1

Topic: Vegetarian

Hai mamas..share yuk,adakah yang vegetarian disini?
alasan,perjalanan menuju vegetarian,dan efek positif dr vegetarian yang udah dijalani,apa aja?

kalau aku sendiri jujur belum menjadi seorang vegetarian.Hanya saja tertarik sekali ke arah itu. Tujuan utama,supaya dapat hidup lebih sehat.Well...di keluargaku ada riwayat kanker payudara(nyokap).Dan akhir2 ini bikin aku takut,di pydr*ku sblh kiri jg ada benjolan kecil.
Jadi skrg amat sangat ingin merubah pola makan,yang sembarangan jd lebih berhati.
Terutama daging merah,ayam broiler,garam,gula,msg.fiuhh..banyak nya...T.T......Sounds extrem yah,tp insyaAllah ini pilihan yg bagus drpd ketemu pisau bedah (na'udzubillah)


yuk,tumblers,silahan dishare pengalamannya ^^

Jika kita sebut diri ini FULL TIME MOM, sudahkah anak-anak kita benar-benar merasakan bahwa kita ADA untuk mereka?

2

Topic: Vegetarian

cnap gue sih bukan vegetarian ya.. tapi emang secara habit, gue lebih prefer makan sayur daripada daging. paling gak gue lebih seneng makan ikan, daripada daging atau ayam. alesannya pun sama kayak elo, karena lebih sehat aja. tapi gue rasanya gak bakal jadi vegetarian sih, karena tetep suka juga makan daging (terutama steak) tapi juga ga sering2 amat. paling sebulan sekali aja..

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

3

Topic: Vegetarian

CNAP, hi Intann ...
aku sih enggak vegetarian. tapi ayahnya Asa mengarah situ, walau gak 100%, 80% aja kali yah :D . karena dia emang ada lipoma yg bisa sedikit terbantu dengan mengurangi konsumsi daging, seafood, produk2 susu dll. ini diputuskan setelah kita searching sana-sini dan akhirnya tahu kalau dioperasi pun hanya akan mengatasi lipoma yang udah ada. sementara yg baru mau numbuh, mesti rada vegetarian emang :)

sempet nemu website2 resep vegetarian gitu tapi belum sempet nyobain. biasanya pakai jamur buat gantiin dagingnya. gak terlalu sulit sih karena dia emang bukan maniak daging. sukanya makan tahu tempe n sayur bening2 gitu. yg susah kalau lagi ada konsumsi rapat di kantor atau makan bareng temen. mesti selektif milih menunya. dan emang seinget kita lipomanya membesar setelah kerja dan sering makan yg berlemak2 gitu plus jarang kena sinar matahari dan olahraga kan ...

sejauh ini sih efeknya cuma badan jadi lebih segeran aja. lipoma yg ada sih belum mengecil ya. tapi emang sih ga nambah lagi (jangan dong)

less ego, more heart

4

Topic: Vegetarian

intan,
gw jg bukan vegetarian, tapi memang lebih suka makan sayuran, buah & ikan. nyokap gak suka daging, jadi dari kecil memang jarang2 makan daging, sama kayak shinta, paling makan steak sekali2 doang, itupun gw milihnya salmon steak :D paling makan sup brenebon atau perkedel yg ada campuran dagingnya.
gw sih ngerasanya mmg lebih sehat ya, dan makin kerasa tuh waktu hamil, berat badannya gak naik pesat gitu, naik tapi ttp dlm batas normal :)

a life-enjoyer mama :)
www.ekadeau.blogspot.com
@ekadeau

5

Topic: Vegetarian

sLesTa,Sidta,eka,,maaf br bs balas mamas,sampe sekarang belum bisa jd vegetarian sih..bener,godaannya BANYAK banget..hiks...
but so far bbrp bulan ini udah jarang banget makan daging2an.
dan sampe sekarang belum sempat periksain benjolan di pd juga..moga dalam waktu dekat ini bisa,soalnya tiap habis mens gitu terasa sakit pd sblh kiri.
mau cari info info lg about vegan nih,wismilak.tia

Jika kita sebut diri ini FULL TIME MOM, sudahkah anak-anak kita benar-benar merasakan bahwa kita ADA untuk mereka?

6

Topic: Vegetarian

CNAP daku juga gak vegetarian, tapi kalo liat ayam yang belum dipotong2 sebelum dimasak, bsia mendadak vegetarian.
Daku juga ada benjolan di PD, yg gak tau apa.. dan ngurangin makan daging2an, ayam, dan segala bentuk olahannya. Kalau ikan sih masih makan dengan lahap. Kalo makan ikan tu masih disebut vegetarian gak sih? :D

@ianaholic
ibu antar kota antar propinsi

7

Topic: Vegetarian

Hii numpang nimbrung.. Aku jg bukan vegetarian tp dulu pas kuliah hobi bgt makan di resto vegetarian soalnya enak bgt melebihi restoran biasa hehehe
Btw resto vegetarian di jakarta yg enak dan terjangkau dimana sih? Kangen makan daging dan bebek vegetarian uuu enak bgt

Gemini boy ?

