1

Topic: Homeschooling

indie - wah thanks banget! barusan googling trus ketemu. kebetulan banget aina baruuuu aja turning 3. lagi liat2 programnya sekarang... TFS ya!

? comic and crochet addict ?
theurbanmama.com | @turniptopia

2

Topic: Homeschooling

Liz
penasaran, di perancis boleh homeschooling? di sini gak boleh.

3

Topic: Homeschooling

Boleh kok. Tapi begitu anaknya umur 6 th, ada kontrol dari perwakilan depdikbud tk kelurahan sebanyak 2x setahun. Biasanya ortu yg homeschooling make sistem pengajaran montesori.

@LizCherie

4

Topic: Homeschooling

homeschooling.. oh.. homeschooling.. (menurut saya, qiqiqi)

buat siapa?
buat mamas yang sanggup konsisten meluangkan kurang lebih 3jam tiap harinya khusus buat pengembangan kemampuan anak (bener tuh yg bilang musti konsisten, dan bukan cuman buat housewives ;) tuh), untuk pelaksanaan memang bisa digantikan oleh guru privat, untuk perencanaan bisa dikonsultasikan ke ahli pendidikan (ato yang belajar buat jadi ahli pendidikan seperti saya ^_* *blink*)

gimana memulainya?
1. bikin visi misi dan aturan keluaga sebagai tujuan akhir dari pengembangan kemampuan anak
2. download standard perkembangan anak sesuai umur dan dimodifikasi sesuai dengan hasil nomor satu (untuk versi indonesia, bisa minta saya via imel ^_^)
3. memilih TEMA (karena menurut teori, kemampuan anak lebih terstimulasi bila dilakukan secara tematik) tema niy yang simpel2 dan konkrit.. jadi instead of tumbuhan mending bikin apel atau bahkan daun.. bisa perminggu, perduaminggu.. tergantung apakah menurut mamas tema itu menarik untuk ananda.. semakin menarik bisa semakin lama waktunya..
4. PLANNING TIME.. waktunya merencanakan kegiatan bisa tahunan, bulanan, atau nyoba seminggu dulu.. browse ajah mamas.. buanyak bangeth kok situs kegiatan anak2 tuh..

anti-social?
wah, engga kok.. masukkan jadwal outdoor activities kedalam jadwal kegiatan ajah.. bertamu ke rumah saudara, bermain di tempat bermain mal, jalan2 ke taman kota... dll...

selamat mencoba...

(saya? ya, sy sdh mencobanya.. ;) sayang sy bukan penulis yg rajin dan baik.. try to be a good planner, tapi ga bakat jadi reporter...)

5

Topic: Homeschooling

Halo mamas..

Saya skrg ini sedang mencoba untuk memulai HS bagi putra saya usia 12 bulan. Lagi butuh temen untuk sharing aja sih saat ini..
Saya ambil kurikulum dr www.letteroftheweek.com yg saya modifikasi dan tambahkan dg pelajaran agama islam.
Metode HS yg mau saya pakai metode eklektik gabungan montessori dan unschooling..

Please share with me dong moms, sy merasa berjuang sendirian nih, krn belum ada yg bisa saya ajak diskusi sementara ini. Suami lg super sibuk.

Ohya tadinya anak saya join Gymboree, tp skrg sdh saya niatkan untuk HS.

MoJi - Momma Jiffar
Work-at-Home Full-Time Mom

6

Topic: Homeschooling

Moms ada yg manfaatin ato lg consider semacam education softwares utk batita/toddler-preschooler? Aku lg nyari2, klo lokal ada spt paket smart itu yah, pengen tau aja kayak apa sih ... So far anakku 2,5yo baru aku kenalin via Ipod kan banyak education apps yg free, tp pengennya nti agak besar dikit mulai yg lbh serius/variatif.

thank heavens for lil' girls

7

Topic: Homeschooling

Hmm aku ga ada info, hanya sekedar ikut2 baca disini, Tfs ya moms. Bahan pengajarannya bisa dipakai nih buat di rumah :)

