1

Topic: Bidan atau Dokter ?

lagi hamil anak kedua nih moms. aku dl di lahiran anak pertama di rs, sengaja balik dari perantuan pas cuti bersalin biar ditangani di rs besar, dokter bagus :p alhamdulillah puas yaa

sekarang anak kedua mikir2 mau lahiran balik ke kota, bawaanya banyak, kayanya mau lahiran di rantau aja. tapi ga mau di RS,secara RS cm satu n ga sregggg bangeeett sm RSnya..
jadi rencananya mau dibidan aja.
tadinya masih maju mundur, tapi baca thread ini kok ya keyakinan naik jadi diatas 80% buat lahiran di rumah dgn bidan :)
mohon doanya, moga2 hamil yg kedua ini ga bermasalah kayak hamil anak pertama kmrn ya moms :)

^always learning to be a good wife for abi and good mom for zaki^

2

Topic: Bidan atau Dokter ?

sebenarnya lahir dibidan or dokter sama saja.. tapi aku si lebih prefer pake dokter, waktu anak ke 2 lahiran usaha normal sudah sampe pembukaan 10 tapi ternyata kekuatan habis susah mengejan sampe 1/2 jam akhirnya emergency cesar... untung dd nya lahir sehat.. jaga2 saja kalau ditengah jalan ketemu kesulitan jadi ga perlu pindah2 ke rs lagi

3

Topic: Bidan atau Dokter ?

sebenarnya lahir dibidan or dokter sama saja.. tapi aku si lebih prefer pake dokter, waktu anak ke 2 lahiran usaha normal sudah sampe pembukaan 10 tapi ternyata kekuatan habis susah mengejan sampe 1/2 jam akhirnya emergency cesar... untung dd nya lahir sehat.. jaga2 saja kalau ditengah jalan ketemu kesulitan jadi ga perlu pindah2 ke rs lagi

4

Topic: Bidan atau Dokter ?

Lagi hamil anak kedua.waktu anak pertama dokternya baru dateng 10 menit setelah anakku keluar.yg skrg hsl usg juga menandakan hsl yg bagus.yg bikin pengen pindah ke bidan krn pas terakhir periksa dibilangin kl minggu depan blm mules kita periksa dalem ya...waa saya kok lgs kena panic attact ya.jdnya mulai menimbang untuk ke bidan aja yg lebih sabar nunggu.

You complete me...

5

Topic: Bidan atau Dokter ?

bidan atau dokter... yang penting sehat selamat ibu dan baby-nya.

tapi para mama pasti punya preferensi sendiri. kalau aku sih pas melahirkan dua-duanya sama dokter. emang pas banget dokternya ngga kemana-mana.

? love to write and run - a bus transjakarta passenger ?
@ninityunita

6

Topic: Bidan atau Dokter ?

Hamil yg sekarang malah pingun sama bidan. Soalnya kl dokter pasti ngga support vba2c, krn risky. Pdhl dl anak 1-3 sama dsog terus, nah skrg pindah kota jadi ga nemu dsog yg siiip ky di sby, cari bidan gentle birth aja deh, semoga blh trial of labour :)

A person's a person, no matter how small.
(Dr. Seuss)

7

Topic: Bidan atau Dokter ?

Waktu hamil pertama, sama dokter dan alhamdulillah bisa lahiran normal. Trus hamil kedua, awalnya masi bingung mo dokter atau bidan, jd konsul pake dua - duanya. Pas 7 bulan, makin mantep pgn ke bidan krn bidanny udh pengalaman bgt. Akhirny maret 2015 kmrn, lahirlah anak kedua ku di bidan dgn selamat dan normal. Dr pengalaman sendiri sih, lebih nyaman sm bidan krn bu bidan hanya terfokus sm si pasien yg mo lahiran dan suasananya ga crowded ky di rumkit jd bisa tenang lah pas ngeden + homey bgt deh kamar rawat inapnya... Selain itu, kt mama mertua, jahitanny jg lebih rapih dan telaten ketimbang dokter. Dan yg pasti jg biayanya ga sebesar klo dgn dokter di rumkit yaa..

8

Topic: Bidan atau Dokter ?

