1

Topic: Menu Sahur dan Berbuka Puasa

menu alakadar kehabisan ide .belum kepasar , kulkas kosong. ( tadi sahur)

cuci bersih daun selada, cuci bersih toge kaki pendek.
telur sebutir di dadar lalu gulung dan iris halus halus.
iris halus selada.
buat bumbu kacang atau pake bumbu kacang jadi .kasih air sedikit.

tata di mangkuk. selada dibawah. toge pendek diatas. siram dengan bumbu kacang. permanis dengan irisan telur dadar

Selada bisa digantikan oleh sayuran lainnya. hihi...

lumayan. soalnya aku belum belanja. dan kulkas memang sengaja dikosongkan dari sayuran dan bahan makanan segar .dalam rangka persiapan mudik. :D

2

Topic: Menu Sahur dan Berbuka Puasa

lusa yang lalu buat cincau hijau.

1 genggam daun cincau hijau di cuci bersih ( pilih yg tidak terlalu tua dan tidak terlalu muda)
350 ml air matang yg hangat kuku.

cuci bersih tangan kita. remas daun cincau mengunakan air. sampai lendirnya keluar. meremas jangan terlalu halus. karena baunya nanti sengir.

setelah lendir keluar. aduk agar rata dengan air. saring ke wadah. dinginkan di ciller atao bisa dimasukin ke freezer.

banyakx air berpengarauh sama tingkat kekenyalan pembekuan. sama suhunya juga. gak bakalan mengental kalo pake air yg dingin.

hasil buatanku. seperti jelly. terlalu cair jadi gak bisa dipotongin.karena terlalu banyak air dan air tidak hangat dan aku meremasnya terlalu halus. jadi warna hijaunya butek juga. sangir .

3

Topic: Menu Sahur dan Berbuka Puasa

Moms masih sepi ya trit ini di puasa kali ini..... Ayo posting donk buat tambahan ide2 .....kl gw yg pasti ada minum an yg seger2 Keynes campur, es blewah atau es condol....kl cemilannya tahu isi, bakwan sayur atau bakwan jagung atau Tempe Mendoan...kl menu lauk sih sama ky hari2 biasanya aja

4

Topic: Menu Sahur dan Berbuka Puasa

keke lexlun, baru haripertamasoalnya,masih pada sibuk heheh..

kalo gw sahurtadi pake opor ayam,menu bukapuasanya pasti lebih meriah, apalagi hari pertama, ada rendang,opor, es buah, es teh manis, gorengan, dan lontong dengan sambel kacang, nyammm..

twitter and IG: @zataligouw
Blog : http://www.zataligouw.com/

5

Topic: Menu Sahur dan Berbuka Puasa

Hehe.. halo mommies, masi newbie ni, nyoba nge-post pengalaman awal puasa kali ini ya...:) pas banget buka thread ini abis buka puasa. jadi semangat deh nulisnya.

@keke lexlun: sama banget td pagi juga sahur pake opor. hehe, sisa tadi malem, yang pagi2nya dipanasin lagi deh..:p

untuk puasa kali ini, berhubung anak 2 biji (habibie 2th 2 bln, narendra 9bln), jadinya bikin beberapa menu lauk sahur dan buka yang anak2 juga bisa makan (untuk habibie ya tentunya:D). Dan karena mbak-ku cuma 1 (untuk mengurus segala isi rumah dan anak-anak dan segalanyaa...-_-"), jadinya aku siapin menu yang bisa masuk freezer dan bisa dibuat dengan cepat kayak:

- ayam ungkep
- ikan mujair di bumbuin
- daging bumbu saos tiram
- cumi di cuci trus dikasi bawang putih dan merica (dibejek2 trus masuk freezer)
- ayam direndem bawang putih dan merica (buat bikin ayam kfc abal2 :p)

untuk daging bumbu saos tiram gampang bikinnya, 1/4 kg daging khas dalam dipotong2 seukuran jari, trus dikasi saos tiram, bawang putih, dan merica dialusin. trus di bejek2 (haha, ga tau bahasanya), trus aku taro tupperware masukin freezer. Trus di tupperware terpisah, aku siapin paprika merah/hijau dipotong kotak2 dan bawang bombay iris tipis. taro di kulkas bawah. Jadi pas sahur tinggal tumis bombay dan paprika sampe setengah matang, trus tumis daging dan bumbunya, abis itu disatuin semuanya. kalau perlu tambahin air biar berasa banyak bumbunya. ^^ hehe, enak deh.. anakku si habibie juga doyan tuh.

kalo ayam ungkep dan ikan bumbunya sih kalo lagi sadar, bikin sendiri, tapi kalo males pake bumbu jadi aja. hehe. Selain itu menu lainnya kayak biasa aja, seperti soto, sop ayam ,sop daging, sop iga...

untuk menu seger2 buka puasa juga masih standar, kayak es blewah, es campur, es buah, pisang goreng, pisang coklat keju, ama buah2 aja kayak semangka dan anggur.

hehe.. mungkin ada mommy lain yang punya ide masak nih.. masi bingung juga mikirin menu2 selanjutnya nih... Selamat puasa semuanyaaa^^

6

Topic: Menu Sahur dan Berbuka Puasa

shelly0210, makasih resepnya, kayaknya cocok banget buat gw praktekin nih..

makasih dan selamat berpuasa juga yaaa...

twitter and IG: @zataligouw
Blog : http://www.zataligouw.com/

7

Topic: Menu Sahur dan Berbuka Puasa

shelly0210
*toss* ayam ungkep adalah andalan kita. Kalo pengen digoreng, tinggal ambil dari freezer, digoreng, jadilah ayam goreng gurih... Ki-Ka pun sukaa.. :D

-WiwiT-
An ordinary bunda of twin amazing angels, Kira and Kara Setyadi
@wiwidwadmira | the Setyadi's

8

Topic: Menu Sahur dan Berbuka Puasa

Hollaaa..., sebentar lagi puasa nih dan saya udah agak deg2an karena pada dasarnya gak bisa masak.

