1

Topic: Herbal untuk Toddler

mamas, kalau untuk anak 20mos batuk uda boleh dikasih campuran air jeruk nipis+kecap manis/madu apa blm ya? takut lambungnya blm kuat krn asamnya si jeruk nipis (tapi selama ini makan strawberry tanpa dijus/dicampur apa2 sih ga ada masalah dgn pencernaannya). atau lebih baik pakai kencur+madu aja ? lebih manjur mana sih, jeruk nipis atau kencur (termasuk untuk dewasanya)?

2

Topic: Herbal untuk Toddler

natallia,
demam karena infeksi ya? kalo infeksi masih berlangsung, kayaknya dikasih apapun pasti tetep aja akan demam yach... CMIIW

vony,
saya vote for kencur. Dulu pernah nyobain kecap+jeruk nipis krn saya langganan radang tenggorokan plus batuk. Tapi kok rasanya efeknya lebih cepet berasa kalo minum kencur. di tenggorokan terasa enteng dan anget... ato saya telah terdoktrin sama mbak sidta yach.. :D

-WiwiT-
An ordinary bunda of twin amazing angels, Kira and Kara Setyadi
@wiwidwadmira | the Setyadi's

3

Topic: Herbal untuk Toddler

sidta , benul banget..kunyit tuh andalan untuk masalah pencernaan, radang..top markotop deh

natallia, rainbow kidz bentuknya cair, biasanya beli di century. Keluaran nutrimax. Klo googling, kurang lebih ini td dapetnya:

Nutrimax Rainbow Kidz tersedia dalam sirup dengan rasa jeruk yang disukai anak-anak, mengandung 13 macam vitamin dan 10 macam mineral & 6 nutrisi lainnya (Chlorella, Choline, Bioflavonoids, Inositol, Alfalfa, PABA) merupakan sirup multivitamin anak-anak paling lengkap yang ada dipasaran saat ini dengan komposisi seimbang untuk meningkatkan daya tahan tubuh anak dan mendukung proses tumbuh kembang yang optimal. Kecukupan Gizi dimasa kanak-kanak sangat menentukan kualitas kesehatan buah hati anda dikemudian hari.

Manfaat :
• Otak dan Sistem Saraf: Vitamin B1, B2, B6, B9, B12, Choline, & Inositol untuk membantu meningkatkan konsentrasi, daya ingat dan kemampuan berpikir pada anak.
• Pertumbuhan Tulang dan Gigi: Vitamin D, Calcium, Magnesium, Boron, Manganese & Zinc untuk mengoptimalkan proses tumbuh kembang pada anak.
• Daya Tahan Tubuh: Vitamin C, Bioflavonoids, Beta Carotene, Vitamin E & Selenium menjaga agar anak anda tidak mudah terserang penyakit.
• Nafsu Makan: memudahkan Orang tua dalam memberikan beragam makanan bergizi berkat ketersediaan Vitamin B Complex yang menjaga nafsu makannya.
• Pencernaan dan Detoksifikasi: Chlorella dan Trace Minerals pada Alfalfa sebagai suber serat, mikronutrien dan klorofil guna menjaga kesehatan pencernaan.

always smile...^_^

4

Topic: Herbal untuk Toddler

Mamas..
Jum'at kemarin saya ke DSA untuk imunisasi. saya cerita kalo KI-KA abis batpil dan saya beri herbal bla..bla... berujunglah saya dimarahin DSAnya, karena menurutnya herbal dengan takaran yang tidak sesuai dan tidak higienis akan membuatnya diare. Lebih baik menggunakan obat2an yang sudah tersedia. Akhirnya saya pulang dengan ngomel2.
Untuk para Mamas yang DSA nya pro herbal, apa sih pendapatnya? Atau ada yang punya kenalan herbalist, gimana sih pendapatnya?? Bagaimana pendapat Mamas untuk herbal2 tersebut? karena saya masih ingin mengkonsumsi herbal2 tersebut.. hiks..
*cari dukungan dan pencerahan*

-WiwiT-
An ordinary bunda of twin amazing angels, Kira and Kara Setyadi
@wiwidwadmira | the Setyadi's

5

Topic: Herbal untuk Toddler

Kalau jamu itu termasuk herbal kan?
Ada yang punya pengalaman memberikan jamu untuk anak yang susah makan? Ibu saya punya langganan pembuat jamu sejak dulu. Waktu dia tahu Kai (2th) makannya susah, dia bilang dicekokin jamu aja. Katanya 3 hari berturut-turut takarannya sekitar 1/4 gelas. Selama ini sudah banyak sekali anak-anak yang susah makan dia cekokin jamu terus makannya jadi gampang. Ada yang punya pengalaman?

Mama Kiri Kara Setahu saya, kalau dokter medis memang tidak menyarankan pemberian herbal deh..