It takes a village to raise a child-African proverb

8

Topic: Homeschooling

indie wrote:
Aku salut utk keluarga yg homeschooling dan unschooling anak2nya. I've looked into the idea but don't have the courage and energy to do it. Untung, aku ada kesempatan volunteer di sekolah jadi aku bisa liat cara belajar mereka, dan dari yang aku lihat, aku sudah cocok sekali dengan cara mengajar guru2 di sekolah anakku yang lebih banyak menggunakan permainan dan practical way of learning. Mungkin utk mereka yg ingin unschooling, bisa baca buku2nya John Holt, dia orang pertama yg menyebutkan istilah unschooling, aku lagi baca bukunya yg berjudul 'how children fail' dan 'how children learn', tapi dia banyak menulis buku2 ttg homeschooling juga.


sama...saya suka dg ide homeschooling especially karena saya bawel banget soal urusan sekolah anak. saya gak terlalu suka sekolah yang terlalu menge-push anak. sayangnya saya blm punya cukup keberanian, kepedean dan energi utk menerapkan homeschooling di rumah. Jadilah masih rela keliling dan bawel pada saat nyari sekolah anak yang cocok. Buat kami, sekolah itu harus nyaman untuk kedua belah pihak, buat anak dan ortu. Dan anak senang menjalaninya.

Thank u Indie soal info John Holt, mau coba cari ah.

Di twitter, ada 2 temen saya yg menerapkan homeschooling, @Elsyesur berdomisili di Jakarta dan @Arfibee berdomisili di NZ. Kalo di NZ, menurut cerita Arfi, kita menyusun sendiri kurikulum kita kemudian minta persetujuan dari kementrian pendidikan. Arfi sendiri basicnya guru. Alasan beliau homeschooling anak2nya karena mencari sistem pendidikan yang sesuai dengan kemampuan dan kelebihan yg dimiliki anak2nya. Saya rada penasaran dg sistem HS di Indo, apakah sama kayak gitu ya? kita nyusun sendiri kurikulumnya?

9

Topic: Homeschooling

ah, lupa update...

aina jadinya mo nyoba masuk nursery dulu nanti bulan januari, soalnya dianya sendiri ternyata pengen banget sekolah. kebetulan, ketemu sekolah yang lumayan loose dan ga terlalu akademik (yah, sesuai ama yang gue cari lah...).

rencananya, mo liat dulu gimana dia ama sekolahannya. kalo cocok ya terus, kalo engga, tetep mo explore kemungkinan untuk homeschooling/unschooling.

? comic and crochet addict ?
theurbanmama.com | @turniptopia

10

Topic: Homeschooling

Moms, yg mau tau soal HS lebih jauh bisa join milis sekolah-rumah di yahoogroups.

Ditut
Thanks info homeschooler friend nya ya...

Buat moms yg sdg HS preschool di daerah kemang dan sekitarnya, get in touch yuk...twitter ku @intange. Thanks!

Fyi, aku self-employed, 1 anak laki2 1yo, muslim, non-vaxxing, tinggal di jaksel, metode HS yg aku pakai ekletik.Pgn cari grup baca n renang n playdates, maks 6 anak usia preschool, agama dan jns kelamin gk masalah.

