1

Topic: Tidak tertarik dengan mainan

Arza 14mo, tidak tertarik untuk memainkan mainannya dalam waktu yang lama. Kalau baru beli dia akan tertarik. Lama-lama dia abaikan. Kalau semua mainan disusun rapi di rak, maka rak itu akan selalu rapi. Karena arza ngga mengeluarkan mainan itu, pasti akulah yg mengeluarkan dan mengajaknya bermain.

Apa anakku tipe yang bosenan ya? aku perhatikan, daya tarik terhadap suatu mainan tidak lebih dari 2-3 kali.

Dia lebih tertarik bermain kabel, botol, sendok dsb.. manjat tangga, kebawah meja makan atau menemukan benda-benda baru.

ada yang punya pengalaman yg sama?

2

Topic: Tidak tertarik dengan mainan

meiza - arza masih 14 bulan ya? kayaknya anak sekecil itu emang kayak gitu deh, karena dia blum beneran bisa ngebedain mana yang "mainan", mana yang "bukan mainan". lebih kearah ada benda didepan matanya, trus dimainin... jadi kalo ditawarin mainan, ya dia mainin. kalo didepan matanya ada sendok, dia mainin juga. kalo deket meja, jadi main dibawah meja atau manjat kursi.

kalo diinget2, anak setelah 2 tahun baru beneran ngambil inisiatif untuk ngambil "mainan" punyanya. sebelum itu, dunia disekeliling dia semuanya ya mainan.

? comic and crochet addict ?
theurbanmama.com | @turniptopia

Topic: Tidak tertarik dengan mainan

sama ni dgn nathan..kalo yg mainan khusus punya dia pasti mood2an main nya..tp kalo yg bukaan mainan pasti dia suka (jemuran, pakaian di lemari, piring plastik, sendok makan, pokok nya yg bukan mainan nya)
mungkin lg suka ber eksplorasi..jd yah dibiarkan aja dulu..tp efek samping nya rumah jd kaya kapal pecah*berantakan dimana2*...

even you`re not baby anymore..but in my heart you`re always my baby..

4

Topic: Tidak tertarik dengan mainan

Meiza, wajar ko kl Arza milih utk bermain dg benda2 biasa di sekitarnya. sama kayak kita yang menemukan sesuatu yg baru, akan penasaran dan ingin mencoba. benda2 buat kita yang biasa aja kan asing buat dia. apalagi kalo dia liat kita sering berinteraksi dg benda tsb, jadi ingin meniru deh dia..

justru saat yg tepat utk stimulasi dia. kl pegang sendok, bisa diajarkn utk makan sendiri ato main pukul2 drum/kaleng bekas. Shafa sekarang lagi suka mainan sapu, diajarin nyapu deh =p dan sama ky Nathan yang suka main dg baju di lemari. kata nyokap, bisa diajarkn sekalian untuk menata baju juga. hihihi.. irit juga kan, ga perlu beli mainan dulu. kita aja yang kreatif bikin benda2 biasa jadi mainan. misal.menggelindingkan galon, main musik dr kaleng bekas atau memasukkan barang2 ke kaleng. yang terakhir ini favorit Shafa banget. malah sekarang udah meningkat jd memasukkan koin ke celengan.

usia awal toddlerhood gini seru banget deh. biar dia eksplor sebanyak2nya. nanti kl udah menjelang 2 tahun dia bakal punya preferensi. who knows, malah jadi mau mainan yang itu2 aja (berkaca pada anaknya teman)

5

Topic: Tidak tertarik dengan mainan

meiza..anakku pernah seperti itu mba...terutama ketika umurnya masih under 1.5 tahun. Mainan yg bisa dimainkannya terbatas sekali. Paling cuma mainan yg seperti keyboard itu :D.

Setuju sama thalia. Kalau menurutku sih bisa jadi hal tersebut karena umurnya Arza yg memang masih tergolong kecil.

