1

Topic: Life at Home - Hama Rumah

Dear mamas,
Di rumah saya banyak semutnya..dengan berbagai macam ukuran. Dari yg kecil warna hitam, kecil warna merah, ukuran sedang smp ukuran besar...
Awal2 pindah sih stay cool bilangnya "jangan dimatiin dong, kasiaan" lama lama kok senewen yaa..karena apa aja disemutin, termasuk si laptop kesayangan..semutnya masuk ke monitor!

ternyata kata mama saya, dulu tanah ini bekas kebun rambutan dan sawo, jadi tanahnya manis..

punya pengalaman serupa? share dong semut2 ini gimana ngilanginnyaa..thanks!

2

Topic: Life at Home - Hama Rumah

Samaaa....
Tapi kalo dirumah ku cuma semut gula, tapi semut-semut ini bikin jalur kemana-mana sampe air putih digelas pun disemutin.

Belum bisa bantu, malah butuh tips juga dari para Mamas so bakalan mantengin thread ini..

3

Topic: Life at Home - Hama Rumah

Di rumahku jg banyak semut. Kalau di luar rumah sih gak masalah ya. Tp klo di dalem rumah nyebelin bgt. Apalagi waktu itu sempet ada semut yg keluar dari lubang nat yg kurang rapat di kamar .. hadeuh jadi gatel2 deh ngeliatnya. Akhirnya dapat info pake racun semut 'kemut' beli di supermarket juga ada. Bentuknya seperti gula palem bubuk. Ditabur di jalur semut yg gak terjangkau anak. Ntar racunnya itu bakal dibawa ke sarang semut dan dimakan ratunya. Cukup efektif sih skrg di rumah udah bebas semut. Kalau yang di halaman sih aku biarin aja selama gak ganggu ke dalam rumah.

4

Topic: Life at Home - Hama Rumah

Free, makasih banyak info kemut nya, pulang tar beli ah..
oyah, itu efektif untuk semua jenis semut kah?

5

Topic: Life at Home - Hama Rumah

Free, hooo pake "Kemut" ya..ntar coba beli deh..kemarin ud coba yg kapur "Bagus" dan ga mempan..mudah2an yg "Kemut" bisa berhasiiil..thanks Free

6

Topic: Life at Home - Hama Rumah

moms..kalo nanganin rayap sampe tuntas pake apa ya? udah bolak-balik disemprot anti rayap, tapi tetep aja ada balok-balok atap yang jadi korban, terakhir malah 'horror' banget karena sampe roboh di satu bagian which is bahaya banget buat anak2ku :(

Disaranin sama tukang pake rangka baja, mau sih, tapi ngga sekarang, secara baru selesai ninggiin rumah yang cukup memakan banyak biaya..

twitter and IG: @zataligouw
Blog : http://www.zataligouw.com/

7

Topic: Life at Home - Hama Rumah

free...wah, baru tahu ada merk kemut :). makasih ya.

rika..dulu wzktu tinggzl di balikpapan, suka geregetan jg sama semut. semua makanan diserbu sama dia, biarpun bukan makanan yg manis2. apalagi tempat sampah, ughh..
karena ga tahu ada merk lain selain bagus kapur ajaib, aku cari lubang semutnya, trus kusiram dg minyak tanah. lumayan ampuh jg.

8

Topic: Life at Home - Hama Rumah

hi mamas mau nambahin inpoh kemut di jual di ACE hardware, memang ampuh untuk semut kcuali untuk semut yang lagi "pindahan" atau migrasi jadi jenis semut ini musiman.
kemut juga ampuh bener buat kecoa

