1

Topic: Serba Serbi Lebaran

Lebaran tahun ini sangat berkesan soalnya tiba2 gue jd penjual baju koko+muslim anak huehehe ga pernah terpikirkan bakal jualan online *seriously* :D yg jelas lebaran kali ini bakal seru deh,soalnya kita sekeluarga besar ngumpul di rumah alm.kakek nenekku di Cibarusah,tanahnya luas dan ada sawahnya yg skrg jd milik ibuku,pengen liat Raffa main di sawah punya aki nininya,pasti seru bangett ^^

2

Topic: Serba Serbi Lebaran

irdhelia makanya gue tiap tahun kalo balik ke jakarta pas mudik lebaran, sengaja ngambil cuti panjang.. 2 minggu! jadi biasanya minggu pertama emang ga bisa deh ngerasain jajanan karena masih pada tutup, tapi minggu keduanya udah pada balik heheh..

untungnya di kantor emang ada peraturan mesti ngambil cuti panjang begitu tiap tahun, jadi selalu gue gunain buat cuti mudik :P

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

3

Topic: Serba Serbi Lebaran

Ga kerasa ya mom, lebaran sebentar lagi. Indahnya menyambut hari kemenangan. Tapi taun ini gw agak sedih nih, karena mamah tersayang sudah menghadap Allah SWT pada Februari 2011.

Mengenang mamah, lebaran taun ini mau mampir ke makam di Ciamis dan tentunya meneruskan tradisi masak opor Ayam+ketupat (hidangan wajib), kering kentang balado, semur lidah, kerupuk udang, dan es buah:)

Selamat menyambut bulan ramadhan ya bagi yang muslim.

sLesTa jangan dilupakan makanan khas betawi, kerak telor, ketoprak dan asinan betawi..nyam..nyam..

4

Topic: Serba Serbi Lebaran

yunitaariani, wah... seger bgt kayaknya sirup belimbing wuluh nya..., boleh dong contekan resepnya..., kebetulan depan rumah ortu ada pohonnya n suka kebuang buang tuh buahnya.... ;)

5

Topic: Serba Serbi Lebaran

mrs tody
Janji adalah utang! hahahha...jadi dikau berhutang padaku nama toko icuu.. :P
Tengkyuuu..kalo uda ketemu kabarin yaaa :*

Bibunya Raka dan Rayyi
Twitter : @tickzie
Tumblr : bibunyaraka.tumblr.com

6

Topic: Serba Serbi Lebaran

mrs tody mau donk di PM yg jual kue kering enyak itu. bosen jg beli kue kering yg sama udah bbrp thn terakhir ini, kali aja thn ini bisa berpaling :D thx yaa

bab ? atha ? kae ? nda

7

Topic: Serba Serbi Lebaran

knip hehe.. thanks buat sarannya. iya tuh udah lama ga makan kerak telor. tapi gue biasanya udah cukup puas bisa makan bakmi ayam GM, batagor & sate padang takana juo yang di benhil. hahaha..

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

8

Topic: Serba Serbi Lebaran

yunitaariani, sarrah
Belimbing wuluh sama belimbing sayur (yangk kecil-kecil itu sama ngga ya?). Di rumah juga ada pohonnya, buahnya juga banyak banget. Boleh dong minta resepnya juga :)

Ramadhan tahun ini aku ga ikutan puasa. Insya Allah lagi hamil 7 bulanan.
Sejak nikah, bulan puasa & lebaran udah pasti di rumah mertua (2007 & 2008). 2009 udah netap misah dari mereka, tapi bulan puasa lebih sering di rumah mertua. Kalo dari keluarga besarku, karena mereka ngga ada yang muslim juga, jadi aku ngga pernah ngelewatin bareng mereka.

Masakan di rumah mertua rata-rata masakan Padang & ada campuran masakan Bangka. Jadi lebaran tetep ada tekwan & mpek-mpek :).
Hari pertama biasanya ngider ke tetua dari keluarga alm. Mama mertua (Padang), hari kedua ngidernya ke tetua dari keluarga Ayah (Banggka).
Jadi mix deh ga melulu yang base santen makanannya.

