Kalau boleh tahu RS mana ya mom?

Aku dah 5 bulan ini bolak balik nungguin papaku yang kemoterapi di RSHU. Di Sby ga da saudara, cuma aku ma suami aja. Jadi tiap hari aku ke RS antar makanan buat mamaku. Biasanya karena kita ga nginep jadi memang aku batasin waktunya, rajin2 pake sanitizer, pake kaos kaki, ga duduk di lantai. Kalau di RSHU tiap lantai memang ada spesifikasi penyakit tertentu, lantai papaku biasa ngamar bukan termasuk penyakit menular. Tapi tetep aja harus waspada.

Btw, babymu masih kecil kan yaa..pinter bisa anteng nungguin papanya sakit. Semoga cepat sembuh yaa...!

@emaknyahazel

13

Topic: Membawa Bayi ke Rumah Sakit

meizadhania
ikut prihatin yah, semoga suamimu cepet sembuh dan semoga babymu baik-baik aja.

ih, emang bete yah kalau ada yg sok akrab colek2 bayi kita apalagi nyubitnya kadang kenceng.
IMHO, mending bilang aja baik2, "jangan cubit dong Sus, kan sakit" sambil senyum. atau kalau pas babynya digendong, kita ngindar. gue rasa lama2 para suster juga bakal ngeh dan hopefully maklum yah (biasanya tim susternya sama kan?). selama kita tetep ramah dan baik untuk hal yg lain mah gpp.. misal sesekali bawain makanan kecil buat para suster. jadi mereka tahu kita cuma 'galak' di bagian 'cubit pipi bayi' tok :)

14

Topic: Membawa Bayi ke Rumah Sakit

meizadhania
Semoga suaminya lekas sehat, arza & mamanya jg sehat2 ya..

Idealnya memang tidak membawa bayi ke rumah sakit,
Kecuali memang bayinya yg sakit atau keadaan terpaksa.
Batasan umur anak2 adalah 12 tahun, bayi & anak2 di bawah usia 12 tahun tidak diperkenankan masuk utk menjenguk pasien dengan alasan ketahanan tubuh yg blm stabil (imunisasi blm lengkap).
Selain itu, resiko tertular penyakit sangat besar.

Yg perlu diperhatikan:
1. Pakaian & kaos kaki bayi
2. Alat mandi bayi
3. Tempat tidur/alas tidur bayi
4. penggunaan masker & cairan antiseptik
5. Pertukaran udara di dlm kamar
6. Makanan/minuman bayi
7. Gendongan bayi
Tentu saja, spt pindah rumah yaa.. Krn memang keperluan bayi semua dibawa :)
Tiap pagi, kalau ada, ajak jalan2 ke taman terbuka.
Biasanya di klinik anak disediakan aquarium, arena bermain indoor & outdoor, kolam ikan, dan taman dgn tanaman hidup.

Beri pengertian pd suami, bhw mama & bayi memang sebaiknya tdk berada di RS. menemani/menginap diperlukan suami agar dia merasa 'aman & nyaman' bila ada istri & anaknya di dekatnya. Tp perlu dipahami juga bhw resiko terlalu besar bila bayi hrs menginap dlm wkt yg cukup lama di RS.

Mungkin setiap 2 malam, mama & bayi bisa pulang dulu untuk sekedar merawat diri, membersihkan pakaian, atau sekedar utk tidur dengan baik & benar.
'penyegaran' semacam ini membuat si penunggu pasien merasa segar & mengurangi stress.
Tentang org yg urus suami, titipkan pada suster. IMO, utk pasien VIP seharusnya para suster akan dgn senang hati merawat ya.
Tanya saja kebutuhan suami apa, misal menu makanan ingin apa, pas diseka/mandi apa yg dirasa kurang (mungkin agak gatal atau ingin pake sabun dr rumah dsb).
Hal2 semacam itu biasanya bikin pasien 'males' nyampein ke suster/dokter.
Contohnya: suaminya msh gak suka makan nasi & lauk pauk krn masih eneg, maka bisa minta menu buah2an atau pudding. kita bisa tolong suami utk menyampaikan hal tsb pada petugas di RS. Atau pakaian RS; dulu alm.ibu saya sangat tdk menyukai pakaian RS, jadi kami membawakan pakaian favoritenya, juga skincare dan parfume kesukaannya :)
mungkin bisa bawain alat cukur beserta cream & aftershavenya, agar suami merasa sedikit lbh fresh :)

begitu pula dgn handuk, pakaian, charger hp/laptop, mukena (utk muslim), & alat2 pribadi kita.
Bikin list barang2 yg dibawa, dan tiap pulang ke rumah dicek lagi (stock opname).
atur/susun barang2 pribadi dengan rapi, setiap waktu, agar mudah dicari & mengurangi stress.

