1

Topic: Check-up Kehamilan

Mau ikutan share:)
saat ini saya di singapura, dalam proses pindah ke Indonesia.
Bulan ini telat haid, pas di cek ternyata positif. Mengingat mahalnya biaya konsultasi disini mikirnya nanti aja deh di Indonesia cek nya:p

Tetapi kemaren ada flek, sedikit sih, tapi cukup membuat khawatir dan akhirnya ke dokter dadakan (telpon yg available Dr Anna di Jurong). Saat ini kehamilan 5 minggu. Karena ada flek, di injeksi dan di kasih obat. Pas di USG janin keliatan normal tapi tidak keliatan detak jantung, jadi katanya di suruh balik minggu depan.

Duh, karena panik, dan tidak punya rencana ke dokter disini, begitu deh. Karena beliau senior consultant, USG, injeksi penguat kehamilan, etc jadi bayar mahal sekali.

"maaf curhatnya di tempat umum- siapa tau ada gunanya bagi yg baca" :)

2

Topic: Check-up Kehamilan

mamabaru, saya juga controlnya sama Dr. Anna, tapi di NUH. so far sih selama ini dokternya gak pernah ngasih yang aneh-aneh (maksudnya injeksi, disuruh tes darah, dll). Cuman dikasih folic acid waktu awal kehamilan, trus diganti minyak ikan dan iron (kayaknya yang ini standard). Karena waktu USG dulu dibilang blood flow resistance di plasentanya gede, jadi dikasih aspirin juga untuk ngencerin darah.

Iya, setuju, biaya si dokter emang super mencekik (apalagi buat yang bukan PR). tapi sebenernya dokternya keliatan sangat meyakinkan dan calm gitu... (ya iyalah senior consultant gt...) cuman terakhir periksa ini ada murid FK yang magang ama dia, jadinya pasiennya agak2 gak diperhatiin deh. huhuhuhu...

3

Topic: Check-up Kehamilan

mOmcHi wrote:
mamabaru, so far sih selama ini dokternya gak pernah ngasih yang aneh-aneh (maksudnya injeksi, disuruh tes darah, dll). Cuman dikasih folic acid waktu awal kehamilan, trus diganti minyak ikan dan iron (kayaknya yang ini standard). Karena waktu USG dulu dibilang blood flow resistance di plasentanya gede, jadi dikasih aspirin juga untuk ngencerin darah.

Iya, setuju, biaya si dokter emang super mencekik (apalagi buat yang bukan PR).


Hi Momchi, di Dr Anna juga ya:)

Saya di injeksi mungkin ya karena bilang ada spotting ya, nanya sih apa harus (agak takut disuntik) katanya mending ga ambil resiko. sekarang masih ada aja sih fleknya, semoga semuanya ga papa.

Soal biaya, kalau ke spesialist sama kok, buat citizen, PR atau foreigner, bedanya bisa di claim atau tidak dari cpf aja.

4

Topic: Check-up Kehamilan

Dear all
ikutan nimbrung yah,,
mau tanya nih,,aq kan baru aja keguguran dikehamilan pertama,,dokter bilang sih gak berkembang gt janinya,,tapi belum sempat dikuret dia udah keluar sendiri walaupun tetap dikuret karena belum bersih,,tadi sore waktu kontrol ke dokter,,aq disuruh buat tes TORCH,,yang mau ditanyain,,itu tesnya gimana?ambil darah aja atau ada yang lain2?biayanya berapaan biasanya?

5

Topic: Check-up Kehamilan

Ninis, gue waktu itu tes darah dan tes urine pas bulan ke-4..tapi ga tau itu namanya tes TORCH atau bkn,hehehe :p ..yg pasti itu mencakup pemeriksaan anti rubella, anti toxo juga sih, trus hematologi, kadar protein,dll. Nah dulu gue 900ribu-an,ampir 1jt lah di RS.Borromeous. Kayanya kalo di lab2 khusus gitu rada mahal. HTH ya,Nis.

website : http://thebabybirds.net
twitter/IG : @almaviva

6

Topic: Check-up Kehamilan

Waduh sama nih ma otty, selama hamil gak ada yg namanya tes kek nyanya dan mamas lainnya, periksanya standard bgt, usg dan ctg doang. Pas awal2 tes urine aja. Keknya my spog gak mau repot dan terlalu nyantai kali ya. Padahal ngantrinya lama bgt dan ketemu dokternya cuma bentar, tp untungnya dokternya bisa digangguin via hp, klo ada masalah dikit bisa nelp or sms.