Sewaktu hamil aku kontrol ke dokter dan juga bidan. kenapa ke bidan juga, karena aku mau home water gentlebirth dengan bidan. tapi untuk jaga2 aku juga kontrol ke dokter

9

Topic: Bidan atau Dokter ?

bidan atau dokter sama aja kayanya ya..
Lebih enak kemana juga tergantung masing2 personal pas kedapetan bidan atau dokter yg sreg atau ga..
Tapi mau sharing pengalamanku nih..
Dulu waktu hamil konsul sama dokter, dan niatnya juga lahiran sama dokternya juga..
Tapi pas saat lahiran, *babyku lahir sebelum waktunya krna pendarahan dan tetep kekeuh mau normal* yg nanganin malah bidan2 yg ada di rs..
Setelah induksi 24 jam dan hanya menghasilkan bukaan 1*si dedek masih jauh dri panggul* eh akhirnya sang dokter baru muncul dan memutuskan untuk cesar..

Mungkin kalo normal tetep ditangani sama bidan2nya kali yak..

10

Topic: Bidan atau Dokter ?

Aku juga kemarin 2 anak lahirnya dibantu bidan yang di rumah sakit. Periksa rutinnya sih sama dokter, tapi pas melahirkannya sama bidan.
Anak pertama memang kontrol sama dokter tapi selalu didampingi bidan pilihanku krn bidannya ini ibunya sahabatku, kebetulan bidannya ini bidan senior yang dampingi dokter saat proses melahirkan. Jadi krn merasa lebih nyaman aja krn udah kenal sama bidannya.

Pas melahirkan anak kedua di rs yang sama, kontrol tiap bulan sama dokter yang sama, tapi anakku lahirnya kecepetan seminggu dari perkiraan lahir. Hampir aja melahirkan di dalam mobil menuju rs. Jadi pas datang udah langsung pembukaan 10 jadi begitu kontraksi langsung ngeden aja. Dibantunya sama bidan yang lagi jaga (piket) dan kebetulan bidannya ini instruktur senam hamilku jadi dibantu gitu pake teknik2 yang dia ajarin wkt di kelas, dan memang udah bukaan 10 juga sih jadi udah tinggal ngeden aja ga mikir apa2 lagi.

Aku memang pengin banget melahirkan cara normal, dan mikirnya kalo normal ya sama bidan aja, kecuali kalo ternyata harus operasi ya berarti sama dokter. Dokternya juga laki-laki sih jadi aga risih, lebih sreg pake bidan kalau untuk persalinan.

a life-enjoyer mama :)
www.ekadeau.blogspot.com
@ekadeau

11

Topic: Bidan atau Dokter ?

Saya anak pertama melahirkan di rumah sakit, anak kedua milih melahirkan di bidan karena dekat dengan rumah. Tetapi selama hamil tetap mengusahakan 1 bulan sekali ke dokter untuk memantau perkembangan dedek bayi. Melahirkan di bidan memang enak dengan catatan kondisi selama hamil tidak ada yang gawat darurat.

12

Topic: Bidan atau Dokter ?

Kakak ipar 2x melahirkan di bidan, semuanya lancar. Bidannya juga udah berumur dan bidan delima. Suka salut sama teman-teman yang melahirkan di bidan. Ada juga teman yang waterbirth di rumah dan dibantu bidan.

13

Topic: Bidan atau Dokter ?

Sedikit share pengalaman (sekaligus bertanya)....

Di awal kehamilan aku, aku dan suami sempat berencana melahirkan di bidan saja. Alasannya karena lebih dekat dari rumah dibanding harus ke RS, soalnya suami aku orangnya panikan :p

Tapi seiring berjalan waktu, ada kekhawatiran di bidan itu dari sisi perlengkapan agak kurang, jadi in case ada "something bad" happens, takutnya persiapannya kurang. Apalagi ini kehamilan pertama saya setelah sempat "sulit" hamil di awal-awal, jadi kami berdua benar-benar ingin memastikan yang terbaik :)

Menurut bunda2 disini yg udah berpengalaman, apakah ketakutan saya ini berlebihan? :|

The greatest career a woman can achieve is to be a caring mother :)

14

Topic: Bidan atau Dokter ?

Ketakutan yang wajar, Mom, apalagi anak pertama. Saya rasa semua ibu juga merasakan ketakutan itu. Mom leenona, dipastikan dulu semua kondisinya menjelang melahirkan nanti untuk meminimalisir ketakutannya. Misalnya Hbnya normal atau gak, tekanan darahnya normal atau gak, air ketuban cukup atau gak, letak bayi sungsang atau gak, posisi kepala bayi udah masuk panggul atau belum, bayi terlilit tali pusar atau gak dll.

