1

Topic: Teenage Boys - How to respect girls ?

Bagaimana menanamkan kepada anak cowok bagaimana memperlakukan anak cewek dengan hormat ?

Sepertinya ini bisa dimulai dari usia balita yah ?

Tapi ini kasus yang saya lihat.

Seorang laki-laki (sebetulnya bukan usia remaja, sudah hampir 20 tahun), punya adik perempuan yang umur 8 tahun. Kakak ini suka banget godain adiknya, dan godainnya dengan sentuhan fisik. Cubit perut, paha, gelitikin, dsb. Adiknya ini tidak suka digodain gitu sama kakaknya, trus marah2, mukul kakaknya, yang si kakak ketawa-tawa jadi kejar2an. Lapor ke mamanya juga, si kakak dimarahin, dipukul juga sama mamanya.

Adik ceweknya ini punya teman cewek sama umurnya, tapi badannya ndut. Si kakak juga godain temen adiknya ini. Cubit pahanya, perutnya, pipinya, dsb.

Temen ceweknya ini jelas ga suka, marah dan nangis juga. Tapi si kakak mengulang godaannya terus menerus.

Beberapa orang dewasa sudah kasih tahu si kakak, tapi si kakak hanya ketawa-tawa aja tanpa yes or no.

Saya kenal mereka dan saya bilang sama si kakak, jangan begitu, ga sopan. Gadis-gadis ini sebentar lagi usia remaja, kamu kurang ajar sama mereka. Tapi si kakak hanya ketawa-tawa.

Nah, musti bagaimana ya kalau kasus seperti ini ? Saya rencana mau ngomong ke si kakak dengan lebih tegas dan saya mau dia merespon. Saya memang bukan keluarga sama dia, tapi posisi suami saya & saya adalah pembimbingnya, jadi saya rasa saya punya kewajiban untuk membimbing dia dalam hal ini. Mamanya sudah berkali2 ngomong, marah tapi sudah give up (meskipun kalau si adik lapor juga tetep marah lagi).

Anak saya cowok, saya juga mulai cari tahu, musti bagaimana membimbing dia nanti untuk respek sama anak cewek, tahu bagaimana memperlakukan mereka dengan baik. Karena digodain masalah fisik, dicubit sama cowok, itu kan risih banget buat anak cewek.

Share nya mama2 sekalian, semoga ada juga mama yang sudah melalui hal ini pada anak2nya. thanks :)

2

Topic: Teenage Boys - How to respect girls ?

Barusan browsing, dapat ini dari sini

Men – as fathers, brothers, coaches, teachers, uncles, and mentors – have a role to play in coaching boys into men.
wrote:


Hmm, para bapak lebih cocok untuk ini, tapi... kadang2 para bapak tidak sesensitif para ibu dalam hal ini ... :( dan kalau udah sibuk sama hal lain, hal 'kecil' ini dibiarin aja ... ugh...

3

Topic: Teenage Boys - How to respect girls ?

maymoms interesting topic. sebagai mama dari 2 anak cewek, tentunya ga pengen deh kalo mereka gede ketemu anak cowo yang kayak gitu.

mungkin ga kalo ditanyain (sampe merespon, gak cuma ketawa2 aja), kenapa sih dia berlaku begitu? apa karena gemes, suka, atau apa?

dan iya ya harusnya dari kecil juga udah diajarin sih. di umur anak toddler aja, kita ga bolehin mereka cubit atau pukul temennya, apalagi ke anak yang lebih kecil, regardless of gender. nah kalo udah gede gitu gimana ya?

*kok malah nanya?* hihi abisan anak2 saya masih kecil2 dan cewe2 pulak.. semoga ada mama yang lain yang bisa jawab, share dan memberikan pencerahan nih.

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

4

Topic: Teenage Boys - How to respect girls ?

maymoms,
setuju sama slesta. imo kalo udah usia hampir 20thnan, harusnya sdh bisa diajak bicara serius. bisa org tua, kakak atau gurunya. pastinya dia jg sudah tau ya, batasan2 menyentuh bagian2 tubuh itu, tapi kalau memang belum tau, ya dikasih tau.
abang gw dulu jg jail gt, sama gw doang tapinya. waktu gw msh kuliah gitu, kan tugasnya cuci piring. nah pas gw lg cuci piring, abang gw lewat dan perosotin celana pendek gw, seriing bgt kyk gitu. trus gw nangis kesel dan abang gw itu ketawa2 ngehe gt.
tapi semakin gw nangis, abang gw makin seneng godainnya.
akhirnya ibu ngajak abang gw bicara di dalam ruangan terpisah, serius. ibu jg ngajak gw bicara, kalo gw ga boleh ngebiarin siapapun ngelakuin hal tsb/ mempermalukan gw, even itu anggota keluarga sendiri.
ada saatnya kita harus membela diri, misalnya bicara tegas kalo hal itu gak lucu (krn gw cuma menye2 nangis2 doang), bisa teriak, bisa kejar si abang dan sabunin mukanya (krn abang gw bgitu krn tau gw ga bisa bales tangan belepotan sabun cuci), dan kalo si abang begitu lagi, lapor ibu.