9

Topic: Life at Home - Hama Rumah

hi moms... kalo bt semut2 di mobil gimana ya? mobilnya nyokap d semutin gr2 parkir d rumput2. saya curiganya dia ud bikin sarang d mbil krn kalo nato makanan bentarrrr aj d mobil ud d semutin.
maunya yg alami gt mom.. misalnya dari daun ato akar tanaman apa yg d benci semut gitu?. soalnya anak saya suka pegang sana sini, takutnya kemakan sama dia kalo pake racun semut gitu.
mau nyalon mobil rasanya sia2 soalnya lokasi rumah emang tanahnya banyak rumput2 n bahkan d paving juga banyakkkk bgt semutnya. serem deh... huhuhu

10

Topic: Life at Home - Hama Rumah

choco wrote:
hi mamas mau nambahin inpoh kemut di jual di ACE hardware, memang ampuh untuk semut kcuali untuk semut yang lagi "pindahan" atau migrasi jadi jenis semut ini musiman.
kemut juga ampuh bener buat kecoa


wah asik, langsung meluncur beli ah. meyebalkan sekali semut2 itu
oya ada tip bagus nih, supaya semut tidak masuk ke kotak gula - kasi 3-4 cengkeh ke dalam kotaknya. Dijamin nyingkir ...

11

Topic: Life at Home - Hama Rumah

KECOA. Baru baca kemarin, kalau untuk kecoa yang keluar dari lubang WC, artinya lubang wc nya kotor. banyak rambut/tissue dll. Ada baiknya disiram dengan air banyak setiap 2 hari sekali supaya kotoran mengalir.

12

Topic: Life at Home - Hama Rumah

kebetulan waktu awal nikah, ngontrak, n baru sadar ada ancaman hama kecoak. kemungkinan karena lingkungannya yg emang ga sehat n selokan mampet *begidik*

masalahnya kan kita gatau dimana sarangnya ya, jadi susah mau basmi total. jadi waktu itu pake cara ini, kalau kecoa nya keluar seekor, semprot pake racun serangga. biarin aja di satu tempat, jangan dibuang. ini biasanya dilakuinnya malem/subuh. setelah itu kan kerja seharian n rumahnya kosong.

setelah pulang, biasanya bangkai kecoa tadi udah dikerubuti temen-temennya. n temennya ikutan mati. lama-lama abis rombongannya :)

tapi waktu itu belum ada anak sih, dan gak lama langsung pindah karna cari yg lebih deket kantor.

less ego, more heart

13

Topic: Life at Home - Hama Rumah

share merk racun serangga nya dong..

14

Topic: Life at Home - Hama Rumah

baru liat thread ini

akhir2 ini entah kenapa di rumah lagi banyak banget semut merah yang kecil-kecil dimana-mana. Yang nyebelin sering banget tuh semut berkeliaran di barang-barang baby Jo, bahkan sampe gigitin pita di sprei baby Jo, padahal di ruangan ber-AC. Awalnya saya pikir karena kena tetesan ASI tapi kok makin lama tuh semut merajalela di semua tempat. Kalo pake tuh Kemut harus tau sarangnya dulu yach? Kalo gak tau gimana dunk, wong semutnya ada dimana-mana nich

15

Topic: Life at Home - Hama Rumah

mbak otie, baygon/hit biasa kok mbak ...

less ego, more heart

16

Topic: Life at Home - Hama Rumah

choco, tenkyuu choo..gw dari nulis terakir di atas itu smp sekarang belum nemu yg jual Kemut di mana, ga kepikiran ada di Ace hahah..yiuk mari meluncur ke Ace..

mba indri, makasi yaa tipsnya. nanti dicoba juga :)

Untuk kecoa, coba ditaro daun salam di sekitar kecoa suka datang..katanya kecoa ga suka aroma daun salam. Gak membasmi sih ya, plg ga kecoanya pergi hehehe

17

Topic: Life at Home - Hama Rumah

rikandun,
hwaaa... kok bisa sih si semut masuk ke monitor? dasar semut geeky! :D antara pengen ketawa pas bacanya rikaaa...

