1

Topic: Placenta Previa

kayla sebelum perdarahan, gw akuin emang gw agak capek. Jd sehari sebelum perdarahan, gw beres2 rumah krn abis pindahan, beres2nya smp jam 3 malem lg. Udah gt paginya hunting perlengkapan bayi sampe sore. Soalnya waktu itu udah terlanjur ambil libur, jd kaya dibikin sekalian capek gt. Malem itu juga langsung perdarahan pas kontrol dokter, jd tengah malem itu juga caesar emergency. Gw nggak tau juga apa perdarahannya itu krn kecapekan hari itu atau akumulasi dr hari2 sebelumnya. Tp kayanya hari itu emang puncak capeknya. Jadi kalo udah terdiagnosis PP lebih baik jgn terlalu capek, aplg kalo blm cukup bulan.. Semoga lancar ya smp kelahiran nanti! :)

Vania : Nata & Arsa's mom
http://vaniasatriadi.com @drVania

2

Topic: Placenta Previa

Thanks fyi Bunnia:)
Iya nih moga2 si baby sehat, n persalinannya lancar sc or normal....
Dah smpt konfirmasi ke dr lain sih, emang dibilang pp total, smp 28 mgg ttp dibilang pp total.
Baru pas 32 mgg dibilang agak geser..ga ngerti deh apa jadi partial or gmn...kata drnya suruh tunggu aja, Tuhan yg nentuin...nothing we can do...

Hmm iya skrg gampang kontraksi, capek dikit kram2 gt...lagi seneng2nya jait2, siap2 perkap bayi...maklum deh anak pertama....Makasih buat sharingnya ya mamas...

3

Topic: Placenta Previa

buat mamas yg punya pengalaman PP, ada larangan untuk hubungan suami istri gak?
*gak punya pengalaman PP*

bahagia punya Sya-Vee

4

Topic: Placenta Previa

secara fisik gejalanya apa ya?jd sebelum ada vonis dokter bisa aware duluan..tq

5

Topic: Placenta Previa

Hi Mamas...

waktu hamil ara di minggu ke 16 pas kontrol dokter bilang bahwa plasentanya nutupin jalan lahir, tapi belum dibilang PP, karena katanya plasenta bisa geser dan masih bisa melahirkan secara normal, tapi kalo pas usia kandungan 7 bualn dan masih dibawah (plasentanya) ada kemungkinan C-set. dokterku menyarankan untuk banyak sujud dan pastinya positive thinking, dan alhamdulillah Plasentanya geser dikit2 :).
o yah aku juga sempat nge flek diminggu ke 20-21 dan di minggu ke 30-31 gitu. tapi baby ku alhamdulillah baik2 saja :)

6

Topic: Placenta Previa

SyaVee, iyah betul aku ga boleh berhubungan selama 1 bulan sampai kontrol berikutnya...:)

7

Topic: Placenta Previa

Syavee,
Dulu waktu aku pp, memang dr menyarankan untuk ngga berhubungan dulu karena takutnya ntar pendarahan. Tapi mungkin ini tergantung kondisi masing2 orang yah, soalnya ada temenku yang pp tapi masih lancar2 aja.

Echie
Pp tuh ngga ada gejalanya. Cuman bisa diketahui lewat usg. Klo divonis di trimester awal, masih ada kemungkinan geser n bisa normal. Tapi klo sampai trimester akhir belon geser, yah berarti harus cs

8

Topic: Placenta Previa

nia, apa diagnosa PP nya di awal kehamilan? karena disuruh liburnya cuman sebulan?
ceicalia, PP nya total nutup jalan lahir ya? atau gak total tapi lumayan banyak plasenta yang nutup jalan lahir?

bahagia punya Sya-Vee

9

Topic: Placenta Previa

SyaVee dulu kan gw PP totalis, bener2 gak geser, full nutup jalan lahir. Gw berhasil lahir di usia kehamilan 37 minggu tepat, tanpa adanya perdarahan. Kuncinya, gw patuh sama saran dokternya. Emang gak boleh berhubungan, apalagi kalo berhubungannya gak coitus interuptus, dikhawatirkan kandungan prostlagandin yg ada di sperma akan membuat rahim kontraksi dan memicu perdarahan. Trus gw gak angkat2 berat atau melakukan kegiatan yg bikin rahim gw kontraksi. Tp gw tetep beraktivitas spt biasa, dgn meminialisir naik tangga apalg pake heels.

