1

Topic: Menstruasi pertama anak

moderator,ak gak tw apkh ini sdh dibahas di topik lain ato blm.klo emg blm plis dilanjut ya,tp klo sdh pernah ada bs dipindah
moms.....
jd gni,anak pertamaku putri usia 12 thn,sdh 1 mggu ini entah kenapa perutnya terasa sesak bngt dan klo untuk pipis jg jd susah kluarnya,trus payudaranya jg agak mengeras..sdh aku belikan mcm2 mulai dr jamu,obat,dll tp msh spt itu..sdh aku priksain jg ke dokter sampe ke dokter obgyn jg sdh,ktnya gakda mslh,dan di miss v nya jg ada lubang (gaktw tuh kok dokternya ampe priksa ke bagian situ).
aku curiga,mungkin dia akn menstruasi yg pertama kalinya,krn emg dadanya spt mengeras gtu,tp mungkin blm terbuka jalannya,tp gaktaulah moms.
moms,ada gak yg pny pnglm spt yg anakku alami??mungkin dulu pd waktu mom2 smua ketika msh akan memasuki ms dewasa/menjelang menstruasi pertama,ada gak yg pny pnglmn spt itu?ato mgkn ada yg tau?.
help me moms,ak kasian bngt liat dia,sdh 1 minggu terasa sesak perutnya

2

Topic: Menstruasi pertama anak

topicnya blum pernah ada kok mom
agar sesuai usia mungkin dipindah aja ke forum "teenagers" kali ya..
kalo saya sendiri, dulu dada terasa keras dam sakit ketika muncul pd pertama kali. tapi waktu mens sih gak sampe sakit berhari2. hanya hari pertama aja terasa mules. kalo susah buang air kecil ada kemungkinan ISK gak ya? sudah cek lab?
maaf tdk byk membantu.

-WiwiT-
An ordinary bunda of twin amazing angels, Kira and Kara Setyadi
@wiwidwadmira | the Setyadi's

3

Topic: Menstruasi pertama anak

ISK gakda mslh mom.,.apa mo menstruasi tp kok ya gak kluar2 ya...
moms yg lain mohon info pnglaman menstruasi pertama kalian ya...ato mgkn ada yg tau/pernah ngalami spt putriku...plis help us moms

4

Topic: Menstruasi pertama anak

astutidila - wah, maap ga bisa terlalu bantu selain nginget2 pengalaman sendiri waktu teenager. anak masih 5 taun sih.

menstruasi pertamaku waktu itu emang dada berasa keras. tapi mensnya ternyata dikiiiiit banget, cuma kayak flek aja. setelah 3-4 bulan kemudian baru beneran kayak mens. mungkin ga kayak gitu?

tapi kalo ampe susah buang air kecil, ga tau juga ya. dulu ga ngalamin kayak gitu. mungkin mesti ke dokter lagi kali?

? comic and crochet addict ?
theurbanmama.com | @turniptopia

5

Topic: Menstruasi pertama anak

astutidila

hi mom, saya dl pernah kena ISK gara2 suka nahan pipis >_<
dl sih gejala2nya pipis suka keluar, terus kalo pipis juga dikiiitt tapi seriiing, dan stiap selesai pipis rasanya belum tuntas gitu.

saya gak ke obgyn sih, hanya dokter umum, di suruh cek lab dan rupanya positif utk ISK. disuruh minum obat dan gak boleh tahan2 pipis lagi.

puji Tuhan akhirnya sembuh.. eh beberapa bulan kemudian, saya kena ISK lagi :( padahal uda gak nahan2 pipis. kata dokter saya sih ada kemungkinan jg kena kuman di toilet umum. sama lagi, minum obat trus sembuh lagi :D

o ya kalo pengalaman pertama mens.. saya ingatnya bbrp hari sblm mens mmg PD trasa kencang trus ada tumbuh jerawat. dan pada hari pertama mens, perut sakit sprti kram gitu. tapi ga ada hubungannya sama susah pipis sih.

saya setuju sama thalia,
mendingan ke dokter lagi aja mom, tapi coba aja ke dokter lain.
mungkin bisa coba ke dokter umum dulu?

HTH ya mom n smoga anaknya cepet baikan :)

6

Topic: Menstruasi pertama anak

Wah..aku mau mantengin tema ini deh, soalnya anak keduaku jg cewe, baru mau dlaan tahun sih, tp badannya bongsor. Siap2 kalo dia jg akan mens nantinya.
Astutidila, kalo dari pngalamanku sndiri, aku mens skitar kelas 6 SD which is umuran sgitu..12 tahun..mungkin bener itu tanda2 dia mau mens. Kabarin ya perkembangannya..

