1

Topic: Bagaimana Melatih Sabar

Idem, deh sama semua yang kadang bertanduk-tanduk disini hehehe...

Apalagi ya kalau anaknya laki-laki semua. Hadeuuhhh, sekalian pake taring kalau perlu! :P.

Tadinya anak saya yang kecil kelihatan manis dan gak grabak grubuk kayak abangnya. Eh, begitu udah bisa jalan dan mulai 'ngeh' kalau diajak main sama abangnya, beuuhhh, rasanya kerjaan tiap hari di rumah teriak-teriak melulu :D.

Normal-normal aja ya berarti :P.

Jihan : simply a mom ;) ... http://jihandavincka.com follow me @davincka

2

Topic: Bagaimana Melatih Sabar

hmm..byk yg ngobrolin anak 3 tahun ya..aku pernah baca kalau anak paling bertingkah itu ya di usia 3 tahun, karena itu usia 3 tahun suka disebut "masa pubernya" anak-anak.

Sama kayak Sidta dan bbrp mama lain, kalau anak lagi tantrum dan aku mulai bertanduk, aku lebih milih buat ninggalin dia sebentar. Hand over ke papanya/ART dl. Baru setelah aku dan dia sama-sama tenang, aktivitas dilanjutkan.

Kalau lg ngadepin anak yang GTM, perutku juga jangan dalam kondisi keroncongan. Diisi dulu. Perut laper jg bikin aku gampang tersulut emosinya.

Terus juga tidur harus cukup, kalau kurang tidur, emosi juga gampang terpancing.

Tapi itu sih idealnya ya. :).

Skrg ngadepin anak 3 tahun, plus adiknya yg masih bayi, jauh dari suami pula, andalan satu-satunya hanya ART untuk berbagi tugas dan sedikit berkeluh kesah.

Tapi yang paling repot kalau hari minggu, ARTku libur. Duh, handle 2 anak sediri ga ada yg bantu-bantu, capek juga ya. Mau sholat aja susah cari waktunya. Mau mandi juga kadang baru sempat kalau yg kecil tidur. Kalau sudah capek begitu emosi gampang tersulut. Lagi-lagi si kakak yg kena omelan.

Setelah kutimbang-timbang jalan keluarnya ya cari ART satu lagi, biar masih ada yg bantuin di hari minggu. Eh, ini melatih sabar ga ya :D. Habis sudah mentok sih...

3

Topic: Bagaimana Melatih Sabar

serius berkaca-kaca baca kata SYUKUR..
makasih avee *hug*

selama ini menahan sabar, dengan selalu mengingat kalo lycka sakit, loyo, ga semangat. syukur diberikan kesehatan dan keceriaan.

kmarennya pas isi bensin, sempet liat anak dengan keterbatasan fisik. tanpa sengaja air mata menetes. sangat sangat bersyukur kita bersama lycka. kalo ingat itu pun bisa meredam kesel kalo lagi capek digerecokin lycka. maaf OOT mamods.

4

Topic: Bagaimana Melatih Sabar

"sabar itu ada batasnya tapi kesabaran tidak terbatas" kata ayah bitha, susah banget dicerna yang ada si Bitha bla bla bla bla yah. Apalagi kalo si ayah keluar kota bunda kerja ga ada ART pulang2 pengen semaput kayaknya :P

bener kata ibu2 disini harus ada time out ga bisa dong kalo satu marah kita juga ikut marah2 jadi ibu harus kuat fisik dan mental :D

mama_jadza bener2 sabar deeeeeh saluut

:) Amazing Life with Amazing Son :)

5

Topic: Bagaimana Melatih Sabar

Bunda Bitha, hihihi... aku sih masih gak sabaran, masih emosi terus, masih minta maaf tiap malem sama anak2. Tapi terus berusaha jadi lebih baik lagi. Oh iya, kemaren kan sempet suamiku yang rada emosi jadinya marah ke si abang. Eh ternyata sampe sekarang masih sering diingetin sama si abang kalo papa marah. Soalnya papanya jaraaaang banget marah kali ya, jadi sekalinya marah membekas. Jadi miris, berarti mamanya dah keseringan marah2, soalnya sekarang tiap aku marah si abang cuek2 aja n malah ketawa. Jadinya aku ikutan ketawa juga deh, hahaha...

