1

Topic: Induksi

moms, nyoba nyari2 kayanya blm ada yg ngebahas topik induksi secara khusus, maksud gue induksi buatan ya, bukan yang alami..

mau nanya, ada yang pernah diinduksi gak buat kelahiran anaknya? terus terang, gue sendiri lahiran anak pertama pake induksi di 38weeks karena plasenta gue udah ngalamin pengapuran sejak week 36. kebetulan sekarang gue lagi hamil anak kedua, masuk 33weeks. karena dulu gak pernah ngerasain yg namanya nunggu hari, ko yg sekarang jadi deg2an ya?! jadi berasa pengen minta induksi lagi aja biar lebih siap mental tapi gak punya alasan yg valid *cemen* :p

sebenernya bisa gak sih kasus induksi atas permintaan si ibu, atau harus utk kasus2 tertentu aja? setau gue biasanya bayi2 yg overdue bakal diinduksi sama dokter, tp ternyata beberapa kasus tetep ditunggu ya sampe bayinya minta keluar sendiri. apa sih biasanya pertimbangan tindakan induksi itu?

sorry ya banyak nanya, mods kl topik serupa ternyata udah ada bisa digabung aja kok..

engineer.wife.mom.daughter.sister.food lover :)

2

Topic: Induksi

Aku dulu diinduksi infus karena overdue dan rekam jantung ternyata jantung bayi melemah dan gerakan udah berkurang dibanding biasa.

Menurut pengamatanku sih induksi dilakukan kalau memang bayinya harus dikeluarkan secepat mungkin *setelah lewat waktu atau ada komplikasi lain yang ga life threatening* untuk diupayakan kelahiran normal. Kalau kata sepupuku induksi kesempatannya 50:50 buat berhasil. *aku termasuk yang berakhir dimeja operasi setelah 12 jam cuman bukaan 3, rekam jantung makin melemah dan ketuban pecah*

Ada yang bilang dibanding sakit diinduksi, mending langsung SC aja, daripada sakitnya dua kali...

Yang pasti, biasanya kalau udah SC tidak boleh diinduksi apabila sampai detik2 akhir tidak ada tanda2 kontraksi normal. Ini dikarenakan perut yang sudah dioperasi sudah kehilangan elastisitasnya, ini yang ditakutkan jahitannya robek pada saat di induksi.

In love with my 2 sons Pandu dan Dhira

3

Topic: Induksi

gitu ya, dulu pas pengalaman hamil pertama dari hasil rekam jantung bayinya masih baik2 aja. cuman chart pertambahan berat bayi menurun dari minggu 36 ke minggu 37, makanya dokter bilang mungkin plasenta sudah pengapuran (dan memang bener sih) dan tetep dijadwalin induksi.

alhamdulillahnya lancar sih, mungkin karena posisi bayi udah dibawah bgt juga jd progress bukaan lancar. cuman ya itu, krn lahiran yg pertama lancar mau gak mau pgnnya yg kedua begitu juga. takut ngebayangin nunggu harinya, hehehe..

engineer.wife.mom.daughter.sister.food lover :)

4

Topic: Induksi

IYa sih mungkin juga waktu itu bayiku belum dibawah banget? Karena dulu bulan sebelumnya aku kena bed rest karena flek dan placenta previa.

Justru kalau baca di sini malah ga disarankan induksi kalau memang bisa nunggu kontraksi normal.

Aku jsekarang lagi deg2an buat nunggu kontraksi normal *sekarang 36/37 weeks* dan sama berhubung dulu induksi, jadi sekarang tebak2 buah manggis, beneran ga nih, ini yang namanya braxton hicks atau ini yang udah namanya kontraksi yang benernya :D

In love with my 2 sons Pandu dan Dhira

5

Topic: Induksi

ahahaha, sama kalo gitu.. dulu juga gak pernah ngalamin yg namanya kontraksi. habis induksi pun belum ngerasain kontraksi, baru ngerasain pas setelah ketuban pecah dan udah bukaan tiga.