Hubungi teman/saudara yg sekiranya bs dtg menjenguk utk memberi bantuan.

Intinya, bila mmg terpaksa hrs menginap dlm wkt yg cukup lama, buat agar pasien & penunggu + bayi merasa nyaman & aman.

Semoga lekas sembuh ya, mama :)

a life-enjoyer mama :)
www.ekadeau.blogspot.com
@ekadeau

15

Topic: Membawa Bayi ke Rumah Sakit

bolha yupp.. Bener mom, ak slalu sugestiin diriku "everything it's okay" selalu berdoa bayiku kuat please God kuat kuat kuat..

PINkmommaga ada jendela terbukanya, hiks.. Ak jg dilantai 3, gedung nya tanpa taman..

dinda permata di Siloam mom.. Rutinitas arza keluar kamar cuma buat beli makanan dibawah.. Dia paling seneng kalo ad yg jenguk papanya, semangat.. Rewel kalo jam 4-5pgi.. Karena jam segini biasanya aku udah tepar dan gantian papanya yg timang2.. Sekarang krn papanya hemaparisis ga ad yg timang2 suka ngamuk..

fanny bukan bete lagi.. Tapi Bueteeee.. Sepanjang jalan ada ajah yg nyuil pipi, dari kamar sampe toko roti, bisa suster atau penjenguk yg ketemu di lift.. Kadang otakku selalu berkecamuk "tadi dia bis ketemu org sakit gituu lohhhhh.. Grrrrr" kalo masalah suster udah pasrah rah rah.. Dr awal ud ga ak pagerin, jd tiap selesai sesi cubit2 arza ak seka2 lagi pake waslap..

eka thankss a lot mom.. Tipsmu bener2 bermanfaat.. Ak baru tau batesan 12thn itu! Sedih kenapa ga dr awal dokter2 sini ga larang.. Tapi suamiku ini lg manja2nya minta dirawat dan lagi sayang2nya pula sama arza.. Ak udah rayu buat rawat jalan dan pengobatan alternatif (pgn dirumah aj rawatnya) ga mau suamiku, dia lbh percaya medis.. Dari hari pertama arza udah bawa tas dan perlengkapan sendiri.. Boneka,mainan dsb lengkap..

Dan disaat saat seperti ini ga ad yg paling berjasa buat ak selain baby wrap.. Ak bisa ngurus baby dan suami barengan.

16

Topic: Membawa Bayi ke Rumah Sakit

meizadhania, dulu waktu ibu mertua stroke juga akhirnya minta rawat jalan. tiap hari ada terapis dan dokter yg kerumah. agak makan waktu tapi lama-lama membaik kok. skrg udah 95% pulih. klo memang memungkinkan diurus aja, walopun mungkin dirumah nantinya jadi agak repot dan perlu nambah asisten yg PP ...

semoga papanya arza cepet sembuh ya .. jujur malah kepikiran dirimu lho bu. stroke agak menguras kesabaran, yang kuat juga ya mama arza ..

less ego, more heart

17

Topic: Membawa Bayi ke Rumah Sakit

meizadhania,
Siiip.. Iya soalnya suami gw sendiri baru aja 2 hr yl pulang dari RS krn operasi. Kebayang dong ribetnya ga boleh bawa anak2.
Kita udah persiapan ttg operasi ini, tp ternyata setelah operasi suami malah berubah jd super manja dan jadi pgn ditemenin gw terus.
Bingung jg krn kondisi lg kyk gini anak2 malah rewel & pgn nempel terus sama gw, jd mmg ga bisa titipin anak ke mertua/saudara.
akhirnya suami malah pgn cpt2 pulang krn kangen sama anak2 :)

Intinya sih ya, dgn kita + bayi keliatan mata aja sbnrnya udah bikin hatinya tenang :) kan enak ngobrol2 sama org yg disayang.

Yup bener, babywrap itu ngebantu banget! Jd kalo udah terdengar suara2 suster mendekati, lsg peluk aja anaknya kenceng2, agak ditutupin gt pake tangan..dgn bahasa tubuh yg bgitu, tar suster2 pencubit itu jg bakal ngerti :)

Nungguin pasien di RS jg bikin gw jadi punya waktu utk nonton TV, jd tau gosip & acara2 + serial seru di TV! Hihihi..