A brand new mom who loves the smell of mint, the taste of berries and the unexpected twist of life.

6

Topic: Herbal untuk Toddler

Ki-Ka, obat-obatan klo berlebihan dan alat pemberiannya tidak bersih juga beresiko ;)

thread ini dibuka juga untuk dapet pencerahan dari pro-cons itu. mengingat banyak banget produk-produk herbal yg liat kemasannya aja udah ragu. ini bicara produk ya ...

soalnya kalau tanamannya kan kita emang mengenal TOGA (tanaman obat keluarga)

untuk Asa sendiri memang kita nggak banyak ngasih herbal. hanya madu itu. dan itupun setelah kami yakin sakitnya Asa udah terlewati, tinggal lemesnya aja. untuk kencur dan kunyit, karena dibuat sendiri dan ga banyak ngasinya jadi yakin aja sih. dan lagi emang kunyit itu legendaris di keluarga karena udah berhasil ngatasin sakitnya bapak yg udah diobatin ke mana-mana nggak membaik. suka pingsan gitu bapak sampe ga berani sholat di masjid dan pergi tanpa ditemeni, skrg udah berani jakarta-ngawi sendirian :) . kunyitnya meres sendiri, bukan suplemen.

belum pernah ngasih asa jamu2an beli, kecuali nyicip beras kencur dikit-dikit ... hihi

IntanDian
, *ngacung* , waktu kecil dicekokin sama mbah. emang ampuh itu jamu. tapi traumatis soalnya rasanya ga enak banget, aku aja masih inget rasanya sampe skrg

ween_igut, kemarin aku, bukan asa ya, nyoba lamandel, karena beneran batuk segala obat nggak mempan. dan efeknya kenapa jadi ngantuk berat gitu ya ... kaya minum obat2 flu biasanya. padahal harusnya nggak gitu kan ya ...

less ego, more heart

7

Topic: Herbal untuk Toddler

*menyimak thread ini

Raisa sendiri baru beberapa bulan ini dikasih madu anak al-wadey 1 sendok teh ( ga sampai penuh) setiap paginya sehabis bangun tidur. Alhamdulillah aku perhatiin daya tahan tubuhnya jadi lebih baik kayaknya coz sebelumnya sering banget batpil. tau madu ini dari temen kantor yang anaknya pun sebelumnya sering bgt sakit + susah makan sebelum mengkonsumsi madu.

btw, mamas ada yang tau tolak angin anak? itu termasuk obat herbal juga ga? pernah nyobain sekali buat raisa (sedikit banget 1/4 sendok teh kali yaa) pas raisa lagi di rumah grandmanya n tiba2 panas n masuk angin. abis di kerik pakai bawang diminumin itu. bsknya langsung seger anaknya, padahal aku pikir bakal sakit lama coz biasanya raisa klo sakit aga butuh waktu beberapa hari baru pulih n ceria lagi.

8

Topic: Herbal untuk Toddler

@Sidta, Thank untuk ide kencur-nya, ntar mau di cobain di Audrie yang uda bolak balik dokter dan uda 1 bulan batpil ga sembuh-sembuh. akhirnya skrg ak nyerah dan tiap pagi cuma di kasi Madu (Manuka). kesian juga kalo di minumin obat dokter terus. btw kencurnya ngga usa di rebus dl yah mba sidta? langsung di parut aja?

Live is not measured by the breath we take, but by the moments that take our breath away

9

Topic: Herbal untuk Toddler

elvaza, iya tolak angin anak manjur ya ... beberapa anaknya temen ada yg andalannya itu.

ada lagi nih yg sering disebut, stimuno, ternyata isinya meniran ya

mom audrie
, diparut dan diperas. tanpa tambahan air lagi. klo terlalu getir ditambah madu, tapi sepertinya belum cocok untuk bayi ya ...

less ego, more heart

10

Topic: Herbal untuk Toddler

Sidta, kalo untuk 17 bulan bole ga mba?

Live is not measured by the breath we take, but by the moments that take our breath away

11

Topic: Herbal untuk Toddler

Sidta,
Wkt ziezie 8-9bln,,ziezie batpil ga sembuh2,dksh obat dokter,ribet bener ngasih obat ke bayi umur segitu. Akhirnya aq nekat ksh parutan kencur+air sdkt. Leb,,leb,,leb,, msuk mulut dan ditelen. Aq ksh cm 1x sehari,,3hr sembuh batuknya.

Mom_audrie
Kalo uda lbh dr setaun,,gpp koq mba... Itu kn krn dikasih madu lg,,madunya yg blm blh utk bayi.