Davincka, iyaaa... si dedek gitu juga, sekarang manisss banget. Jadi kayaknya yang salah si abang terus. Tapi melihat gelagatnya yang semangat banget ngoceh kalo deket si abang, apalagi kalo digodain n diajakin ngomong, jadi kuatir juga nih nanti bakalan satu geng sama abangnya, hahahahaha... Nambah deh tanduk mama ^_^

Loving my little family so much!

6

Topic: Bagaimana Melatih Sabar

Mama_jadza, dua-duanya laki-laki juga ya, Mbak? :D.

Kadang kalau sudah terlalu jengkel sama dua-duanya, saya masukin mereka ke kamar tidur. Ditutup dari luar. Biar pada gak keluar. Jadi saya bisa 'mendinginkan' kepala dulu hihihihi...

Ama anak kok bisa jengkel, yak? Padahal dulu kita yang minta-minta mereka ada, ahahahaha... :P.

Jihan : simply a mom ;) ... http://jihandavincka.com follow me @davincka

7

Topic: Bagaimana Melatih Sabar

Thread ini saya banget deh :)

Akhir2 ini sering banget marah2 ke Arza (2y), entahlaaah..sejak Isham (22d) lahir Arza makin berulah.. hiksss..
Saya-nya juga masih adaptasi nih dengan toddler dan bayi saya plus pekerjaan rumah..Masih harus belajar manajemen waktu dengan baik.

Yang sering bikin naik darah;

Pup
Sejak adeknya lahir, arza yang sudah lulus TT tiba2 pup di celana lagi.. dibilangin pelan2 g mempan.. dimarahin juga nangis bentar aja..
Berurusan dengan pup setiap saat; isham yang masih hitungan NB kan pup-nya seriiing bgt plus tiba2 arza pup di celana.. wih.. bikin tanduk muncul di sekujur tubuh...

pekerjaan rumah yang belum beres
Ini karena saya yang masihkurang oke manjemen waktunya.. ngelihat cucian numpuk, setrikaan g terjamah..rumah mulai berdebu, kamar mandi mulai licin.. whuaaaa..

Kondisi pribadi
Seperti mama kebanyakan; perut lapar, kurang tidur bisa membuat emosi lebih cepat naik.. dan klo saya badan bau belum mandi juga bisa bikin darah tinggi.

So far,, untuk meredam emosi saya
- berusaha ikhlas.. untutk urusan pup saya berprinsip; Insya allah klo ikhlas saya dapat sesuatu tapi klo g ikhlas saya cuma dapat baunya aja. Khusus Arza, kayaknya lagi masa caper aja..pelan2 semoga bisa dikembalikan seperti sedia kala.
- ambil ART, datangnya seminggu 3x tugasnya bersih2 dan setrika. Lumayan lah..rumah, kamar mandi sudah bersih dan strikaan g numpuk. Walopun hasli strikaannya terkadang bikin saya *smash* a. k. a cenat-cenut :P. Rumah bersih..hati senag emosi berkurang
- libur...seminggu sekali saya libur, g ngapa2in.. cuma ngurusin krucils aja sambil selonjoran.. lumayan bikin fresh
- bangun pagi buta, selesaikan semua pekerjaan.. saat anak2 bangun saya sudah wangi, masakan sudah siap, cucian sudah dijemur.. Tinggal mandiin dan nemenin makan.. Klo ini berjalan lancar,, bisananya saya g marah2 samsek seharian..
- saat jam2 kritis Jam 1-2 siang; si adek ngantuk minta nyusu..si kakak lapar minta ditemenin makan plus nagntuk juga.. biasanya saya usahain selesaikan urusan si adek baru si kakak.
- menghindari lapar, sementara untuk bisa makan dengan tenang dan nyaman sangatlah sulit.. saya siasati dengan ngemil yang berat2 macam roti tawar atau pisang.