Kalau boleh tahu mainannya apa saja?. IMHO, minat yang kurang terhadap mainan bisa jadi karena si anak blm tahu cara memainkan mainan itu secara "independen" karena kemampuan motorik halus tangannya masih kurang, kemampuan imaginasi dan logikanya masih terbatas, dimana bisa jd faktor penyebabnya adalah si anak umurnya masih terlalu kecil.

Berikut bbrp hal yg dulu kukira juga sebagai "tidak tertarik pada mainan" yang pernah kuamati terjadi pada anakku, mungkin bisa dijadikan pembanding, meskipun tiap anak berbeda.
[list=*]

  • Mainan mobil-mobilan. Seingatku pertama kali kukenalkan pada umur 1 tahun. Tapi cuma dilihat terus dibanting-banting, tidak sampai 3 hari sudah rusak. Kalau keberi lagi mobil-mobilan baru, dia lebih suka membolak-balik mobil dan memutar-mutar rodanya. Baru menjelang umur 1,5 tahun dia bisa memainkan mobil secara "benar". Sampai umur 2 tahun anakku benar2 addicted pada mobil-mobilan. Mainan yg tidak beroda tidak menarik mintanya. Anehnya setelah > 2 tahun dia sdh tdk tertarik lagi pd mobil-mobilan. Sepertinya benar-benar sudah bosan, sdh tidak menantang baginya. Kalau kuberi mobil-mobilan baru hanya dimainin sebentar terus wassalam :D[/*]
  • Flash card & Vocabulary card. Aku kenalkan sblm usianya 1.5 tahun. Waktu itu kosakata yg dikuasainya masih < 10. Bukannya tertarik, biasanya kartunya malah direbut, disebar di lantai terus diinjak-injak. Anakku baru tertarik main flash card waktu umur >2.5 tahun, setelah kemampuan bicaranya meningkat, begitu juga kemampuan untuk menyimpan memori dan logika analisanya. Sampai skrg umur 3.5 tahun msh suka dg ini.[/*]
  • Bola. Kukenalkan sejak umur 1 tahun. Tapi anakku baru tertarik main bola dengan papanya setelah umur 2,5 tahun meskipun dia sdh lancar lari sejak <1,5 tahun. Kalau ini sepertinya lebih karena minat saja.[/*]
  • Puzzle. Kukenalkan sejak umur 2 tahun. Tapi baru bisa memainkannya setelah umurnya >2.5 tahun. Skrg malah lagi senang2nya main puzzle. Mulai suka dg puzzle yg rumit. Kuamati dia bisa main puzzle setelah imaginasi dan logikanya mulai "jalan".[/*]
  • Lego. Kukenalkan sejak umur 1,5 tahun. Tapi baru tertarik main lego setelah 3.5 tahun. Setelah dia bisa berimajinasi membentuk rumah, mobil,dsb.[/*]


    HTH ya mbak

    Untuk yg menstimulasi agar bisa menggunakan benda2/peralatan di rumah sesuai dg fungsinya, aku setuju dg rieda :)

  • 6

    Topic: Tidak tertarik dengan mainan

    Anakku jg gt bosenan, tp klo diperhatikan bayi emang lbh menyukai hal2 baru yg blm pernah dipegangnya (penasaran kali y?), selama tdk membahayakan sih aku biarkan saja. Kadang malah orang tuanya yg terlalu napsu beliin mainan buat anak, gak tahunya babynya bosenan. Makanya skrg aku jd males beliin anak mainan, mainan yg sdh ada dulu deh dimaximalkan gak nambah2 lg (ngirit), ntar jg ada saatnya anak minta dibeliin mainan.

    7

    Topic: Tidak tertarik dengan mainan

    Thalia
    iyaya?? 14 bln blm bs bedain mainan.. huhuhu.. kalo tau gitu mending mainan edukatifnya bikin sendiri ya...