MoJi - Momma Jiffar
Work-at-Home Full-Time Mom

11

Topic: Homeschooling

sebenernya apakah preschool itu perlu diHSin juga? kalo aku utk usia preschool lbh cenderung utk main main main dan eksplor. Karena aku di rumah jadi kupikir emmang gak perlu masukin ke sebuah institusi preschool or taman bermain,karena kupikir aku masih sanggup utk menstimulasi anak2 sendiri.
Utk metode,aku gak terpatok pada metode tertentu. kadang malah berdasarkan insting aja...hehehe....mostly memang metodeku lbh banyak mengajak anak ke dapur dan crafting. Didapur bisa belajar macem2. Crafting juga gitu. Mengenal tekstur, mengenal bau, warna, belajar kerjasama, dll.
Dulu Arwen (sekarang kelas 1) gak buru2 aku masukin sekolah. Aku lebih senang kalo anaknya sudah siap. Di kuwait usia masuk TK adalah 3.5th. Buat aku (melihat perkembangan Arwen) that's too early. Akhirnya kupending sampe Arwen usia 5 th. Selama blm masuk sekolah itu, aku support dan ngasih bermacam stimulasi ke dia (mostly lewat crafting&baking). Begitu dia masuk sekolah, dia udah sangat siap. Jadi ke sekolah juga senang. Kebetulan dapet sekolah yg cocok, yg detil memperhatikan perkembangan anak 1 by 1. Akhirnya, dari TK kecil, Arwen disarankan kepseknya lgs loncat ke kelas 1. Awalnya kita ragu, sebenernya gak pengen buru2. Tapi menurut kepseknya,kalo dia dimasukin ke TK besar (reception) malah kasian, akrena dia udah lebih matang dan advance dari temen2nya. Sekarang, dia ternyata enjoy di kelas barunya. Hanya aja, masih perlu digenjot bahasa Inggrisnya. Karena di sini kan multikultural, jadi di sekolah memang pake bahasa Inggris, tapi anak2 lain yg sesama arab akhirnya pada ngomong arab, yg india ngomong india ke sesama India, jadi perkembangan bhs Inggris memang gak terlalu pesat. Ngerti, tapi masih perlu dilatih ngomong. Utk ngelancarin, aku bikin program sendiri di rumah. Aku ngambil "kurikulum" dari letteroftheweek yg "journal Ideas" http://www.letteroftheweek.com/primary_journal_ideas.html . Dari pertanyaan2 yg ada di situ, aku minta Arwen utk menggambar sekaligus bercerita sederhana-jadi kayak bikin buku cerita sendiri (notes: blm tentu cara ini cocok dg anak lain,krn kebetulan arwen seneng gambar dan komik,jadi kupilih cara ini).
Untuk Leia (4th) jg blm kumasukin TK,karena kulihat anak ini belum siap,makanya aku "sekolahin" di rumah aja. Tiap pagi kuluangkan waktu 20 menit utk belajar sambil main, kurikulumnya jg ngambil dari letteroftheweek.
Utk applikasi iPod/iPad/iPhone banyak bgt yg free. Utk belajar baca, anak2 kusupport dg tontonan "leapFrog" dan "Superwhy". Arwen bisa baca lewat tontonan ini. Kebetulan dia memang tipe independent learner jadi dia bener2 bisa baca tanpa bantuanku...hehehe...emak malas! Aku hanya menyediakan dan membimbing. Kalo Leia adeknya beda tipe, cara belajarnya harus ditemeni :).
masih banyak yg pengen di share, huwaaa tapi neo keburu bangun nih :D

12

Topic: Homeschooling

Ditut
Ternyata ambil kurikulum letteroftheweek jg ya? :) sama.. Anakku Jiffar jg, dimodifikasi bagian bible nya aku ganti dg pelajaran agama islam.

Sebagai gambaran, aku sharing HS untuk anakku ya (usia 1 thn), kurang lebih begini:
Bangun pagi dia biasanya kalau gk ngajak main ya minta makan. Kalau main dulu langsung 'pelajaran pertama bernyanyi lagu2 nursery rhyme/lagu anak2 indonesia. Satu lagu untuk satu minggu. Kalau pagi nya lagu nursery sorenya lagu anak indonesia. Kl dia minta makan ya brati makan dulu. Selesai makan waktunya duduk di toilet untuk poo/pee diteruskan dg mandi.
Selesai mandi ikut main2 di dapur atau main sndiri, kadang2 dia ngantuk lagi jadi kita biasanya sambil nenen bobo an di tempat tidur sambil mendengarkan murattal atau asmaul husna. Satu surat pendek yg sama untuk satu minggu. Satu asmaul husna seminggu, krn toddler memang intinya adalah pengulangan.

Bangun tdur makan siang atau bermain, kadang dia minta main di taman, waktu bermain di taman jg bisa dimasukin bernyanyi atau permainan yg sesuai dengan development nya, satu minggu ada 2 macam permainan, aku ambil dari www.babyzone.com

Biasanya habis itu dia nenen dan bobo lagi dilanjutkan makan buah/snack trs habis magrib bermain fisik spt bikin rumah2an, perosotan atau kuda2an, lanjut makan malam, nenen dan bobo lg. Sbelum bobo malam diselip baca buku atau doa pendek, dia yg pilih sendiri mau baca buku atau doa.

Ada hari2 dimana dia keluar untuk ikut mamanya cari uang :) nah untuk hari2 kluar, sosialisasi aja dan mngenal sekeliling, jd kl lagi di jalan aku selalu tunjuk dan sbutkan nama2 benda, gedung atau mobil.
Sebulan skali diajak brenang dan bermain bersama teman.