kalau yg sekarang, braxton hicksnya udah kerasa dari bulan keempat dan makin kesini makin sering kerasa walaupun gak sakit. paling kayak agak kesemutan dikit aja rasanya. makanya dag dig dug juga nih. gak tau feelingnya si baby bakal lahir cepet/normal/bahkan overdue karena kan dulu kakaknya scheduled induction :)

engineer.wife.mom.daughter.sister.food lover :)

6

Topic: Induksi

rani, indung : aku wkt lahiran Fadhil, awalnya aku ga nyangka bakal diinduksi, karena pecah ketuban duluan, ditunggu2 smp pagi ga naek bukaannya, so start jam 5 pg diinfus induksi, tp jam 8 pg gnt obat induksinya, karena ga ada kenaekan bukaan yang berarti, br d pas gnt obat induksi kerasa bnr mulesnya..cepet bgt..pasang jam 9, jam 11an dah lahir..syukur alhamdulillah..oh ya mamaku melahirkan aku, adek2ku dgn pecah ketuban duluan, trus diinduksi..nampak seperti turunan ya, barangkali He3.
ada lagi cerita temen kantor yg pertama kali di-induksi pada persalinan anak keduanya. lama buat ngelahirin ada kali >27 jam, karena dia dari hr senin malamdipasang induksi infus, br rabu dicopot (dicopot atas permintaan sendiri, karena ga kuat sakitnya), ga lama setelah dicopot lahir deh anak keduanya.
lalu ada cerita dari temen gue, yg ini amit2 ya..jd ceritanya temen gue diceritain kalo induksi tuh ga boleh lama2, karena ada resiko perdarahan.
satu lagi, tmn aku blg kalo lahiran pertama di-induksi, mgkn yg kedua bakal induksi juga (biasanya), iya gitu mamas? CMIIW ya..
Intinya mudah2an kalian lahiran lancar,normal, ga dipersulit, kalo perlu ga usah pk induksi.amien3

mamanya mas fadhil n dedek nafisa :)

7

Topic: Induksi

charissarhani gue doong induksi atas permintaan sendiri. soalnya udah 40 minggu lebih 3 hari, udah keluar lendir darah, tapi masig bukaan 2 aja. setelah sakit2 2 hari, masuk RS dan ternyata babynya cenderung bobo pas ctg, sampe ibunya senewen. hehe. akhirnya minta induksi dan dikabulin dokternya. jam 6 pagi induksi dlm kondisi bukaan 2, jam 4sore bukaan 4. jam 11 malem bukaan 7, jam 3an pagi bukaan 8 dan ketuban pecah, jam7 pagi bukaan 9, jam9 pagi bukaan lengkap, mulai ngeden. hehehe. dan jam 11 siang karena babynya belum keluar, diajakin pindah ke kamar operasi :) sakit2 sedep, sih. gue bukan tipe org yg teriak2, tp napas gue udah satu2 nahan sakit :)

A person's a person, no matter how small.
(Dr. Seuss)

8

Topic: Induksi

dinimaya
oh ya? kl di gue malah kebalikannya, abis induksi baru besoknya pecah ketuban. nah pas ketuban udah pecah itu mulai deh sakitnya ampun2an, ampe minta epidural, hahaha..

baru tau juga sih kl anak pertama induksi anak berikutnya bisa induksi jg, mungkin tergantung kasusnya juga kali ya. kemaren nanya dokternya kata bliau gak pasti, soalnya bawaan bayi beda2. kalo bawaan dari ibunya mungkin bisa jadi tuh. CMIIW juga deh :D

engineer.wife.mom.daughter.sister.food lover :)

9

Topic: Induksi

epidural tuh ILA ya ran?yg disuntik di punggung itu?hi3

mamanya mas fadhil n dedek nafisa :)

10

Topic: Induksi

All mamas Wah mengiri yang bisa lahiran normal setelah induksi.

