1

Topic: Over-protective?

hai moms

*celingak celinguk udah ada belum yah topic yg mirip2.. mohon arahan bu mods* :)

ada yg bisa share tips menghadapi pemikiran over-protective terhadap anak?

saya sering menghadapi hal ini bukan hanya dengan keluarga tapi juga pengasuh anak saya.
Hal2 yg ingin saya ajarkan ke anak terbentur karena katanya "belum siap" "belum waktunya" "kalau terjadi apa2 gimana?"
yahh..bukan berarti saya gak peduli akan keselamatan anak saya donk.. Tapi bukankah baby perlu belajar juga yah? :)

contoh sharing; anak saya 1tahun masih makan bubur blender, alasannya karena dia belum siap, tandanya menurut mereka makannya jadi lama dan suka keselek. padahal gue perhatiin keseleknya juga jarang, dan itu karena ada yg ga mampu dia telan seperti tulang ayam misalnya. he's smart, walau belum bisa dilepeh, tapi didorong pake lidah ke depan mulut..

apa gue kurang persistence yah?

2

Topic: Over-protective?

amaliaputri,
so far, yang saya lakukan adalah memberi contoh atau menunjukkan langsung. Kasus yang pernah saya alami:
Sapih dot
Sapih dot susu pada anak kurang dari 2 tahun, dirasa kurang wajar. Umumnya dari dulu anak nge-dot sampe 4-5 tahun. Saya tidak ingin KI-KA kemana-mana tergantung sama dot nya. Dengan berbagai argumen masih juga ditolak. Akhirnya saya nekat cuti beberapa hari dari kantor untuk acara sapih itu sendiri. So far, KI-KA tidak ada masalah setelah sapih dot. Boboknya tetep lelap. Makan malah tambah banyak. Jadi tidak ada alasan lagi untuk bilang tidak.

Tapi memang beberapa kasus saya sendiri masih mencari cara. Dan saya yakin saya akan menemukan caranya. Tetep semangat ya Mom.. :)

-WiwiT-
An ordinary bunda of twin amazing angels, Kira and Kara Setyadi
@wiwidwadmira | the Setyadi's

3

Topic: Over-protective?

mbak wiwid, thanks reply nya.. hooo, mungkin aku nya juga kurang usaha yah..hahaa

kadang speechless juga sih kalau udah dibilang, "nanti kalau kenapa-napa gimana?" yang tadinya PD jadi bertanya-tanya lagi :p

Lalu gimana ya mbak kalau kitanya yang berpikiran kayak gitu..? Dulu waktu awal-awal ninggal anak kerja, tiap 2 jam saya telpon kerumah terus, pikiran jadi parno banget. Pokoknya selama saya kerja anak gak boleh dibawa kemana-mana, even itu main ke rumah saudara atau tetangga sebelah.. Makin kesini sih makin lupa nelpon karena kesibukan dikantor..

4

Topic: Over-protective?

amaliaputri,
jawabnya "ask the expert". Hal yang mengerikan adalah ada efek samping terhadap perkembangan mental dan kesehatan fisiknya. Sebelum mengambil tindakan, ya googling sana-sini, tanya DSA, tanya ahlinya. Semakin banyak referensi yang mendukung tindakan, ya hadapi saja. Saya juga pernah mengalaminya, maju-mundur mau eksekusi tindakan sendiri. Bahkan sampe lama mikirnya. Setelah yakin bahwa apa yang akan dilakukan tidak berbahaya untuk kesehatan fisik dan mentalnya, ya hajaarrr ajah... entah nekat ato keras kepala ya.. Tapi yang jelas yang saya lakukan demi pertumbuhan KI-KA dan kemandiriannya. Just follow your instinct as a mother..
HTH.

-WiwiT-
An ordinary bunda of twin amazing angels, Kira and Kara Setyadi
@wiwidwadmira | the Setyadi's

5

Topic: Over-protective?

Moms, aku kan skrg tinggal ma mertua. di rumah mertua juga ada ponakan yang dititip (full). Pokoknya dari mulai bangun tidur sampe mau tidur sama mama mertuaku. Orangtuanya sih kalo menurutku cenderung kurang deket sama anak perempuannya ini. Alhasil sang ponakan jadi tergantung bgt sama mertua dan mertua pun over protective bgt sama ini ponakan. sekarang ponakan umur 5 tahun mau 6 tahun tapi kalo aku perhatikan tingkah lakunya seperti anak setahun. belum bisa apa2, bahkan pake celana pun gak bisa. Makan coklat dikit batuk, makan salah dikit langsung sakit panas,keluar rumah gak boleh, minum susu jg masih pake dot padahal dah mau masuk SD. aku liat ponakanku ini jadi jauuuh dari kata mandiri. apa2 harus dilayanin, selalu nyuruh ambil ini lah itu lah dan tdk pernah menghargai orang bicara. apa itu efek dari over protective mertuaku ya?

6

Topic: Over-protective?

wahhh Vin.., karena nggak ngeliat langsung, gw nggak berani juga buat berpikir bahwa itu adalah efek dari over protective-nya mertua, tapi ngebaca betapa nggak mandirinya si keponakan, apakah tidak sebaiknya hal itu disampaikan ke mertua dan ortu si ponakan ya? memang awalnya akan terkesan ikut campur tapi karena kita bener2 peduli dan sayang sama ponakan tersebut pasti akan ada jalan keluar yang terbaik deh..

anyway, makasih ya sharing-nya Vini Hujan, jadi para orangtua lain -termasuk gw- juga bisa lebih hati2 dan menghindari perilaku yang mengakibatkan timbulnya efek2 yang mungkin saja terjadi ke anak2 jika ortu over protective..

twitter and IG: @zataligouw
Blog : http://www.zataligouw.com/

7

Topic: Over-protective?

ZataLigouw Tadinya sih gitu. kalo ngomong ke mertua atau ke ortunya sih gak berani ciiiin soalnya gak enak kalo sama ipar kagok hehehe. Tapi Sering juga aku bilang ma ponakan "Kakak belajar ya pake celana sendiri" atau "Kak, kalo kata tante sih mendingan minum susunya pake gelas yang gambar barbie aja daripada pake dot", tapi si anak gak pernah dengerin. Makanya aku cuma ngelus dada aja deh. Bahkan ketika si ponakan sering (maaf) pup di celana dan masih tidur pake diapers, cuma bisa heran aja, soalnya ponakannya yang satu lagi (baru 2,5 thn) udh bisa makan sendiri, pake celana sendiri bahkan udh gk pake diapers.

Tapi cukup jd pelajaran juga sih buatku. apalagi skrg aku lg hamil. jd bertekad bgt pgn ngebentuk anakku ntr mandiri tapi gak merasa terbebani hehehe

8

Topic: Over-protective?

iya ya Vin, mudah2an ponakan bisa lebih mandiri yaaa..

twitter and IG: @zataligouw
Blog : http://www.zataligouw.com/

9

Topic: Over-protective?

Aamiin ..

Doakan biar anak dlm perutku juga mandiri ntrnya. Aamiiiiiiiin hehe :D