Rumah ga didekor khusus, standar aja. Kue kering, biasanya beli jadi. Aku juga selama ini sedia di rumah kue kering yang beli jadi. Buat nastar, khusus order dari Pontianak (merk Legit*), Itu nastar paling maknyus menurutku. Gede-gede, dalemnya full, atasnya crunchy keju parut.

Pakaian, selama ini ngga pernah kembaran sarimbit nih. Apalagi pas 2007 baru lahiran, duh boro-boro mau sarimbitan, masih raribet urusan mompa-mompa ASI (aku e-ping soalnya). Sampe tahun lalu juga ga pernah sarimbit-an. Tahun ini, pengennya sih senada sewarna aja. Soalnya lagi hamil, lucuan dikit ah sekali-kali :)

Untuk di rumahku, tahun lalu sih aku masak cuma opor ayam, perdana bikin rendang sendiri, sama sambal goreng hati ampla. Udah 3 macem itu doang. Untuk ketupat sama sayur labu, beli jadi di mbok yang udah langganan. Harus masak, soalnya sholat Ied tetep di mesjid deket rumah. Jadi sebelum ke rumah mertua, makan dulu di rumah, ngider komplek, baru berangkat ke sana. Kue kering, sedia stok dari beli jadi pastinya :).

Hmmm, ga sabar ih pengen bulan puasa cepet-cepet, banyak jajanan ala Ramadhan soalnya.

Lina

9

Topic: Serba Serbi Lebaran

Lebaran taun ini mau jalan-jalan ke kampung neneknya suami di Garut.. yeeaayy.. kangen makanan kampung yg sederhana tp somehow super nikmat bgt dimakan.
Menu makan siang: nasi putih yg diaron n dimasak pake lesung diatas kayu bakar, sambel terasi bikinan uwak, ikan mas goreng hasil mancing di empang depan rumah, plus lalapan sayur yg dipetik lgsung dari kebon blk.
Menu camilan sore singkong rebus hasil karya embah buyut dan secangkir kopi panas sambil duduk-duduk di teras rumah ngeliatin anak n ponakan2 teriak2-lari2-loncat2.
Menu makan malem nasi liwet dgn lauk ikan mas bakar pake sambel terasi lagi...

Yummmm.... *ngeces* menunya sederhana bgt kan? *menu orang sunda bgt sih.. hehehe* tp gitu deh.. entah kenapa si opor ayam, sambel goreng ati, sama rendang keliatannya jadi kurang menarik.. :D

Such a wonderfull life I have at the moment

10

Topic: Serba Serbi Lebaran

waaa seru nih threadnya, puasa masih sebulanan lagi, udah bikin rencana dari skr..
hmm kalo gue lebaran mudik ke Bandung, secara ortu gue dan ortu suami di Bandung.
untuk baju biasanya jait seragaman gitu, tp tahun ini mau jaitin buat laki-lakinya aja, kita yg ceweknya pada mau pake kaftan yang udah jadi gitu.
kalo kue, gue dan nyokap beli di MENU, nama toko kuenya emang MENU. udah jaminan mutu sih. hehe *bukan agen menu yah*
untuk zakat juga diBandung sekalian. hmm masakan hari H, itu udah pasti masakan nyokap opor, lontong n sambal goreng hati. opor terenak sedunia *ya eyalah anaknya yg ngomong* ;)

Miguel is my Rocktober Baby
@siskaknoch

11

Topic: Serba Serbi Lebaran

ih ngiri deh kalo liat yang pada seragaman bajunya. gue tiap tahun niatnya mau seragaman, tapi ujung2nya ga jadi. abisan kalo seragam gitu kan mesti jahit, sementara gue ama suami biasanya baru nongol di jakarta sehari sebelom lebaran. kapan mau ngukur dan jaitnya? jadinya yah ujung2nya ga pernah seragaman, mentok2 akhirnya pake baju warna putih aja dengan aksen batik misalnya, yang penting serupa walopun tak sama heheh..

