1

Topic: Memilih RS dan Dokter Kandungan

Hii moms, mau bagi" cerita..saya baru melahirkan..sebelumnya domisili di Jakarta..dan periksa di mrccc siloam semanggi karena deket dari kantor..terus disana DSOG nya helpfull banget..saya diperiksa sama dokter Alvin..
Helpfull nya knp..karena saya mau melahirkan di bdg..dekat dgn orang tua..saya sudah info ke dokternya sejak usia kehamilan 4 bulan..taunya dia baik bgt..sampe merekomendasikan DSOG rekananya yg di bdg..biar gampang klo knapa"..akhirnya jatuh pilihan pada RS hermina arcamanik karena dekat dengan rumah dan kebetulan teman dokter Alvin praktek disana dan hari minggu pula..yeayy..jadi bisa periksa sambil weekend di bdg..
Dokternya sama dr Umar Seno..orangnya super sabar..secara saya kontraksi 24 jam..dia sabar menanti karena saya pengen lahir normal..terus selama kontrol kehamilan beliau sangat informatif..jadi cita-cita buat lahiran normal dan sehat bisa terlaksana.. Yang lebih menakjubkan lagi kedua dokter obgyn saya saling tukar info mengenai kondisi kehamilan saya..mereka telp"an..jadi saya tidak khawatir kontrol di jkt atau di bdg pasti nyampe beritanya..akhirnya cita" buat lahiran di bdg bisa terlaksana..

2

Topic: Memilih RS dan Dokter Kandungan

Hai Bunda...

saat ini sy sdg kehamilan bln ke 4, periksa dg dr. Santoso Kusumo Widagdo, SpOG di RS. Siloam Sby, cmn dr nya cenderung diam krg komunikatif sih.

Ada saran gak yg dr nya komunikatif n telaten gt di sby?

thx ya

3

Topic: Memilih RS dan Dokter Kandungan

Relly: Saya juga melahirkan di KMC dan sama dengan Bundokatya, aku DSOG-nya dr.Diah Sartika Sari. *Bundokatya toss yuk*

Pilihan ke KMC krn deket dengan kantorku dulu yg di TB Simatupang dan dkt dr rumah ortu (waktu itu masih tinggal ama ortu). Udah gitu RSIA KMC ini sepi, gak riweh dan tempatnya nyaman. Kakak iparku melahirkan disini juga dulu, kamar kelas 3-nya aja nyaman banget. Aku langsung kepikiran nanti kalo uda menikah dan hamil, mau cek dan melahirkan sekalian di KMC juga.

Pilihan jatuh ke dr.Diah karena sangat komunikatif dan aku memang maunya cuma ama dokter cewek. Malu ah kalo ama DSOG cowok hihihi..... Suamiku juga mendukung aku milih dokter cewek.
Awal-awal periksa kehamilan ke KMC direkomendasi ke dr. Shirley Anggraeni kalo gak salah namanya ama istrinya temen kantor. Tapi setelah konsultasi sekali aku kurang sreg krn kayaknya jawabannya standar aja dan aku kurang puas dengan jawabannya. Sekitar 3-4 hari setelah ke dr. Shirley, aku keluar flek pas lagi kerja di kantor. Langsung tlp KMC minta appointment dengan dokter Shirley, ternyata sedang tidak ada saat itu. Aku akhirnya minta dibuatkan appointment dengan dokter cewek siapa aja yg ada siang itu, dan yg ada cuma dr.Diah Sartika Sari saat itu, ya udha langsung aku okein aja karena darurat dan panik. Pas ketemu orangnya, langsung sreg banget. Orangnya ramah tapi tegas dan aku memang suka ama DSOG yg bisa tegas ama aku supaya aku gak males-malesan saat hamil. Banyak penjelasan dari dokter Diah yg meruntuhkan mitos-mitos soal kehamilan. Aku kalo konsul ama dr. Diah betah lama-lama hihihi karena orangnya enak diajak ngobrol. Ampe sekarang masih suka bbm-an ama beliau. Rencananya kalo hamil lagi mau balik ke dr. Diah lagi krn udah sreg banget.

I just love being a mom.

4

Topic: Memilih RS dan Dokter Kandungan

pas awalnya sih sempet bingung juga milih RS dan dokternya. akhirnya kepilih deh satu RS yang lokasinya gak gitu jauh dan gak gitu dekat juga (soalnya daerah ini macet). baru 2x kontrol disini (15w), so far dokternya baik dan tampaknya RS ini pro IMD/ASI soalnya tiap kesini selalu lg ada penyuluhan tentang ASI dan di apoteknya gak ada pajangan sufor

5

Topic: Memilih RS dan Dokter Kandungan

Hi moms, insyaallah aku dari awal hamil udah mantep dengan pilihan rs dan dsog ku. Yang pertama sih karena jarak yang sangat dekat dengan rumah, hanya 5-10 menit ke rs nya. Trus rs nya pro imd dan bs rooming in. Dsognya juga tipe dr yang gak bikin panik karena dia selalu bilang hamil itu dibikin enjoy aja.

6

Topic: Memilih RS dan Dokter Kandungan

Hi mamas,

saya ikut sharing ya ttg proses mengambil keputusan mau melahirkan di mana, kira-kira 2 thn yg lalu :)

Waktu tahu hamil, saya konsultasi dengan seorang dsog di rsia yg terletak di antasari. yg banyak direkomendasikan teman2 kami. Saya senang-senang saja dgn dsog ini. Beliau ramah, penuh perhatian, tapi juga santai. Cocok-cocok aja lah.