Cheers,
Z

twitter and IG: @zataligouw
Blog : http://www.zataligouw.com/

7

Topic: Menstruasi pertama anak

astutidila
kalau diliat dari umur dan tanda2nya emang kayak mo mens yah..
baiknya sih cek dokter..

seinget gue, salah satu tanda mo mens, biasanya dari miss v suka keluar cairan... (ini normal selama gak ada bau2an atau berwarna)

PD-nya udah tumbuh belum? biasanya mens pertama muncul setelah PD mulai membesar.

anyway, mungkin udah mulai bisa disiapin sia nak ttg menstruasi ini. misalnya dengan menekankan soal hygine dsb..

8

Topic: Menstruasi pertama anak

*mau mantengin tema ini juga* perkembangannya gimana astutidila? akhirnya benar2 mens ya?

9

Topic: Menstruasi pertama anak

Moms mau sharing yaa...
Si tengahku Aisha mendapatkan haid pertamanya bulan kemarin pada usia 10 tahun 5 bulan. Tapi karena badannya bongsor, aku sudah khawatir sejak dia umur 9 tahun. Waktu mau umur 10, aisha lapor ada darah di cd-nya, dan aku sudah panik kalo gadisku sudah haid...secara gede badan doang tapi pikiran masih anak2 banget, dan ternyata dia kena ISK. Sejak itu ibunya mulai memberi pengetahuan ttg reproduksi wanita secara sederhana banget. Kebetulan di sekolahnya sudah mendapat sex education sederhana, dan juga dari komik kesukaannya "Miiko" ada edisi khusus cewek ttg haid, ttg kiss, dari mana asalnya adik bayi, daan itu sangat membantuku. Tapii bulan kemarin, aku hampir kecolongan karena dia gak pernah ngeluh soal PD sakit, perut sakit ato ada cairan di cd-nya. Tahunya pagi-pagi bangun tidur ada noda merah di celana panjangnya, dan aku tanya kenapa ada noda darah? kapan? gimana rasanya? Dan dia bilang bukan haid karena gak sakit perut, gak sakit PD-nya. Akhirnya aku beritahu kalo dia haid dan secara cepat aku beritau gimana cara pake pembalut, gimana harus membersihkan diri, membersihkan underwearnya,dan gak boleh sholat *pokoknya yg dasar dulu, karena mau ngantor*. Sepanjang hari kupantau dari kantor..dan ternyata dia biasa ajah gak takut ato gimana. Untuk pembalut, dia lebih nyaman dgn cloth menspad. akhirnya 4 hari sudah bersih. Sekarang waktunya menambah koleksi cloth menspad...siap-siap belanja...hehehe

10

Topic: Menstruasi pertama anak

mamashofi,
waaaaaaa... kenapa kok aku jadi ikut deg-deg'an yaa... Selamat, sudah punya anak gadis ya sekarang. Duuuh tetep aja dag dig dug, membayangkan kembarku bakalan jadi gadiss.. hiks.. kok berasa masih belum rela yaaa... (pdhl masih 3 tahun) hihihi...

Eh tapi aku dulu termasuk telat banget deh menstruasi pertamanya. Usia 14thn'an baru Mens Pertama. Mungkin karena tipe badan petite yaa.. ada kemungkinan menurun ke Ki-Ka gak ya? Karena badan KARA termasuk petite juga.

-WiwiT-
An ordinary bunda of twin amazing angels, Kira and Kara Setyadi
@wiwidwadmira | the Setyadi's

11

Topic: Menstruasi pertama anak

iya nih mesti mantengin tret ini.. before i know it, udah saatnya anak gue menstruasi.. udah mesti siap2.. huaaa..

tapi ga inget waktu gue ngalamin dulu gimana ya? harusnya sih sama, PD gak enak gitu2 yaa. tapi mungkin juga gak, karena sampe sekarang gue kalo mens ga pernah sakit.

jadi penasaran nih sama ceritanya astutidila beneran gak anaknya sakit2 karena mens tuh ya?