Hmmh..itu semua teorinya a. k. a rencananya.. yang mana terkadang berjalan lancar atau malah berantakan.. Turning point yang bikin saya mulai bertekad g marah2 lagi sama arza adalah bebebrapa hari yang lalu saat mengigau di tengah malam,. Arza g lagi mencari saya tapi ayahnya :(.
Langsung deh saya nangis bombay,,patah hati.. Mungkin karena saya sering marah jadinya Arza sebel sama sya

Emang masih harus banyak belajar dan ngumpulin stock sabar nih...
semangka ya mamas

Find Me @Mama's Mall
Qibi Zaqibi
ARISAN BUKU YUUK

8

Topic: Bagaimana Melatih Sabar

Davincka, iyaaa...emang pengennya cowok semua, alhamdulillahh dikabulkan (dengan segala konsekuensinya, hehehe)

Kemaren sempet deh agak "ketampar" dikit. Waktu itu si adek agak rewel, minta digendong terus tapi gak bobok2 padahal dah jam 11 malem, aku dah capek n ngantuk banget. Akhirnya ngomel2 deh. Eh besok paginya si abang bilang mama harus ngomong I'm sorry ke adek ya, semalem mama marah2 *tepokjidat
Dasar mamanya geblek ya, bayi 4 bulan kok diomelin? Efek dari suntuk tingkat tinggi.

piyut, bener banget, kalo semua udah beres rasanya SIAP menghadapi tantangan apapun dari anak2, hehehe... Tapi kan ada masa2nya kita ngantukkkk banget, capekkk banget, or malessss banget jadi kerjaan rumah terbengkalai. Kalo udah gitu pas anak bertingkah n udah mau marah rasanya, langsung tegor diri sendiri, hayooo...kan kamu sendiri yang males, makanya gak beres trus jd suntuk. Biasanya jadi lebih tenang. Emang untuk sekarang jangan menetapkan standar yg terlalu tinggi deh buat urusan rumah. Harus lebih "nrimo" dengan bersih yg seadanya, rapi yg seadanya, n kerjaan yg serba tanggung misalnya kayak lagi cuci piring, eh si bayi nangis. Ditinggal dulu, gak tau deh kapan lagi nerusinnya :-( Soal ibadah juga pasrah aja deh, sholat yg bisa khusyuk cuma subuh (anak2 belom bangun), dan dzhuhur-ashar (karena di kantor). Maghrib Isya full buru-buru n siaga, doa juga cuma seadanya :-(

Isham baru 22d ya? Wah, lagi capek2nya n masih begadang terus ya? Jaga stamina ya, cemilan harus selalu ready (penting banget!).

Tetep semangat! Paling capek kayak gini cuma berapa tahun, kalo anak2 udah gede kita bisa dengan bangga bilang, ini loooo hasil capeknya mama ^_^ Lagian walaupun capek, kalo disuruh pisah juga mana tahaaannnn... Belom2 dah kebayang ntar kalo dah gede eh mereka mau kuliah di kota lain, trus aku ditinggal, hiksss... (mikirnya kejauhan, efek suntuk tingkat tinggi juga) Makanya dinikmati aja sekarang, saat mereka masih kecil, masih bisa digendong, masih tergantung dengan kita, masih bisa diajak kemana-mana. Sering kan ngalamin "saat2 romantis" waktu baby menyusu dan matanya ngeliat kita dengan tatapan seolah kita adalah satu2nya orang yang dia cintai? Hold on to that moms!

*Hugs semua mamas hebat disini*

Loving my little family so much!