Masalah mulai muncul ketika kami harus memutuskan mau melahirkan di mana. Saya tdk mempertimbangkan utk melahirkan di rs tempat kami kontrol, krn soal harga dan nggak yakin dgn pelayanan pasca melahirkannya (normal/sc, IMD, rooming in, konsultan laktasi, dll)

DSOG kami itu jg praktek di sebuah rs di cinere. Kebetulan nggak jauh dari rumah. Jadi survey lah saya ke sana, tapi nggak sreg juga.

Hikmahnya, question list yang saya pakai utk survey membuat saya sadar bahwa saat melahirkan nanti saya nggak butuh cuma cocok sama DSOG tapi juga sama si DSA. Keputusan ttg lama IMD, kalau si anak nanti jaundice, kemudian imunisasi hep B segera setelah lahir, kan lebih banyak berhubungan sama DSA.

Jadilah kami ganti haluan berpikir. Kami mulai mikirin:
a. proses kelahiran yang bisa panjang. kami butuh ditemenin bidan yang sabar, syukur2 ngerti proses hypnobirthing yang kami pelajari.

b. DSA yang "sejalan" dengan rambu2 mengasuh newborn (lebih bagus lagi, cocok sampai si anak besar)

c. DSOG yang bisa kami percaya, bukan cuma pro normal, tapi jg bisa memberi saran yg tepat kalau2 ada situasi genting di proses kelahiran. Yg jelas juga availability-nya dong. :)

d. RS yang punya semua itu. Jreng!

Jadilah pada kehamilan 36 minggu saya pindah ke rsia di ampera krn merasa saya bisa dapat semuanya. Saya ditangani dr. ridwan yang langsung melakukan pemeriksaan super teliti krn dateng2 saya udah hamil tua :) dan merasa cocok. Waktu itu sih antrinya blm seberapa, dan saya milih utk kontrol weekdays pagi hari pk, 8. Masih sepi.

Saya disarankan utk konsul pra kelahiran ke DSA pilihan, tapi waktu itu tdk saya lakukan.

Bener aja, waktu proses kelahiran ada hal2 yg menyulitkan dan saya harus SC cito, setelah proses kontraksi 30 jam dan bukaan 8. Keputusan SC ini tidak saya sesali, dan dr ridwan jd partner mengambil keputusan yg ok sekali buat saya dan suami.

waktu SC saya ditemani dr. endah sebagai DSA. Semua berjalan lancar tanpa masalah, bisa IMD 1 jam, imunisasi hep b segera, dlm 12 jam saya sdh menyusui dgn lancar, KL datang tiap hari dan banyak memberi saran praktis ttg menyusui pasca SC. Kecuali mendadak harus SC dari rencana normal, rencana yg lain berjalan sesuai rencana deh, alhamdulillah.

Sblm pulang, DSA kami dr. endah menjelaskan hal2 yg kira2 akan kami alami, hal2 yg perlu diwaspadai, dan hal2 yang nggak perlu dikhawatirkan. Sip lah!

Pengalaman memilih rs/dsog/dsa ini sungguh membuat saya sadar bahwa melahirkan nggak semata2 soal pilih DSOG yg nyaman :)

Good luck ya, para mama yg sedang mempersiapkan kelahiran. *jd pengen hamil lagi*

7

Topic: Memilih RS dan Dokter Kandungan

Hi Mamas...

Jujur aja, aku milih DSOG berdasarkan rekomendasi TUM dari thread yg lain... Dan memang rekomendasinya sesuai bgt. Meskipun DSOG-ku ini praktek di 3 RS, dan klo kontrol pun suka ngikutin jadwal prakteknya lg di RS mana, tapi DSOG-ku sangat care sama pasien.

Kebetulan juga DSOGnya tipe yang sedikit bicara, lebih banyak menenangkan hati. Bahkan di usia kandungan 33w saat sudah memutuskan mau melahirkan dimana (yang tentunya dekat dengan rumah), dokternya sendiri yang nemenin visit ruang bersalin dan liat kamarnya, ngejelasin proses imd, dll. Dan yang terpenting meskipun posisi janin dalam keadaan sungsang dan terlilit tali pusat, DSOG-ku ini santai bgt, sambil senyum dia bilang pasti bisa normal, asal yakin dan percaya.

bersyukur bgt bisa dapat DSOG yang bikin nyaman :)

8

Topic: Memilih RS dan Dokter Kandungan

hi moms and moms to be

Aku jga baru join nih..sekarang Alhamdulillah lgi hamil anak pertama 6 bulan.Klo aku ke dr.Yena Yuzar di rsia limijati..kenapa pake dr yena karna awalnya browsing2 dan banyak bgt yang recommended,dan ternyata cocok bgt, orgnya ramah, supel dan ngejawab setiap pertanyaan dengan memuaskan.Dan ternyata dr Yena terkenal telaten ngurusin pasien dengan miom ( berhubung saya jga ada miom )...pokoknya intinya sangat memuaskan deh pelayanannya...

9

Topic: Memilih RS dan Dokter Kandungan

Hai, Mommies.

Aku pakai jasanya dokter Erwinsyah Harahap di RSPP.
Beliau useful banget dan sangat membantu.
Setiap ada keluhan, aku selalu sms dr. erwin. dan selalu dibales. Malah kadang ditelpon sama dr. Erwin.

Dan akhirnya aku nyaman banget sama dokter erwin ini.
So, menurut aku, pilihlah dokter kandungan yang bikin Mom nyaman. Karena kalau Mom nyaman, perjalanan kehamilan pun jadi terasa enak dan menyenangkan.
Malahan, aku jadi gak sabar tunggu jadwal kontrol berikutnya untuk denger kabar terbaru kehamilanku dari pak dokter ini.