Nia bundanya Ara wah gw baru tau kalo sujud juga berpengaruh ya.. Thanks infonya..

echie iya gak ada gejalanya, kalopun timbul gejala saat kehamilan udah gede berupa painless bleeding. Yang bisa diketahui faktor risikonya:
1.Kehamilan kedua
2. Previous c-sect
3. Pernah kuret
4. Merokok
5. Usia saat hamil di atas 30
6. Previous surgery (ini menurut gw, krn gw gak termasuk semua faktor risiko di atas, tp ovarium gw emang diangkat krn kista sebelum nikah dulu)

Pokonya kalo di dx PP jangan panik! Krn kemungkinan geser pasti ada seiring rahim meregang, kalopun tetep gak geser, ikhlas aja.. Sekarang kan teknologi udah maju, yg penting keselamatan ibu dan bayinya. Good luck all!

Vania : Nata & Arsa's mom
http://vaniasatriadi.com @drVania

10

Topic: Placenta Previa

Fyi, dulu ibuku waktu hamil anak ke-3 di usia 40 juga ngalamin PP.. Waktu kandungan umur 7 bulan juga masih PP dan dokter udah bilang kemungkinan besar harus C-set..
Dan alhamdulillah bisa lahir normal.. Kata ibuku sih yang penting kita tetep berdoa dan positive thingking :D
So buat mamas yang PP, semangat yaaa

selalu menunggu datangnya hari sabtu-minggu

11

Topic: Placenta Previa

Hi TUM,

Kehamilan saya usia 29 minggu setelah kontrol ma DSOG katanya Plasenta Previa, terus terang saya kepikiran bangat khawatir tidak bisa melahirkan secara normal, padahal saya berharap bgt bisa Vaginal Birth.
Oh ya TUM kalau udah Plasenta Previa gini apa udah 100% ndak bisa melahirkan normal ya?

12

Topic: Placenta Previa

gw juga awal kehamilan divonis pp partial.

tapi kata dsog-nya tunggu aja sampai trimester 3 biasanya bisa pindah .

akhirnya bener , plasentanya pindah dan gw partus normal :)

... a counselor, a role model and often a friend to her children
Twitter & Instagram: @honeyjt

www.honey-scrapbook.blogspot.com

13

Topic: Placenta Previa

hai all,saya lagi hamil anak ke 3 dengan usia
kehamilan 13 minggu,tadi baru ke dokter n hasil cek usg menyatakan saya pp partial,dokter sih ga suruh bedrest cuma pesankan jangan sampe kecapean,n ga boleh angkat berat.

dokter bilang lihat kedepannya gimana mudah2an bisa bergeser,tapi plasenta saya bener2 menghadap jalan rahim n malah sudah agak kebawah (agak rendah) karna posisi seperti mau keluar.

jadi saya berdoa agar plasentanya bisa bergeser ketempat yg normal,oh yah kondisi anaknya semua sehat n dalam keadaan normal.cuma hasil usg juga menyatakan di ovarium kanan ada benjolan,jadi mau di cek juga tiap bulan benjolan itu bisa membesar ga.

saya pernah mengalami spotting di usia kandungan 11 minggu.di cek semua baik2 aja,setelah spotting n bedrest masih ngalamin flex 3 hari.

oh ya yg saya dengar rata2 plasenta previa babynya selalu laki2,apa benar??minta infonya yg punya masalah pp apa benar babynya laki2???

14

Topic: Placenta Previa

ibu dulu waktu ngelahirin saya juga pp,
padahal 2 kali melahirkan sebelumnya normal (yg pertama kembar lho).
tapi emg iya, hamilnya di usia >30 tahun

tapi kok ibu sering blg saya kalo naik motor/mobil hindari gujlak2an gitu,
pake korset biar ga pp. tau deh bener apa kagak