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

12

Topic: Serba Serbi Lebaran

siska.knoch setujuuuuu banget MENU juara deh ama TIZI juga sis..Aduh jadi ngiler..

sLesTa bakmi GM emang juara deh, pangsit goreng bisa abis sendiri itu gw satu porsi yang isi 10 :p.

lina pempek boleh juga tuh, gw tambahin di menu lebaran taun ini..makasih udh memberikan gw ide:)

13

Topic: Serba Serbi Lebaran

lebaran taun ini... dag dig dug dueeerrr nungguin lahiran, karena due datenya kurleb pas lebaran...

sedihnya ngga bisa pulang kampung (lagi) deh... hiks hiks...

tapi tetep excited... karena orang tua & sodara2 katanya pada mau dateng ke jakarta... asiiiiiikkk... semoga sekalian bawa kado lebaran + lahiran yg banyaaaakkk... :p *ngarep dot kom

healthy, happy, beauty inside out... :)
my instagram
my blog

14

Topic: Serba Serbi Lebaran

aahhh senang bgt ada ada thread ini..udah mulai berasa ya euforia lebaran. kebetulan insyaallah tahun ini adalah mudik lebaran pertama kita ke tanah air. tiket udah jauh2 hari dibeli. tahun2 sebelumnya ga bs mudik krn waktu itu br awal2 hamil, n baru lahiran. nah insyaallah skrg mudik lebaran udah bawa toddler :) dan jg sama kya Slesta ini skalian cuti panjang 3 minggu, jd bs puas jalan2 n jajan2.

yg pasti gw excited bgt nyambut lebaran kali ini..persiapannya:

baju:
pengen siy kembaran tp ga sempet bikin jg, paling make yg warnanya samaan aja.

makanan:
pgn nerusin tradisi alm bokap klo lebaran, ada rendang, kering tempe, balodo teri kentang, black forest, manisan kolang kaling. tapi kali ini gw tambahin mpek2. untuk rendang gw udah pesen sama tmn di twitterland. oiya buat yg nanya kue kering nyokapnya tmn bikin niy, gw udah pernah nyobain yg kastengel, aslik itu enyakkk bgt habis sekejab setoples ma gw. nah niatnya lebaran ini gw mo pesen ma beliao. tapi dia tu bikin sesuai pesenan aja, ga ada yg ready (ga heran rasa n kualitasnya bagus), tapi minimal 1 mcm kue 6 toples. hayo ada yg mo barengan pesen ga? biar menuhi kuota hehehe.

dekor
hmm rumah siy ga diapa2in..paling pasang karpet, sama 2 hari sblmnya laundry2 gorden n cuci lampu2 dan pajangan2..intinya cm bersih2 aja.

tujuan silaturahmi
kebetulan lagi ini lebaran pertama mertua di jkt, sblmnya mreka dinas di daerah. jadi paling hari pertama gw ngajak nyokap gw (kbetulan keluarga kandung gw tinggal satu2nya yaitu nyokap) ikut silaturahmi ke keluarga mertua, abis itu hari k2 baru deh ktmpt om n tante2 dari nyokap n alm bokap.

smg puasa kita jg lancar ya mamas..

http://preciousstoriesofus.blogspot.com/
follow me @mommykanyazoya

"By and large, mothers and housewives are the only workers who do not have regular time off. They are the great vacationless class."

15

Topic: Serba Serbi Lebaran

sLesTa,
di singapur ga ada tukang jait kaya kita disinikah? serius nanya, hihi soalnya disini kan dimana-mana banyak. di pasar tebet aja bejibun tukang jait...klo disana gw ngga kebayang sih ada tukang jait model gitu. mungkin langsung butik2 aja ya?

btw lebaran taun ini belum puasa aja rasanya udah mellow soalnya kemungkinan besar nggak sama suami. Lebaran ini pas diitung-itung pas jadwalnya suami on di site alias kerja. Mellow karena ngga ada suami dan mellow ngebayangin ngga ada ART, ga ada suami, di rumah bertigaan aja sama 2 anak. Klo ngga dapet infal mungkin mau ngungsi aja ke rumah mertua biar gak sepi *ini emang curhat*

ada yang pernah ngalamin ga? bisa share mungkin?

btw sarimbit itu apa sih?

metariza.com | mother of two |@metariza

16

Topic: Serba Serbi Lebaran

@Chika,
beli kaftan dimana? pengen punya kaftan belum kesampean aja euy...