? love to write and run - a bus transjakarta passenger ?
@ninityunita

18

Topic: Life at Home - Hama Rumah

ada yg sudah pake alat elektrik untuk usir nyamuk, alat elektrik usir tikus dan cicak?

dapur ku diserang tikus nih. pake perangkap lem kadang sukses kadang gagal. bagi tips dan pm alatnya dong mom sekalian bisikan harga dan dimana belinya

pleese. need help bgt :)

19

Topic: Life at Home - Hama Rumah

update :)
setalah google sana sini aku menerapkan beberapa cara dalam perang dengan hewan pengerat menjijikan itu

1. pastikan jalur masuk si mr T di tutup dengan bahan yg kuat. aku pake kawat nyamuk.di tutupin di lubang ventilasi jendela.

2. bersihkan daerah yg pernah di lalui tikus dengan campuran cuka + baking soda lalu bilas dengan air lemon.(malah kulit lemonnya yg aku gosokin)

3. siapkan aroma pepermint/mentol dan teh celup kering di wadah. letakkan disudut sudut tempat yg biasa dilewati Mr T.

4. siapkan juga jebakan lem di jalur yg dilewatinya

itu setelah aku google ya. dan alhamdulillah beberapa hari ini aku tidak melihat adanya jejak jejak tikus di rumah :)

katanya google. tikus tidak suka baubauan tajam mengkudu. aku juga. ada baca kalo bau pepermint tikus gak suka. jadi aku cobain.

ada lagi yg bilang tangkap hidup hidup lalu di cat merah/putih atau dipasangin lonceng lalu dilepas lagi. hiiiii gimana mau menangkapnya? kena gigit gimana coba?

tikus kan suka pipis sembarangan ya. jadi makanya dibersihin pake cuka +baking soda. dan dibilas dengan lemon ( bau cuka kan menyengat )

aku mau google lagi dan mencoba saran sarannya agar rumah kontrakan kecil ini jauh dari serangan tikus.

btw. pengusir tikus elektromagnetik itu cuma mempan beberapa hari aja. terus tikusnaya terbiasa dan datang lagi . :(

20

Topic: Life at Home - Hama Rumah

@ Hary: Terima kasih banget tipsnya... di rumahku tuh banyak banget mr T, bingung jg kok mereka doyan banget ya ngendon di rumahku, sampe beranak cucu cobaa.. uda pake kawat nyamuk, lem, racun, kapur, jebakan.. juga pernah pake buah gandaria yang konon getahnya bisa ngusir mr T kok gak mempan juga.. malah pernah pasang perangkap kerangkeng ditaruh di garasi, pagi2 ketangkep itu sekeluarga enyak babe beserta 6 babiesnya hiiii aselik geli banget..... patut dicoba resep campuran cuka + baking soda + air lemonnya.. semoga berhasil dari serangan mr T deeeeh.....

PR berikutnya adalah rayap... *sigh... harus mengikhlaskan 1 lemari pakaian Baron keluar dari rumah gara2 habisss bisss digerogoti rayap, dan sekarang si rayap mulai merambah ke kusen pintu ruang tamu... padahal uda pake kayu jati dan disemprot anti rayap sebelum dibuat kusen loooh..

Ada saran dari tetangga untuk semprot pake rentokil di setiap sudut rumah untuk membunuh segala macam hama rumah.. paling tidak 3-6 bulan sekali, ada yang udah pernah coba belum moms?

Shinta [www.shintadaniel.wordpress.com]
- ordinary mom with ultraordinary love -

21

Topic: Life at Home - Hama Rumah

Hama rumah yang paling bikin trauma itu tikus, ngebayangin aja udah bergidik hiiii..