i am full time a mother! ;)
blog // twit // insta

15

Topic: Placenta Previa

kehamilan saya tahun 2010, di usia kehamilan 12 mg saya mengalami pendarahan hebat, dokter juga memprediksi saya PP ,usia kemilan 16 mg saya juga mengalami pendrahan lagi kali ini dokter memvonis saya PPT, sejak itu selama kehamilan sampai dengan melahirkan saya mengalami flek dan bebrapa kali pendarahan, yang saya ingat pendarahan tidak seperti mens jadi tidak sakit tapi deras :( dan klo warna darahnya sih kayaknya sama merah agak muda dan kadang bergupal. akibatnya bayi saya terus dipantau 2 x USG 4 dimensi apakah bayi kekurangan oksigen atau tidak dan memang Berat badan bayi sangat susah naik krn nutrisi terbuang memalui pendarahan. saya malah tidak dianjurkan nunging oleh dokter krn tidak akan berpengaruh hanya kuasa tuhan aja yang bisa menggeser plasenta saya begitu dokter bilang, semakin besar usia kandungan maka plasenta akan mekar (aduh apa ya istilahnya :P ) dan klo bergeser kemungkinan pendarahan sebelum melahirkan semakin besar dan, kemungkinan lahir prematur juga sangat besar, walaupun di minta santai aja tetap saja saya kawatir bukan karena operasi sc tapi takut bayi saya lahir prematur dan kurang nutrisi :( PPT membuat saya agak trauma hamil, ada yang bilang klo sekali PPT kedua juga PPT walaupun semua itu tuhan yang menentukan. ending ya di usia kehamilan 37 mg saya mengalami pendarahan lagi, sebenarnya saya mau bertahan sampai satu mg untuk tdk dilahirkan tapi dokter bilang harus segera dilahirkan walaupun bayi kecil organnya udah normal semua begitu kata dokter, alhamdulillah bayi ku lahir dengan BB 2,2 kg dan tidak sampai masuk NICU :)

kenzie jatung hati mama papa semoga menjadi anak yg sholeh & hidupmu selalu barakaallah.

16

Topic: Placenta Previa

akupetta iya ada korset khusus untuk ibu hamil. sebenernya bukan korset sih lebih kayak ban pinggang yang berkantong, jadi ngejaga supaya perut tetap di tempat dan ikut gujlak2 gitu..

contohnya kayak gini:
http://ecx.images-amazon.com/images/I/21GaBZmsytL._AA300_.jpg

*image from amazon.com

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

17

Topic: Placenta Previa

tari quennell, saya juga kehamilan pertama plasenta previa totalis, lahiran (tahun 2007) sc di minggu ke 38, setelah 2 bln sebelumnya bed rest di rs (dari bulan ke 6 dah pendarahan terus, jadi bolak-balik opname, hiks).
alhamdulillah, kehamilan kedua (lahir tahun 2010) ga PPT lagi, tapi tetep harus sc karena bayi kelilit dan belum masuk panggul
jadi ga usah khawatir ya, belum tentu kehamilan pertama PPT dan kehamilan keduanya juga

18

Topic: Placenta Previa

mau nanya..mau nanya..saya penghuni baru :D

saya lg hamil 19 minggu, pas kontrol minggu kmrn dokternya blg plasenta previa dan ga bisa lahir lewat jalur rahim..SEDIH bgt pas tau itu krn dokternya ga ngejelasin scr detail (dokter saya dokter Sofie di RS tedja Bandung) kalo yang saya baca di forum ini sih agak sedikit lega krn itu bisa berubah, insyaallah plasenta saya jg bs naek ntar.

kalo second opinion mending skrg2 atau ntr aja ya pas SBR? makasiiii kalo ada yg bisa bantu ;)

enjoy your moment!
bisous Bundo de Jene

19

Topic: Placenta Previa

ilien - dari sekarang aja. Biar tenang dan elonya ga stres mikirinnya juga. Ibu hamil ga boleh stres loh! :D Semangat yaaa :) Sehat terus buat ibu & bayinya.

website : http://thebabybirds.net
twitter/IG : @almaviva

20

Topic: Placenta Previa

nyanya wrote:
ilien - dari sekarang aja. Biar tenang dan elonya ga stres mikirinnya juga. Ibu hamil ga boleh stres loh! :D Semangat yaaa :) Sehat terus buat ibu & bayinya.



*dancing* langsung capcusss ke KMC :D
terima kasih supportnya mommy nyanya ^___^

btw, kalo nanti ada info ttg plasenta previa insyaallah saya bagi.
enjoy your day mommies!

enjoy your moment!
bisous Bundo de Jene

21

Topic: Placenta Previa

Hi mamas!

wah ternyata banyak yang senasib ya :) saya juga plasenta previa total. Saat ini kehamilan kedua setelah yang pertama keguguran dan sudah 22w. Pas 17w sih dokternya uda curiga plasentanya deket bgt sama jalan lahir eh kok tiba2 sekarang malah nutupin.
Kalau belum trisemester 3 masih ada kemungkinan untuk gerak ya mamas? Mau coba sujud juga sih hehehe...semoga masih geser terus dan bisa normal :D

22

Topic: Placenta Previa

amie_chan wrote:
Hi mamas!