Ya kurleb begitulah jadwal HS preskul nya jiffar. Semua mengikuti ritme kegiatan dia aja. Jd jadwal yg dibuat itu lebih ke daftar permainan, surat al-qur'an dan doa pendek, juga lagu2. Lagu2 ambil dari youtube. Development milestone nya aku ambil dari www.babycenter.com
Untuk Jiffar aku pilih No TV, No film, dan no komputer, bantuannya ipod aja yg dipakai untuk denger musik atau murattal.

Aku tunggu sharing HS'er yg lainnya ya... ;-)

MoJi - Momma Jiffar
Work-at-Home Full-Time Mom

13

Topic: Homeschooling

mommajiffar, tfs yaa.. :)
pencerahan bgt buat gw yg lg bimbang (halah) masukin allayna ke Preschool.

ditut, ditunggu sharingnya yaa..
terutama bagian baking2an, penasaran ;)

follow me @ulieeel

14

Topic: Homeschooling

myallayna wrote:


ditut, ditunggu sharingnya yaa..
terutama bagian baking2an, penasaran ;)


umm...untuk baking,aku biasanya luangkan waktu 1 hari khusus utk baking dg mereka.karena di sini weekend-nya jumat sabtu, jadi biasanya tiap jumat kita bikin proyek baking. Silahkan youtubing/googling "cooking friday" (maap gak bs kasih link sekarang,lagi buru2).
Di hari ini mereka bebas bantuin aku di dapur. Bantuin nakar bahan-bahan, masukin bahan2 ke adonan, membentuk adonan, ngaduk adonan, dll. Biasanya sambil belajar tentang tekstur, rasa dan matematika sederhana. Kalo udah begini, yg namanya dapur berantakan ya resiko, itu dia kenapa baking dg mereka gak bisa tiap hari....hahahaha.....mamaknya gak kuku bok beres2nya.

15

Topic: Homeschooling

mommajiffar
Wah aku baru tau ada program homeschooling bwt toddler ;) menarik jg hehehe. Kalo baca2 dr penjelasan tentang program HS nya Jiffar ternyata mirip2 'acara' sehari2ku sm Reyu..tp emang bkn dlm rangka HS sih judulnya hehehe.

Tapi emang gk bener2 terprogram sih. Lagipula Reyu jg udah ikutan 'sekolah' toddler gtu 3x seminggu, tp kalo d rmh ya full sm aku dan melakukan kegiatan2 yg krg lebih sm kyk Jiffar. Ya intinya ada kegiatan2 bwt ngembangin motorik kasar-halus, kemampuan verbal-visual, budi pekerti (halaahh istilahnya :p), kemampuan sosial, dll (aku bingung jg nyebutinnya hihihi org gk pake program2an hahaha). Tapi kalo Reyu seminggu bisa 2x Renang hahaha miniman 1x deh, krn dia seneng bgt dan suka minta pergi renang :)

Sementara kalo games2 nya biasanya aku ngarang2 sendiri hehehe, biasanya disesuaikan sm tema sekolahnya bln ini,..biar kompak :p

Trus kalo untuk saat aku harus mengerjakan sesuatu (gk bs 'main' sm dia), dan dia lg dlm keadaan gk tdr yaa aku buat itu jd kyk game 'meniru'..misalnya lg beres2 kamar,masak, sholat...dia pasti aku ajak sama2 aku kasih 'peralatan' yg bisa bikin dia meniru apa yg lg kita lakukan (kalo utk masak dia diluar dapur biasanya tp gk jauh dr aku dan bisa terpantau), dan kalo beres2 biasanya dia punya pe er jg tuh...beresin mainan/buku2 nya dia...yaa walaupun konsep 'beres' nya anak 17 bln agak berbeda yaa sama kita hahaha tp plg gak dia ada kegiatan yg berguna :) . Kalo weekend giliran ayahnya deh yg main kegiatan meniru ini sm dia hehehe.