9

Topic: Bagaimana Melatih Sabar

masih berguru sama para mamas hebat semua disini *hug*
piyut, davincka, mama_jadza, abang baik ya masih ngingetin :) walopun berasa ketampar *hug*

kejadiannya baru jumat kemaren, setelah selama ini udah lumayan bisa menahan emosi. jumat itu, entah karena emang lagi emosi jiwa yang lagi labil, kebawa jadi marah ama semua orang.
pagi-pagi lycka dah kena sebelnya karena jalannya bertele-tele, padahal udah telat jam berangkat T_T
siang-siang ampe sore, si pacar jg udah kena sebel, walopun pake bahasa sms. sore baru si pacar kena sebel beneran :(
ampe rumah coba nenangin diri, mandi aer dingin, makan yang puas. begitu sampe rumah emak, untuk jemput lycka yang rasanya kangeen banget ama bocah ini. pengen cepet main bareng, netein dan tidur bareng. maap jadi curcol :P

selama ini, mantra ke diri sendiri untuk tenang dan kontrol diri, dan saat merasa lycka bikin kesel, tinggalin bentar, tarik nafas, inget betapa bersyukurnya diri ini ada lycka bersama.
saat tidur adalah mantra paling jitu untuk bikin betapa kita bersyukur adanya si bocah ini dalam hidup kita.

10

Topic: Bagaimana Melatih Sabar

mama_jadza, hehehe iya nich kalo si ayah yg marah langsung anaknya diem.
Kemaren sabtu dan minggu amarah hampir tersulut lagi gara2 seharian ga bobok, maghrib baru bobok tp cm satu jam bangun2 nangis ga keruan ga tau mimpi apa ditanyain masih aja nangis tambah kenceng, sabar2 akhirnya satu2nya jalan digendong ampe diem *dgn BB 14kilo lebih kaki bunda seakan mau retak2* :P untung ada sepupunya dateng kermh sedikit2 mulai aga tenang jam 11 malem baru bobok.
Besok minggu bangun kepagian halah gara2 ayahnya lembur minta putar2 dulu akhirnya seharian marah2 lagi ngantuk ga mau bobok. Jimat terakhir keluar dr mulut sambil aga teriak nanti bunda marah lho. Abis minum susu marahnya aga reda masih aja blm mau bobok juga malah seperti HP dicharge tenaganya semakin solid.

Saat2 romantis hahahahaha itu yg aku selalu kangenin.

Bener kata piyut bangun pagi2 tapi aga syusyah krn si bitha bobonya kemalaman terus :P *emak2 males bangun pagi*

Semoga kita selalu dalam lindungan kesabaran Amiiin

:) Amazing Life with Amazing Son :)

11

Topic: Bagaimana Melatih Sabar

Baru aja berkunjung ke thread ini, sungguh saya merasa kurang sabar, pagi ini contohnya, madiin ken 22mo mau di pakein baju dia lari2 nggak mau, setelah berhasil pake baju dengan saya berkeringat2 seperti habis olah raga :) sebentar aja memalingkan badan ambil haduk, ken lari ke buka lemari es ambil telur di lempar dengan muka gembira sambil tepuk tangan sejurus kemudian itu telur diratakan dilantai pakai tangan :( saya berteriak keras banget " yak ampun ken itu jelek " dan tanpa sengaja
saya bilang ken itu perbuatan yang nakal, stlh sy bersihkan tanganya, saya pangku saya bilang lagi dengan keras " telur itu untuk dimakan jangan dilempar2 itu jelek, sy ulangi2 dia langsung jambak rambut saya trus nangis bentar. semua itu bikin saya merasa bersalah tdk hilang2 sampai dikantorpun masih kepikiran, tapi alhamdulillah setelah wudhu dan istighfar rasa itu agak berkurang.
Terkadang rasa bersalah itu terus terus tdk hilang2 :( sungguh setiap hari harus menyetok sabar

kenzie jatung hati mama papa semoga menjadi anak yg sholeh & hidupmu selalu barakaallah.

12

Topic: Bagaimana Melatih Sabar

Pas banget aku lagi pusing sama anak pertamaku yg lagi bertingkah karena baru punya adek. Emosiku jadi sering ga terkendali. Alhamdulillah, serasa dapet stok kesabaran dari thread ini. Makasih ya semua mamas...

