1

Topic: Donor ASI

Sila post di donations thread ya -mod-

2

Topic: Donor ASI

marpianta dan dellen999

coba masukin di donation thread coba mom :)
http://theurbanmama.com/forum/post174805.html#p174805

3

Topic: Donor ASI

dear all,
mau tanya dong.. saya kan punya bayi 4bln, dan saya ibu bekerja, ASIP saya aga menipis, dan kebetulan di kantor ada yang mau donor tetapi beda agamanya dengan saya. Boleh dong infonya kalau ada yang tau hukum dalam Islam dalam menerima donor ASI dari ibu yang berbeda agamanya.

Terima kasih,
Windi

4

Topic: Donor ASI

windi coba bantu ya, dr yg sy baca, kalau tdk salah dr milis tetangga, jika sifatnya darurat diperbolehkan, mengingat ada aturan yang berbeda antara apa yg boleh dikonsumsi oleh ibu muslim dan non muslim serta batasan halal haram di mana nantinya saripati makanan ibu itulah yg akan menjadi asi, tapi jika mencari ibu susu seagama tidak berhasil dan banyak kendala, kemudian ada ibu non muslim, maka Islam tdk memberatkan, hth ya :)

5

Topic: Donor ASI

bunda, mohon sarannya apakah saya perlu donor ASI atau tidak ya? pasca banjir, saya tidak ada stok ASI sama sekali sampai akhirnya kejar tayang seperti sekarang. sehari saya bisa dapat 3-4 botol, tapi putri saya tidak cukup hanya dengan segitu. alhasil kemarin dikasih bubur sama pengasuhnya. Kalau soal disiplin pumping, makan sayuran sampai pelancar ASI sudah saya lakukan. yang saya khawatirkan adalah keadaan saya sekarang yang benar2 tidak ada stok. hari ini pumping dapat 3 botol, pagi dibekalin ke anak, siang pumping disusulin, sore pumping disusulin lagi.
anak saya perempuan, 3 bulan 17 hari, muslim, saya tinggal di daerah Pesing, Jakarta Barat

6

Topic: Donor ASI

Mom, imho, drpd dikasih bubur, mengingat usia bayinya msh 3 bulan yg berarti pencernaannya blm siap utk makan bubur, lbh baik cari donor asi saja. Sambil terus berusaha pumping utk mengejar stok. Nanti sekiranya stok sdh aman, asi donornya bisa distop. Atau kalau memang tdk bisa dapat donor, sekali lg imho ya mom, lebih baik dicampur dgn sufor drpd diberi bubur. Asi donor dan sufor sifatnya hanya sbg back up saja, asi mom tetap yg diutamakan diberikan ke baby. Mudah2an stok asi-nya bisa segera banyak lg ya mom, biasanya kalo tdk senewen krn kejar tayang (krn sdh ada back up) pumpingnya bisa lbh santai dan dapat lbh banyak.

7

Topic: Donor ASI

sayangnya sudah kejadian mom. sempat down waktu tau. Saya mulai kejar tayang, apapun saya lakukan supaya ASI saya banyak ketika di perah. nyari donor ASI di daerah saya susah. alhamdulillah kemarin saya bisa merah 4 botol dan saya bekalkan ke baby. Tadi siang saya telpon, susu masih ada 2 botol. Mudah2an edisi kejar tayang pakai banget segera berlalu. terima kasih masukannya mom :)

8

Topic: Donor ASI

[quote=bundanya_mirari
hai bundanya_mirari,
di daerah jakarta barat ya.
kebetulan teman aku, muslim, anaknya perempuan, umur sekitar 6 bulan, lagi cari ibu yang butuh ASIP. produksi asi nya berlimpah, dan kulkasnya penuh, kulkas kos, kulkas rumah, kulkas kantor pun turut penuh
Moms yang lain adakah yang butuh asi?
Lokasi kami di Jakarta Selatan

9

Topic: Donor ASI

oh ya moms...btw sy kmrn dpt info,kalo ada mamas yg ingin mendonorkan asip dan blm dpt yg mau mnrima (biasanya kan yg d TUM justru pngn jd donor)
asipnya bs diberikan ICU/NICU d rumah sakit trdkt.
biasanya ada tes kshtnanya lbh dl sih.danada proses sterilisasi asip nya dl.