Kalau aku sih dulu 4jam pertama bukaan 3 dan ketuban pecah, nambah 8jam tetep bukaan 3 *ga keingetan epidural* dan melihat detak jantung bayi yang udah lebih banyak garis panjangnya drpd detaknya makanya SC karena takut ada apa2 dan ternyata si baby memang kelilit sama tali pusat, itu juga yang menyebabkan dia ga gerak.

dinimaya wrote:

ada lagi cerita temen kantor yg pertama kali di-induksi pada persalinan anak keduanya. lama buat ngelahirin ada kali >27 jam

lalu ada cerita dari temen gue, yg ini amit2 ya..jd ceritanya temen gue diceritain kalo induksi tuh ga boleh lama2, karena ada resiko perdarahan.

Wah hebat banget sampe 27 jam. Tapi emang bener kalau induksi katanya ga boleh lama2 *setidaknya 24 jam dari awal induksi* karena ditakutkan keracunan ketuban juga kalaupun bisa bukaan full tapi si ibu udah ga kuat juga buat ngedennya, biasanya nanti bantu divacum.

Dinimaya Epidural yang suntik punggung, denger2 kalau ILA dosisnya lebih rendah drpd epidural cmiiw

In love with my 2 sons Pandu dan Dhira

11

Topic: Induksi

mummyhilya
kl udah overdue sih gue jg kynya pgn minta induksi juga deh, takut bgt babynya kegedean soalnya. dulu gue pikir begitu overdue semua ibu2 bakal lgsg diinduksi aja, ternyata enggak ya?! temenku soalnya ada yg ud 41w tp masih nunggu loh.

dinimaya
yg gue tau emang gak boleh lama2 jg sih, soalnya kan asumsinya induksi kan gak alami kemauan bayinya, jd takutnya krn dipaksa gt bayinya stress dan pup deh didalem. satu lg, kl pecah ketuban gt kenapa diinduksi krn emang dlm 1x24jam bayinya harus ud lahir krn takut kena infeksi dan faktor stress itu jg. gue dulu alhamdulillahnya blm nyampe taraf pake drip induksinya. masih pake tablet yg dimasukin ke dlm gt, jd gue curiga sakit kontraksinya lebih ke gara2 ketuban yg udah keluar byk.

indung, dinimaya
ILA itu apa ya? Tp bener epidural itu yg disuntik di punggung (aku jg cerita ko di thread epidural). org bilang sih disuntiknya sakit bgt tp buatku kmrn krn ud kepayahan nahan sakit kontraksi jdnya gak inget sakit/engga, hehehe.. tp enak bgt sih, gak nyampe 5menit lgsg bagian bawah bdn ga kerasa sakit lg. tp bbrp org ngerasain efeknya gak instant, terus ada yg ngalamin efek sampingnya misal muntah2 ato sakit pinggang gt abisnya.

engineer.wife.mom.daughter.sister.food lover :)

12

Topic: Induksi

gw overdue, air ketuban udah berkurang, diinduksi 24 jam gak ada reaksi... gak ada pembukaan sama sekali... gak terasa apa2... akhirnya SC deh...

"Some things you can give and give and not lose any. Things like happiness or love or my colours."
–Elmer and the Rainbow

13

Topic: Induksi

sbnrnya gue yg minta diinduksi scr dokternya santai dan mau nungguin 42w aja. gue udah gak tidur 2malem di rumah +2mlm di rs, jd minta induksi. and yes, my baby was having a stress righht after she's delivered. alhamdulillaah poo nya after lahir. sesudah lahir langsung poo berkali2 yg menyebabkan gue cm imd 5 menit.
dulu sih sempet minta ILA, apa sih, singkatannya.. tp dokter gue dan adik gue (dia dokter) ngelarang karena takut baby kena efek anastesinya.
gabriella aduuh, sayang banget ga ngerasain sedepnya kontraksi :) it's just the time for the next baby ;)

A person's a person, no matter how small.
(Dr. Seuss)