gw sih ga tau ibu bicara apa aja sama si abang, tapi kayanya diancem2 mau dipesantrenin ke gontor dan mau dibawa ke RS Jiwa hahahaha..
dan abang gw jg jadinya stop ngejailin gw dgn cara2 aneh gitu sih..

tapi yg gw tau, kalo perilaku "aneh/menyimpang" sudah terjadi berkali-kali (frekuensi, persistensi & intensitas), bisa dikonsultasikan dgn psikolog/ psikiater.

a life-enjoyer mama :)
www.ekadeau.blogspot.com
@ekadeau

5

Topic: Teenage Boys - How to respect girls ?

maymoms,

bener kayak kata slesta dan eka, si cewek juga harus dikasih tahu tentang pentingnya membela diri.
Jadi gak cuma si abang aja yang dikasih nasihat..

kalau gue, kalau liat alyssa melakukan sesuatu yang gak pantas dia lakukan ke orang lain, gua akan tanya dia: how do you feel if it was you who were treated like that? will you still find it amusing?

jadi intinya selain ngajarin respek ke orang lain, gue juga mau dia berempati sama mereka. how to be in their shoes.

contohnya minggu lalu ada kasus bullying remaja cewek yang noyor/jambak dan nendangin temennya di sini..
gue kasih liat itu ke alyssa.
gue bilang, apa yg dilakukan si bully is NOT COOL (biasanya anak2 lebih kepingin jadi COOL dibanding jadi 'baik'.. so when they think something is not cool.. they will avoid it.. me thinks :))
trus gue bilang, si korban pasti sedih dan malu..
trus gue nasihatin, gimana dia menyikapi kalau dia yang dibully..

oya, tante gue ananknya cowok semua. dari kecil udah diajarin kalau cewek itu mesti dijaga dan dihormatin. contoh paling deket ya nyokapnya sendiri..
sekarang mereka gentlemen banget gitu..

HTH ya

6

Topic: Teenage Boys - How to respect girls ?

maymoms, mungkin ditegurnya harus secara privat, nggak didepan orang banyak. supaya tegurannya terasa serius dan nggak jadi becandaan murah *habis ikut Pesat :P

dan sepakat sama kaka-kaka diatas, anak perempuan perlu diajari untuk membela diri dengan cara yang bikin dia keliatan 'tinggi'. soalnya kalau hanya marah dan nangis, biasanya anak cowok malah ketagihan godain.

kalau becandanya udah menyentuh area pribadi. mesti ditegaskan kalau ada bagian-bagian yang, seperti barang kesayangan, nggak boleh disentuh/dilihat sembarang orang.

itu teorinya, tapi asa masih tiga tahun, jadi belum banyak pengalaman.

kalau aku, sebagian besar sepupu cowok semua, dan sekolah-kuliah juga mayoritas cowok. kebetulan seringnya ketemu sama orang-orang yang sangat-sangat menghargai perempuan. menghargainya sampai batas nggak mau memandang langsung, dan kalau ada acara, jam delapan malem udah diwarning, jam setengah sembilan serombongan 'dikawal' pulang. jadi kita jalan didepan, dan mereka lima meteran di belakang.

IMO, kalau iklim lingkungannya sebagian besar menganut nilai-nilai kalau perempuan itu harus dihargai dan dijaga, yang tadinya sembrono juga jadi respect dan nggak berani bertingkah aneh-aneh.

berarti kuncinya, di menciptakan lingkungan yang kondusif ya :) semua orang dewasa mesti ngasih contoh yang baik.

less ego, more heart

7

Topic: Teenage Boys - How to respect girls ?

Very nice !
Tp gimana itu mamas ? Dari beberapa link yang aku baca, peran mengajari anak cowok terletak pada ayah. Bagaimana ya kalau ibu yang bicara pada anak cowoknya ? Apakah efeknya akan sebesar kalau ayah yang bicara ?

Ortu saya juga anaknya cewek semua jadi ga ada contoh... Suami saudaranya cowok semua, tp waktu ditanyain gmn ortunya ngajarin, ga ada memori itu tuh... hmm jadi mungkin scr genetik sudah ada kesopanan ya ?
Nggak tau juga ... :D

8

Topic: Teenage Boys - How to respect girls ?

maymoms menurut gue sih sebaiknya kalo obrolan ini datang dari kedua orang tua, gak hanya ayah atau ibu. dan kedua orang tua punya suara yang sama. jadi walopun nanti ada momen dimana harus dibahas terpisah antara ibu & ayahnya, tetap suaranya harus sama. jadi sebelom si ayah bahas sama anaknya pun, mesti kompakan dulu viewnya sama ibunya.