Carita Chandra Sakirun
------------------------------------------
If we're about to die anyway, I'd rather die fighting! Come for me, G'mork! *I* am Atreyu!
(Atreyu *The Never Ending Story*)

16

Topic: Homeschooling

Sakiruns,
Iya betul sekali memang kegiatannya spt pd umumnya kegiatan anak 1 thn di rumah, bedanya cuma, HS punya kurikulum/tujuan pendidikan yg terdokumentasi dg baik. Per 4 bulan, kita lihat parameter tumbuh kembang anak dan kurikulum itu, apakah sdh tercapai. Dari situ jadi dasar untuk membuat kurikulum baru di caturwulan berikutnya. Periodenya bs jg per smester atau per tahun.
Nah, gk susah kan HS itu ternyata...

Aku sndiri baru mulai dan kayaknya 'jatuh cinta' dengan konsep HS ini. Apalagi ternyata banyak buku dan mainan penunjang yg bisa aku beli di gramedia dr penerbit lokal spt cikal dan erlangga yg bagus2 kualitasnya.

Dulu jiffar sempat ikut Gymboree dr umur 1-10 bulan, tp ternyata setelah menjalankan HS 2,5 bulan aja aku merasa HS lebih cocok buat kami. Karena aku dan Jiffar type org yg gk bisa diatur haahaa jadi seringnya memang dulu waktu masih gymboree dia 'menciptakan' permainan sndiri dan gampang bosan. Dia enjoy bgt sih dan selalu jingkrak kl udah liat ruangan nya, tp aku lihat dia lbih suka bersosialisasi dg org2 dewasa drpd dg anak sebaya.
Aku sendiri merasa lagi semangatnya 'belajar' ttg early childhood education dan HS. Jd merasa lebih 'hidup'
Kalau kata suamiku mungkin memang HS cocok untuk org spt aku dan anakku Jiffar. Tp ttp dia mrasa 'aneh' kalau nanti sd, smp, sma anaknya gk 'pergi sekolah', jadi sementara ini suami ms mngijinkan...untuk HS :-D
Kedepannya misi besar untuk aku, mengumpulkan bahan2 artikel atau jurnal psikologi untuk meyakinkan suami (sementara suami dulu, mertua, ortu dll menyusul) bahwa HS memang yg terbaik untuk keluarga kami.

MoJi - Momma Jiffar
Work-at-Home Full-Time Mom

17

Topic: Homeschooling

mommyjiffa

agak oot dikit yaa.. heheh sama nih, Reyu jg dulu ikut Gymboree gk bertahan..banyakan bosen nya :p krn terlalu diulang2..emang bwt kami programnya gak cocok bwt Reyu..krn anaknya aktif dan gampang banget nangkep hal baru, jd kalo diulang2 dgn kurang kreatif bakalan cpt bosen :)

Iya dgn 'bermain2' d rmh malah bisa lebih kreatif dan sesuai sm kita yah :) ya bedanya kalo aku mungkin msh semi yah..krn msh pake 'sekolah' yg d luar rmh hehehe tp untungnya skolah yg sekarang amat 'bersahabat' dan kompak sm kami hehehe

Carita Chandra Sakirun
------------------------------------------
If we're about to die anyway, I'd rather die fighting! Come for me, G'mork! *I* am Atreyu!
(Atreyu *The Never Ending Story*)

18

Topic: Homeschooling

update... aina ga jadi masuk nursery taun depan. kemaren pas pendaftaran, ibu bapaknya ciut, gara2 harga naik ampir 3x lipat dan anaknya disuruh beli text book (textbook buat anak umur 3 taun?! mundur lah gue...).

jadi, ulang lagi deh... sekarang lagi mo liat2 Waldorf Steiner singapore yang ada di singapur, sperti yang diusulin indie di halaman sebelum ini. siapa tau cocok.

meanwhile, aina di rumah dulu deh, balik ke acara sebelumnya, gambar2 & nari2 di rumah aja... hehe.

? comic and crochet addict ?
theurbanmama.com | @turniptopia

19

Topic: Homeschooling

*menyimak dengan khusyuk*

thanks links-nya mamas.. kemarin2 sih sempet browsing tentang montessori at home, dan ternyata kegiatannya kurang lebih sama dengan kegiatan sehari-hari sama alya. lagi mau mulai lagi nih. doakan sayaaa... :p

learning is a never ending process
@rhisuka

20

Topic: Homeschooling

2 tahun lalu niat banget buat HS Rayhan (6y), beli buku2, bahan2 juga, semangat banget deh. Apalagi ngeliat metode pendidikan kita. Pas Rayhan TK B, suami mulai bersuara, gak setuju dgn HS, alasan nya takut anaknya kuper. Sediiihhh banget. Akhirnya daripada duel mulu dgn suami, daku mengalah and Rayhan sekolah terus sampe sekarang (kelas I SD) Sedih ngeliat pelajaran nya yg kadang gak sesuai dgn nalar anak umur segitu (sorry ya kalo ada yg gak berkenan).

