1

Topic: Keuangan bisnis vs rumah tangga

dear mamas,

sedikit mau curcol gpp ya
selama 2 tahun ini, saya melakoni usaha bisnis online, yang nota bene masih skala rumah tangga
awalnya hanya iseng, namun puji syukur masih tetap eksis
nah , salah satu yang menjadi kendala sebenarnya sangat sulit memisahkan antara uang untuk bisnis dan untuk rumah tangga
yang ada seringnya kecampur dan menjadi tambal sulam

apa ada tips agar bisa disiplin memegang teguh prinsip uang bisnis ya untuk bisnis juga sebaliknya

thank youuu ^^

les amateurs de violettes

2

Topic: Keuangan bisnis vs rumah tangga

hi moms..baru gabung nih saya..
saya juga baru usaha bisnis online..bagi tips sedikit yah..
1. Selalu buat catatan keuangan bisnis dan keuangan keluarga secara terpisah.
1. Pisahkan rekening untuk bisnis dan rekening pribadi. Jadi lebih enak Kontrol Keuangannya.
2. Punya prinsip, kalo rekening ini tidak akan disentuh untuk kebutuhan lain.
3. Dari Keuntungan bisnis yang kita dapat, kita tentukan tiap bulan mau mengambil berapa untuk kebutuhan rumah tangga, berapa untuk ditabung, dan sisanya untuk mengembangkan bisnis kita.

Semoga bisa membantu moms..

3

Topic: Keuangan bisnis vs rumah tangga

purplenick gue sih gak punya bisnis yah. jadi keuangan keluarga yah hanya gaji kantor. bisnis gue ya TUM heheh.. tapi mau coba kasih tips yang mudah2an bisa berguna.


  • sebaiknya duit untuk bisnis & keluarga dipisah, buka rekening khusus untuk operating expense bisnis, jadi ga nyampur sama keluarga.
    [/*]
  • di awal2 bisnis dimulai, keuntungan pasti belom terlalu signifikan, dan kalaupun ada, juga sebaiknya dikembalikan untuk mengembangkan bisnis yang ada, jadi jangan diambil dulu untuk dipake ke keluarga. jadi artinya, ketika berpikir untuk bikin bisnis, jangan anggap ini sebagai tambahan dulu.
    [/*]
  • bikin bisnis plan. misalnya di awal2 akan membutuhkan dana berapa, lalu hitung dengan target keuntungan kira2 kapan bisnisnya mulai menghasilkan profit dan menutup dana investasi awal. kalau sudah ada profit, baru bisa mulai di rencanakan, berapa yang mesti disisihkan untuk diambil sebagai penghasilan keluarga, dan berapa yang mesti dikembalikan untuk mengembangkan bisnis[/*]
  • pisah laporan keuangan keluarga & bisnis, jangan disatuin. karena selain akhirnya nanti jadi tambal sulam, kamu jadi gak bisa tau berapa sih hasil keuntungan (kalau ada, or worse kerugian) dari bisnisnya. soalnya kalo ternyata malah makan duit keluarga dan terus2an tekor, mungkin sebaiknya bisnisnya diberhentikan, jadi pemisahan laporan juga bakal penting banget![/*]

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

4

Topic: Keuangan bisnis vs rumah tangga

thank you mom

sharing tipsnya oke banget ^^ segera akan diparaktekkan
semoga bisa , biar ga selalu tambal sulam lagi .amin

les amateurs de violettes

5

Topic: Keuangan bisnis vs rumah tangga

yang satu ini memang harus extra disiplin, selain rekening yg terpisah kita juga harus punya 2 dompet. Karena yang paling sering nyampur adalah uang cash utk operasional harian di bisnis/di rumah.

Untuk pencatatan bisnis sangatlah penting supaya kita bisa tau berapa total omset dan total margin yang didapat, jangan lupa juga catat biaya operasional bisnis untuk mengetahui laba/rugi-nya.