14

Topic: Induksi

hiii saya malah takut kalo sampe harus induksi tanpa pake ILA, rencananya kalo ga ada halangan meski ga diinduksi pun saya mau lahiran pake ILA soalnya pain tolerance saya kecil banget saya ngilu denger pengalaman mulas2 ga ketulungan hehe meski obgyn aku yang skrg nyaranin pake ILA untuk anak ke 2 karena katanya aku ga akan tahu cara ngeden dan sebagainya, lucunya pas aku tanya si dokter tentang ILA jawabannya kurang match sama info yang udah aku baca, dokter bilang aku ga akan ngerasain apa2 terus efeknya cuma 4 jam, harusnya sih ILA bisa tahan 10-12 jam terus kalo ILA seharusnya masih bisa ngerasain kontraksi cuman ga akan sakit hebat karena dosisnya lebih kecil dari epidural, tapi kayanya obgyn ku kurang ngeh gitu (tepok jidat) oya epidural juga ILA menurut info yang aku baca ga berpengaruh apa2 kok ke baby soalnya disuntikan di tulang belakang jadi ga akan ngaruh sama sekali ke bayinya

15

Topic: Induksi

Pengalaman melahirkan anak pertama juga di induksi, karena sudah 40 weeks tapi ga ada rasa mulas sedikitpun, keluar flek darah, langsung berangkat ke RS, pas di CTG, detak jantung baby bagus, kontraksi sudah 5 menit sekali, tetapi bukaan masih 1, haduhhh...dan ga ada rasa mulas sama sekali, ditunggu sm dsog nya sekitar 1 jam, untuk dilihat apakah bs mulas alami, ternyata setelah 1 jam, tetap bukaan 1 gak ada kemajuan.
So, diputuskan induksi deh jam 8 pagi dengan menggunakan infus, jam 10, mulai deh berasa mantap banget, hehehe, di cek dalam ternyata sudah bukaan 5, dan sang dokter pecahin ketuban, dan ternyata air ketuban sudah keruh mengarah ke hijau, untungnya bukaan langsung bergerak cepat, pkl. 11.55 Devan lahir secara normal, Alhamdulillah....

Kalo menurut dsog ku, induksi dilakukan jika bukaan sudah mengarah, tetapi tidak ada pergerakan dan rasa mulas juga, apalagi usia kehamilan sudah tua, dikhawatirkan kalo masih menunggu mulas alami, air ketuban berubah warna yang bisa menyebabkan bayi keracunan, cmiiw :)

Happy Mama wif a handsome boy ever ;p

16

Topic: Induksi

pengalaman melahirkan aku juga pake induksi, tanpa di sebakan apa2, untuk mempercepat lahiran aja, aku juga ngga nanyak kenapa harus diinduksi..walaupun sakit sekali tapi aku seneng karena ga mesti menunggu lama2 nahan sakit..dari jam 10 pagi aku masuk kamar bersalin dgn pembukaan dua, kemudian langsung dipasang infus jam 1 siang aku udah di suruh ngeden, jam 2.15 lahirlah anakku.. cuma induksinya di aku cepat banget ngaruhnya jadi pembukaan 4 sampe 10 itu cuma satu jam aja.

17

Topic: Induksi

Gue dulu juga diinduksi karena ketuban pecah dan ditunggu semalaman ga ada kontraksi dan pembukaan. Akhirnya jam 7 pagi gue mulai diinduksi (ketuban pecah jam 2 siang kemaren) dan baru berasa kontraksi jam 9an dan Nara lahir sekitar jam 11.30.

Adek gue contoh orang yang diinduksi tapi berakhir dengan SC soalnya kata dokter panggulnya terlalu kecil sementara bayinya kegedean, jadi diinduksi pun bayinya tetep ga bisa keluar.