Nyanya kok mau ganti dokter? Bulan dpn udah duedatenya kan Nya?

7

Topic: Check-up Kehamilan

BundanyaLana wrote:


Nyanya kok mau ganti dokter? Bulan dpn udah duedatenya kan Nya?


Aih,itu postingan bulan desember. Jadi dulu pas mo masuk minggu 23 emang mo ganti dokter,karna ganti RS juga. Jadi pas bulan ke-6 dan sampe sekarang udah ama dokter yg baru. Begitchuuu..Huehehehe.. Iya ni due date bln dpn, deg2an :p

website : http://thebabybirds.net
twitter/IG : @almaviva

8

Topic: Check-up Kehamilan

Ih iyayah gak ngeh Nya :D *sambilpelototinpostingdate Nyanya

9

Topic: Check-up Kehamilan

Thanks a lot mbk nyanya..sem0ga ibu dan babyny sht2 smpe lahiran nanti..semuanya lancr y mbk..(duh,,ikt deg2an,tp pastiny gak sbr pgn peluk babynya)

10

Topic: Check-up Kehamilan

Ninis, no problemo,darling! Amiin..Makasi yaa. Iyaaa,ga sabar pgn peyuk2 si baby nih. Hihihi. Btw,keep sharing ya :)

website : http://thebabybirds.net
twitter/IG : @almaviva

11

Topic: Check-up Kehamilan

Hi mamas, mau nanya dunk...

Ada yang tahu prosedur tes amniocentesis di Indonesia ngga? Ada temen yang bakalan tes ini sekitar Juni nanti krn hasil TORCH-nya ngga bagus. Dia dah dapet satu RS yg bisa kasih tes amnio. Harga sekitar 2,8 juta.

Yang pengen saya tahu adl: Apakah memang prosedurnya di Indo itu bisa langsung tes amnio tanpa tes trisomi 21 terlebih dahulu? Soalnya kl di tempat saya, kudu trisomi 21 duluan utk deteksi awal.

Fyi aja, kl di Perancis, trisomi 21 itu wajib buat bumil yg usianya 38 ke atas. Tp saya kena juga tuh dulu walau usia saat hamil baru 34. Info ttg tes amnio ada di wikipedia atau blogspot-nya bidanshop (dlm bhs Indonesia).

Thx sebelumnya ya, mamas!

12

Topic: Check-up Kehamilan

mamas... kok saya jadi bingung ya... perasaan pas hamil anak pertama gak ada tuh full scan... itu bentuknya kaya gimana ya? bedanya apa sama USG biasa??

gue hamil pertama juga gak ada sama sekali disuruh periksa darah atau urine... tiap cek begitu2 aja, ukur tensi, BB, USG, curhat keluhan, lempar pertanyaan, udahnya dikasih vitamin... kehamilan kedua juga begitu... udah kedua dokter malah tapi sama2 aja...

“The mother's heart is the child's schoolroom.”

13

Topic: Check-up Kehamilan

kayanya gw juga mau pindah dokter deh.., dokternya pelit ngomong, kalo pun ditanya jawabannya pendek2. emang sih ini hamil yg ketiga dan baru 7 minggu, tapi tetep aja pengen ngasih yg terbaik buat si jabang bayi..

twitter and IG: @zataligouw
Blog : http://www.zataligouw.com/

14

Topic: Check-up Kehamilan

Hi all
ikutan ya... kalo dulu check up kehamilan cuman sebulan sekali... USG dan CTG biasa.. nah masuk bulan ke 7 disuruh cek darah untuk hematologi lengkap... benernya ini untuk tau aja kita ada kencing manis ato engga.. sama ngetes kadar darah aja.. persiapan mo lahiran... sempet ditawarin USG lengkap yang 4D cuman kita ga ambil karna alesannya selain agak mahal biar surprise aja liat muka babynya... lagian sebenernya USG 2D udah cukup banget n kebetulan kehamilan yang pertama ga da masalah.. Aku juga dulu baca2 buku what to expect when you're expecting jadi agak helpful untuk yg ibu2 yang clueless.. :)

15

Topic: Check-up Kehamilan

Dua minggu lagi gue mau cek NT dan DS nih :(

Takuuuuuuuuuuuuuuuut dan parno banget meski gue sebenernya gak berisiko:

- Di bawah 30 th
- Tidak ada keluarga dekat / jauh sama sekali yg DS di gue maupun suami gue
- Kemaren sih normal2 aja pas diUSG

Tapi gue tetep takut banget nih...