21

Topic: Homeschooling

hazel skg 10 mos, tertarik dan baru tahu ada homeschooling for baby 1y yang pastinya masuk akal n gak neko neko.. baiklah, akan menyimak dengan tekun alamat link yang udah dikasih, tfs.

@emaknyahazel

22

Topic: Homeschooling

mommaJiffar wrote:
Halo mamas..

Saya skrg ini sedang mencoba untuk memulai HS bagi putra saya usia 12 bulan. Lagi butuh temen untuk sharing aja sih saat ini..
Saya ambil kurikulum dr www.letteroftheweek.com yg saya modifikasi dan tambahkan dg pelajaran agama islam.
Metode HS yg mau saya pakai metode eklektik gabungan montessori dan unschooling..

Please share with me dong moms, sy merasa berjuang sendirian nih, krn belum ada yg bisa saya ajak diskusi sementara ini. Suami lg super sibuk.

Ohya tadinya anak saya join Gymboree, tp skrg sdh saya niatkan untuk HS.


Very good link..... Helps a lot mom...
Pengen nyobain buat my twelve months baby....well he's not a baby anymore anyway...

The greatest gift from God....my Randi

23

Topic: Homeschooling

salut utk mommies (parents) yg mmutuskan utk HS..

spanjang pengamatan sy, HS selain utk anak bkebutuhan khusus, skrg ini jd alternatif bagi para ortu yg menilai konsep pendidikan sekolah yg terlalu akademis dan krg memanusiakan manusia..

bbrp dr ortu mungkin ga puas jg dgn kurikulum mainstream, spt teori darwin bg seorg muslim, yg menyelisihi keyakinan mereka.

salutny krn selain faktor waktu luang yg tsedia utk mdampingi anak jg krn keluasan wawasan mommies khususny utk menyusun kurikulum yg sesuai utk anak2ny skaligus mpersiapkan bhn ajar.

dr yg aq liat, byk yg memanfaatkan aplikasi berbayar utk menunjang bhn ajar ini. ga sedikit yg sumber bhn ajarny bbahasa asing. kebayang dong, kemampuan bhs inggris mommiesny.. :)

utk yg lagi cari2 referensi ttg HS, ini link ttg pengalaman HS yg sy tahu : http://www.daramaina.com/

sygny yg puny tmp dah lama ga update rumahny..

smoga bmanfaat.. :)

24

Topic: Homeschooling

habis membaca beberapa link yang direkomendasikan. Makasih yaaa..bagus banget, inspiratif dan banyak nambah ilmu..

dulu pernah kepikiran untuk homeschool-in dua ank gw (wkt msh dua), tapi karena merasa belum sanggup, jadinya tetep masukin ke sekolah umum. Lagipula informasi2 penting tentang homeschooling bisa diterapkan buat anak2 di rumah, saat mereka sedang tidak sekolah..

twitter and IG: @zataligouw
Blog : http://www.zataligouw.com/

25

Topic: Homeschooling

yak, balik lagi ke thread ini... berhubung awal tahun depan aina akan mulai masuk SD, jadi mulai liat2 kemungkinan Homeschooling lagi.

waktu TK-nya ternyata aina sukaaaa banget sekolah, ampe dia prefer weekdays daripada weekend. yang tadinya ibunya pengen HS, ga jadi deh. anaknya lebih pengen sekolah biasa ternyata.

tapi honestly, gue mulai deg2an ttg SD. yah tau aja, SD-SD di Singapur kan ngetop ama bersaing dan pushing akademis yang gila2an, kadang bikin anak stress. yah tapi who knows... 2 tahun yang lalu cemas akan hal ini, taunya anaknya malah enjoy sekolah.

jadi rencananya, aina akan tetap masuk SD. tapi kalo ternyata dia ga betah, gue & suami akan cari alternatif lain untuk cara belajar dia.

? comic and crochet addict ?
theurbanmama.com | @turniptopia