Sebetulnya dulu pas mo diinduksi, gue ditawarin sama dokternya mau langsung SC ato mau nyoba induksi dulu. Gue milih induksi dulu, walopun tante2 gue sebagai orang2 gagal induksi udah nyuruh gue langsung SC aja haha... Alhamdulillah gue bisa sukses dengan induksi :) Bukan berarti gue menolak SC ya, cuma pengen nyoba yang lebih alami dulu.

yang selalu kangen sama si pipi gembil

18

Topic: Induksi

Gw sama kasusnya sama Sweetwind

Gw induksi karena dah mau 42w n ga ada rasa mules sama sekali tp cm flek2. Anak gw berdasarkan USg dah 3,8kg jadi dokternya dah ga mau nunggu2 lagi padahal dah pembukaan 1.

Yasudah, berbaringlah diriku di ruang bersalin, dipasang infus utk induksi jam 4 sore, sebelum ngerasa mules masih sempet2 foto infusan gw n live tweet XD

Magrib udah pembukaan 4/5 (lupa gw) n sakitnya dah mulai menghebat, akhirnya gw ga bisa live tweet lagi. Akhirnya suami pasang mp3 tilawah biar ceritanya hypno birthing (yang ternyata gw lebih suka ga denger musik apa2 kl lg lahiran) smbl nunggu pembukaan penuh,

Nah dah pembukaan 10, bayi gw ga mau keluar2 juga n ketubannya ga pecah2, jadinya deh dipecahin...trus gw jg digunting (apa ya istilah medisnya) tp berhubung gw gagal ya menerapkan ilmu senam hamil gw, jadinya jahitannya banyaaaaaakkkkk wlwpun dah digunting juga..mantap deh rasanya...

Jam 22.23 malem lahirlah putri pertama gw ditemani dengan mp3 tilawah yang dipasang suami gw. Alhamdulillah ga sampe SC n besok paginya dah bisa jalan kesana kemari...

19

Topic: Induksi

Sharing ya..
sy udah ngerasain 3 macem induksi untuk anak pertama (yes, 1 anak 3 mcm induksi), dikarenakan umur 45w belum ada tanda2 lahir juga, sementara hasil terakhir kontrol ukuran panggul normal, placenta udah mulai berkapur shg diputuskan keesokan harinya rawat inap, siap induksi

hari 1, induksi dg minum obat & ditaro semacam kapsul di mrs V, tdk bukaan sama sekali dalam 1x24 jam tsb
hari 2 : induksi dg infus, mulai dr tetes paling pelan, sampai batas max, ajaibnya aku ga berasa mulas atau apa, malah tidur dg pulasnya (sampai perawat mengira aku pingsan menahan sakit), dari bukaan 0 hingga bukaan 1 dalam 1x24 jam
hari 3 : induksi dg balon karet yg dimasukkan ke mrs V, eh baru 5 menit udah lepas balonnya, periiih banget, waktu di cek cuman bukaan 2 longgar

karena udah capek 3 malam di rs, dan feelingku dr hasil CTG kok denyut baby melemah (sementara dokter bilang masih bs dicoba normal minggu depan balik lagi & induksi lagi), kami memutuskan SC aja, hari ke-4, baby girlku lahir dg selamat
dan keputusan itu sangatlah tepat, pasca operasi, dokterku minta maaf
ternyata kondisi anakku udah keriput krn ketuban udah mau habis, warnanya udah keruh banget, diperkirakan kalo max 2 hari tdk dilahirkan bs keracunan ketuban di dlm & khawatir ga selamat :(

20

Topic: Induksi

Dulu waktu lahiran, gw jg diinduksi. Awalnya di 38-39w gw sama sekali ga ada tnda2 mau lahiran, ga pernah mules. Sama dokternya diresepin obat untuk merangsang kontraksi. Tapi yg ada perut gw cm berasa kenceng2 doang gt, sama sekali ga mules.

Pas 40w kurang 3 hari, gw berasa ko tendangan si dedek jarang bgt. Takut ada apa2 akhirnya gw ke dokter. Sampe disana, di rekam jantung & jantung si dedek jg msh normal trus dicek dalem ternyata udh bukaan 1(btw bisa ya bukaan 1 ga pk mules2). Atas saran dokter diinduksi aja krn ga ada tanda2 mau lahiran padahal udh cukup umur. Dan hasil USG 38w udh ada tanda2 pengapuran.