Sukses ya mom!
With love,

Putri Widyastuti - A happy mom and a fortunate wife
Yuk, ke Lapak Perawatan Pasca Melahirkan Mom N Care di Mamas's Mall !
FREE 2 Gurita TALI SEPATU. BOOK NOW ya, Moms!!
www.momncare.com | @momncare | Call 021-90304090 | WA 083821020300 | BBM 5AC40B3E

10

Topic: Memilih RS dan Dokter Kandungan

hi mom's baru gabung nih, sekedar sharing , aq pakai jasanya Dr. Wiropan di RSIA Buah Hati Pamulang... sblmnya sih udh pernah dgr RSIA BUAH HATI CIPUTAT ttg Dr. Muklis yang katanya ramah + ganteng.. cm antrinya yg endak tahan klo bwt konsul dg Dr. ini.. nah kebetulan Dr. Muklis praktek d Pamulang jg.. cm berhubung ktnya beliau ramai skali pasieannya jd saya memakai jasa Dr. Wiropan yg menurut saya jg friendly n menjawab tiap pertanyaan yg qt ajukan... jarak tempuh RSIA BUAH HATI PAMULANG dg rmh ku skrs sih lumayan jauh, secara aq tinggal di cinere depok tp berhubung pelayanan dsana nyaman jd jauh pun ga masalah

11

Topic: Memilih RS dan Dokter Kandungan

@ngie gw juga nih pasien di MRCCC Siloam Semanggi, tp dokternya tetangga dokter alvin, yaitu dokter dara..buat moms yg lagi milih2 RS, RS MRCCC Siloam Semanggi ini aku rekomen bgt buat lahiran..walaupun bukan RSIA, tp RS ini sangat pro-ASI dan pasti rooming in..waktu babyku baru lahir juga IMD..bahkan saat ASI masih bengkak di pd aja mereka gak setetespun kasih sufor ke babyku..aku ttp dipacu smangatnya buat asi..slain itu ruang melahirkannya super duper ekstra nyaman, kyk kamar hotel..induksi & proses pembukaan 35 jam jadi nyaman2 aja, yah walaupun di pembukaan terakhir tetep lah mules luar biasa hehee so kehamilan kedua ini gak pake mikir..ya balik kesitu lagi lah.. :D smangat moms untuk pencariannya.. ;)

my reasons to smile..Gallardo & Quella :-)

12

Topic: Memilih RS dan Dokter Kandungan

Hi moms, baru gabung nih. Mo share aja pengalaman istri dulu selama hamil dan lahiran anak kembar. Dulu kita sempat periksa kehamilan di 3 dokter obgyn yg berbeda yg berpraktek di 3 rumah sakit yang berbeda. Dokter yg utama di RS KMC, tapi karena dokternya sibuk dan kadang2 keluar kota, kita juga periksa ke RS PI dan RS Asri Duren Tiga. Enaknya kalo di rumah sakit yg gede kayak Pondok Indah, urusan administrasi cepat - terutama buat klaim asuransi. Klo di KMC kayaknya susah banget mereka hubungin provider asuransi kita (itu tahun 2011). Periksa nya cuman setengah jam, nunggu administrasi kelar bisa 1 jam. Tapi enaknya di KMC lebih sepi, suasana lebih tenang dan kalem. Klo soal dokter, semakin terkenal dokternya maka antriannya semakin panjang dan ada kemungkinan availability waktu melahirkan juga agak susah (kejadian di kita - dokternya lagi operasi di tempat lain). Semoga para moms dapat dokter dan rs yg cocok ya, baik bagi anaknya maupun emaknya.

NB: akhirnya si kembar dilahirkan di PI - karena alat NICU di KMC yg tersedia cuman ada 1.

Raising a child is a hard work - make it double for us.

13

Topic: Memilih RS dan Dokter Kandungan

awal milih RS & dsog, dari referensi sodara, temen, baca-baca forum. tapi nemu yang klik kl aku memang harus nyobain langsung.

aku uda pernah sama :
dr Yena (rs limijati, bandung)
dr Ridwan (KMC)
dr Bangun (RS Islam, Surabaya)
dr Alvin (MRCCC siloam)
dr Arman (KMC)
dr Bramundito (RSPI)
dr Herman Susanto (apotek Zeta, bandung)

paling cocok sama dr Ridwan & dr Herman. karena teliti dan sabar. diagnosisnya tepat. sikap mereka pun sangat personal. jadi kesannya kaya ngobrol sama sodara.

rumah sakit paling nyaman buat aku di KMC. karena suasananya hepi yah. bukan suasana orang sakit. aura yang aku tangkep akhirnya aura hepi juga. apalagi suka dipasang foto newborn. jadi seneng liatnya...