    [email protected]@[email protected]@n
    Bukan pecah lagi.. berantakan terpuing puing.. hahaha.. tapi ya namanya punya balita.. hehehe.. tadinya aku mau disiplinin anak untuk main MAINANnya saja, jangan acak2 yg bukan mainan.. tapi tak bisa

    rieda
    Yapppp.. sama kaya arza.. apa aja bisa jadi mainan.. padahal emaknya yg gatel liat mainan, betapa anehnya diriku.. maksud hati menstimulasi tapi banyak yang mubazir

    indriani
    kalau bola arza sukaaaaa banget.. bola, balon apapun yg bunder dia cinta.. hehehe.. TFS ya mama...

    Faeza Mae Nahh. bener thuuu.. bisa frugal life sampai kelak mereka yg minta mainan..

    8

    Topic: Tidak tertarik dengan mainan

    Haii semua ... ikutan nimbrung ya ....

    Jeremy (1th) juga gitu sama banget, dia cuma tertarik diawal-awalnya aja, tapi ga lama juga udah males maininnya, dia lebih tertarik sama benda-benda yang bukan mainan, kaya botol lotion, sisir, remote, gelas plastik, udah gitu suka dilempar-lempar, awal-awal sih dilarang, tapi akhirnya nyerah juga dengan asumsi dia lagi tertarik dan pengen tau banyak hal.

    Cuma emang harus lebih aware aja, takut dia mainin benda-benda yang bahaya buat dia dan pinggang jadi pegel aja sibuk rapiin sama ngambilin barang-barang yang dia lempar-lempar..... :)

    Apa hal yang wajar ya dia suka lempar-lempar gitu ... takut jadi kebiasaan jelek aja ... gimana ya nguranginnya ... para moms ada suggest ? Thanks

    9

    Topic: Tidak tertarik dengan mainan

    Arza (almost 2 years) baru tertarik dengan mainan setelah usia 18 bulanan...; mulai suka mobil, suka bola, mainin puzzlenya, buka2 bukunya. Sebelumnya sih cueek banget, karena itu saya b'henti membelikan mainan saat arza usia setahun-an karena ya itiu..selalu dicuekin. Lebih suka mainin piring, botol, sendok, acak2 isi kulkas..dll.

    Begitu "ngerti" mainan, dia juga pemilih..dari beberapa mainannya (mainannya arza termasuk sedikit) hanya 3 biji yang dia cinta mati ampe dibawa pas tidur.. :D. Sekarang arza lagi cinta mati sama pesawat dan helikopter.. :)

    Find Me @Mama's Mall
    Qibi Zaqibi
    ARISAN BUKU YUUK

    10

    Topic: Tidak tertarik dengan mainan

    Yuuup anak Saya, Lian 1y6m juga sama aja sih, dia lebih suka mainan botol kosong, gelas plastik, toples, berbagai macam tutup, bawang putih (yup bawang!! dia hobi kupas bawang putih dengan jari kecilnya), dan lain lain.
    Untuk mainannya, cuma dipegang waktu masih baru aja, setelah itu balik lagi deh ke "mainan" kesukaannya.
    Kalo menurut Saya sih, wajar-wajar aja lah, namanya juga masih tahap belajar, dia pengen tau segala macam kan..

    11

    Topic: Tidak tertarik dengan mainan

    Mamas.. ketertarikan pada mainan ada pengaruh ngga sih dengan kebiasaan anak bereksplorasi?

    ada anak yang memang ngga dibiarkan keluar dari box/playpen/kamar bermainnya saja makanya dia suka banget sama mainan.

    dibandingkan

    dengan anak yang dibiarkan bermain leluasa di rumah? jadi dia lebih senang menemukan benda non mainan