Btw arza msh ASI? Kalo iya, sering2 susui aja. Krn ASI itu kan imunisasi alami :)

Yuuk ttp cemunguudh yaaa :) *hugs*

a life-enjoyer mama :)
www.ekadeau.blogspot.com
@ekadeau

18

Topic: Membawa Bayi ke Rumah Sakit

hi meizadhania,

turut prihatin yah. mudah2an suaminya cepet sembuh.. masalah colek colek pipi bayi ini emang bikin geram deh. ga di dokter, ga di mall.. kalo aku sih tega2in aja untuk ngelarang orang pegang2 muka and tangan bayiku (krn sekarang 7m, jadi tangan hampir constantly masuk mulut). pertama-tama emang agak ga enak. kayanya pelit and rese banget, orang mau pegang aja ga boleh. tapi aku mikirnya kan demi kebaikan bayi-nya. abis belum tentu mereka tangannya bersih, kan kasian bayi-nya.. :( pernah malah waktu itu di resto orang abis makan, belum cuci tangan, main mau cubit pipi aja. ngeselin.. aku sih paling bilangnya gini: "maaf ya mbak (sus), bradleynya jangan dipengang pipinya (or tangannya). kulitnya agak sensitive.. (or sekarang lagi makan tangan terus)" skrg ini toko2 yg rutin aku kunjungin udah tau dan ga megang2 lagi. mending aku yg dikira galak dibanding sampe kenapa2 deh..

19

Topic: Membawa Bayi ke Rumah Sakit

Sidta
Iya mom, ak optimis rawat jalan.. We do all the best.. Ak ngerasa jd ibu yg sebenernya, hehe.. Selama masih ada wrap, kerjaanku enteng.. Cuma plg kerumah maksimal sejam cuma buat ngedrop baju kotor dan ambil baju bersih dan malah sekarang dpt skill baru : NYUSUIN SAMBIL NYETIR hahah jangan ditiru yah.. Karena arza ga betah ditaruh di car seatnya

eka :') terharu punya temen seperjuangan.. Wah, brsyukur arza msh baby, jd blm trlalu rewel ga kebayang klo ada toddler, nyiapin makannya, mainan dsb..iya di kamar kerjaannya ngapain lagi?? Nonton+internetan+nonton lagi.. Hahaha
Arza Asi dan ak tiap saat nenenin dia.. Tp kdg krn bosen dikamar mulu arza ikut mkn tiap ak mkn, biasanya dia ngemut semangka.. Hehe

Mrs. Lindsay yuppp.. Masalah cuil mencuil pipi itu ngeselin.. Waduh, nyebelin jg ya kalo tgn kotor megang2..ck ck ck.. Harus diawasi bgt.. Higienis it's number one

20

Topic: Membawa Bayi ke Rumah Sakit

wah meizadhania turut prihatin ya. Mudah2an suamimu cepet sembuh.

Aku setuju kata sidta sebaiknya rawat jalan aja. Aku ga tega sama arza, kasian masih kecil harus nginep lama di RS. Semoga arza selalu sehat ya.

21

Topic: Membawa Bayi ke Rumah Sakit

An update..

Waktu suamiku sakit, aku diminta dokter untuk menemaninya CT scan di dalam ruangan yang di isolasi.

Awalnya aku menolak karena meninggalkan arza di kamar berdua dengan mamaku. Tapi dokter CT scannya maksa. Kata si dokter keberadaanku bisa mensupport suami.

Aku memang ngga masuk ke dalam alat Ct scan tesla itu. Tapi tetap berada di dalam ruangan yang sama. Alat itu punya radiasi tinggi. Sampai seluruh ruangannya di isolasi. Pintunya aja super kedap dan double door di rumah sakit.

Aku menyadari perubahan pada aku dan bayiku. Berat badan arza seret banget naiknya. 4 bulan cuma naik kurleb 1kg.

Aku baru baca di salah satu web di amerika, kalau nursing mother boleh menyusui setelah 24jam di CT scan. memang ga dijelaskan bagaimana dengan yg menunggunya.

Aku merasa kecewa, karena kenapa dokternya ngga tau tentang hal itu.

So, mommies.. Jangan sampai mengulangi kesalahan yg sama ya..

22

Topic: Membawa Bayi ke Rumah Sakit

Buat Arza dan mamanya..semoga sehat selalu dan diberi kesabaran...
Istri solehah, balasannya surga...

salam dari Arza *senior* nih...hehehheh

Find Me @Mama's Mall
Qibi Zaqibi
ARISAN BUKU YUUK

23

Topic: Membawa Bayi ke Rumah Sakit

Makasi aunty Piyut..

24

Topic: Membawa Bayi ke Rumah Sakit

wahh, serius spt itu meizadhania? kalo efek buat mamanya gimana? Arza sudah cek benar krn radiasi tsb BB nya naik seret?

- Provides a boy with the courage to explore the outside world -

@shalihare ||
http://dailyrolla.blogspot.com

25

Topic: Membawa Bayi ke Rumah Sakit

soRella
Aku belum nanya ke dokter cy. Coba nanti kalo ke dsa/obygn aku nanya.. Kemaren sempet mencari2 sebab berat badan arza naiknya susah tapi untung milestone nya lancar.. Yang jelas prosedur CT scan itu detail banget.. Banyak pantangannya..