8

Topic: Vegetarian

Share juga yaa..

I used to be a vegetarian, for almost 12 years:D

AKhirnya berenti setelah hamil karena hiperemesis gravidarum, muntah-muntah terus dan susah banget makan sampe kekurangan protein
Sekarang pengen banget vegetarian lagi, tapi nunggu Nayara (17 bkn) disapih. Jujur, menurutku sih jadi vegetarian itu enak banget, Jauh lebih sabar, engga emosian, dan ke badan juga enak banget. Lebih enteng, segar, engga ngantukan. Hehehe pengalaman pribadiku sih.

Oh iya, alesan jadi vegetarian karena keluarga papaku banyak yang kena kanker, dan di keluarga mama hampir semua punya penyakit jantung:D

9

Topic: Vegetarian

metameta,, wiii 12 yrs :D

btw.. vegan nya pure vegan atau ikan/susu/telur dikonsumsi juga met?
share-nya donk..waktu awalnya jadi vegan gimana rasanya.. :) kepikiran apakah ada godaan gitu tiap liat daging..hee

Ayah mertua ku termasuk vegan kali yah.. 3 tahun belakangan ini, semenjak ada asam urat & diabetes segala konsumsi daging2 hewan di stop.. Beliau cuma konsumsi sayur dan proteinnya hanya tahu-tempe..
Memang sih dari kecil konon katanya beliau gak begitu doyan daging merah ataupun ikan..jadi gak begitu susah waktu peralihannya..

10

Topic: Vegetarian

Awalnya pure vegan, tapi karena banyak keluhan (rambut rontok, kuku engga tumbuh2:)) ) jadilah sdikit dispensasi, susu telur boleh:D
Godaan terbesar datang dari ayam KFC yang OR:'( Rasanya pengen libur sebentar dari vegan tiap liat tu ayam:))

Tapi lama-lama biasa juga kok, engga pengen sama sekali:)

Yuk nyobain:p

11

Topic: Vegetarian

ikutan ya..

aku bukan vegan tapi di kantorku ada temen vegan yang nyokapnya masak enakkkkk banget, jadilah tiap Rabu dan Jumat kami catering makanan vegan sama dia :)

twitter and IG: @zataligouw
Blog : http://www.zataligouw.com/

12

Topic: Vegetarian

posting terakhir udah lama banget, nih... mau ikutan sharing buat menghidupkan lagi aah...

wiiiih dokter meta vegetarian 12 tahun!!! achievement banget ya!

aku dulu cuma bertahan 1 tahun aja... kenapa aku tertarik jadi vegetarian? karena itu sejalan dengan keyakinanku. Soal filosofi sih kayaknya.. makanan yang baik adalah dari tumbuh-tumbuhan yang bersifat tenang. abis motivasiku supaya aku bisa mengendalikan emosi dengan baik. selain itu aku juga (kadang) yoga dan meditasi jadi biar saling support gitu.

waktu satu tahun menjadi vegetarian itu seingetku ga ada keluhan berarti. yang ada berasa belajar disiplin dan pengendalian diri (terhadap godaan makan daging). enaknya makan jadi sederhaaaanaaaa banget. kalo mau vegetarian dishes ya banyak macemnya dibuat kreatif, tapi aku senengnya makan jadi hemat dan mengolah makanan untuk diri sendiri pun mudah.

aku dulu vegetariannya bertahap, nggak makan daging dulu tapi masih telur dan susu. lalu nyoba nggak makan telur. susu masih :P jadi ngomongin tahapan vegetarian... ayahku juga bilang orang vegetarian itu nggak makan bawang, kurang jelas alasannya kenapa... kata ayah, mungkin karena ada banyak organisme kecil-kecil di bawang(?)... lah! Aku jadi mikir kalo di bawang ada mikro organisme, di makanan apa aja harusnya juga ada yah? mungkin ini juga salah satu alasan yang buat aku nggak usah jadi vegetarian lagi :D tapi aku emang ga makan bawang sih saat itu karena simply "ga suka bawang".