Diinduksi jam 9 malem pk obat yg ditaroh di mrs V sama suster tp sampe bsk ga ada perubahan, mules jg engga. Trus akhirnya dimasukin lg, kali ini sama dokternya, jam 10 pagi, 1 jam kemudian keluar flek darah, jam 12 udh mulai mules tp msh bs ketawa2, jam 2 udh mulai makin sakit dan jam 4 sore udh lahiran. Alhamdulillah lancar. Ketuban jg dipecahin pas bukaan udh lengkap.

Gagal acara water birth gara2 susah ngeden pas di kolam gr2 udh lemes nahan sakit saat induksi. Akhirnya lahirannya di atas t4 tdr :p

i love you akha n ayang

21

Topic: Induksi

missyayuk : aku miris euy bacanya..tp alhamdulillah ya keputusannya sudah tepat..syukurlah.ternyata induksi mcm2 ya, ada yang diinfus, dimasukin ke an**, telen obat..macam2 juga rasa sakitnya ya mamas?
rani : dah dijawab ma neng angie mengenai ILA ya, aku juga lp singaktannya apa, tp ya semacam epidural itulah.

mamanya mas fadhil n dedek nafisa :)

22

Topic: Induksi

wihh pas banget niy yg di cari..

thanks to mba charissarhanie yang udah buka thread-nya..

kata Dr sminggu lalu hari senin 29 Agt besok pas 40w mw diinduksi aja sbelum dia pulkam tanggal 31 Agt..malem ini mw kontrol lagi, smoga smua sehat..aku jg jadi ga sabar gini, bawaan lebaran apa yak...
baby-nya betah bener iniy..

tfs y mamas, jadi tambah ngerti n siap buat induksi :D

..love you my beautiful daughter..

23

Topic: Induksi

dinimaya ralat din, ga dimasukin ke an**, tp ke vagina kita. bentuknya tablet gitu gunanya buat ngebantu 'melunakkan' jalan lahir dan merangsang kontraksi juga. kalo gasalah ini induksi yg paling 'halus', sebelum induksi via infus. gue sendiri pake tablet ini, jd senin diinduksi plus dimonitor detak jantung bayinya, selasa pagi pecah ketuban baru selasa siang lahiran.

yg ngebingungin, pas sesaat setelah ketuban pecah (ud bukaan tiga) kontraksi rasanya sakit tp masih bearable. tapi selang 10-15menit kemudian langsung kontraksinya menghebat sampe gue sendiri lgsg kepayahan nahannya dan minta epidural rightaway.

yg gue penasaran, sakitnya itu karena induksinya ato karena ketuban ud (mulai) habis ya? ibu2 yg pecah ketuban dulu sblm induksi sakit kontraksinya gmn? normal ato emang sakit bgt scr tiba2?

engineer.wife.mom.daughter.sister.food lover :)

24

Topic: Induksi

charissarhanie klo menurut gw krn induksinya kali ya. Soalnya gw kn jg diinduksi, ketubannya baru dipecahin pas bukaan lengkap. Tp sebelum ketuban pecah, sakitnya emg udh ga bearable lg setelah bukaan 3 atau 4, udh mulai pucat pasi ga bs ngomong. Tp waktu itu sih gw ga kepikiran minta epidural. Kata org2 sih induksi itu emg sakit banget. Karena gw baru lahiran sekali jd gatau deh beda sakit ngelahirin normal sama induksi

i love you akha n ayang

25

Topic: Induksi

Dinimaya,
udah dikoreksi ya sama charissarhanie :)
dimasukkan ke vagina, ga gitu berasa kok, cm aneh aja ngeganjel gitu
klo yg infus, aku ga berasa apa2 diinduksi seharian, malah pules tidurnya
nah yg balon tuh baru berasa perih, tp ya sama aja cm nambah 1 bukaan aja
goodluck ya, semoga persalinannya nt lancar, ibu & bayi sehat, amiiin