Garnetzhia and Ametysha are my little angels

12

Topic: Herbal untuk Toddler

Sidta iya, lumayan manjur di Raisa kemarin.
Pernah denger juga stimuno, tapi belum pernah merhatiin isinya. kalau meniran (cari2 di google) katanya Penelitian terbarunya mengungkapkan bahwa meniran bisa membantu mencegah berbagai macam infeksi virus dan bakteri serta mendorong sistem kekebalan tubuh ya.

13

Topic: Herbal untuk Toddler

kalo aku yg sdh dipraktekkan pake imunos manjur bgt ningkatin daya tahan tubuh anak, ini herbal jg gak ya, jadi kalo udah mulai gejala baptil ato radang beberapa kali kalo gak terlambat ngasihnya jadi gak jadi sakitnya deh

terus kalo super andalan itu kencur, emang kencur ini byk bgt gunanya, buat batuk pilek, panas juga. beberapa kali panas lebih cepet turun pake peresan parutan kencur dari pada pake paracetamol/ibuprofen, aku juga amazing bgt waktu itu. dan tentu saja buat batuk pilek manjur bgt itu, buat yg dewasa juga. oya bahkan aku berani ngasih kencur ini ke adik mulai umur 7ato8 mo gitu, tapi ya diencerin bgt pakai air putih.
tapi tyernyata cocok cocok an ya, temen temen adik di daycare pada nyobain minum kencur beberapa gak kuat jadi mencret, jadi ya harus bener bener diencerin dan cocok cockan juga ya.

mbeliin si kakak spiru madukids anaknya gak mau, mungkin gak suka, tapi kalo sari kurma suka bgt

mba ayu, titip d jakarta juga boleh, ada kok yg jual, kan besok mau ke jakarta ya. atau yg di jogja dikirimin ke jakarta dulu, hehehe

14

Topic: Herbal untuk Toddler

Natalia,Thank yah info nya, segera di praktekan.

Sarah, Imunos setau aku herbal, tapi Audrie kayaknya ga cocok minum Imunos or tribost (isi nya sama aja). Ngga terlalu efek buat daya tahan tubuh-nya.

Live is not measured by the breath we take, but by the moments that take our breath away

15

Topic: Herbal untuk Toddler

Sidta,

Farah (2yo) dari 1 tahunan saya kasih propolis. pertama saya ngeluh di fb tentang Farah yg susah makan. disaranin sm temen dikasih itu. coba tetesin 1 tetes aja ke dalam susunya.

pertama-tama jadi mencret. sekitar 2 harilah, pupnya encer 3x sehari. cm kata yg jualan itu normal. oke, diterusin. seminggu lebihlah konsumsi itu, alhamdulillah neng Farah jadi napsu makan. makannya bener2 nambah, plus gak milih2 makanan. badannya yang kuyuss pun mulai berisi. so far, juga jadi jarang sakit. alhamdulillah banget.

sampe sekarang masih minum itu, dosisnya ditambah 2 tetes, kalo sakit jadi 2 tetes pagi-malam jadi cepet sembuhnya.

maap saya gak promosi yaaa, cuma sharing ajah... :)

farahbun= farah + bunda. together we'll be, to infinity and beyond..

16

Topic: Herbal untuk Toddler

Kira Kara iyah, kayaknya hampir semua dokter gak nyaranin produk herbal deh. kalo saya pribadi saya lebih suka berobat herbal daripada ke dokter. contohnya: kalo Farah sumeng, yang saya lakukan pertama kali adalah bawa dia ke tukang urut, suruh istirahat, minum air putih yg banyak dan tambah propolis itu. so far, 2-3 hari sumengnya beres!

saya sendiri gitu. sebulan sekali pasti rajin ngurut, kalo kelewatan nih. pasti jadi sakit! dan setelah ngurut selalu dikasih jamu godog yang paitnya amit2 *maaf OOT ngomongin diri sendiri*

kalo Farah mencret juga, saya pasti cm kasih dia daun jambu biji yang di ulek barengan sama kunyit dikasih air. di diemin beberapa jam, trus air rendemannya kasih deh satu sendok teh sehari. kalo masih lanjut diarenya, kasih lagi.

kalo sakit mata juga gitu, saya ambil bunga kembang teleng. rendam dengan air dingin sampai jd biru, dan airnya ditetesin ke mata yang sakit. gak lama langsung belekan, trus sembuh.

bukannya saya gak percaya sama dokter ya, cuma entah kenapa saya lebih sreg sama pengobatan herbal daripada kimia. bener2 ngurangin jadwal ke dokter krn sakit (walau saya ke dokter juga gratis dapat asuransi)

begitu :)

farahbun= farah + bunda. together we'll be, to infinity and beyond..