trus beda lho, vegetarian dan vegan.. kalo ga salah vegetarian itu tidak makan produk hewan. kalo vegan tidak makan produk hewan dan tidak menggunakan produk dari hewan semacam tas kulit, etc u mention it ;-) CMMIW

pengen balik lagi jadi vegetarian, tapi masih menyusui... kata kellymom.com bisa aja ibu menyusui vegetarian.. sayangnya aku kayaknya udah kurus banget nih, untuk menjalani pola hidup vegetarian lagi

yang aku suka jadi vegetarian selain baik untuk kesehatan (dan jiwa), adalah ramah lingkungan! iya produksi daging itu katanya membutuhkan cukup banyak air dan juga mengeluarkan emisi carbon :)

maap kepanjangan sharingnya ^^

Kalki's mom
@jessmite
http://intanrastini.wordpress.com

13

Topic: Vegetarian

mau nimbung nanya
klo jadi vegetarian, bisa ya gak lemas?
caranya gimana?
klo di saya, klo gak makan protein hewani dalam 2 hari aja, badan berasa lemes.

14

Topic: Vegetarian

andrinden kalo pengalaman pribadi sih enggak ya, bisa aja terbiasa dan metabolisme tubuh seperti menyesuaikan gitu. coba juga ditelaah apakah faktor psikologis memengaruhi?

Kalki's mom
@jessmite
http://intanrastini.wordpress.com

15

Topic: Vegetarian

Jessmite
Hai hai...mau nyambung ttg vegetarian ga boleh makan bawang....kl ga salah,karena bawang itu menyebabkan produksi darah putih jd meningkat.tp setahuku bawang putih sih.jd kl berlebihan bisa bahaya CMIIW ya..

16

Topic: Vegetarian

*ngacung tangan*

Saya sudah hampir 6 tahun vegetarian (ovo lacto - masih makan telur dan minum susu). Tapi kalau di lagi liburan di Jakarta suka jadi flexitarian soalnya suka tidak kuasa menahan godaan siomay dan pempek :D :D :D

Kami sekeluarga vegetarian karena alasan kesehatan, ekologis dan ekonomi. Tantangan pada saat menyusui adalah menjaga asupan micro nutrien (vitamin dan zat besi) dan mineral.

Tantangan sekarang karena aktif berolahraga lari adalah menyeimbangi intake karbohidrat dengan protein dan lemak sehat, juga menjaga asupan zat besi dan mineral dengan minum suplemen (zat besi, B12 dan magnesium-kalsium).

Saya sih suka bgt jadi vegetarian: Badan ringan, masaknya nggak ribet trus karena nggak belanja daging saya bisa pake kelebihan uangnya buat beli sayur organik.

Bagi anak tantangannya adalah (selain nyuruh makan!) adalah memastikan bahwa asupan sayur-sayuran diimbangi dengan protein nabati yg cukup. Mudah sekali untuk terjebak dalam "carbo trap" dimana anak lebih banyak makan karbo hidrat dalam bentuk produk2 gandum, nasi serta grains lainnya dan buah. Soalnya kan memang karbohidrat itu cenderung manis sifatnya, jadi anak-anak pastinya suka.

Saya terus terang masih struggling soal yg terakhir karena anak saya berada dalam fase menolak sayur dalam bentuk utuhnya (repot kan???).

Akhirnya kami memutuskan untuk memperkenalkan Amyra pada protein hewani supaya dia mendapatkan makanan dengan calorific value yg tinggi (dia nggak betah berlama-lama di meja makan). Sejauh ini dia menolak ayam tapi masih mau kalau makanannya diselipkan tuna atau salmon dalam jumlah terbatas.

"Life isn't about waiting for the storm to pass; it's about learning to dance in the rain"

17

Topic: Vegetarian

*ikutan ngacung*

Hi Mamas!
Aku kebetulan sudah vegetarian strict (no bawang, no milk/egg) selama setahun jalan 2 tahun. Horay! Alasannya adalah pengen hidup lebih sehat aja soalnya Mamaku adalah survivor kanker PD dan emang dinasehatin sama dokter untuk sebisa mungkin avoid meat/protein hewani lainnya.

Hmm, menurut aku pribadi benefit menjadi vegetarian adalah adalah :

1. Kulit berasa lebih putih, kenceng, dan halus :)
2. Emosi lebih terkontrol -- dulu perasaan aku emotional banget, gampang marah2, reaktif banget huhuhu. Sejak jadi vegetarian, everything's changed. Jadi jauh lebih calm, mikir dulu sebelum ngomong, dll
3. Badan rasanya lebih ringan aja sih yaa.. :)

Dan di usia kehamilan 22w ini, aku tetep vegetarian, and segala sesuatu goes very smoothly kok, AMIN :)
Di-support banget sama suami (beliau sudah vegetarian strict selama kurang lebih 17 tahun).