Btw, kalo biaya di RSPI itu diitung USG 4D aja sekitar 600 ribu belum termasuk biaya dokter.

16

Topic: Check-up Kehamilan

Kita mulai check up kehamilan ke Obgyn sih sejak kandungan masuk minggu ke 10. Nah kalo di Aussie sini mreka ada test pada saat kehamilan minggu ke 12 yaitu Amniocentesis tapi kita ngga ambil karna menurut kita ngga terlalu penting banget.
Masuk minggu ke 20 lalu ada full Ultrasound termasuk 3D/4D. Dari minggu ke 10 sampe minggu ke 29 nanti kita masih sebulan skali tapi t'akhir ke dokter kemarin pas minggu ke 24 dia bilang setelah minggu ke 29 kita harus dateng setiap 2 minggu sekali.
Nah sebelom kita dateng check up di minggu ke 29, 5 hari sebelomnya kita di suruh Glukosa test & HB test.

17

Topic: Check-up Kehamilan

Kalau aku pertama ke obgyn pas usia kandungan udah 8week 3day...udah kelihatan bakal janinnya waktu di usg..
Emang agak telat, karena sebelum-sebelumnya haidnya ngga teratur. Sama kaya beberapa mama yang lain, aku juga ngga full scan tuh.
Kalau kontrol rutin sih tiap bulan pasti di usg. tapi untuk usg 4D, itu inisiatif kita sendiri. Kebetulan di yogya ada usg 4D yang lumayan murmer :).... cuma 125rb udah dapet CDnya. Tapi ya gitu...daftarnya penuh perjuangan...karena perhari cuma terima 2pasien dan janjiannya pada hari yang sama per telpon..
Sempat juga sih sekali diminta tes darah untuk mengetahui kadar gula darah pas usia kehamilan 35 minggu...karena pas kontrol menurut dokter baby nya kok uda 2,8kg...takutnya aku diabet, tapi Alhamdullillah..hasilnya negatif..
So far sekarang baik-baik saja...tinggal nunggu due date nih....

18

Topic: Check-up Kehamilan

iya sepertinya kapan tau kita hamil tergantung haidnya teratur apa nggak. karena gue selalu teratur 28 hari, setelah telat seminggu langsung cek pakai test pack, ternyata memang hamil.

gue test torch sebelum hamil. malah ada org2 yg test ini sebelum nikah. selama hamil sempat test darah & urine sekitar minggu ke 29 kalau ga salah. tapi setelah itu gue test urine lagi 2 kali karena kaki yg bengkak takutnya pre eklamsia. untungnya hasilnya negatif.

19

Topic: Check-up Kehamilan

Hai hai, kemarin itu gue udah cek NT dan DS plus tes2 Toxo + Platelet lagi dan semuaaa normal...skrg udah 17w 2d dan bayinya lebih besar dari rata2.

Gue check up kehamilan itu 2 minggu sekali, lebay yah hihihi, habis suka kangen pengen liat di USG 4D jadi begitulah!

20

Topic: Check-up Kehamilan

hai mamas.. td pagi baru tes ni pake TP, ternyata positif. hari ini baru telat 7 hari. Sebaiknya kpn ya ke dokter?

waktu kehamilan pertama, ke dokternya pas telat 10 hari, tp dirahim blm keliatan apa2, dtg lg 2 minggu kemudian, baru keliatan. trus 1 minggu kemudian ngeflek dan akhirnya keguguran karena janin ga berkembang alias BO.
Mau tes darah dll, kt dokternya ga usah karna BO biasa terjadi pd kehamilan pertama.