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

12

Topic: Menstruasi pertama anak

mamashofi..makasih yaaa atas sharing-nya. Duhhh..gw juga kaya Kira Kara, deg-degan..soalnya gw masih nganggap Caca yang jalan 9 tahun sebagai'baby girl'..nggak rela kayaknya kalo dia tiba2 udah remaja dan mengalami menstruasi..hadeuuhh..nggak boleh banget gw mikir gitu ya? emaknya kok malah yang gak dewasa.., maap, jangan ditiru ya, moms.

oks, harus siap! untung udah ada sharing-annya urban mama yang lain..

btw, sLesTa, gw inget dulu pertama kali mens, tapi gak inget tanda2nya, mungkin karena nyokap nggak pernah ngomongin soal ini, jadi gw juga nggak 'ngeh'.. eh, apa itu artinya mulai sekarang gw dah harus ngomongin hal ini dengan Caca ya? duhh deg2an lagi deh..

twitter and IG: @zataligouw
Blog : http://www.zataligouw.com/

13

Topic: Menstruasi pertama anak

seingatku dl pas pertama mens kelas 6 SD tiba2 ada sesuatu di CD whuaaa nangis kenceng mana malu mau ngomong sm ibu. pertama kali pakai pembalut, perekatnya gak dilepas, krn memang tidak tahu :-).karena diantara temen2 sy duluan yg mens jd maluuu banget. sepertinya peran ortu sangat penting disini.krn ortu sy tidak menjelaskan apa2 ketika itu

Be Best for My Kid

14

Topic: Menstruasi pertama anak

Zata,
IMHO sih sudah mulai diperkenalkan tentang ke chaca deh.. anak sekarang gizinya makin baik jadi masa menstruasinya juga lebih cepet kayaknya. Better di prepare buat mulai diperkenalkan bagaimana seorang wanita dianggap mulai mature, dan laki-laki dianggap mature. Ketika masa itu datang, dia bisa lebih siap menjaga diri.
hiks..hiks..

*tarik nafas dalam2*
Bersiap punya anak-anak gadis :D

-WiwiT-
An ordinary bunda of twin amazing angels, Kira and Kara Setyadi
@wiwidwadmira | the Setyadi's

15

Topic: Menstruasi pertama anak

zulfi zumala..iya gw dulu juga gitu zul. rasanya nggak nyamannn bgt, malu, risih, bingung..tapi akhirnya memberanikan diri ngomong ke nyokap karena nggak tahu harus ngapain..

Kira Kara, bener sih, emang gw harus mulai ngasih prolog ke caca kayanya, kalo nggak pengalaman dia bisa kaya yang gw alamin di atas. Gw nggak mau dia merasa takut dan sendirian saat mens pertamakali datang..

*narik nafas dalam2 juga*

twitter and IG: @zataligouw
Blog : http://www.zataligouw.com/

16

Topic: Menstruasi pertama anak

Mama-mama yang cantiq....Maafkan diriku yaa baru nengokin TUM lagi
Kira Kara & Zata...bener terkadang gak rela
baby girl kita menjadi gadis...
Dan Zata...sama banget dulu waktu mens pertama belum tau apa-apa karena gak pernah dikasih tahu ibuku...maklum orang kampung yg kurang pengetahuan, mana jaman dulu pembalut dan iklan pembalut belum ada...maklum generasi pertengahan 70-an hehehe

17

Topic: Menstruasi pertama anak

haloo mamashofi..hahaha..iya, gw juga gak pernah liat iklan pembalut kayaknya jaman dulu, secara tipi gw masih item putih, males nontonnya ;p (atau emang blum ada iklannya yah?)

anyway, mau sharing lagi nih, agak lucu kejadiannya, tapi bisa jadi masukan juga buat mama2 yg lain yg punya anak menjelang remaja yang agak kelebihan berat badan.

Sekitar sebulan yang lalu gw merhatiin Caca jalannya aneh, agak2 ngangkang gitu. Gw tanya kenapa, dia bilang ngga apa2. Besoknya begitu lagi, curiga dong gw, takutnya kenapa2 dan dia nggak berani bilang. Pas gw tanya lagi, dia bilang kaki dia pegel, makanya jalannya aneh. Terus gw ambil minyak kayu putih dan pijit2 kakinya. Tapi naluri keibuan gw masih bilang bahwa masalahnya bukan karena dia pegel2, dia cuma mau ngalihin aja karena mungkin dia malu, takut, atau risih. Dan gw juga nggak mau berpikir macam2 meski pun di kepala gw udah berseliweran pikiran2 negatif saking gw takutnya dia kenapa2.
Akhirnya, sambil gw pijit2, gw bujuk dia dan nanya2 lagi, dan gw bilang bahwa apa pun yg terjadi, dia harus cerita krn sbg mama, gw pasti akan melakukan apa pun utk bantuin dia menyelesaikan masalah2nya. Eh, tiba2 mata dia berkaca2, dia bilang selangkangannya merah2. Deg! gw pikir akhirnya tibalah saatnya gadis kecil gw menstruasi. Gw langsung meluk dia, bilang bahwa semua baik2 saja, bahwa itu adalah hal yang normal, dll, dll, dlll. Trus gw ajak dia ke kamar mandi, niatnya gw mau lihat apakah itu bener mens dan mau ngajarin dia cara bersihin dan pakai pembalut. Eh dia nggak mau lho! risih banget keliatannya saat gw megang2 pahanya utuk ngecek, saat gw bujuk2 dia akhirnya mau, dan ternyata sodara2...dia bukan mens! tapi selangkangannya lecet parah, ampe merahhh banget dan gw tau itu rasanya pasti perih banget makanya dia jalannya ngangkang untuk mengurangi gesekan..