17

Topic: Herbal untuk Toddler

farahbun, iya nih ... anak tetangga (4 tahun) sebelah rumah juga diberi propolis, buat daya tahan tubuhnya ...

propolisnya pake merek apa ? :) kalau boleh tahu
soalnya kan herbal juga ada dosis dan panduan pemakaian ya. kalau overdosis dan pengemasannya gak higienis juga jadinya malah merugikan.

nah ini nih yang susah, nyari yg 'aman'. biasanya dilihat udah ada logo sertifikasi BPOM atau belum, dan ada panduan dosisnya ...

-

ngomong-ngomong, mamas, ini sedang cari tau tentang immunomodulator (ex, st*muno) serta pro-cons nya ...

kalau ada yg tahu boleh share ya ... pengen deh rasional juga di penggunaan herbal

less ego, more heart

18

Topic: Herbal untuk Toddler

Sidta, merknya "melia" ada nomor POM nya, tp gak ada tulisan halal. tp ya, propolis kan dari lebah, jd halal aja kali ya :p

farahbun= farah + bunda. together we'll be, to infinity and beyond..

19

Topic: Herbal untuk Toddler

Udah hampir 2 bln ini Bitha sistem imunnya baik Alhamdulillah
karena aku kasih madu Syamil sehari satu sendok teh aja
kalo dulu pernah dikasih imunos ama DSA nya tp ga ngaruh, akhirnya setelah baca thread ini kena racunnya kencur aku bikinin Bitha kencur *walo blm tau penampakan kencur kayak apa :) *
Alhamdulillah berangsur angsur sembuh + madu syamil itu

:) Amazing Life with Amazing Son :)

20

Topic: Herbal untuk Toddler

ada yang pernah kasih jamu gendong buat anaknya? pas aku beli jamu gendong, aliffa (13bulan) iseng aja aku icip2in jahe nya, dia doyan banget tapi ga aku kasih semua.. trus aku kasih iseng-iseng beras kencur, mau sih dia minum tapi dikit, trus dari situ nafsu makannya jadi lahap banget.
ga tau efek dari jamunya (pdhl minumnya dikit) atau emang udh waktunya dia lagi enak makan hehe..

nah mamas, pernah / boleh ga yah usia segitu dikasih jamu gendong gitu?he.. tapi ga tiap hari juga sih kalo lagi kepengen beli jamu aja

http://www.lianakirana.blogspot.com/
twitter : @_LianaKirana_
grateful to be born as a woman. chances to experience beautiful experience are gifted. one of them is breastfeeding.

21

Topic: Herbal untuk Toddler

Bundaliffa
Khasiatnya jamu beras kencur memang utk meningkatkan nafsu makan. Kalo utk ksh jamu gendong ke anak,,ga ikut komen deh. Blm pnh kasih,mskpn ada niat bwt kasih ke zhiezhie. Si mbak jamunya jrg lewat sih. Hehehehe...

Garnetzhia and Ametysha are my little angels

22

Topic: Herbal untuk Toddler

bundaliffa
IMHO, kalau untuk usia 1thn keatas mungkin boleh kali yaa.. cuman kalo jamu gendong hiegenisnya beda dengan buatan sendiri kayaknya yaa.. juga kandungan airnya jadi lebih banyak.. namanya jg dijual.. kalau bikin sendiri bisa diatur takaran air+kencur/jahe nya.. CMIIW

farah bun, sidta..
Duuhh.. kok saya jadi pengen ngelirik propolis juga yaa...

-WiwiT-
An ordinary bunda of twin amazing angels, Kira and Kara Setyadi
@wiwidwadmira | the Setyadi's

23

Topic: Herbal untuk Toddler

bundaliffa, idem sama mama2 lain, ngeri kebersihan sama kandungannya, soalnya nyobain beberapa jamu lewat, kerasa ada pemanis buatannya ...

less ego, more heart

24

Topic: Herbal untuk Toddler

Mama's pecinta herbal....aku sekarang rutin kasih kayla sari kurma dan/atau madu, tergantung mana yg kayla pilih n mana persediaan yg lagi ada. Efeknya udah mulai berasa, kayla g gampang sakit n kalopun lagi sakit cepet sembuhnya. Kalo batpil, mencret dan common problem lain, aku punya bukunya dr.Agus Rahmadi yg berjudul Menjadi Dokter di Rumah Sendiri. Isinya resep-resep mengobati penyakit dari bahan herbal yg bs langsung dipraktekin di rumah. Resep-resep dan bahan-bahannya udah diuji secara klinis dan uji lab lho...jadi g khawatir pas dipraktekkin.

mamanya kayla n nayya
@ariprastawati
@sepasang_kembang

25

Topic: Herbal untuk Toddler

Mrs.Tody,
Boleh dunk share resepnyaa...
kalo untuk website, biasanya saya lihat dari websitenya IPTEK tersebut.

-WiwiT-
An ordinary bunda of twin amazing angels, Kira and Kara Setyadi
@wiwidwadmira | the Setyadi's