1

Topic: Tips Membangun Usaha dari Rumah

Untuk Mama yang mau coba mulai usaha dari rumah, berikut ini artikel yang menurut saya cukup bermanfaat. Artikelnya diambil dari http://kreatif.ngedib.com

Tren saat ini menunjukkan semakin banyak orang yang bekerja di rumah. Tentunya banyak keuntungan dari bekerja di rumah ini. Selain dapat tetap bekerja sambil bersama dengan keluarga, waktu yang fleksibel, tidak ada biaya transportasi dan tentunya faktor kemacetan yang ada di kota-kota besar mendorong orang untuk bekerja di rumah. Ada beberapa tips untuk memulai usaha Anda di rumah.

1. Pilih bidang yang Anda sukai, mungkin terdengar klise, tetapi ini adalah hal yang sangat penting. Sebagai seorang pengusaha, banyak permasalahan yang akan Anda hadapi nantinya. Jika Anda melakukan hal yang Anda sukai, maka Anda akan terus mencari solusi dari permasalahan tersebut. Lagi pula, bukankah itu salah satu alasan mengapa kita bekerja di rumah, yaitu untuk melakukan hal yang kita sukai.

2. Buat pengaturan jadwal yang baik. Karena Anda bekerja di rumah, bukan berarti Anda dapat semaunya bekerja tanpa memperhatikan waktu. Buat jadwal yang jelas
kapan Anda akan bekerja dan kapan Anda harus bersama keluarga. Hal ini perlu dilakukan sejak awal sehingga kebiasaan untuk tetap pada jadwal yang dibuat terbentuk. Selain itu, jadwal yang baik akan mendorong Anda menjadi lebih produktif.

3. Jangan mencampur-adukkan keuangan untuk usaha dengan keuangan di rumah. Hal ini penting untuk dilakukan. Walaupun Anda bekerja sendiri, buatlah pencatatan keuangan yang terpisah antara usaha Anda dengan kebutuhan rumah tangga. Jangan menggunakan seluruh keuntungan untuk kebutuhan rumah tangga, tetapi sisihkan sebagian untuk pengembangan usaha, peningkatan kemampuan Anda, pembelian buku atau lain sebagainya. Rencanakan hal ini sejak sedini mungkin. Tentukan kapan Anda akan mulai dapat mengambil uang hasil Usaha untuk keperluan rumah tangga.

4. Buat tempat kerja khusus. Walaupun Anda bekerja di rumah, sejak awal, buatlah ruangan atau tempat khusus untuk bekerja. Ruangan khusus akan memudahkan Anda berkonsentrasi dalam memikirkan arah usaha Anda. Ruangan khusus juga akan memudahkan Anda mengorganisasi barang-barang dan mendorong Anda lebih fokus ketika berada di ruangan tersebut. Di luar ruangan khusus tersebut, Anda dapat kembali bermain bersama keluarga atau melakukan hal lainnya.

5. Mulai dari kecil, atau dengan kata lain, coba dulu ide yang Anda miliki. Misalnya Anda telah memutuskan untuk mengerjakan suatu ide usaha di rumah. Mulailah dengan satu percobaan kecil yang dapat dilakukan untuk melihat apakah ada yang tertarik dengan apa yang Anda tawarkan. Jangan terlalu bersemgat dan merencanakan hal yang terlalu besar tanpa melihat pasar yang ada.

6. Buat target yang jelas, kebanyakan usaha yang dimulai di rumah kurang memperhatikan target. Target-target merupakan hal yang penting karena akan membuat Anda bergerak mengejar target tersebut. Misalnya, Anda menargetkan untuk menjadi usaha pembuat kebaya nomor satu di satu kelurahan. Anda harus mulai melihat siapa saja kompetitor Anda, apa keunggulan produk Anda dibanding kompetitor, bagaimana memasarkan agar Anda menjadi nomor satu di kelurahan Anda dan lain sebagainya. Dengan target-target yang jelas, pelan-pelan Anda membangun usaha Anda sesuai dengan apa yang Anda bayangkan.

7. Pergunakan internet dan social media sebaik mungkin. Pergunakan internet untuk mencari berbagai informasi yang Anda butuhkan, mulai dari harga, sumber
bahan produksi, pembiayaan, sampai acara-acara yang mungkin perlu Anda hadiri. Selain itu, pergunakan social media seperti twitter, facebook, pinterest untuk berkenalan dengan orang-orang yang mungkin mempunyai ketertarikan yang sama dengan Anda, sehingga dapat bertukar pikiran dan mengembangkan kemampuan Anda.

8. Buat produk yang unik sehingga usaha Anda berbeda dibanding dengan usaha lain. Sebagai usaha yang baru mulai dan mungkin masih kecil, Anda harus dengan segera terlihat oleh calon pelanggan. Untuk itu, produk yang Anda tawarkan harus menarik dan lebih baik dibandingkan dengan kompetitor. Mungkin Anda berfikir, “Bagaimana
caranya usaha yang baru dimulai bisa lebih baik?” Banyak cara untuk melakukan hal tersebut, misalnya dengan pelayanan yang lebih cepat, penawaran-penawaran paket yang berbeda dengan kompetitor, bentuk-bentuk produk yang berbeda dan lain sebagainya. Untuk itu, Anda perlu melakukan perbandingan dengan apa yang telah ada dan ditawarkan oleh kompetitor pada saat ini.

Ayo kita jadi mompreneur... Semoga bermanfaat yaaaa...

Sumber: http://kreatif.ngedib.com/8-tips-membangun-usaha-dari-rumah/

2

Topic: Tips Membangun Usaha dari Rumah

FikaGunawan, thread tentang ini udah ada ya ..

http://theurbanmama.com/forum/topic1110-tips-untuk-bekerja-dari-rumah-wahm.html

biar ngga dobel, yang ini diclose ... thanks

less ego, more heart