    12

    Topic: Tidak tertarik dengan mainan

    Meiza menurut hasil baca2, toddler emang cenderung gak bisa bedain mana yg bisa dimainin dan mana yg engga. maksudnya semuanya adalah lahan untuk eksplor buat dia. kl anak yg "dipenjara" di playpen terus dipilihin mainan sm ortu/pengasuh ya pasti dia akan kenal dg benda2 itu saja sbg mainannya. kl biasa bereksplorasi bebas kemana2 ya semua dianggap dan dijadikan mainan.
    pas umur 13bln smp sekarang, masih demen sama sapu, pel, kemoceng. pk sandal orang gede.. mainan persneling+setir di mobil. sendok, panci, mangkok, semuaaaa dimainin. selama gak membahayakan gapapa.
    hilya bahkan baru ngeh mainan2 yg bisa bunyi (singing book) semingguan ini. sebelumnya dia gak peduli. tpi, tiap anak beda, ya..
    jadi Mey, kalau tujuannya supaya arza cm mainin "mainan", mnrtku... itu kasian arza dan ekspektasinya terlalu tinggi, Mummy.. :)

    A person's a person, no matter how small.
    (Dr. Seuss)

    13

    Topic: Tidak tertarik dengan mainan

    meiza, di asa sih, memang ada waktunya dia pengen main di dalam atau diluar. tergantung situasi diluar dan didalam pada saat itu, menarik mana

    kalau di sekolah waktu trial sama ibu gurunya dikasih tahu, nanti setiap hari akan ditanya, mau main (belajar) apa, dan ibu gurunya menyesuaikan

    less ego, more heart

    14

    Topic: Tidak tertarik dengan mainan

    Baca thread ini jd mengingat2 kebiasaan Zhiezhie slm ini. Tertarik dg barang2 bukan 'mainan',tentu saja. Krn memang tahapannya bereksplorasi dan meniru org dewasa. Berusaha nyapu,ngelap,ngepel,maupun nyetrika (!). Mainin bawang2an,,ho oh bgt... Segal buncis,kcg panjang,daun bwg,,dibuat mainan. Sekali waktu ada masa dia keluar masuk lemari,,yap,,lemari kecil di bawah tivi. Dia sk sekali memainkan pintu,masuk ke dlm lemari (kebetulan kosong) ato mainannya yg dimasukkan ke dlm lemari.
    http://farm8.staticflickr.com/7066/7086616681_ca00162e68_n.jpg
    Sekali waktu,mainin pajangan
    http://farm8.staticflickr.com/7110/7086580309_842da4f675_n.jpg
    http://farm8.staticflickr.com/7278/6940508688_16815a34c0_n.jpg
    Dia lg suka bgt dg sepeda tp blm wktnya pny sepeda :D
    Selama ini qt beliin mainan yg sesuai dg umurnya dan apa yg diminatinya. Wkt itu dia lg suka bgt memasukkan brg ke dlm kotak. Jadilah qt beliin mainan piknik (sbnrnya utk umur 3th). Jd dia msh dlm tahap masuk2kan peralatan piknik ke dlm keranjang,msk usia 20bln,sdh bs role play. Kuajarin bermain dg bonekanya sbg teman piknik. Ga ada pictnya,ada videonya (blm blajar upload video).
    Utk puzzle,br dibeliin pas umur 18m,itupun msh puzzle yg ada polanya. Cukup 2mingguan berhasil 'hapal' posisi puzzlenya.
    Dia jg sk sekali main bola atopun balon. Kalo msk ke toko olahraga,rada kuatir. Krn dia pst mainin bola kaki ato pun bola basket. Ga tanggung2,diambil bolanya dan ditendanglah itu bola :O
    Skrg sdh 22m,sdh mulai bermain dg mainannya. Kdg2 dia bongkar sndr box mainannya,kdg mainan yg uda di luar,yg dimainkan. Tapi,,,tetep yah bongkar2 barang lain. Dan papanya msh blm puas beliin dia mainan. Hehehehe....