healthy, happy, beauty inside out... :)
my instagram
my blog

14

Topic: Memilih RS dan Dokter Kandungan

hai semua... aku newbie di forum tp ga newbie di ngelahirin...hehehe.. udah ngelahirin 3 anak, 2 di jakarta, satu di belanda.
justru mau ngerekomen RS MRCCC nih... sempet panik juga dengan biaya2 tak terduga yang diperkirakan gitu....tapi engga kok... sekalian cerita dikit deh.. aku ama dr Ardiansjah Dara, HIGHLY recommended.
Dokternya anak CC *secara aku anak Sanur kali ya.. jadi tau deh kualitas anak Canisius untuk tingkat IQnya lumayan wkt sma....terus dia masih muda, bisa disms, pro ASI dan IMD, santai dan menjawab semua pertanyaan dgn baik, take his time, and put his patient in priority. Secara, singkat cerita, aku udah keluar mucus plug dan flek di hr Jum'at pagi, sms dia, dan dia bilang santai aja, sampe 3x kontraksi dalam 10 menit baru meluncur ke RS, akhirnya check in jam 12 malem Sabtu, dan terus dikontrol. Labor Delivery Suitenya enak banget, ada TV, Sofa utk ditungguin, dan boleh ditungguin... (aku bahkan sempet ditungguin satu keluarga - 6-7 org gitu di dalem) it's really up to us...
Nurses dan Bidannya.. thumbs up... they ran to accomodate our requests.... terus pas lahiran, dokter on time dan bela-belain nungguin kita meski ga ada keharusan gitu ya.. (he stayed in hospital the whole time...)dokter Dara ini yang suaminya Rahma Landy, so,,, he's cute but taken...
anyway, tindakannya sigap, krn proses kelahiran setelah babyku keluar, ada bleeding banyak, timnya tanggep banget..and they literally saved my life.
Pindah kamar, rooming in with baby, dan asli comfort banget.... Sofa bednya buat penunggu bisa buat 2 orang tidur dan 5 orang duduk saking besarnya.... Kamar bersih banget... kamar mandi super nyaman dan bersih....Makanan enak....nah.. soal billing nih...
Krn memang aku hrs induksi (hanya ekstra 1 million ternyata - termasuk murah....menrut aku ya...) dan tambahan darah... (kena transfusi juga), ekstra selain itunya, aku total bayarnya (obat itu 500;an, dan dr Dara kasih obat yang RIM banget..... harga sangat bersahabat...) dan ga ada tuh yang harus obat mahal...obat yang memang bagus, tapi harganya memang ga mahal. Terus ekstranya juga ga banyak, *krn aku transfusi aja ada tambahan itu semua). So minus transfusi dan induksi, total aku bayar 7,9 (paket) + Obat (500'an) + infus 235 = jadi aku pulang dengan membayar total 3 hari 2 malam, bener (bener 3 hari 2 malam diitungnya kok...) - 8,700....
Mommies.. let me tell you... they really want to do the BEST for you..jadi jangan kuatir... tanya2 aja untuk semuanya...jangan prejudice krn SILOAM grup mau nyari uang dsb.. bahkan untuk aku, aku malah ngerasa dibantu dsb...krn they did not cheat me at all, dibantu dengan keramahan super dan profesionalitas banget.. dont worry, aku ga terhubung apa2 dengan mrccc or any advantage dr nulis review ini kok...tapi bener2 bersyukur..setelah semua lewat, br dokter dara visit dan cerita ttg kejadian near death postpartum itu, yang sebnrnya hari itu berakhir dengan dia nraktir semua nurse dan bidan yang ikut bantu dengan MC. Donalds, krn they were actually stressed out...hehehheehe...
So again, HIGHLY RECOMMENDED... paket persalinan yang ga ngebuat gue ngerasa pesen paket... sampe oktober ini aja.... Mudah2an ada yang kebantu yah dengan review ini...... Take care moms...

15

Topic: Memilih RS dan Dokter Kandungan

ikutan share...

syarat dari suami, dokter kandungan harus perempuan. waktu hamil Raf (sekarang 22m) dokter pertama random aja, cari obgyn perempuan yang paling deket rumah, ternyata ada di RS Thamrin. Dokternya dah lumayan senior, komunikatif dan informatif. Sempet deg-deg an soale si bu dokter ini ternyata belum nikah... entah kenapa ya, gw kok rada parno kalo dokter kandungannya cewek, tapi doi sendiri lum punya anak apalagi belum nikah...hehe.

makin heppy pas tau si dokter ternyata juga praktek di rumahnya, jadi gak pernah antri dan lebih murah! bisa sering2 USG liat baby-nya (karena anak pertama, jadinya rada lebay yah, pingin USG mulu bawaannya... hehe).

anyway, masuk bulan ke 6 dengan terpaksa pindah dokter. soalnya pas gw bilang gw minus 4, si dokter langsung nyuruh cesar ajah... bilang bahwa ada potensi ablatio retinal (retina lepas) karena ngeden untuk yang mata minus tinggi.

Langsung ilfil, tapi trus browsing2 tentang si ablatio retinal ini. info yang gw dapet rada bertolak belakang sih, banyak pengalaman ibu2 yang bahkan minus 8 bisa lahiran normal hingga 3 anak.

Biar lebih pede, gw akhirnya ke dokter spesialis retina di JEC. Retina kanan-kiri diperiksa, ternyata yang kanan emang lebih tipis. tapiii.... dokter mata bilang, retina lepas/sobek itu sebetulnya bukan karena ngeden... lebih karena kondisi si retina itu sendiri. kalo emang tipis atau sudah bolong2, kena sentakan kuat sekali aja bisa lepas.

nah, karena gw keukeuh mau normal, akhirnya hamil 7 bulan gw minta mata kanan gw di laser ajah, ditambel retina yang tipis biar jadi lebih tebel.

prosesnya simple, gak pake bius, dan gak perlu tiduran seperti lasik. kita cuma duduk di depan alat, nempelin jidat dan mata, trus kelopak mata kita diganjel biar gak kedip2. Cumaaaa... gw pikir tembakan lasernya cuma sekali or dua kali... :( gak taunya bertubi2... ada kali 50 kali... hadeuh... silaunya itu bikin mata sakit, bahkan yang kiri ikut bercucuran air mata... pusiing dan lemeeesss deh rasanya... untung gak pengsan... maklum mak, sambil hamil 7 bulan soale... hehehe...