-Fans berat siaran pagi 720AM-

13

Topic: Bagaimana Melatih Sabar

tari quennell,
*puk..puk* saya juga pernah merasakan hal serupa mbak. Dikerjain 2 mahluk mungil itu.. :D
Sekarang kalo KI-KA gak mau pake baju, saya gak mau kejar2 mereka. Yang ada mereka malah cekikikan dikira maen kejar2an. hehe.. Saya hanya bilang resikonya apa kalo gak pake baju, "kalo gak pake baju nanti badannya digigiti semut/nyamuk lho kak.." atau "Kalo gak pake baju, temennya gak mau diajak maen kakak.. maluu.." etc. Then I let them to decide it.. saya biarkan mereka berpikir. 5 menit pertama pasti masih cuek. Tapi ketika minta sesuatu ke ayah/uti-nya dan dicuekin sambil bilang "pake baju dulu kakak, baru uti mau bantu ambil mainanannya.." then they know that they have to put on the dress.. hehe :D
tidak ada keringat, tidak ada omelan panjang, tidak ada tangisan, apalagi jengkel atau marah...

Saya pun masih sering nyungsep di bantal menghadapi tingkah 2 bocah mungil ini.. bukankah stock sabar kita pun perlu proses.. menata hati dan mensiasati sabar sendiripun juga bagian dari proses.. Bersama 2 anak kembar itu saya benar-benar belajar banyak tentang "hati". Dan tidak akan pernah berhenti sampai disini, masih banyak petualangan yang akan kita rasakan kan Mamas??! So let's Rock the World.. :D

-WiwiT-
An ordinary bunda of twin amazing angels, Kira and Kara Setyadi
@wiwidwadmira | the Setyadi's

14

Topic: Bagaimana Melatih Sabar

waaah pas bgt thread ini sm yg kualami skr...Attila (17m) jg lagi lasak2nya, gesit n g mw diem bgt, suka GTM jg..paling pusing kl udh GTM, skr lg banyak numbuh gigi, papa mamanya paling sering digigit, gigitnya sambil nyabik gt, papanya malah udh berdarah kl digigit, kl aku msh perih bin lebam aj..nah, kl udh muai gigit n nabok2 ke muka yg kenceng biasanya papanya lbh sabar, kl aku lbh sering menghindar dan kalopun dia gelagat mw ngegigit, aku langsung nepis palanya n blg 'mama ga mw digigit' jahat y :p
oia aku wm dr 6 to 6, makanya baca mom Sidta yg plg malem tp berangkat sama paginya ko kayanya nyesel udh suka ngeluh2 punya kantor nan jauh disana..salut sid ^^
biasanya main sm Attila pas plg kerja, kl udh capek n jenuh aku serahin kepapanya ato pengasuh, nenangin diri dl di kamar baru deh nyariin Attila lg ngajak main, persis kaya para mama disini, kl abis marahin Attila, biasanya pas dia dh bobo aku suka liatin trus ngusap rambut sambil nyium..minta maaf deh..bnr2 g abis pikir knp y anak yg qt sayang2 di kandungan eh pas udh tumbuh besar malah dimarah2in T_T

Semoga lewat TUM n thread ini aku bs belajar lebih sabar yaa...thanks TUM ^_^

My Attila...My Soldier... ;)

15

Topic: Bagaimana Melatih Sabar

Wooooow ... ternyata aku ga sendiriaan ...
Jeremy udah 18m sekarang, lagi usil-usilnya, ga bisa diem, hobby bongkar2 dari bongkar lemari es, lemari baju, ngelempar2 barang dan lagi seneng2nya pegang semua barang yang emang menarik perhatian dia ... Rumah bentuknya udah ga karu2an, dan Jeremy selalu lari kemana2, ga pernah jalan kaki, sebentar dia ada dimana, eh tau2 udah pindah tempat lagi, kadang ngeliatnya aja udah capek, apalagi ngikutinnya, belum lagi kalo dia pas lagi bosen, GTM ... hadeeeeeh .... pengen rasanya cuti sebentar, dan kadang juga ngeluhnya ampun2an, udah kaya apa aja dan aku urus Jeremy sendiri tanpa nanny, dan paling dibantu sama suami setelah dia pulang kerja ....