    Garnetzhia and Ametysha are my little angels

    15

    Topic: Tidak tertarik dengan mainan

    senasib,
    KIRA-KARA juga mudah bosen dengan mainannya. Mungkin memang masanya mereka bereksplorasi dengan apa saja yang dia lihat. buka tutup lemari, kabel pesawat telpon ditarik ulur, box-box obat akungnya yang berubah jadi bis, kaleng kerupuk yang berubah jadi kursi dan panjatan, jepit jemuran yang berubah jadi kamera mini, banyak lagi..
    bahkan tak jarang mereka membuat mainan biasa menjadi tak biasa.. contoh, tempat bedak bisa berubah jadi wajan dan dia berpura2 sedang masak2an, box-box kecil berubah jadi kamera dengan hitungan acaknya berpura2 mau motret, dan masih banyak lagi..
    Kalo eyangnya sudah teriak-teriak karena rumah tidak pernah bisa rapi, KI-KA mulai saya tuntun untuk belajar merapikannya kembali, meletakkan barang ke tempatnya semula. Dan untuk menyelami dunia anak, tak jarang saya pun ikut berubah jadi "anak kecil". saya turut larut dalam dunia imajinasi mereka.. akhirnya, kami jadi bersuka cita membuat rumah berantakan bersama, dan merapikannya kembali bersama2 juga..
    Bagi saya tipsnya:
    Ketika kita membelikan mainan anak, bukan hanya sekedar membelikan dan menyodorkan.. ada kalanya menyempatkan waktu untuk larut bersama dunia mereka. Bermain sendiri memang cepat bosan, lain halnya ketika mereka punya partner bermain dan bersenang-senang... belajar berinteraksi dan bersosialisasi.
    Manfaatnya bagi Mama, kita jadi lepas sejenak dari hiruk pikuk dan ruwetnya dunia orang dewasa. Kembali ke dunia anak2 itu menyenangkan..
    hehehe...

    -WiwiT-
    An ordinary bunda of twin amazing angels, Kira and Kara Setyadi
    @wiwidwadmira | the Setyadi's

    16

    Topic: Tidak tertarik dengan mainan

    Natallia
    kayaknya wajar deh klo zhiezhie suka tendang2 bola, kan papa-nya pecinta AC milan... :D.
    Btw, sama juga...yang lebih bernafsu beliin mainan buat Arza itu Ayahnya... Saya g terlalu suka beliin mainan karena beli mainan itu susah2 gampang; yang murce takut cat dan bahannya berbahaya, yang mahal masih g rela karena paling sehari 2 hari dah bosan...

    Meiza
    IMHO g terlalu berpengaruh ya..karena nature-nya anak kecil kan memang tertarik dengan segala seusatu. Rasa ingin tahunya besar sekali, saya honestly lebih senang klo arza tertarik dengan segala sesuatu (selama tidak membahayakan) dan bisa menjadikan barang2 di sekitarnya sebagai mainan, insya allah dia akan lebih kreatif...daripada dia cuma terpaku memainkan "mainan".CMIIW.
    Ngelihat anak tetangga (2,5 years) yang mainannya buanyak...tetep aja kok lebih seneng mainin pasir, sapu, sandal.. ;)

    Find Me @Mama's Mall
    Qibi Zaqibi
    ARISAN BUKU YUUK

    17

    Topic: Tidak tertarik dengan mainan

    meiza...wah sama banget sama anakku... bunga jg kayak gituuu,sama sekali gak tertarik dgn mainannya,dia lebih tertarik naik turun tangga,dorong2 stroller,dorong kursi, manjat sana sini,gigit sepatunya(nah ini agak jijay),mungkin klo umur2 segini kayk gitu klali yaaa,bunga skrg mo 15m,,kadang emang kitanya aja yg gatel tuk ngasie dia mainannya,jd yg berantakin bukan anaknya tp emaknya..

    Falling love with baby B and my Bee..