@mrs doyi
waaa seru juga klo lahirannya pas lebaran...apalagi seluruh keluarga ngumpul tuh. Diaminin deh semoga pada bawa kado semua, hehe

metariza.com | mother of two |@metariza

17

Topic: Serba Serbi Lebaran

Gue sih di Jekardahh doank haha, karena males pulang ke Sumatra (Jambi) di kampung bokap, udah tiketnya mahal, gue kan pas lebaran habis ngelahirin jadi manaaa mungkeeen bawa bayi belom sebulan mudik jauh???

*emang dasarnya gak pernah mudik aja sih*

Bagi gue Lebaran yg penting asalkan sama nyokap (bokap udah ga ada) dan kedua adik gue plus tante (yg tidak menikah, tinggal di rumah nyokap dan udah kaya kakak sendiri) udah cukup :)

Gak perlu baju baru juga sih, udah bertahun2 gue ga beli baju baru kalo mau Lebaran - terakhir punya baju Lebaran baru mungkin dua belas tahun lalu sebelum gue kuliah ke Jerman.

Yg udah hebioohh Lebaran mendatang tentunya nyokap gue...kan Lebaran pertama dgn cucu pertama ;)

18

Topic: Serba Serbi Lebaran

metariza wrote:
sLesTa,
di singapur ga ada tukang jait kaya kita disinikah? serius nanya, hihi soalnya disini kan dimana-mana banyak. di pasar tebet aja bejibun tukang jait...klo disana gw ngga kebayang sih ada tukang jait model gitu. mungkin langsung butik2 aja ya?

btw lebaran taun ini belum puasa aja rasanya udah mellow soalnya kemungkinan besar nggak sama suami. Lebaran ini pas diitung-itung pas jadwalnya suami on di site alias kerja. Mellow karena ngga ada suami dan mellow ngebayangin ngga ada ART, ga ada suami, di rumah bertigaan aja sama 2 anak. Klo ngga dapet infal mungkin mau ngungsi aja ke rumah mertua biar gak sepi *ini emang curhat*

ada yang pernah ngalamin ga? bisa share mungkin?

btw sarimbit itu apa sih?



Nanti kita main2 donk yah pas Lebaran, rumah mertoku di deket Rasamala situ yah Mets?

Kasian jugaaa si Om Pandu sendirian di site, gak ada anak2 dan istri tercinta, hiks hiks...apa ga boleh cuti semingguuu aja?

19

Topic: Serba Serbi Lebaran

@peachmargarita
rumah mertua di cipete Met...
gatau deh nih, soalnya kan semua juga pengen lebaran sama keluarganya. Mudah-mudahan aja ada yang ngga lebaranan yang bisa cover Pandu di site *amiiiinnn*

metariza.com | mother of two |@metariza

20

Topic: Serba Serbi Lebaran

eitss...ada thread ini...

nyiapin lebaran yang paling awal pastinya nyiapin bulan puasa n ngejadwalin menu buka puasa n sahur dulu, biar ga pusing tiap pagi n bisa nyiap2in malemnya sebelum tidur biar pas sahurnya masaknya cepet...

yang kedua karena kami mudik ke 2 benua, borneo dan java... ya tentunya dari jauh2 hari dah hunting tiket...

btw pengen share aja tahun kmrn sempet bikin catet-catet pos-pos budget seputar lebaran versi akyuuuu tentunya...hehehe...

---

Apa aja ya... pos-pos budget selama bulan ramadhan- syawal...?
kali ini topiknya catatan dapur emak-emak nih...
kira-kira apa aja ya...yang perlu dianggarkan selama bulan ramadhan di luar budget rutin yang lain?