Kita baru pindah ke surabaya dan rumah kontrakannya bertikus. Di atas dapur pula. Padahal tempat paling favorit. Jadinya bau dan yaa ada oleh2 setiap pagi dari tikus :(

Kata nyokap buat ngilangin bau pake arang dan buat ngusir tikusnya, pelihara jangkrik. Tikus ga suka suara ribut yang dibikin sama jangkrik. Udah nitip abang sayur besok bawain jangkrik+kandangnya. Semoga para tikus kabur dan tak kembali lagi.

life.love.food.baby! | http://kuningkecil.blogspot.com | @nanieng303

22

Topic: Life at Home - Hama Rumah

moms, senasib juga kita yaaah..dirumah saya ada semut, rayap dan tikus..*sigh*..kalau semut biasanya pk kapur bagus tp ya memang klo blm ketemu sarangnya mereka akan balik-balik lagi..air putih di gelas pun bisa jadi sasaran..nomor dua paling mengganggu ya tikus-tikus itu..hebatnya mereka bisa keluar masuk dgn gampangnya di tempat sampah dapur padahal tutup tempat sampah modelnya ayun..
benar Hary, dulu ayah mertua kata suami pernah coba beli pengusir tikus elektrik dan ngga mempan..sepertinya saya coba tips cuka dan lemon itu..sempat mau coba jangkrik seperti ide mom ningnung, tapi takut mengganggu tidur kami sekeluarga karena jangkrik itu doyan "bernyanyi"..

23

Topic: Life at Home - Hama Rumah

Kalo d tempat aku tikus ama kecoa palg satu-dua. Perang dikit, beres. Semut msh standar.
Ada ga yg rumahnya d hamain Cicak ama Tokek. Cicaknya tuh yang banyaaaak bangeeet. Jelek2 lg. item besar dan ewh.. Suka tiba2 nongol dr bawah rolling table meja makan. Kadang pas tengah malem mau minum air gelasny lupa d tutut, udah ada cicak berendem aja d dalem gelas. ARGH!!! Tokeknya juga gitu. Banyak banget.. Sampe2 pernah ada yang masuk kamar. Aku ma sodara2ku yang tadinya tidur d kamar, langsung loncat, kabur semua. Tidur masal d depan TV.
Ada tips ga ngatasin cicak ini?
Banyak cicak tp nyamuk jg tetep banyak

Fresh graduate form Bogor Agriculture Institute..
My hamster is my daughter now... :) :)

24

Topic: Life at Home - Hama Rumah

Hahahaha, sama kayak mama semuanya, saya pakai Kemut beli di ACE. Dah lama nih gak beli cuz semutnya udah berkurang. Kemut tu harus rajin. Tapi kalau kerajinan, semutnya apal malah gak mempan hehe. Pengusir tikus listrik emang gak mempan, buang uang cuz mahal. Beneran tuw mending bersihkan bekas jejak sarang tikus pakai cuka dan baking soda biar gak balik lagi. Ama bersihin sarangnya dari tulang tulang makanannya..
Kalo pengalaman saya sama rayap. Aduuuuuuh, pokoknya dijaga jangan sampai ke atap deh. Harus jeli liat rumahnya, tapi rayap sekarang bisa nembus batu bata yang retak huhu. Kalau dah parah ya harus ganti kayu atap kayak rumah kakak saya di Jogja. Daripada nunggu ambruk, ngeri.
Naah, problem saya skg sama nih kayak LarasWahyu, cicak! Tokek enggak sih.. Ih cicaknya nyaman banget di bawah microwave dan beberapa tempat lainnya. Pdhl udah sempat dipindahkan dan dibersihkan eh balik lagi. Kayaknya pengen pakai cuka juga. Tapi cuka boleh gak sih untuk granit? Karena setahu saya, cuka gak boleh untuk marmer. Sebeeeeeeel banget sama cicak! Plis sharing dong tips usir cicak. Makasih Mamas, muah.

25

Topic: Life at Home - Hama Rumah

Sama kaya teta n laraswahyu di rumah banyak banget cicak, kalo tokek ga ada.. ada yg bisa kasih info cara ngilanginnya ato minimal mengurangi si cicak2 ini? Tfs yaa

To have a child is to know the beauty of life..-parenthood-