Tahun ini saya niat banget buat nyiapin segala macem buat puasa, terutama buat sahur (kalau buat buka senengnya beli karena begitu banyak makanan dan jajanan enak dan murmer bertebaran deket komplek ;p)

Bahkan saya udah bikin list apa aja yang harus distok dan dibikin menjelang puasa ini spt kurma, madu, mie, pasta, bumbu instan spagetti, rendang beku, dll.

Urban mama, bagi2 tips dan resep di sini yaaa, kalo bisa yang gampang2, buat sahur..., makasihhh..

twitter and IG: @zataligouw
Blog : http://www.zataligouw.com/

9

Topic: Menu Sahur dan Berbuka Puasa

Zata,
menu sahur andalan yang praktis disini abon daging sapi. baik yang bocah maupun yang besar, doyan semua. Stock wajib melimpah. Apalagi sekarang abon macamnya makin banyak ya, bukan cuma daging sapi. jadi lumayanlah, lebih variatif. Selain stock abon, bikin stock ayam ungkep dan kering tempe yang banyak. Kering tempe pakai kacang dan teri medan itu maknyus banget deh. Biasanya kalau puasa jadi malas masak yang ribet. Sambal pun aku stock sambal botolan macam sambal bu rudy. Kulkas mendadak penuh kalau menjelang puasa.. :D
Paling masaknya cuma bikin takjil doang. bikin es yang macam-macam dan segar itu seru. Apalagi kalau puasa kan banyak pasar jajan dan makanan kalau menjelang berbuka. Jadi dibikin mudah aja lah. (aka. mama malas ribet)

-WiwiT-
An ordinary bunda of twin amazing angels, Kira and Kara Setyadi
@wiwidwadmira | the Setyadi's

10

Topic: Menu Sahur dan Berbuka Puasa

paling sering buat es campur. Tinggal beli cincau, sirup Mar*an melon, nata de coco trus campur.

Kalo mulai bosen, bisa ditambahin bahan lain seperti buah atau kolang kaling.

hehe

11

Topic: Menu Sahur dan Berbuka Puasa

di sini kami sahurnya roti & smoothie buah2an :D
Soalnya nyiapinnya paling cepat dan gampang (bisa sambil setengah merem, hihi). Isi rotinya biasanya keju telur selada dkk.
Trus makan roti ini nggak bikin cepat lapar. Asal rotinya yg dibuat dari tepung gandum wholemeal.

Kalau mau lebih awet lagi, biasanya kami bikin bubur oatmeal (tapi bukan yang quick-cook ya). Tinggal tambahin butter, gula jawa, potongan pisang, sama kayu manis dikit. Aduk2, makan deh.

Tapi kalau hidangan berbuka puasa... nah itu lain cerita. Gue bisa yang bela-belain masak makanan Indonesia tiap hari buat buka puasa, biar kata bukanya cuma pake gorengan bala-bala :lol: Minimal dua hari sekali, kolak, bubur kacang hijau & bubur biji salak harus ada di rumah hihi.

12

Topic: Menu Sahur dan Berbuka Puasa

Aku ikut menyimak aah,soalnya adek mau mulai puasa tahun ini,jadi bisa buat referensi dia :D

Biasanya kalo puasa,menu sahur yang pas itu apa sih? Yang ngga bikin cepet laper tapi cukup ber-energi untuk aktivitas seharian :)

Love my kids

twitter & IG : @ndiievania
blog : https://ndiievania.wordpress.com/

13

Topic: Menu Sahur dan Berbuka Puasa

Buat sahur kali ini udah nyetok aneka abon dan rendang juga hehe biar kalo sahur tinggal buka toples aja hahaha jangan ditiruu. Tapi seriusan soalnya bakalan ribet aku harus masak MPASI Kianna dan bekal Affan ke daycare juga. Ga akan sempet masak lain-lain :(

thedytaputri.blogspot.com

14

Topic: Menu Sahur dan Berbuka Puasa

yuk moms,.. share lagi menu sahur nya.. haha,.. kering ide ni buat anak2
kalau buat saya sih cuma varian buah aja paling, cuma dipotong2 doang. Buat anak2 itu yg mikirnya lumayan. Mana anak2 kan aktifitasnya tetep banyak ya, tetep basketlah, tetep lari2 sama temen di sekolahlah, jd klo sampe kurang semangat sahurnya terus lemes siangnya, kayanya guilty gitu ya :)

kalo menu sahur anak2 2 hari ini sih spageti - kemarin (netta bolognese, nathan aglio oilo pedes), dan nasi goreng - tadi pagi (nas gor telor sayur ga pedes buat netta, pedes buat nathan)

Takjil kmrn es puding sama bakso cuanki beli via ojek online :)
Hari ini mo bikin cendol plus bala2

moms masak apa...? nyontek dooong :)