10

Topic: Donor ASI

yitra dan mama-mama yang lain
kalau ingin mendonorkan asi, bisa juga di posting di thread donations
HTH

-WiwiT-
An ordinary bunda of twin amazing angels, Kira and Kara Setyadi
@wiwidwadmira | the Setyadi's

11

Topic: Donor ASI

Hi, mamas...
Salam kenal. Ak baru gabung di TUM. Selama ini jadi silent reader.
Ak ada mau donor asi tp kok thread donations nya ga bisa dibuka yah?
Klo ada yg bisa bantu, ma kasih banget

12

Topic: Donor ASI

Mom em_doc hrs posting min 10x dl

Macie-nya Danish
@zput

13

Topic: Donor ASI

em_doc thread donations bisa dibuka kok :)
dan khusus untuk thread donations, tidak harus post 10 lhoo.. jadi siapa saja yang ingin berdonasi bisa... :)

Love my kids

twitter & IG : @ndiievania
blog : https://ndiievania.wordpress.com/

14

Topic: Donor ASI

Baiklah, dicoba lagi. Mungkin kmrn koneksiku yg bmasalah. Thanks, puputpuput & cindy

15

Topic: Donor ASI

Dear moms, mohon pendapatnya.
Tadi pagi saya menyusui langsung bayi adik ipar yang baru berusia 4 hari karena asi si adik ipar baru sedikit dan si bayi kesulitan mimik langsung ke ibunya (flat nipple). Saya juga membekali 2 botol @100ml asip. Fyi, anak saya berusia 4m15d dan adik ipar non muslim, sedangkan saya muslim.
Insya Allah saya yakin dengan apa yang saya lakukan, tapi menurut moms disini bgmn? Terima kasih.

16

Topic: Donor ASI

amel1
kalo menurut aku pribadi sih gak masalah. Mungkin dalam pertumbuhannya diperkenalkan ini bukan hanya saudara sepupu, tapi juga saudara sesusuan. Btw, jenis kelamin anak sama sepupunya apa?

-WiwiT-
An ordinary bunda of twin amazing angels, Kira and Kara Setyadi
@wiwidwadmira | the Setyadi's

17

Topic: Donor ASI

Dear Urban Mamas & Papas,
saya mau sharing sedikit tentang modus baru kejahatan yang berkedok penawaran donor ASI, untuk referensi kita bersama supaya lebih waspada.

Jadi beberapa minggu lalu produksi ASI saya sempat menurun, sehingga kemudian saya posting di sebuah forum (bukan TUM) untuk mencari donor ASI dengan memberikan nomor telpon dan email saya. Seiring waktu berlalu, produksi ASI saya kembali normal dan alhamdulillah sekarang sudah mencukupi kembali kebutuhan anak saya, dan saya akhirnya lupa mengenai posting saya tersebut.

Siang ini, tiba-tiba ada seorang lelaki menelepon saya menawarkan donor ASI. Katanya, bayi mereka meninggal (innalillahi wa inna ilaihi rajiun), lalu sekarang istrinya ingin mendonorkan ASI nya. Saya tidak langsung mengiyakan karena anak saya punya alergi, sehingga donornya harus pantang beberapa makanan. Ketika saya jelaskan ini kepada orang tersebut, jawabannya nggak nyambung "iya ini disusuin langsung aja"

Saya bingung lalu menanyakan lokasi domisili mereka. Lelaki itu mengaku saat ini posisinya di Malang, sedangkan saya di Jakarta. Karena kondisi saya saat ini ASI nya masih cukup, saya menyarankan untuk ditawarkan saja ke orang lain yang mungkin kondisinya lebih urgent/lebih membutuhkan dan untuk cari calon donor di facebook AIMI ASI.

Lelaki itu kembali mendesak "saya butuh cepet, karena istri saya kesakitan bengkak". Saya sarankan kembali bahwa ASInya dipompa saja lalu disimpan untuk didonasi kemudian, yang dijawab lelaki itu dengan "nggak bisa, ASInya nggak keluar kalau dipompa, harus disusuin langsung"

Di titik ini saya mulai curiga, karena :
1. kalau dari bahasanya, kok seolah2 anak saya alat untuk mengurangi ketidaknyamanan yang dirasakan istrinya?
2. kenapa harus ngotot disusui langsung? bukankah bisa dipompa?
3. meskipun ybs di Malang (katanya) dan saya di Jakarta, dia ngotot mau mendatangi demi bisa menyusui langsung anak saya
....tapi ujung-ujungnya saya sedikit merasa kasihan karena ingat cerita ybs bahwa bayinya baru saja meninggal. Saya berpikir mungkin dia sedang panik atau nggak terlalu paham seputar mekanisme donor ASI dan manajemen ASIP.

Akhirnya untuk menyudahi pembicaraan yang membuat saya makin tidak nyaman, saya bilang bahwa saya akan save nomor ybs dan menginformasikan kalau ada teman yang membutuhkan.

Satu jam kemudian, lelaki tersebut menelepon lagi dan semakin mendesak "Gimana mbak udah ada belum temennya?" yang tentunya saya bilang aja belum ada, dan pembicaraan menjadi semakin aneh :

Penelpon (P) : "Tolonglah Mbak istri saya udah kesakitan"
Saya : "Dipompa aja Pak, terus disimpen dulu buat kalau besok-besok ada yang butuh"
P : "dipompa nggak keluar, udah mampet"
Saya : "ke dokter atau konselor laktasi Pak, mungkin harus dilancarkan dulu"
P : "kata dokter harus disusuin ke bayi, harus ada bayinya langsung"

di titik ini saya semakin yakin ada yang nggak beres, dan akhirnya saya langsung menutup telpon, lalu mem-block nomor tersebut.