Ada saat2 dimana aku udah bener2 capek, lagi moody, dan diwaktu kaya gini beneran udah ga bisa nahan emosi lagi, ini mulut udah ga bisa diem ngomel melulu, ga cuma Jeremy yang kena, kadang suami juga kena getahnya .... *maaf ya papa :) Biasanya kalo udah kaya gini, aku mending ndinginin kepala sama hati dulu, daripada ntar kemana2 hehehehe, biasanya aku mandi, masuk kamar nonton tv, sementara Jeremy dijagain papanya ...

kalo udah gitu jadi nyadar sendiri, kesabaran kita diuji sama orang2 yg kita sayang, kalo ga gitu, ga seru jadinya hehehe iya ga ... ? dan selain itu si kecil juga ga sengaja buat ngelakuin semua keisengannya, itu semua karena dia sedang belajar dan ingin tau, dan itu ciri2 anak pinter dan sehat, ntar kalo anaknya diem aja malah jadi lebih bingung lagi hehehe

Trus nginget betapa beruntungnya kita punya anak selucu dan seaktif dia, dan pastinya yakin dia bakal jadi anak yang pinter kalo udah gede ntar (Amiiiin) jadiiii akhirnya malah emaknya yang nyesel udah marah2in dan jadi tangis2an, kalo udah gitu aku biasanya langsung minta maaf udah marah2 sama dia.

Akhirnya emang harus extra sabaaaaar, selalu bersyukur, dan memberi anak kita yg terbaik ... :D

16

Topic: Bagaimana Melatih Sabar

ternyata banyak yg senasib...suka banget merasa bersalah kalau abis marah dan berasa gagal jadi ibu yg baik...tapi ternyata nga sendirian.
terus belajar sabar dan mencintai dengn sepenuh hati. Dan kalau tiba2 James atau Ben bilang I love you Mommy sambil kiss...haduh rasanya indah banget daripada waktu di kiss papanya hahaha

17

Topic: Bagaimana Melatih Sabar

demya tipe yg kalo lagi marah, nangis, berulah trus di hadapi dengan marah2 alah makin menjadi2 seolah2 trik menarik perhatianya berhasil. tapi kalo mamo and paponya cuek, ga dihadapi dengan emosi, kesel n bertanduk malah reda sendiri dan cepet redanya....

dan ini selalu berhasil bahkan pada saat menerapkan "kursi hukuman" semarah apapun mamo and papo tetep konsisten bahwa demya di hukum. malah dia reda, terus pangil2 dan minta maaf, kemudian peluk n cium.

bahkan kalo lagi di publik area.... tapi ya itu kudu kuat2 malu ama orang biasanya selalu diliatin.

Mamonya demya
"teman hidup" papo demy
Finance & Accounting manager FUCHS Indonesia
Dimana bumi kupijak, Disitu langit kujunjung

18

Topic: Bagaimana Melatih Sabar

kudu banyak sabar nich, kalo anak aq lg ada maunya, uda dech kumat, ngambek en nangis, tapi untungnya kalo di rayu buat beli makanan mau :D

19

Topic: Bagaimana Melatih Sabar

ngomel emang bakat terpendam wanita deh kayak nya, kalau dah jd emak-emak keluar deh bakat terpendamnya :P

turut menyimak, sekarang drey masih 6 bulan jd belum terlalu repot. tapi tetap aja kadang habis pulang kantor capek, kerjaan rumah numpuk, drey nya rewel gak mau tidur padahal dah jam 9. mulai deh sumbu nya habis.
sebelum meledak panggil ayah nya yang sumbu nya lebih panjang buat tidurkan drey di dalam ayunan sampai kerjaan rumah selesai.

