1

Topic: Isu Pendengaran Pada Bayi

Mommies, maaf kalo topik ini pernah dibicarakan ya. Sebelumnya aku udah search di forum, dan kebetulan belum nemu topik yang spesifik soal pendengaran pada bayi. Kalo ternyata udah, punten moderator forum mindahin entrinya dan nutup topik ini aja :) Terima kasih.

Aku ingin tau nih; pada umur berapa sih ya bayi mulai respon pada stimulasi bunyi? Biasanya kan kalo kita goyangin mainan yang bersuara/giring-giring di deket bayi, si bayi suka noleh ke arah sumber suara. Nah, ini Wira (3m2d) kok ga kaya gitu ya :| Aku sempet parno, jangan-jangan ada gangguan pendengaran; tapi kalo diliat-liat, kayanya nggak juga. Dia bereaksi dengan suara di sekitarnya, tapi ya secara spesifik, kalo digoyangin mainan di deketnya, dia ga minat sama sekali. Malah kaya nyuekin. Ada mainannya yang dibunyiin di depan dia juga anaknya sama sekali ga minat. Malah sibuk ngajakin orang lain ngobrol (dengan bahasa bayi umur 3 bulan tentunya.)

Aku sempet kepikiran; apa anak ini cuma mau respon sama suara beneran ya? Jadi bukan suara yang sengaja dibunyiin/stimulasi suara, soalnya mungkin dia ngerasa, "apaan sih, ngegoyang-goyangin mainan kaya gitu. Gw juga ga bakal ketipu" -- Jadi ngerasa bayi sekarang banyak yang ogah ngerasa jadi bayi, hihi *lho*

Tadi pagi ke DSA-nya, dan sama-sama bingung, hehe. Akhirnya dirujuk ke dokter THT, tapi belum sempet mampir. Ini rencananya mau second opinion dulu ke DSA di RS lain besok pagi.

Kira-kira mommies yang lain ada yang seperti itu juga kah?

Trims sebelumnya ya mommies :)

Daily Journey - Life, Parenthood, Daily Antics

2

Topic: Isu Pendengaran Pada Bayi

kappachan..seingatku kalau anak usia 3 bulanan mmg mainannya yg model digemerincingkan biar bersuara ya, sekalian dimaksudkan untuk menstimulasi agar dia belajar memegang.

Sudah dicoba beberapa jenis alat permainan?..siapa tahu pd alat yg ini ga tertarik tapi pada alat yg itu tertarik. Kalau pada anak ke-2ku kmrn, suka kupancing2 juga pd mainan laptop-laptopan atau mainan hp punya kakaknya (apapun mainan asal keluar bunyinya).

Tapi kalau memang masih khawatir, ga ada salahnya kok dibawa untuk konsultasi ke dokter THT.
Kmrn waktu kelahiran anak ke-2, pemeriksaan fungsi pendengaran dan hormon tiroid (untu hipotiroid) malah sudah masuk paket wajib selain periksa nilai apgar, golongan darah dsb itu. Waktu itu untuk tes pendengaran pd newborn mereka (pihak RS) pakai metoda OAE (Oto Acoustic Emission).

3

Topic: Isu Pendengaran Pada Bayi

kappachan,
sebenernya alat2 musik, mainan gemerincing itu hanya salah satu media utk melatih kepekaan anak thd bunyi (musikalisasi dsb). Stimulasi utama berupa komunikasi antara ibu,keluarga dan anak. Biasanya kan dr hamil kita udah sering ngajak anak bicara, dan anak yg peka suka menendang2 gt ya sbg bentuk komunikasinya.
Nah anaknya sendiri gimana reaksinya kalo dipanggil namanya, atau misalnya main ciluk ba (mama manggil dr balik bantal) diliat apakah dia noleh utk nyari sumber suara ato cuek aja.
Krn terlalu banyak stimulasi jg bikin bayi stress, bbrp bayi ada yg memang menyukai suasana tenang.
kalo merasa perlu, konsultasi & periksa ke dokter THT aja, biar ketauan sebabnya dan bisa cpt2 ditindaklanjuti.
Mudah2an sih ga ada yg serius ya..

a life-enjoyer mama :)
www.ekadeau.blogspot.com
@ekadeau

4

Topic: Isu Pendengaran Pada Bayi

Mom indriani budi utami dan mom eka - Kalo dipanggil namanya, masih belum nengok. Yang aku agak bingung, kalo ada suara motor atau apapun, dia akan reaksi. Tapi kalo suara itu disengajakan (misal: Manggil namanya, tepuk tangan buat manggil dia, mainan digoyangkan di sebelahnya) Wira suka cuek. Ada sih satu mainan yang dia tertarik; tapi belum tau itu tertarik karena suaranya atau karena lampunya yang nyala-nyala, hehe.

Baru saja pagi ini cek ke THT dan klinik telinga. Insya Allah Senin besok mau ke dokter THT lagi untuk nyerahin hasil tes dari klinik. Semoga baik-baik saja :) Terima kasih buat jawabannya ya mommies.

Daily Journey - Life, Parenthood, Daily Antics

5

Topic: Isu Pendengaran Pada Bayi

gimana mam kappachan udah ke klinik THT ? udah ada hasil nya blm ?

twitter @NieAnita | Pejuang ASI

6

Topic: Isu Pendengaran Pada Bayi

Mom unie - Alhamdulillah udah semalem :) Ngeliat hasil tesnya, kata dokter THT Insya Allah hasilnya normal, walopun bukan berarti jadi tenang-tenang juga ortunya, hehe :D Dibilangnya sih tetep dimonitor sampe umur 3 tahun :) Yang penting sih ortunya ga terlalu panik juga, hihi. Terima kasih mommies buat masukannya ya :)

Daily Journey - Life, Parenthood, Daily Antics

7

Topic: Isu Pendengaran Pada Bayi

ini sebenernya masalah keponakan ku umurnya sekitar 2 bulanan. sptnya tidak merespon suara, tapi kalo kita ajak komunikasi terlihat oleh matanya respon dengan baik. tapi diluar pandangan matanya tidak memiliki respon. bahkan sampai di test dengan bantingan pintu. tetep tenang. di tes juga sederhana dengan tepukan di belakang kepala tidak merspon. ada saran?

Mamonya demya
"teman hidup" papo demy
Finance & Accounting manager FUCHS Indonesia
Dimana bumi kupijak, Disitu langit kujunjung