21

Topic: Check-up Kehamilan

Verhakay, gw dulu telat 3 hari aja udah ke dokter karena hasil TP udah positif. Saran gw sih ke dokter aja sekarang karena ada riwayat BO. Emang iya ya BO itu lazim di kehamilan pertama? Kalau masih telat beberapa hari sih suka ga keliatan di usg perut, tapi kalo di usg transvaginal biasanya udah keliatan.

life.love.food.baby! | http://kuningkecil.blogspot.com | @nanieng303

22

Topic: Check-up Kehamilan

iya.. ini mau buat janji ke dokter.. makasi ningnung

23

Topic: Check-up Kehamilan

verhakay Kalo mau cek up ke dokter bisa aja mom dari sekarang, cm kalo aku pribadi punya pengalaman gak begitu menyenangkan cek up di awal kehamilan (awal Oktober lalu).

Jadi gara2 USG perut belum kelihatan, dokter agak maksa buat USG TransVagina (soalnya kalo hamil muda, memang biasanya belum kelihatan di USG perut). Aku gak mau soalnya risih ajaa gitu. Yang aku kesel, gara2 aku nolak USG TransV si dokter kaya gak percaya aku hamil. Sesi konsultasi jadi gak menyenangkan. Testpack ku udah positif, tapi si dokter malah bilang,

"Testpack positif tingkat akurasinya hanya 30 %,bu! Selama saya belum lihat hasil USG sy belum bisa memastikan ibu hamil. Lagipula, kalo si janin tumbuhnya di luar rahim, bagaimana bu?!!".

Matahin semangat & nakutin pasien gak tuh dokter?! Padahal aku di RS Permata Cibubur sm dokter yg katanya recommended, tapi sumpah mengecewakan banget.Sayangnya aku gak punya banyak info sebelum cek up itu, jadi aku gak tau kalo ternyata pastiin kehamilan muda bisa juga melalui test lab. Jadi merasa dibegoin bgt sm tuh dokter. Yaudah aku pulang tanpa hasil apa2.

Tapi karena yakin aku hamil, aku konsumsi aja susu bumil (ANMUM) buat nambah nutrisiku, soalnya lagi parah2nya mual waktu itu (walopun tanpa muntah). Sampe rumah nyokap bilang gini,

"Ahh.. mami waktu hamil kamu baru cek up ke dokter pas udah 4 bulan jg gak apa2. Dulu juga gak tiap cek up harus USG kok. Kalo dokter mami dulu testpack positif juga udah langsung dianggap hamil, dan dihitung perkiraan tanggal kelahirannya."

Akhirnya aku mutusin cek up lagi nanti aja setelah agak lama. Jadi aku baru cek up lagi di awal Desember (dengan dokter & RS lain tentunya!). Alhamdulillah si janin udah muncul di layar monitor USG lewat perut, dan dokter bilang udah 11 weeks, detak jantung normal, janin aktif.

Hihiiii.. kok jadi curhat. Jadi begini verhakay, kalo aku berani cek up agak lama gitu karena aku memang ngerasa gak punya keluhan2 kehamilan yang mengganggu. Walaupun mual2 juga aku gak sampe muntah (cuma sempet sekali sih muntah). Nahh jadi kalo TP sdh positif, jadi balik ke diri km sendiri, merasa perlu cek up awal gak? Punya keluhan selama hamil muda gak? Misalkan mual-muntah berlebihan yang sampe gak bisa makan, atau keram perut berlebihan, nahhh baru deh perlu ke dokter segera. Tapi kalo ada riwayat keguguran, mungkin baiknya memang ke dokter yah.

Semoga kehamilannya lancar ya, mom! :)

? Working Mommy I Architect I @yantri_abshar ?
Really fall in love with my little one (?????)
www.lifeofyantri.wordpress.com

24

Topic: Check-up Kehamilan

udah ke dokter ni mamas.. alhamdulillah udah keliatan janinnya di rahim, dan kata dokter ukurannya normal.. tapi karna punya riwayat BO dikasi penguat rahim trus disuruh cek 2 pekan lagi untuk mastiin janinnya berkembang ato ga..
jadilah deg-degan nunggu 2 pekan ini..

makasi Ms_Anti.. Amin..

25

Topic: Check-up Kehamilan

alhamdulillah.. udah cek lagi dan udah ada yg berdetak gitu..