Juga ikut saja feeling sendiri. Kalau memang semua kondisi ibu dan janin sehat, dan sreg pakai bidan yah gpp lahiran di bidan, tetapi klo feeling mengatakan mendingan lahiran di RS, ikuti saja kata hati ;)

15

Topic: Bidan atau Dokter ?

leenona, alhamdulillah dua anak saya semuanya lahir di bidan, yang pertama cukup lama, kedua lancar dan cepat.

Wajar sih menurut aku apalagi kalau hamil anak pertama tapi kalau mamanya sendiri udah sreg & percaya dengan bidan tsb biasanya khawatirnya lebih sedikit, info lainnya setuju dengan mama fety.

16

Topic: Bidan atau Dokter ?

Anak pertamaku lahir di klinik bersalin dibantu dokter yang sebenernya aku kurang sreg sama ini dokter tapi alhamdulillah lancar. Pas hamil anak kedua sempet periksa ke dokter (bukan dokter yang nolong lahiran anak pertama) dan ke bidan karena galau juga mau lahiran di dokter atau di bidan.
Setelah pemeriksaan ini itu, usg, tes darah, dsb dan hasilnya baik2 aja untuk lahiran normal langsung mantep untuk lahiran di bidan aja. Menurut aku lahiran di bidan lebih nyaman karena lebih private lingkungannya dan lebih minim intervensi medis yang ga perlu. Selain itu dari segi biaya jelas lebih murah daripada dokter.
Jadi lahiran di dokter atau di bidan disesuaikan aja sama kondisi dan feeling kita sendiri. Cari dokter atau bidan yang bener2 sreg di hati, ga dosa kok kalo kita nyoba periksa hamil di beberapa dokter atau bidan dalam rangka nemu yang cocok di hati.

17

Topic: Bidan atau Dokter ?

leenona
ketakutan semacam itu wajar banget kok ma,apalagi masih anak pertama kan :)
yang jelas kalau mau melahirkan di bidan,cek dulu apakah semua normal,baik dari ibu dan bayinya. terus,kalau bisa juga pilih bidan yang bagus,karena ngga semua bidan mengerti apa yang harus dilakukan jika terjadi hal yg ngga diinginkan,cari bidan yang cocok dan sreg di ibu dan suami juga.

Jangan lupa cari informasi RS terdekat yang alat2nya lengkap,jika ada hal2 ngga diinginkan,jadi lebih dekat ke RS nya :)

Kalau saya sendiri 3x melahirkan semuanya di bidan,yang pertama di RS tapi tetap yaa bidan juga. makanya yang kedua dan ketiga juga memiliih di bidan,kebetulan juga bidannya sudah pro,jadi ngga khawatir.

Semoga membantu ya ma..

Love my kids

twitter & IG : @ndiievania
blog : https://ndiievania.wordpress.com/

18

Topic: Bidan atau Dokter ?

kalo aku pribadi sih lebih nyaman ke bidan bisa ngobrol banyak gitu hehehe.. doakan aku yah semoga kehamilan ku lancar2 ajahh :) yu sharing nutrisi kehamilan dong

19

Topic: Bidan atau Dokter ?

sama banget akuĀ  juga periksanya ke bidan hehehe lebih nyaman dan bidannya lebih ngertiin trs ramah

20

Topic: Bidan atau Dokter ?

ikutan sharing ya mom, aku cek hamilnya ke dokter kandungan sekalian pergunain asuransi sayang kalau ga di pakai :D

21

Topic: Bidan atau Dokter ?

aku juga mau ikutan sharing yahh
aku juga lebih nyaman ke bidan karena emg lebih personal sih jadi nyaman bgttt

22

Topic: Bidan atau Dokter ?

Mau bidan atau dokter, sama baiknya kok. Setiap orang pasti punya pertimbangan sendiri kan? Yang penting sehat selamat. Gituuu.

... a counselor, a role model and often a friend to her children
Twitter & Instagram: @honeyjt

www.honey-scrapbook.blogspot.com

23

Topic: Bidan atau Dokter ?

iya bener, dokter sama bidan pasti sama2 baik dan bagus,, sesuaikan juga sama kantong :P kalau aku berhubung masih bekerja jadi aku ke dokter kandungan sih :D

Topic: Bidan atau Dokter ?

Kalo aku, urusan usg dan beberapa hal di SPOG. Soal belajar pijat payudara, latihan napas dan teknik persalinan di Bidan. Jadi dateng ke dua-duanya. Sama ditambah konsul ke Halodoc kalo lagi ada masalah urgent, soalnya dokternya ready 24 jam. Ga harus antri panjang kaya ke SPOG langganan.