Saya sempat cerita juga soal kejadian ini ke teman-teman di birthclub Maret 2014, dan ternyata salah satu teman saya menginformasikan bahwa di fanpage Facebook AIMI ASI ada info mengenai modus penipuan seperti ini. Detailnya seperti apa saya belum tahu, karena kebetulan di kantor saya tidak bisa akses facebook.

Demikian sharing saya teman-teman, semoga bisa jadi perhatian kita bersama, bijak-bijak mencari donor ASI. Kalau dipikir jahat banget sih kok bisa ya ada orang yang memanfaatkan situasi darurat (bayi butuh donor ASI) untuk jadi pintu masuk modus kejahatan :(

18

Topic: Donor ASI

rabbitmom
aduh andien, ngeri sekali kelihatannya. Dan kalau dipikir lagi, misalnya memang mendesak seharusnya si bapak bisa ke klinik laktasi terdekat ya... Bukankah lebih efektif ke klinik laktasi terdekat drpd harus terbang Malang-Jakarta?!
Sekarang memang harus ekstra waspada ya?! dan lebih lagi ketika ada kejadian yang mendesak dan mengejutkan itu kuncinya "tidak boleh panik".
Terima kasih sharingnya ya andien...

-WiwiT-
An ordinary bunda of twin amazing angels, Kira and Kara Setyadi
@wiwidwadmira | the Setyadi's

19

Topic: Donor ASI

Kira Kara
Betul Mbak, itu juga yang bikin aku jadi curiga. Kok ybs ngotot banget harus disusuin langsung dan mau jauh-jauh ke kota lain yang notabene perjalanannya aja makan waktu lebih lama daripada dia ke klinik laktasi terdekat.
Semoga kita semua dilindungi dari niat jahat semacam ini ya

20

Topic: Donor ASI

Dear moms,
Saya pingin curhat aja disini ya...
Saya sedang mencari orang yang mau didonasikan asi (sudah saya post di donation thread)
Ternyata tidak mudah ya mencari penerima donasi :(

Ini adalah anak kedua saya, dulu anak pertama saya juga kelebihan asi dan tidak ada yang butuh donatur.
Saya pernah menelpon RS, mereka tidak mau menerima.
Saya juga pernah menelpon beberapa panti asuhan, ditolak begitu saja bahkan dengan nada kurang ramah. Jujur saya lumayan kesal juga kok panti asuhan sombong2 ya ternyata...

Karena itu saya akhirnya membuang berpuluh2 kantong asi yang sudah saya kumpulkan dengan susah payah. Sedih banget loh rasanya, karena asi itu saya kumpulkan dengan susah payah krn pada awal menyusui saya sampai nangis2 sebelum asi saya lancar.

Nah itu 3 tahun yang lalu. Sekarang saya punya bayi lagi, dan kelebihan asi lagi. Kali ini sampai beli freezer khusus ASi karena kulkas yang ada sudah tidak mencukupi.

Saat ini stok asip saya ada 250 kantong dengan umur asip paling lama 2 bulan yang lalu. Dan saya sedang berusaha mencari penerima donor... kalau saya harus buang lagi ratusan botol sakitnya tuh disini :'(((

Saya sudah berusaha join milis aimi-asi (dulu namanya asiforbaby?) tapi sudah beberapa hari masih approval pending dan saya belum bisa posting. sementara freezer semakin penuh.

Semoga post di donation thread bisa membantu ya.... :(

21

Topic: Donor ASI

Pagi bunda....saya mau nanya kira2 ada y tidak bun pendonor asi untuk wilayah sidoarjo surabaya atau wilayaah jatim...saya butuh pendonor asi bun....trim

22

Topic: Donor ASI

Pagi bunda....saya mau nanya kira2 ada y tidak bun pendonor asi untuk wilayah sidoarjo surabaya atau wilayaah jatim...saya butuh pendonor asi bun....trim

23

Topic: Donor ASI

calalily

urusan cari penerima donor asi emang gak gampang, saya taon lalu juga akhirnya buang beratus2 botol ASIP saya karena gak ada yang mau terima, sedihnya orang indonesia masih lebih bangga kasih sufor drpd ASI, meskipun saya ngerti juga mungkin pada takut kasih ASI orang gak dikenal ke anaknya kali ya. Udah pernah tanya ke rumah sakit mau diterima asal pasien di rumah sakit itu juga dan lulus tes yg mereka minta. Mungkin bisa dicoba kali ya tanya ke rumah sakit tmpt sis ngelahirin, di case saya karena rs nya jauh males juga nganterin ke sana plus gak nanya jelas juga siapa yang bayar tes ini itu yg mereka minta ^^

24

Topic: Donor ASI

Bunda calalily dmna...asi bunda trakhr kpan pengambilannya

25

Topic: Donor ASI

Bunda calally sya inbox...tolong di blz...trim