    18

    Topic: Tidak tertarik dengan mainan

    seperti anakku kedua kinan 1yo. ngga suka mainan! sepertinya memang belum mengerti konsep mainan. saat dia ulang tahun dan banyak diberi kado mainan, pun dia hanya tertarik sama kardusnya hahaha.. jadi mainannya dia cuekin, eh dianya malah minta masuk ke kardus.
    haduh nakkk :) gak apa apa juga sih, so far mulai ngerti mainan kakak nya, dan buku yang bisa bunyi2. jadi so far aku belum perlu beli boneka dkk ehehhe, horeee ibunya bisa ngirittt

    bookworm & a silly working mother

    19

    Topic: Tidak tertarik dengan mainan

    nengristiemang kayanya lagi masanya lebih tertarik sama benda2 di seklilingnya yaa, Naya 1yo pun lebih suka mainin kertas bekas, gelas aqua , dan smua yg bukan mainan. Betuuul, ngirit!:p

    20

    Topic: Tidak tertarik dengan mainan

    anakku jg dari dulu smp skrg 20 bln,kalo dibeliin maenan ga suka,,paling cuma sbntr trus ditinggal..lebih suka maenan remote control, kabel, botol aqua..dibeliin pistol2 an jg dia malah fokus bongkar batre nya..ternyata anak2 emg suka nya yg gitu aja, orgtua nya aja yg suka nge-'mahalin' kali ya hehe

    -FullTimeWorkingMami-

    21

    Topic: Tidak tertarik dengan mainan

    ntar aja moms, kalo umurnya udah 2-3 tahun baru dibeliin mainan beneran.. selama usia nya masih dbawah itu, smua yg ada disekelilingnya emang dianggep "mainan" sm dia...

    22

    Topic: Tidak tertarik dengan mainan

    hmm anakku yg pertama jg sebelum 2 tahun itu susah untuk main diem sama mainan tertentu.. dia cenderung apa yg pertama diliat dekat dengan dia itu yg dimainin.. ntah boneka dll.. kalo sudah dirapihkan jarang minta mainan tersebut

    23

    Topic: Tidak tertarik dengan mainan

    baca thread ini jadi inget anak2 gw waktu blm 1,5 tahun, doyannya main plastik, hihihi.., dibeliin mainan macem2 cuma bbrp kali dimainin abis itu beralih ke plastik lagi, diremes2 sampe bunyi2, trus ketawa2.., lucu, hiburan mereka murah banget.., asal plastiknya jangan masuk mulut yah..

    twitter and IG: @zataligouw
    Blog : http://www.zataligouw.com/

    24

    Topic: Tidak tertarik dengan mainan

    Iyaa bener banget,mainan kayak ga kepake!
    mainnya cuma plastik kresek,botol minum plastik,galon air sama kontainer isi mainan *tepok jidat*

    Love my kids

    twitter & IG : @ndiievania
    blog : https://ndiievania.wordpress.com/

    25

    Topic: Tidak tertarik dengan mainan

    Halo bunda2
    Salam kenal....saya mau share
    Saya ibu dari seorang anak laki2 skrg sudah usia 9 bulan
    Tapi knapa anak saya ini tidak tertarik dg dunia bayi pada umumya
    Saya ajak dia baby spa ,berenang dia nangis kejer
    Saya ajak ke playground pas saya turunin ke mandi bola nangis kejer
    Lalu jika pagi hari dia saya ajak kluar saya naikan dia baby walker
    Dia hnya diem saja tdk bergerak
    Padahal jika dirmh dia aktif gerakanya ngambil ini itu
    Benda yg bkn mainan di mainkan
    Dan barusan saya belikan dia tenda 4in one yg ada kolam mandi bola
    Pas saya masukin dia nangis kejer dia takut dg bnyaknya bola
    Dia lebih tertarik dg hal2 aneh sperrti kabel2,keset,karpet

    Knapa yaa
    Ada yg punya pengalaman seprti saya kah??