Balik ke Obgyn, setelah cari2 dokter perempuan lagi (tetep kudu perempuan ya bow, dan ternyata masih rada langka lho), akhirnya ketemu Dr Diah Irawati di YPK yang prakteknya hari Sabtu (sengaja cari hari Sabtu, soale suami selalu pingin ikutan kalo kontrol... baguslah :))

Dokternya masih muda, paling around 30s, sempet sangsi juga, soale si dokter waktu itu lagi2 lum nikah... gak taunya dokternya asik, informatif dan sangat- sangat teliti, pro-normal, sabar dan pro-IMD. kebetulan juga lokasi YPK masih deket rumah.

sambil survey2 ruang lahirannya, kayanya sreg untuk lahiran di YPK. dan emang puas bangeeet... susternya semua perempuan. dokter ILA-nya juga perempuan. jadi rada gak malu waktu kejadian drama pas masa2 induksi dan lahiran... hihihi...

sepertinya nanti hamdun dan berikutnya akan kembali ke dokter dan tempat yang sama siih.. :)

uminya Rafisqy Raefal

16

Topic: Memilih RS dan Dokter Kandungan

Hai. newbie disini. baik di forum, maupun di pregnancy. Ini kehamilan pertama, 18W sekarang.
Baru 2 kali periksa. Karena tau hamil nya, uda 12W kemarin. Sekarang periksa nya di RS Hermina Daan Mogot sama Dr Binsar. Kenapa pilih sana? karena jarak dekat. Temen jg ada yg melahirkan disana, tapi dokternya beda. Dia sih rekomenin Dr Adi kemarin. Tapi entah kok kayaknya gw jodoh kali ya sama Dr Binsar. Kunjungan pertama memang daftar nya sama Dr Adi. Tapi dia telat, waktu itu sih hujan deras, jadi bisa di maklumi. Terus pas kunjungan ke2, daftar nya uda ama Dr Binsar sih, tapi gw perhatiin lho kok Dr Adi nya telat lagi. Padahal kali ini traffic jakarta sangat normal.

Yg tadinya pengen coba periksa sama dia, jadi ragu. Soalnya kok pasien yg masuk konsultasi sama Dr Adi, cepet banget uda pada keluar.
Tapi kayaknya sih mau coba deh sekali. Setelah itu baru memutuskan. Mau setia ama Dr Binsar, atau sesuai rekomendasi ama Dr Adi.

Kalau sama Dr Binsar sih so far so good ya. Gw periksa sama dia memang tergolong cepat. Tapi bukan karena dia yg buru2in. Tapi karena gw yg ga tau mau nanya2 apa aja. Dokter sih uda nanya gw, ada yg mau ditanyain. Tapi dasar newbie, bener2 ga tau mau nanya apapun. Tapi gw percaya sama dia kok.

Suster nya pun ramah. Iya susternya kayaknya udah partner tetap gitu. Uda 2 kali kesana, susternya masih sama. Entah deh ya itu kebetulan atau emang udah dipartnerin seperti itu.

Sekarang uda mulai coba googling cari RS untuk melahirkan nanti. Kalau yang praktis dan sesuai sama dokter yang sekarang kita konsul, harusnya tetap di Hermina Daan Mogot. Tapi kok gw kurang sreg ya sama rumkit ini. Jadi selain di Hermina DM ini, gw ada 2 nominasi lain. 1 di Family Pluit, 1 lagi di St Carolus Serpong.

Paling sreg sih mungkin di Family. Kenapa? Karena rencana nya nanti akhir tahun (gw due date nya 22 Jan), mau balik rumah orang tua aja di Jelambar. Kalau dari Jelambar ke Pluit, deket banget. Kalau ga macet, 10-15 menit sampe.

Opsi ke dua sih di Hermina. Pilihan terakhir baru Carolus. Entah kenapa, pengen aja cari tau soal Carolus. Padahal lumayan juga perjalanan ke Carolus. Jadi dia pilihan terakhir deh.

Good luck ya buat semuanya. Semoga sehat selalu baik ade baby nya maupun ibu nya.

To see the heaven through her eyes
To hold her little feet and hand
To kiss her little lips..
Forever is never enough

17

Topic: Memilih RS dan Dokter Kandungan

moms q bingung nih..da hamil 7 mg . mg ke 4 ke dokter robbybudilarto mitra keluarga darmo satelit cz malam takbiran cuma itu obgynnya. mg ke 5 ke dr.maya s kamroekmi d husada utama..mohon info plus minusnya dokter2 tsb? pengen bgt normal,imd,roaming

18

Topic: Memilih RS dan Dokter Kandungan

halo motty...salam kenal y..
minta info donk...untuk dr spog yg bagus d siloam karawaci...

19

Topic: Memilih RS dan Dokter Kandungan

hello all salam kenal,
sempet ngalamin dilema juga nih soal rs dan dokter yang pewe..awalnya di carolus udah pas sih tp nyokap pengennya di rumah sakit bersalin aja jadilah pindah ke RSB Asih. Sempet bingung mau sama dokter siapa akhirnya nanya2 ke suster mana dokter yang paling rame katanya Dr Krisna dan ada praktek di Sabtu juga. Ya udah jadi ke Dr Krisna tapi kok kurang puas ya, dia kurang care gtu jd harus kitanya yang lebih proaktif nanya2. Rada ingung juga mau nanya soalnya kehamilan pertama dan bener2 blank jadinya malah silent diem2an haha. Beda banget sama di Carolus waktu itu sama Dr Royanto,dia ga banyak omong tapi keliatan care bgt sama keadaan pasiennya. Pengen pindah lagi ke Carolus deh. Kalo Carolus gimana ya ada yg punya pengalaman disana?Rencana pengen lahiran juga disana tapi waktu itu sempet liat kamar inapnya agak creepy hehee

wide purple sky outside your small window

20

Topic: Memilih RS dan Dokter Kandungan

Waahh.. MRCCC Siloam Semanggi tampak menyenangkan... :D sayang aksesnya rada susah ya kalo dr arah selatan (blok m)

Moms, ada yg punya pengalaman kontrol/lahiran di rs fatmawati kah? Dengan pertimbangan deket rumah, sepertinya ada rencana kesana. Kira2 fasilitas ruang bersalinnya kaya apa ya? Pernah sih ngelewatin UGD yg khusus bersalin, tp kok kayanya rada serem ya? Apa beda lg tmptnya? Ditunggu sharingnya ya moms... ;) tengkyuuu..

working mom with full time mom's spirit..