Terus terang kadang2 saya juga pernah pinjem uang bulanan rumah utk beli stok barang, tp selalu saya kembalikan lagi senilai jumlah pinjaman itu selama tidak lebih dari satu bulan.

semoga bermanfaat ;)

work at home mommy for hubby, 2 kiddos and www.inababy.com

6

Topic: Keuangan bisnis vs rumah tangga

kalau saya, bikin rekening terpisah. it is a must. kalau mau pakai kartu kredit, juga harus buat kartu kredit yang beda.

Jangan sampe campur aduk antara keuangan keluarga dan keuangan bisnis. Kalau nyampur, bisa - bisa kita mikir bisnis berjalan sehat, padahal itu karena subsidi dari keuangan keluarga. Ujung-ujungnya, bisnis gak sehat, keuangan keluarga defisit.

7

Topic: Keuangan bisnis vs rumah tangga

sama nih, saya juga punya masalah yang sama tentang memisahkan uang keluarga dan bisnis. akhirnya nemu jawabannya disini, alhamdulillah ada solusinya. langsung Action!

8

Topic: Keuangan bisnis vs rumah tangga

lah, baru sadar kok ga pernah ikutan thread ini ya... padahal tiap hari kerjaannya ini...

kalo aku, mirip ama yang lain, aku treat bisnis rumahan mirip sama kerjaan kantoran.

- keuangan rumah tangga dan bisnis terpisah. bisnis punya rekening sendiri, pemasukan dan pengeluaran yang berhubungan dengan bisnis pake rekening itu.

- tiap bulan, si bisnis kirim "gaji" ke rekening rumah tangga... kayak kantor gitu. jumlah gajinya tetap, setaun sekali naik gaji (kalo bisnis berjalan baik), dan kadang2 ada bonus (maksimal 2 kali setahun).

- selalu ada 2 macam laporan keuangan tiap bulan (bisnis dan rumah tangga), jadi keliatan bisnisnya menguntungkan atau defisit.

- sebenernya sih boleh pinjem2an antara si bisnis dan rumah tangga selama dikembalikan within waktu yang ditentukan... tapi kalo saya pribadi, ga ngebolehin ini. sebenernya sih buat disiplin aja dan make sure masing2 bisa tetap jalan sendiri2. tapi banyak kok yang bisa pinjam2an, dan bisnis & rumah tangganya jalan dengan baik.

? comic and crochet addict ?
theurbanmama.com | @turniptopia

9

Topic: Keuangan bisnis vs rumah tangga

menyimak...

aku sering bertanya2 di akhir bulan, lha kok nyampur gini uang2 ya...
trus untung bisnis yg seharusnya sekian sesuai yg dipembukuan (gabagus jg si pembukuannya) lho kok tinggal segini...
di ikhlasin deh, krn berarti kepakai kebutuhan rumah tangga...
tp tetep ga profesional, jd gatau kemajuan bisnis ya, hehe

10

Topic: Keuangan bisnis vs rumah tangga

pokoknya jangan sekali-kali gunakan uang bisnis untuk kebutuhan keluarga, gitupun sebaliknya. kecuali dalam kasus nukerin uang. karena sekali make, langsung ga jelas yang mana uang bisnis dan mana uang keluarga.

11

Topic: Keuangan bisnis vs rumah tangga

iya nih kejadian bgt sama q. blom serius bgt sih olshopnya. tapi klo g dikelola dg baik malah ntar jdi gak keruan duitnya. skalian prepare bwt rencana resign jdi musti dibenerin nih laporan keuangan antara gaji sama bisnis.

12

Topic: Keuangan bisnis vs rumah tangga

betul banget,
harus disiplin dari kita sendiri sih untuk yang memilih ada pemisahan antara uang rumah tangga & bisnis.

kalo tipe2 saya, udah pasti harus dipisah dari awal. ngga bisa disatukan. lebih praktis juga hitungannya. dan betul kata thalia, kalo ada pinjam meminjam boleh dan bisa aja yang penting disiplin pembayarannya dalam waktu yang ditentukan.

? love to write and run - a bus transjakarta passenger ?
@ninityunita

13

Topic: Keuangan bisnis vs rumah tangga

Sebagai ibu rumah tangga ada mcm2 cara buat duit dengan mudah secara online yang kita bole buat untuk membantu keuangan keluarga..jadi tak perlu ke kantor tapi hanya perlu rajin explore and coba.