wah ternyata banyak yang senasib ya :) saya juga plasenta previa total. Saat ini kehamilan kedua setelah yang pertama keguguran dan sudah 22w. Pas 17w sih dokternya uda curiga plasentanya deket bgt sama jalan lahir eh kok tiba2 sekarang malah nutupin.
Kalau belum trisemester 3 masih ada kemungkinan untuk gerak ya mamas? Mau coba sujud juga sih hehehe...semoga masih geser terus dan bisa normal :D


saya pernah tanya2 ama dokter ttg PP ini,katanya sebelum 28 minggu sebenernya dokter ga boleh memvonis pasiennya itu PP dulu,soalnya yg namanya plasenta msh bisa geser2..nah klo udah 28 minggu dan di USG ternyata plasentanya menutupi jalan lahir (baik sebagian ato seluruhnya) baru deh dokter bisa yakin klo itu PP
*baek bgt ya dokterku jelasinnya gamblang,hihihi*

kalo saya alhamdulillah hamil anak kedua ini di usia kehamilan 24w kata dokter plasentanya ada di sebelah kiri rahim,moga2 lancar sampe lairan nanti,amiiiinn...

23

Topic: Placenta Previa

mama TUM semua mo nanya nih,

pas kehamilan pertama usia 18 - 24w, hasil USG dari DSOg bilang kl plasentaku dibawah, tp coba dilihat dari pemeriksaan selanjutnya sampai nanti trisemester akhir. alhamdulillah pas udah mo due date, dari hasil USG aku masih kategori PP parsial, jadi masih bisa lahiran normal.

cuman aku pernah dengar dari teman yang riwayat hamil ke-2nya harus SC krn PP parsial dan bleeding, di kehamilan ke-3 dia divonis PP total , klo menurut DSOG-nya letak plasenta itu dari kehamilan pertama, kedua dst itu akan semakin bergeser ... atau susah nempel di tempat yang seharusnya, jadi logikanya kl yg pertama udah di pinggir, ntar yang kedua dst akan semakin bergeser kebawah dan jadi lah PP total.

nah yg kayak gitu bener g sih ? jadi was-was kl hamil anak kedua harus PP total ..

being a mother is wonderful..
http://anathakamil.wordpress.com

24

Topic: Placenta Previa

pita.ndutz wrote:

saya pernah tanya2 ama dokter ttg PP ini,katanya sebelum 28 minggu sebenernya dokter ga boleh memvonis pasiennya itu PP dulu,soalnya yg namanya plasenta msh bisa geser2..nah klo udah 28 minggu dan di USG ternyata plasentanya menutupi jalan lahir (baik sebagian ato seluruhnya) baru deh dokter bisa yakin klo itu PP
*baek bgt ya dokterku jelasinnya gamblang,hihihi*

kalo saya alhamdulillah hamil anak kedua ini di usia kehamilan 24w kata dokter plasentanya ada di sebelah kiri rahim,moga2 lancar sampe lairan nanti,amiiiinn...


Iya sih...setelah diingat2 obgynku juga belum vonis harus sesar...dia baru blg kemungkinan besar akan sesar kalau sampai bulan depan ga berubah. Semoga terus geser sampai cukup membuka jalan lahir *amiiinn*

Wahh...semoga lancar terus sampai lahiran ya mama! :D amiiinnnnn

25

Topic: Placenta Previa

Hallo Mamas,

Aku skrg udh masuk bulan ke 9 nih, terakhir kali ke dokter pas 35 minggu, dokter nya blg plasentaa nya rada di bawah. Dia ga vonis PP dan ga blg aku ga blh normal sih (mungkin ga mau nakut2in aku), nanti 2 minggu lagi di suru dtg baru diliat lagi gmn, katanya.

Dari awal hamil, aku emg sering flek2, sampe week 18, sampe ke dokter 2 minggu sekali buat jaga2. tapi waktu itu kayanya dokter nya blm ngeliat plasentanya rada dibawah, cuma ngeliat ada robekan di USG, jadi mesti bed rest terus

Gara2 aku flek2, aku ga dikasih hubungan sama sekali sama dokter, dan sampe skrg masih gak berani..... tapi aku kan baca2 kalo sering2 hubungan sama hubby bisa bantu ngelahirin lbh gampang. tapi kalo PP kan gak boleh hubungan yah. Skrg udh mau deket lahiran, aku nya jadi mulai stress mikirin ini.

Ke dokter nya lagi minggu depan, tapinya aku nya udh penasaran bgt, benernya jadi bisa normal gak, trusnya boleh hubungan gak :s