21

Topic: Memilih RS dan Dokter Kandungan

Hai Moms..berbagi cerita sedikit yaa.
Gw dulu (Sept 2012) mulai pemeriksaan kehamilan pertama oleh dr. Dwiarti Soebarkat, SpOG di RSIA Budi Kemuliaan, orangnya mungil, sudah tua tapi lincah banget. Sejak awal pemeriksaan hingga bulan ke-7 kehamilan, gw periksa sama bu dokter ini. Dr. Dwiarti merupakan dokter kandungan yg jadwalnya paling banyak di RSIA BK dan pasiennya paling banyak juga, jadi nunggu antriannya bisa sampe 1,5-2 jam. Lamanya antrian dokter ini karena periksa USG-nya di ruang terpisah yg dilakukan sama suster/ahli usg-nya (nah, aku gak tau nyebutnya apa ini) bukan sama dr.Dwiarti sendiri (karena pasien dia yang banyak kali yaa..). Pendapat gw ttg dr.Dwiarti adl orangnya simpel, cerewet & agak judes, tapiii enaknya dia nggak nakut2in setiap keluhan kita (yg umum bumil rasakan), tidak menganjurkan USG tiap kontrol (selama 7 bulan sama bu dokter ini, gw cuma USG 3 kali), vitamin yang dikasih nggak banyak seperlunya aja karena bu dok lebih mengutamakan gw dapat vitamin & gizinya dari makanan, tapiii saat gw tanya "saya bisa lahiran normal nggak dok?", dia jawab "wallahualam..tergantung nanti bagaimana"..Huaaah, bikin nggak tenang. Tapiii setelah nanya ke temen kantor yang melahirkan sm dr. Dwiarti ini, dia pro normal kok. Anak temanku yg kedua aja ditunggu 2 hari di RS supaya bisa melahirkan normal, tapi akhirnya temanku sendiri yg menyerah untuk sesar (anak yg pertamanya normal).

Karena RSIA BK jauh dr rumah tapi dekat dr kantor, gw pun pindah RS yg dekat rumah dan jatuhlah pilihan di RSB Duren Tiga, aku lihat dokter most favouritenya adl dr. Fachruddin, SpOG (yaaah..cowok), sedangkan gw carinya dokter wanita. Setelah nanya sana sini dan jadwal dokternya yg hari Sabtu, gw pilih dr. Nana Agustina, SpOG usia sekitar 40-an, ramah, dan bisa nanya2 banyak saat kontrol. Pertama kali kontrol di usia kandungan gw 36 minggu, langsung di USG sama dia (udah hampir 2 bulan aku gak USG) daaan BB anak gw udah 3,2 kg aja gituuu..Waduh! Terus dr. Nana juga tanya aku mau lahiran apa? "Inshaa Allah normal dok" dan diperiksalah panggul gw (periksa dalam, uuugghh...)and she said bisa normal dilihat dari panggulnya :). Jadwal kontrol gw menjadi tiap minggu dan setelah 3 kali pertemuan, kita pun bertemu di ruang bersalin..hehe. Keputusan dr. Nana dalam proses melahirkan gw, cukup sabar, dia mau menunggu pembukaan 6 gw yg lamanya 24 jam..Oow! Jadi pertama kali gw masuk RS masih pembukaan 2 daaan berlangsung lambat tiap pembukaannya, hingga 24 jam baru pembukaan 6. Lalu dr. Nana ambil tindakan induksi ketika sdh di pembukaan 6 itu, daaan 2 jam kemudian lahirlah anak perempuan kami dengan normal. Prosedur berikutnya bagian bawah gw dijahit dan gw didiamkan 2 jam di ruang bersalin utk observasi, setelah 2 jam ternyata gw ada perdarahan aktif di dalam (hematoma, sila googling utk jelasnya), dikarenakan Hb rendah jd pasca melahirkan rasanya lemas luar biasa (tapi bisa langsung makan setelah jahit-menjahit selesai siih) ditambah berita bahwa ada hematoma dan HARUS dibuka jahitannya, dibersihkan perdarahannya, trus dijahit ulang lagi!! Bah, siapa yg nggak mau pingsan dengernya. Plusss, tindakan ini aku-nya harus dibius, masya Allah.. Berita nggak enaknya lagi bahwa dr. Nana sudah melancong ke RS lain tempat dia praktik jadinya gw akan ditindaklanjuti oleh dr. Chandra Asmuni (yg jelas cowok), akhirnya gw pun pasrah saja. Gw dibius spinal (bius pinggang ke bawah seperti orang sesar, tapi dosisnya kecil). Dan operasi pun berlangsung 1 jam, aku baru boleh turun tempat tidur 12 jam setelah operasi selesai. Gw menangkapnya, kok dr. Nana tdk bertanggung jawab ya sampai semuanya selesai tuntas dan masalah berikut muncul saat gw kontrol 2 minggu setelah melahirkan oleh dr. Nana, dia menganggap bahwa jahitannya nggak rapi (makanya gw masih terasa sakit bgt dan ada semcama "jengger" yg tumbuh di daerah bekas guntingan) dan dr. Nana menawarkan jahit ulang lagi untuk sedikit dirapikan..jelas nggak siaplah gw!! msekipun proses paling hanya 15 menit plg lama. Bukan masalah itunya tapi mental gw yg belum siap, gw udah dua kali dijahit dan over budget 5 jutaan dan gw harus dijahit lagi?? Nggak dulu deh dok..