yang pertama, wajib dan utama...
- investasi akhirat 1 : zakat (fitrah) yang wajib...
- investasi akhirat 2 : zakat (lain) infaq, dan sodaqoh (misalnya memberi makan orang berbuka, menyantuni anak yatim, dll dll...)
- investasi dunia : tabungan dan investasi rutin (jangan juga terabaikan karena banyak investasi akhirat di bulan ini)

yang kedua, ga wajib tapi biasanya perlu...
- THR, uang transport untuk ART yang mau mudik (if any)
- THR untuk asisten di kantor dan di rumah (OB, satpam, dll, if any)
- Buka bersama (signifikan buat yang sering nih...biasanya buka bersama kan tempatnya spesial gitu ya, jadi budget nya spesial juga lah...)
- kostum lebaran untuk keluarga inti (gamis/tunik, jilbab, baju koko, mukena, sarung, dll)
- bingkisan untuk keluarga lain (orang tuan, mertua, kakak adik, keponakan, dll, dll... biasanya pakaian atau kue kering, atau yang lain...kalo yang mudik sekalian jadi oleh-oleh gitu deh...)
- angpaw (biasanya sih ditukerin uang baru, terus ditakerin deh jatah tiap orang...untuk keluarga yang kecil-kecil...keponakan...misalnya...)
- kue lebaran dan hidangan lebaran (ini sih buat yang model "pejabat" gitu ya...biasanya kan open house gitu... :)

yang ketiga, ini khusus buat yang mudik (pengalaman sangat pribadi :)
- Transport mudik (BBM kek...tiket kek...)
- Konsumsi di perjalanan selama mudik
- Liburan di tempat mudik (yah barangkali mau ke tempat wisata gitu...kan perlu tuh tiket, konsumsi...)
- Belanja di kota mudik (biasanya nafsu belanja meningkat...karena banyak barang unik yang pengen dibeli...ya baju lah, apa lah...)
- Oleh-oleh buat dibawa balik (buat tetangga, temen-temen, officemate, dll dll)

itu yang baru kepikir... semoga berguna deeeh...

eniwei semoga THR nya (yg dapet) pada cukup ya...sukur-sukur berlebih...Ammiinn :)

belajar terus... jadi ibu-ibu :)

21

Topic: Serba Serbi Lebaran

@metariza Samaan Met, gw juga mellow karena kayaknya lebaran tahun ini nggak sama suami. Dia baru pindah kerja dan belum tahu bisa pulang lebaran ke Indonesia atau nggak. Kayaknya gw bakalan pulang sendirian aja ke Padang.
Btw, sarimbit itu baju bapak ibu anak samaan gitu loh met. Duh kok jadi susah juga ngejelasinnya :)

22

Topic: Serba Serbi Lebaran

lebaran tahun ini gue mudik! yay!
udah lama bangeeeeets gak ngerasain lebaran di indo, terakhir 6 tahun yg lalu kayaknya.
eh sebenernya gue mudiknya justru pas puasa sampe lebaran hari pertama tok (eh lebaran tgl 30 apa 31 agustus sih?)
soal menu mah gue gak pusing karena gue pasti akan makan semuanya! haha
soal baju? wah belon kepikiran tapi gara2 thread ini jadi ke inget deh. udah lamaaaaa banget gak beli baju lebaran, ntar di jakarta minta beliin nyokap ah..hihi *anakgaksopan*
alyssa juga belon pernah punya 'baju lebaran'.. sekalian nodong utinya ntar!

duh ngomongin lebaran di indo gue udah bahagia duluan belon2 :)

23

Topic: Serba Serbi Lebaran

fanny wrote:


duh ngomongin lebaran di indo gue udah bahagia duluan belon2 :)




ahahahah..tossss fan..gw kira gw doank yg udah senyum2 klo inget lebaran..ini aja gw 2th lebaran di negri orang udah ga sabar mudik, aplg dirimu ya yg udah 6x lebaran ga pulang2 :).

http://preciousstoriesofus.blogspot.com/
follow me @mommykanyazoya

"By and large, mothers and housewives are the only workers who do not have regular time off. They are the great vacationless class."

24

Topic: Serba Serbi Lebaran

Gue biasa beli pempek, nuna cookies, sama rendang natrabu.. Saweranbuat makanan lebaran, trus bungkus bawa pulang hehe

And thelilsolder is back. Fire!

25

Topic: Serba Serbi Lebaran

Gue biasa beli pempek, nuna cookies, sama rendang natrabu.. Saweranbuat makanan lebaran, trus bungkus bawa pulang hehe

And thelilsolder is back. Fire!