Challenges :
1. Susah cari makan yang suits our dietary, terutama kalo lagi tour ke luar negeri huhuhu.
2. Bener bangetttttt, yang namanya ayam KFC crispy itu menggoda jiwa dan raga huhuhu.
3. Jangan salah, vegetarian diaries mungkin sedikit costly deh yaa karena minyak goreng aja khusus kan yaa pake minyak sayur, kalo bs mah dioseng pake olive oil bahkan. Trus, sayur2 organic kan juga pricey a bit yaa jika dibandingkan dengan sayur pada umumnya :'( CMIIW


So, mungkin buat para Mamas yang tertarik untuk mencoba menjadi vegetarian, hmmm nothing is impossible!
It's a matter of will aja sih :)
Mungkin bisa dicoba dulu 1 minggu bebas meat, nanti lama2 juga bakal kerasa enaknyaa..


Good luck for always, Mamas.

- CORY

18

Topic: Vegetarian

baru tau klo vegetarian itu ga boleh kebanyakan bawang putih karena selama ini masakin buat suami dibanyakin bawang putihnya biar wangi and gurih

19

Topic: Vegetarian

mau tanya dong aku lgi persiapan kehmailan dibeliin susu prenagen sama lovamil sama suami ktnya biar cepet hamil, tapi aku lagi diet juga jdi bingung klo diet tapi minum susu nyebabin gemuk ga yah sebelum hamil?

20

Topic: Vegetarian

Try this, resep bagi yang mau vegetarian

Ikan Vegetarian

BAHAN KULIT :
1 lembar kulit kembang tahu
1 lembar rumput laut kering (nori)

BAHAN ISI, CAMPUR SATU :
2 buah tahu putih, hancurkan
1 bungkus kembang tahu kering, rendam, hancurkan
Merica secukupnya
Minyak wijen secukupnya
Tepung beras secukupnya
Garam secukupnya
Penyedap rasa atau kaldu jamur secukupnya

CARA MEMBUAT :
1. Letakkan lembaran nori di atas kembang tahu. Agar lembaran nori melekat dengan kembang tahu, olesi dengan larutan kental tapioka di atas kulit kembang tahu.
2. Letakkan bahan isi yang sudah tercampur rata di atas lembaran nori dan kulit kembang tahu, kemudian digulung.
3. Kukus sampai matang sekitar 15 menit.
3. Setelah dingin, potong sesuai selera dan goreng.

Good luck!

21

Topic: Vegetarian

wahhh resepnya enak kayaknya nih.., pengen coba ahh..

makasih banyak sudah berbagi ya sintakusumawati

twitter and IG: @zataligouw
Blog : http://www.zataligouw.com/

22

Topic: Vegetarian

halo semua, salam kenal juga.
saya Lacto Ovo Vegetarian sejak 2008. sukur2 sih..gak pernah ada masalah kesehatan yg terlalu berat. paling kekurangan utk Vegetarian itu adalah Anemia, kalo makanannya kurang seimbang.
tapi sekarang ini, vegetarian lebih mudah dibanding dlu yah..banyak bgt resto dan tpt makan murmer vege di daerah tertentu.

apapun alasan kalian, kalo bisa vegetarian, jauh lebih banyak manfaat utk kesehatan deh..selain nambah awet muda juga.hehe..

23

Topic: Vegetarian

yuhuu... masih ada orang disini? :)

Bener pernyataan kalo skr cari bahan vege lebbig mudah, buktinya kemarin sedang belanja di yogya riau junction - Bandung, lagi cari beberapa bumbu dapur untuk acara dinner tahun baru.. eh trus nemu satu rak yang isixnya bumbu dapur khusus untuk vegetarian, selesai browsing dari rak itu berhasil bawa dua bungkus totole hehehe *happy*

Miguel is my Rocktober Baby
@siskaknoch

24

Topic: Vegetarian

Halo moms, ikutan yah. Saya bukan vegetarian sih, tapi memang dari kecil saya nggak suka daging merah dan ayam pun nggak begitu suka. Lebih prefer makan seafood dan sayuran. Efeknya seperti yang kata mom pinks85 bilang, kalo ga makan seimbang ada risiko anemia sih, apalagi saya suka banget minum teh which is sebenernya nggak bagus buat penyerapan zat besi.

Pengen deh ke depannya jadi vegetarian beneran :)

Home is wherever I am with my children (anonymous)

25

Topic: Vegetarian

kmrn pernah ikut seminar ttg makanan sehat. baru tau juga ternyata ada yg namanya junk vegan. maksudnya org yg makan vegan tapi dgn cara yg salah. makanya dibilang juga, ngak heran juga liat org vegan tapi kena cancer juga.
trus diajarin lebih cenderung milih yg rawfood (tapi dicari tau dulu mana sayur yg bisa dimakan raw yah), makan buah2an dan biji2an, krn semua harus seimbang