Lagi2 dia gw peluk. Gw sedihhh banget karena sudah beberapa hari selangkangannya lecet sampe parah gitu dan dia nggak mau bilang, alasannya malu (mungkin karena area kemaluan, makanya dia risih untuk bilang). Gw peluk dia sambil sekali lagi bilang bahwa gw adalah tempat curhat dia, apa pun yang terjadi dia harus bilang ke gw dan kita akan menyelesaikan masalahnya sama2.

Gw cerita ke Caca bahwa waktu kecil gw juga sering ngalamin hal yang sama, dan itu terjadi karena gw kelebihan berat badan, nggak gendut2 banget sih, tapi sudah cukup membuat paha gw selalu bergesekan saat jalan, dan saat berkeringat jadi lecet dan semakin parah kalo nggak ditangani. Duuuhhh..itu nyiksa banget seinget gw. Gw bilang ke Caca, pengobatannya gampang banget, keringin area yang lecet, lalu taburi bedak salycil, terutama saat mau tidur, dan besok pagi saat bangun, lecet dan rasa sakitnya jauhhh berkurang.

Saat gw pakein dia bedak salycil, gw ajarin dia utk pake sendiri jg biar nggak tergantung sama gw. Sekalian gw selipin nasehat bahwa ini artinya dia sudah harus mulai serius menjaga berat badannya. No, gw bukan mau ngajarin anak untuk kecil2 udah diet, tapi ngatur makan, nggak berlebihan, dan perbanyak aktivitas fisik, karena gw bilang, kelebihan berat badan itu banyak ruginya untuk kesehatan, contohnya ya lecet di selangkangan itu..

twitter and IG: @zataligouw
Blog : http://www.zataligouw.com/

18

Topic: Menstruasi pertama anak

Zata, gue bacanya ikut deg2an!!
Caca umur berapa sih? 9 tahun-an yah?
tapi bener banget itu, kita mesti rajin bilang ke anak untuk berani dan mau cerita ke kita.
bravo caca.. dan semoga lecetnya cepet sembuh ya :)

19

Topic: Menstruasi pertama anak

Anak perempuanku masih berumur 4 tahun itupun nanti bulan nopember.....
jadi mantengin terus thread ini
Aku baca cerita mba Zata ... awal-awal jadi parno, aku pernah mengalami hal yang sama pas hamil pahaku jadi gede banget, terus dioles cream zwitsal yang ada zing nya besokannya sembuh.
dulu aku haid umur 12 tahunan pas mau naik ke smp, kurang lebih aja, PD ngeras tapi perut g sakit biasa aja, kalau sakit dibiasakan banyak minum air yang hangat sama pas bersihkan mis V pakai air hangat, nyiram air hangatnya dari puser.

20

Topic: Menstruasi pertama anak

Baca certinya jadi deg-degan loh mba
Jadi ingat waktu aku haid pertama dulu sekitar umur 13 tahun pas smp sempat shock sendiri karena gak pernah diskusi sama ibu.
Ayo semangat caca dan mba Zata

“Parents can only give good advice or put them on the right paths, but the final forming of a person's character lies in their own hands.”

21

Topic: Menstruasi pertama anak

ahh..makasih tipsnya elzahra, gw kayaknya kudu stok cream zwitsal itu ya.

@Nathania: makasihhh :)

twitter and IG: @zataligouw
Blog : http://www.zataligouw.com/

22

Topic: Menstruasi pertama anak

Jadi inget pengalaman menstruasi pertama, bingung gak ngerti kenapa bisa begitu..galau karena dulu gak pernah dikasi tau orangtua soal hal ini.

berhubung sekarang punya anak yang jelang remaja cowok..yang jelasin mimpi basah tugas ayahnya deh..

23

Topic: Menstruasi pertama anak

Ibunya DzakyFai, kalo gitu kapan2 bagi tips ngejelasin mimpi basah ke anak cowok ya hehehe, secara gw juga punya anak cowok yang menjelang remaja nih..

twitter and IG: @zataligouw
Blog : http://www.zataligouw.com/