1

Topic: Umbilical Hernia

hi urban mama,

ada gak yang pernah punya pengalaman dengan umbilical hernia (hernia pusar)? sebenarnya ini common pada babies, dan akan hilang sendiri setelah 1-2 thn. tapi kalo makin membesar, mesti di operasi ato gak jadi bodong.

kemaren ini, anak kedua gue, neishia setelah pusar-nya puput, gak turun2. pas gue cek, ternyata kayak masih ada yang nyisa gitu. akhirnya setelah dibersiin pake alcohol, lama2 coplok dan ilang. nah masalahnya pusarnya jadi naik, dan menurut dokternya sih itu umbilical hernia. pas kemaren ke jakarta dan ketemu ibu2 tukang urut, juga bilang yang sama.

akhirnya gue gugel deh dan katanya emang bakal ilang lama2, gak perlu pake coin, etc. tapi kemungkinan baru ilang setelah umur 1thn. selama kalo diteken dan bayi lagi gak nangis ato ngulet, dia bentuknya normal. so far sih normal2 aja kalo pas lagi anteng, tapi kalo nangis, baru deh naik & keluar.

penasaran aja, apa ada urban mama yang lain punya pengalaman yang sama dengan si kecil? share dong..

thanks yaa!!

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

2

Topic: Umbilical Hernia

sama,,anak ku juga gitu kondisi pusernya, kata dokter yg berbeda 2 dsa nyantei2 aja,,katanya akan kempes sendirinya, banyakin tengkurep aja. 1 dsa yang agak2 worried. sekarang sih masih tunggu aja, semoga bisa ngempes :)

ambu-appa love you bebeb :)

3

Topic: Umbilical Hernia

waaa ini babyku!! Sachiko (2M 26D) sampai sekarang pusarnya masih nonjol kayak donat gt. Ortu sama mertua uda bulak balik nyuruh pakein koin aja tapi aku kekeuh gak mau. Selain takut infeksi atau alergi aku juga gak tega ngeliat dia pas dipakein koin karena diteken gt. Apalagi pas coba dipakein koin kasanya sempet nempel karena lukanya belum kering banget. Even kalau kata orang tua itu malah bagus karena itu yang bikin masuk (sampai sekarang aku pun bingung apa hubungannya).

Setelah nanya dan googling sana sini katanya sih akan masuk sendiri sebelum umur satu tahun. Sempet nanya sama dsa nya, beliau sih bilang santai aja karena lama2 otot perut si anak bakal menguat nah pas itulah si pusar akan masuk sendiri. Sekarang sih Sachi lagi sering aku tengkurepin biar otot perutnya cepet kuat :)

4

Topic: Umbilical Hernia

aina kayak gitu :( dari puput, ga turun2, dan kalo nangis waktu bayi... ih serem, nonjol banget!

waktu awal2, gue kuatir banget, soalnya pusar gue dalem... dan waktu aina bayi itu kalo nangis ngedennya ampe merah, dan pusarnya kayak mo pop out! mana ternyata dia nangis karena kurang susu pulak, jadi gue merasa bertanggung jawab bikin udel anak sendiri bodong... hu hu hu.

gue emang ga pake koin dan kawan2 sih. sama kayak yang lain, dokter bilang, kalo otot perut anak udah kuat, ntar masuk sendiri. tapi ampe umur 4.5 tahun ini (pake latihan ballet, yang mestinya bikin otot perut kuat lho!), masih rada bulet -- istilah aina: "udel bulet", in contrast to mine, yang katanya "udel dalem").

tapi ternyata kalo diliat2, pusar aina persis bentuknya ama udel suami... yah, mungkin emang turunan bentuknya kayak gitu...

tapi karena di awal2 emang nangis gara2 kelaperan kurang susu ampe kena Umbilical Hernia , suami bilang, satu2nya operasi plastik yang akan dibiayai ortu kalo aina minta, ya operasi udel bodong deh... hehe.

? comic and crochet addict ?
theurbanmama.com | @turniptopia

5

Topic: Umbilical Hernia

Hi Urban Mama,
anakku usia 7minggu sekarang dan sepertinya ada Umbilical Hernia.
awalnya kupikir dia alergi makanan tapi terus lama2 koq udelnya nongol banget ya sekarang .. lumayan agak besar sih..

yang perlu aku tanyain Umbilical Hernia ini ada sangkut pautnya dengan alergi makanan ga sih? karna kalau dari DSA ku dia bilang ada sangkut pautnya, tapi kalau Gyno ku bilang itu tidak ada sangkut pautnya dengan alergi makanan.. memang bawaan bayi itu beda2 katanya..

kalo aku search dari google tidak ada yg mention kalau Umbilical Hernia ini disebabkan oleh makanan.
udah seminggu terakhir ini aku tidurin tengkurep dan memang berkurang sekali ngeden ataupun ngulet2nya..

Jehan D S

6

Topic: Umbilical Hernia

summerbaby umurnya 7 minggu atau 7 bulan? kok sudah makan? atau maksudnya makanan dari ASI kamu?

setau gue sih umbilical hernia ini ga ada hubungannya dengan alergi makanan kok, dia ini ada karena otot perut yang belom kuat di sekitar pusar, jadi gak bisa nahan pusarnya untuk masuk, akibatnya jadi nongol terus.

oiya, update dengan anak gue, sekarang umurnya udah 5.5 bulan. pusarnya sudah mulai masuk dan gak nongol lagi walopun lagi nangis.

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

7

Topic: Umbilical Hernia

hey Slesta..
maaf ya kalau kurang jelas.. iya maksudnya makanan dari ASIku..
thank you infonya..

Jehan D S

8

Topic: Umbilical Hernia

Tiva (2m2w) juga pusernya nonjol sejak puput.. terutama kalau nangis atau ngeden wuihh bisa nonjol sampe 2 cm gitu.. Dari awal aku kekeh tidak mau pake koin dll, krn aku sudah pernah baca, bahwa itu normal dan akan hilang dengan sendirinya, bahkan bidan2 RS waktu Tiva mau pulang sdh wanti2 juga tidak perlu pakai koin, krn akan hilang sendiri..

Lucunya pada saat aku ketemu Dsa pas kontrol 1 bulan, Dsa nya malah nganjurin pakein koin, kl tidak bisa bodong, atau kalau parah bisa hernia..
Nah bingung deh aku mana yang bener, untuk sementara sih jadi aku pakein koin yang dibungkus kasa, cuman suka kasian sama kulit Tiva yg jd merah2 karena lem bandage nya :(
ada yang recommend bandage ("selotip") yg ramah untuk kulit bayi gk? *eeh maaf oot :p

Oia ada lagi yang rcommend umbrical cord gitu.. katanya sih lebih effektif karena ada tonjolannya yang ditempelkan ke pusar, sehingga pusarnya lebih masuk.. aku pernah cari di toko bayi, ada model dr cina, tapi kainnya kasar dan lemnya keluar2 gitu.. akhirnya gk jd beli dan tetep pake koin dan kasa.. (tonjolannya dibuat manual dari lipetan kain kasa)