Anugrah terindah "Drey Fandry Fahri"

20

Topic: Bagaimana Melatih Sabar

Anakku sandra (6yo) mulai menguji kesabaranku sejak usia 3yo. pernah beberapa kali bentak dan kasih hukuman duduk di teras rmh, tapi setelah kasih hukuman aku nangis di kamar mandi, cepet2 cuci muka trus minta maaf ke Sandra dan jelasin kenapa dia harus dihukum......
sekarang dah mulai lebih sabar...semoga semakin sabar

21

Topic: Bagaimana Melatih Sabar

Duh nemu thread ini serasa nemu teman senasib, lagi diuji banget sama “kepintarannya” si kembar Fathiyya & Athaya (2 y 5 m). Masih sering nih kelepasan ngomel ngomel teriak teriak...apalagi kalo mereka berantem, apa aja rebutan. Dari makanan , mainan, sampai rebutan Bunda…masing masing pengen dibela. Kalo sudah panas biasanya yang menenangkan suami. Kalo suami lagi gak ada ya saya langsung masuk kamar nenangin diri baru keluar lagi. Kalo curhat sama suami soal anak anak komennya “ Nikmatin aja Bun..” hahahaha, singkat , padat dan benar! Dinikmatin supaya tidak terasa berat..
Sebenarnya setelah marahin mereka , saya menyesal sekali. Dipikir piki, mereka sudah ditinggal kerja senin sampe jumat masa begitu ketemu dimarahin juga…
Oh iya , satu lagi setiap pagi pasti deh drama sinetron dimulai. Gak mau mandi , gak mau gosok gigi, gak mau pake baju , nangis sambil guling guling, terakhir ngambil baju bundanya dibuang di kamar mandi.. hehehehe....Sebenernya itu akal akalannya mereka supaya Bunda gak berangkat kerja.. hikss... Masih belajar sabaaarrrrrrrrr en kasih pengertian buat mereka pelan pelan..kalo Bunda harus berangkat kerja tepat waktu supaya pulangnya juga tepat waktu jadi bisa main sama mereka malamnya…. Duh jadi inget kata kata Fathiyya tadi pagi “Bunda jangan ganti baju bundaaa, pake dastel ajaah” . huhuhu jadi kangen..

22

Topic: Bagaimana Melatih Sabar

seperti macysa dan para mama lainnya, gw jg sering merasa bersalah kalo abis marahin anak2, ngga yang kecil, ngga yang gede...gak tega, tapi kadang merasa harus..

elisa_sby, gw juga ngerasain gitu, awal2 di rumah apalagi kalo mbaknya lagi libur, hadeuhh..bawaannya mau marahh mulu tapi ditahan2, lama2 gw merasa lebih sabar dan lebih bisa membuat mereka 'nurut' tanpa perlu berkata keras apalagi marah2. Memang sabar sih kuncinya..

morphmaze..aduhhh kebayang tuh kalo anak gak rela kita kerja..berattt banget rasanya berangkat pagi2 :( sabar yaa...

twitter and IG: @zataligouw
Blog : http://www.zataligouw.com/

23

Topic: Bagaimana Melatih Sabar

bener bgt mom's drey yang masih 6 bulan aja bisa nunjukin ekspresi sedih nya kalau aku pamit berangkat kerja pagi-pagi ya walaupun gak sampai nangis, tapi dia nya liatin terus sampai aku hilang dari pandangannya. eehmm..... sedih bgt rasa nya :(

Anugrah terindah "Drey Fandry Fahri"

24

Topic: Bagaimana Melatih Sabar

seneng ketemu tread ini. aku jadi dapet pencerahan untuk melatih sabar . soalnya ambang sabar kian tipis aja.

25

Topic: Bagaimana Melatih Sabar

*puk-puk semuanyaa*

sumbu sabar berasa pendek bgt pas tau hamil lagi huhuhu..jadi suka ngebentak dan gampang marah sama si calon kakak..padahal kalo dipikir2 masih batita, apalah salah dia *nyesel*

Alhamdulillah pas ikutan kelas hypnobirthing diajarin relaksasi..dengan relaksasi ini gw merasa lebih sabar, ga cepet marah sm si calon kakak, lebih bersyukur dan bisa ikhlas dengan keadaan..yah walopun kadang kelepasan jugak heheeh tapi ga separah sebelumnya :p