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

9

Topic: Teenage Boys - How to respect girls ?

maymoms - setuju sama masukan mama-mama diatas,
Nambahin pengalaman ponakan cowoku aja, (anak pertama dan punya 1 adik perempuan). Dari adiknya lahir (waktu itu dia umur 5yo) udah dibilangin suruh sayang dan jagain adiknya, emang sih umur segitu mungkin ga ngerti2 banget yah pas lagi diajarin tapi karena dari kecil terus-terusan dibilangin harus sayang, harus jaga dll sampe sekarang (udah kuliah tingkat 2) ya ga pernah becanda main2 fisik apalagi sampe nangis.

Dan untuk yg bicara sama si kakak, bisa ayah ibu atau salah satu (biasanya siapa yg lebih dia 'denger'?) kan kadang ada anak lebih denger ibunya atau sebaliknya.

Miguel is my Rocktober Baby
@siskaknoch

10

Topic: Teenage Boys - How to respect girls ?

Maymoms..maaf ya, tp mnurut gw kalo si cowo yg hampir 20thn ini jailin temen adiknya -yg badannya bongsor- secara fisik, itu sdh harus diwaspadai lho. Ngga nuduh, tp bisa mengarah pd pelecehan seksual. Kalo gw jd ibunya itu anak, gw bakal marah bgt klo ada yg sentuh2 anak gw apalagi dia bkn anak kcl. Moms..bukannya gw negative thinking, galak, dll, tp gw bbrp kali mengalami hal yg mengarah ke sana krn saat kcl gw jg bongsor. Tanpa hrs mencurigai siapa pun, sbg ibu dari anak laki2 atau pun perempuan, kita semua hrs sangat waspada lho.. Eh, jd OOT ya..maap..

Eniwei, anak cowok gw yg umur 10 tahun sdh keliatan bhw dia ckp respek pd perempuan. Jujur aja gw lupa apa yg gw ajarin, tp intinya sih krn gw dan suami sering kasih contoh aja. Misalnya ada adek perempuan gw dateng bawa bawaan banyak, swami gw langsung manggil anak cowo gw dan ajakin dia utk sama2 bawain barang bawaannya adek gw... Atau kalo lg pesen makanan di resto, trus makanan yg dtg baru dua, swami gw pasti akan kasih ke gw dan Caca dan bilang ke si abang dng santai "kita mah blakangan aja ya bang, biar cewe2 dulu aja yg makan". Mungkin hal2 kcl spt ini lama2 membentuk pemahaman dia ttg bagaimana bersikap kpd perempuan..

twitter and IG: @zataligouw
Blog : http://www.zataligouw.com/

11

Topic: Teenage Boys - How to respect girls ?

Sharing dikit,
Sebetulnya masalah pria tidak menghormati wanita bukan sekedar masalah keluarga. Anakku yang paling besar sempat tidak menghormati temannya yang perempuan dengan menganggap anak perempuan tidak bisa apa-apa. Kontan saja aku sebagai seorang ibu, sekaligus perempuan sempat syok mendengar laporan tentang perilaku anakku dong. Padahal dulu dia anak yang manis, selalu menghargai orang lain. Bahkan aku selalu cerita perempuan atau laki-laki itu tidak ada yang lebih tinggi dari yang lain. Suami juga bukan tipe kasar yang menyakiti perempuan. 
Ketika aku tanya "apakah madsud kamu perempuan tidak bisa apa-apa berarti mama juga tidak bisa apapun?" dia langsung diam dan malu dengan ucapannya. Dia cerita kalimat yang dia lontarkan hanya bercandaan di antara teman-temannya. Pahamlah aku kalau pemahaman aneh entah dari mana ini berasal dari pergaulan dia yang salah. Memang semenjak remaja dia lebih suka main di luar. Aku percaya dia anak yang baik. Semenjak kejadian itu aku mulai dorong dia ikut kegiatan bela diri lagi (Sempat berhenti) dengan harapan dia dikelilingi orang yang menghargai kekuatan satu sama lain. Sejauh ini masih berhasil, semoga tidak terulang kejadian itu.  

12

Topic: Teenage Boys - How to respect girls ?

Hana Lia,
Anaknya umur berapa ma?

Wajar yaa kita kaget sama perilaku anak yang seperti itu.
Sebenarnya mungkin main di luar gak masalah, hanya tinggal diliat temannya bagaimana.
Kadang anak-anak memang lebih suka "ikut arus" supaya gak digodain sama temen2 juga sih yaa..

Duh jadi kepikiran gimana the boysku besok

Love my kids

twitter & IG : @ndiievania
blog : https://ndiievania.wordpress.com/