Nah utk review RSB Duren Tiga ini, menurut gw dari biaya yg dikeluarkan tapi gw kurang puas. Suami memilih kamar yg VVIP A dimana harga paketannya 10-11 juta utk 3 hari kelahiran normal spontan dan gw tambah 5 jutaan karena induksi dan tindakan hematoma tadi, tapi briefing mengenai menyusui tidak ada (sebetulnya ada di ruang khusus, tapi gw kan nggak boleh turun tempat tidur selama 12 jam plus gw pake kateter sampai hari esoknya lagi) jadi nggak nyaman klo gw harus jalan keluar ke ruang briefing menyusui (masa dgn kamar yg gw pilih nggak ada 1 pun suster or bidan yg mengajarkan gw trik & tips menyusui), lalu saat masuk ruang bersalin baju gw nggak diganti dengan baju khusus bersalin, jadi saat gw masuk ruang persalinan msh dengan baju daster gw dari kemarin. Kan ruang bersalin harus steril ya ya??, untungnya RS ini adalah pro-ASI jd ibu2 jgn khawatir anaknya dikasih sufor tanpa sepengetahuan orang tuanya. Untuk fasilitas kamarnya sih bagus utk VVIP A Anggrek dan makanan juga banyak dan enak, cuma pelayanannya aja yg menurut gw kurang (dr yg gw harapkan dgn kualitas kamar seperti ini).

more loving, more caring, more giving, more sharing

22

Topic: Memilih RS dan Dokter Kandungan

Mau shaaare :D

Kehamilan pertama kemarin (lahiran 07 Agustus 2013) dari awal kontrol nya di RS Asri sama dokter Satrio. Ketemu dr Satrio ga sengaja aja browsing nama2 spog Asri trus minta sama dia deh. Eehh cocok sampe akhir.

Pilih dokter cwo karna saran mama sih, jadi dari awal emang ga milih dokter cwe. Katanya kalo cwo kan bs lebih fokus kalo nyelesein masalah krn ga begitu terpengaruh sm urusan/masalah rumah (anak2 dll).

Pas hamil 7 bulan, sempet cari2 RS lain buat melahirkan. Sodara cerita pengalaman dia di RS Brawijaya, trus asli ngiler2 pingin disana. Pas ada waktu, aku sama suami kesana. Aku nanya2 dan liat kamar2nya juga. Oiya kebetulan spog ku praktek disana juga.
Tapiii abis visit itu malah ga pingin, entah kenapa. Jadinya tetep di Asri.

Melahirkan caesar soalnya air ketuban tiba2 berkurang drastis, HPL -4. Btw dokter Satrio pro normal, dia kasi waktu 3 hari kalo mau nunggu normal (waktu itu blm ada kontraksi sama sekali dan kepala bayi blm masuk panggul). Atau di induksi hari itu juga. Tapi suami sm mama khawatir kalo tunggu 3 hari lagi ketuban tambah sedikit kesian bayi nya. Plus aku agak2 ga pingin induksi secara kemungkinannya 50-50. Ditambah ketuban yg lagi berkurang, kalo index nya 5 kebawah ya caesar. Waktu kontrol tanggal 6 itu index nya 6,0.

Akhirnya ambil kamar yg super VIP. Masuk tanggal 6 malem, operasi tanggal 7 pagi. Servis nya Asri, memuaskan! Sama sekali ga ada complain.
Suster2 poli nya baik ramah akrab! Suasana RS nya juga nyaman loh walaupun bukan khusus ibu dan anak.

Kamar pasien cwe sama cwo dibedain. cwe di lantai 2, cwo lantai 3. Baby room di lantai 1.. Di tiap lantai ada kyk lobby. tempat tamu nunggu atau ketemuan diluar kamar. Luas area nya! sofa nya juga banyak. yg jenguk enak deh.
Di Asri bisa rooming-in. cuman aku pilih baby nya tidur di baby room kalo malem, jadi aku bs bener2 istirahat. jadwalnya, jam 8pagi setelah dijemur, bayi dianter ke kamar. sore diambil buat dimandiin, trus dibalikin lagi ke kamarku. nanti jam 10 malem (by request sih) diambil lagi buat ditidurin di baby room. walopun si bayi tidur di baby room, kalo nangis ga brenti pas malem2, si suster bakal telf ke kamar ngasi tau kalo bayinya mau dianter. itu terjadi di malem terakhir hehe! bayinya udh mulai kebiasa nenen sepertinya, gabisa ditinggal terlalu lama hehe!
Di Asri lengkap kok, ada yg penyuluhan ASI gitu2, Aku ga gitu ngerti istilahnya krn emang ga ikut. PD aja ASI lancar nantinya. Eeehh awal2 malah dikit bgt asiku. panik. minta dokter pokoknya bikin keluar asi nya, jadi di suntik hormon 2 apa 3x. sama minum moloco utk beberapa hari. di RS sempat diajarin cara massage juga akhirnya.

Eh, intinya puas banget deh sama RS Asri! Sekarang lanjut dsitu untuk kontrol di bocah :D ketemu suster2 poli dulu, pada nyapa trus ngobrol n seru liat si bayi hehehe!

kay's serial kisser

23

Topic: Memilih RS dan Dokter Kandungan

Hi.. Saya Shirley, newbie. Lagi hamil pertama dan masuk minggu 39 - bentar lagi ni brojol.

Btw, mau ikutan sharing beberapa dokter kandungan yang sampai saat ini pernah saya datangi, semoga membantu:

1. Dr Kartono (RSB Asih) - Dokternya baik dan ramah, sudah senior, tapi saya ke RSB Asih memang cuman untuk reconfirm apakah saya hamil atau nggak dan ternyata bener, sudah 5 minggu kehamilan saat itu. Dokter Kartononya sih ok dan talkative tapi saya personally tidak kepikiran lahiran di RSB Asih. Jadi pindah ke dokter selanjutnya untuk check setelahnya...

2. Dr Ridwan (KMC), dari sebelum hamil pun sudah sering banget dengar namanya. Lebih dari 3 temen yg berbeda ditangani oleh dr Ridwan. 'Promosi' teman2 saya sih dokter Ridwan ini detail & sabar banget, pro ASI, IMD dan cepat balas sms kalau ada pertanyaan.

Sekitar 3-4 kali saya kontrol ke dr Ridwan. Agak pendiem tapi akan menjawab semua pertanyaan (so we are the one that have to actively ask him) sih, detail, dkasih tips2 seputar nutrisi yg perlu diperhatikan saat hamil2 awal.

Tapi sempet kecewa karena 3x saya sms sama sekali tidak dibalas, padahal saat itu saya sedang kesakitan krna gusi saya bengkak. Trus saya juga nanya untuk reconfirm apa boleh naik pswat gak di usia kehamilan saat itu (satu pertanyaan lainnya saya lupa..).. Tidak dibales sama sekali. Di saat bersamaan pun saya baca thread di forum TUM ttg harga RS KMC yang menggila (and it's true pas check di CSnya) jadi ya saya pindah lagi ke dokter lainnya.

3. Sebenernya gak gitu pgn USG 4D, tapi penasaran juga jadi browsing2 nyari yang not so pricey, nemu di klinik Fakhira - daerah Manggarai, ketemu dengan dr Gunawan. Baik & Ramah bgt dokternya (mungkin karna he felt guilty krna pasiennya hrs nunggu 4-5 jam sampe bs ktmu dia).

Saya cuman sekali sih ke dr Gunawan krna ya itu td ngejar 4Dnya, tapi first impression so far sih OK

4. Dr Ardiansjah Dara di MRCCC Siloam Semanggi - sudah 4x ketemu si dokter and niat akan ditangani beliau saat melahirkan ini. Masih muda, praktis, ngejawab pertanyaan lumayan enak walau mungkin krn cowok ya jd lebih banyak ke teknisnya, tips kehamilan sih kurang tapi so far okelah.

5. Bidan Ira di RSIA Sam Marie - sebenernya ktemu krna senam hamil. Tapi mungkin emang krn bidan jadi saya dapat ilmu banyak banget - bahkan lbih lengkap dr yg saya dpt dr Dr Dara (seputar ASI, braxton hicks etc)

Sekian.. semoga membantu :)

acupofcoffeeinthemorning.com

24

Topic: Memilih RS dan Dokter Kandungan

halo mom melissa april, waktu anak pertama ( now 22 month ) saya juga melahirkan di RSB Duren Tiga..menurut saya dengan biaya yg saya keluarkan tidak sepadan dengan service-nya yg kurang memuaskan, padahal harapan saya melahirkan di Rumah Sakit Bersalin pelayanan lbh baik dan harganya bisa lebih terjangkau..ruang tunggu saat konsultasi pun tidak nyaman, apalagi kalau weekend yg penuh sesak, belum kalau kita mengantri pembayaran dengan kasir satu orang untuk semua poli..akhirnya saat kehamilan kedua skarang ( 19 weeks ) saya memutuskan untuk ke rumah sakit Asri, toss dulu mom fitrah, saya pun ketemu dgn dokter Satrio..beliau dari awal bisa kasih option VBAC, walaupun nantinya melihat kondisi saat melahirkan..so far saya puas dengan RS ASRI..karena ruang tunggu yg nyaman ( penting untuk ibu-ibu hamil yg gampang lelah ), pegawainya pun ramah dan helpful..
mom fitrah, bolehkah saya dibisikin total biaya melahirkan di RS ASRI? thankss..

25

Topic: Memilih RS dan Dokter Kandungan

Hi moms, sekedar sharing. Aku melahirkan di RS Admira Pulomas. Belum banyak yang tau mungkin. Karena RS ini RS baru. Masih sepi. Tau RS Admira karena dapet rekomendasi dari instruktur Hypnobirthing, si mba' Evariny (beliau merekomendasikan 3 RS: KMC, Carolus dan Admira). Saya pilih Admira karena lebih deket dari rumah mertua di Kemayoran. Ada kelas laktasi dan hypnobirthing juga. Aku melahirkan dengan Dr. Susanti Kusuma Budiarti. Satu2nya dr obgyn yang berjenis kelamin perempuan. Praktek setiap hari Selasa pkl. 8-11 dan Jumat pkl. 17-19. Dokternya sabar banget. Pro normal karena saya yg ud di induksi 2 hari tetap ga direkomendasikan untuk SC. Tapi karena pecah air ketuban dan debay ga turun2, akhirnya dari suami yg memutuskan untuk SC saja. Dr. Susanti kominukatif. Selalu menjelaskan setiap pertanyaan kita. Ga segan-segan ngasih nomor Hp klo sewaktu-waktu kita harus tlp untuk tanya-tanya.
RS Admira juga murah. Biaya obgyn + USG Rp. 125.000.
Bidannya pun baik-baik dan sabar-sabar.
Oiy, karena masih baru juga RSnya, jadi klo nunggu dokter untuk periksa ga terlalu banyak ngantrinya.
Biaya melahirkan normal untuk kamar 1 bed Rp. 6 jt. 2 bed Rp. 5jt.
Kemarin September, SC kamar 1 bed menghabiskan hanya 14 jutaan.
Kamar 1 bed atau 2 bed sama2 bagus. plusnya..yg 1 bed pemandangannya lapangan golf dan pacuan kuda Pulomas. :)